Tips Cara Pilih Raket Bulutangkis

Menurut saya untuk memilih Raket Bulutangkis dapat didasarkan pada :

A. Gaya main/ Type Pemakai, yaitu memilih Raket disesuaikan dengan Type Pemakai apakah Type Penyerang , Bertahan / Kontrol atau Type keduanya sama baik.

1.Untuk Type Bertahan dan Kontrol bisa di pakai raket yg tidak begitu berat yaitu jenis 4U atau 3U dengan titik keseimbangan dari ujung Grip 270-285 dan fleksibilitas raket medium atau Flexibel . misal Yonex type NS9000S, AT9000T, MP21/MP18.

2. Untuk Type Penyerang /Smash Raket dipilih yg agak berat yaitu jenis 3U atau 2U dengan titik keseimbangan 285-300 dan fleksibilitas raket Extra Stiff atau Stiff misal Yonex type AT900P, MP99, Carnonex21.

3. Untuk Type Bertahan dan Menyerang sama baik bisa dipilih Raket jenis 3U, Titik keseimbangan 275-285 dan Fleksibiltas Medium misal Yonex type : Ti-10, NS7700, NS5000, AT700, AT300, AT150, MP45, MP29LIGHT, CARBONEX (8600Ti, 7000DF & 8)

Pemilihan jenis raket tsb tidak harus seperti diatas karena bisa jadi setiap pemain memliki kecocokan jenis tersendiri.

B. Mencoba langsung Berbagai Jenis Raket dan dicoba dengan berbagai jenis pukulan, jika Cocok Pilih raket tersebut. Catat untuk dipilih Bahan , Merk dan Type Raket , Jenis dan tarikan senar . Jika raket sudah tidak diproduksi lagi Raket bisa dibeli dengan melihat spesifikasi Raket yang sama dengan spesifikasi dibawah :

Spesifikasi Raket (Yonex) dapat dibedakan menurut :

1. Fleksibilitas Raket : Extra Stiff (kaku), Stiff, Medium, Extra Flexible dan Flexible.

2. Berat Raket : 2U (90-94g) ; 3U (85-89g) ; 4U (80-84g)

3. Ukuran Grip : G2 (4″) , G3(3.75″), G4(3.5″), G5(3.35″)

4. Titik Keseimbangan (Dari Ujung Grip) : 270-280 : Head Light (Defensive), 275-285 : Neutral (All Round), 285-295 ; Head Heavy (Offensive) 295-300 Extra Head Heavy (Offensive)

5. Bentuk Raket : Conventional ( Oval Biasa ) dan Isometric ( Oval dengan bagian atas mendatar)

6. Panjang Total : 26 ” Standard dan 26.5″ Long

7. Bahan Raket : Alumunium, Modulus Graphite, Super Hi Modulus Graphite, Ultra Hi Modulus Graphite, Nano Carbon, Woven Kevlar, Titanium Composite, Ultra Titanium, G Force Ti, Ultimum Ti.

C. Memilih ukuran Grip atau pegangan Raket. yg disesuaikan dengan Gengaman Tangan. Umumnya Orang suka dengan Grip yang agak kecil (G5) karena Raket mudah dikontrol. tapi ada juga yang suka Grip besar G3 atau G2.

D. Fisik Raket sempurna tidak cacat/ retak dan Raket bila disentil tanpa senar berbunyi nyaring stainless . Ini berhubungan dengan bahan raket semakin kuat dan Stabil semakin mahal. Bahan Raket dapat dipilih dengan melihat spesifikasi Bahan diatas.

E. Jika memilih Raket Bermerk Terkenal , Pastikan yg dibeli adalah Asli dan dibeli ditempat yg bisa menjamin keaslian Barang (Biasanya Raket Asli ada di Katalog dan Pejual punya Sertifikat dari Sunrise). Daftar Raket yg ada di Katalog Yonex 2007 ada DISINI . Jika memilih Merk tidak terkenal / palsu pastikan bahwa Raket tidak berubah bentuk saat disenar dengan tarikan maksimal 28-30 lbs.

F. Jangan Lupa Pilih Senar yang Baik dan tarikan senar yang Pas . Senar dapat dipilih berdasarkan : Ketahanan senar , Pantulan, Kontrol dan Peredam Getaran.

Untuk Ketahanan : Yonex BG65, BG 70Pro, BG65Ti Pantulan : NBG95,BG 80, BG66 sharp,BG65Ti, Kontrol : BG66, BG68Ti, BG85. Peredam Getaran : NBG 95, BG80

- Untuk yg suka smash : BG65Ti, NBG95, BG80, BG66sharp

-Untuk yg suka Kontrol : BG66, BG68Ti, BG85

Untuk Tarikan Senar, Jika Alat standard Yonex sesuaikan dengan Cara Tarik dan spesifikasi Senar. jika alat tidak standard, Senar bisa ditarik antara 24-28lbs.

G. Untuk anak-anak diatas 9 tahun bisa menggunakan raket biasa seperti yang dipakai orang dewasa hanya dicari yang tidak terlalu berat. Jika dipakai untuk latihan bisa menggunakan raket yang agak berat (2U atau lebih) untuk melatih pergelangan tangan atau otot tangan. Untuk anak-anak dibawah 8 tahun bisa pakai raket khusus anak dimana fisik raket agak pendek dibandingkan raket dewasa misalnya type Yonex Isometric 20Jr

Ada yg mau menambahkan?

Hanya untuk suami isteri muslim

Tulisan lain yang ada di Blog ini juga :

- Ciri Raket Yonex Asli dan Palsu 1

- Ciri Raket Yonex Asli dan Palsu 2

- Merk dan Type raket Bulutangkis terbaik

JACP ( Jangan Asal Copy Paste ) sebutkan Sumbernya.

INGIN SEMUA KEINGINAN BISA TERPENUHI INILAH CARANYA

JADWAL PERTANDINGAN LENGKAP PIALA DUNIA 2010 PDF DISINI


88 Responses so far »

  1. 1

    Endi said,

    Pak… salam kenal sebelumnya… Saya juga penggemar olahraga bulutangkis. Saya mau menambahkan berdasarkan pengalaman saya… Buat yang tahu atau pernah mengalami, senar yonex dengan merk BG 66 kadang-kadang di tangan beberapa orang setelah dipakai bisa menyebabkan pegal di bagian otot sekitar bahu atau pas bagian depan ketiak. Percaya atau tidak karena saya sudah sering memakai senar itu dulu dan merasakan pegal atau linu yang agak lama. Terimakasih… Semoga tambahan ini bisa membantu.

  2. 2

    fath102 said,

    Beberapa teman saya tidak suka dengan BG66 karena cepat putus dan bagusnya hanya pada saat baru saja. Apalagi sekarang banyak yg palsu. Kalau saya memang kurang cocok dg BG 66 menurutku kurang enak buat smash.

  3. 3

    PURE said,

    PAK SYA DAH MAEN TEPOK BULU HAMPIR 1TH, MASIH BINGUNG SOAL SENAR RAKET YG PAS BUAT MP 33 AMA ARCSABER 7.. KIRA KIRA YG BAGUS BUAT RAKET DUA TERSEBUT APA YACH? UTK PERTIMBANGAN
    SAYA SUKA DENGAN PERMAINAN SMASH

  4. 4

    fath102 said,

    U/ Pure : Untuk Smash paling cocok Yonex BG65Ti Tarikan 26 (kalibrasi standard). Coba rasakan bedanya pasti lain. atau bisa juga BG80. Kalau bisa untuk tarik senar cari tempat yg nariknya benar dan bagus. jangan tarik senar ditempat sembarangan atau belum dikenal. Bisa tarik senar di Buana Sport Pasar Pagi 0815 914 0733 atau Susi Sport Kelapa Gading 021 4514106 atau ditempat lain ada yg rekomen? .

  5. 5

    Lomi said,

    Mas Fath, salam. Mas anak saya (umur 11 tahun) sedang suka-sukanya main bulu tangkis (kena demam Thomas cup mungkin ya). Selama ini dia bermain menggunakan raket “generik” yang dijual di toko olahraga biasa (tanpa merek/harga sekitar 70 – 80 rb-an). Karena sudah bermain selama lebih dari 2 bulan, saya ingin membelikan dia raket yang agak “beneran/bagusan”. Nah, mas Fath bisa memberi petunjuk tidak mengenai ukuran grip, berat, atau jenis raket seperti apa yang cocok untuk anak-anak seperti itu? Terima kasih mas.

  6. 6

    fath102 said,

    Anak umur 11 tahun sudah bisa pakai raket dewasa, lebih baik yang berbobot ringan (4U:80-84gr) atau Jenis raket 3U : (86-90gr) dengan grip kecil (G5/G4) untuk Yonex Asli distributor Singapore (SP) buatan Taiwan bisa pakai Isometric 65 light harga 195rb atau type lain dengan buatan Japan dengan spek diatas yg lebih bagus dari buatan Taiwan misalnya Type terbaru Yonex Arcsaber 10 (3U/G5) atau Armotec 900 Power (4U/3U-G4/5). atau bisa juga pakai Astec (Alan susi Technology) seri Magic Power harga 190 rb. Keduanya berbobot ringan. Senar bisa bisa pilih BG65ti dengan tarikan 24lbs.

    Prinsipnya jangan pakai raket yg terlalu berat dan grip besar agar tidak cedera.
    Bisa pilih Berat raket (3U-4U) dan Grip (G3-G5)
    Bisa juga pakai merk lain asal beratnya kurang dari 90gr. kalau fisik anak lebih kecil pakai yg bobot ringan (4U : 80-84gr)

    Semoga Sukses buat puteranya.

  7. 7

    halimmario said,

    salam bulutangkis pak….. mohon tolong berikan informasi dan spesifikasi raket Yonex Muscle Power 8. Juga mohon pandangan atau comment mengenai raket ini. Terima kasih.

  8. 8

    Iyan said,

    Salam pak fath, ada referensi ttg raket merk kalakar g? Ktnya g kalah ama raket yg laen,,makasih infonya

  9. 9

    husein said,

    salam pak fath…saya salah satu pencinta bulutangkis dan saya sedang mangalami kesulitan untuk mencari dan mendapatkan raket ‘YONEX’ logo2 lama dengan kondisi baru atau belum terpakai. mohon informasi dan juga referensi dimana saya bisa mendapatkan raket2 tersebut? trimkasih atas jawaban nya.

  10. 10

    haris said,

    pak,salam kenal sebelumnya. mau tanya sy pernah tanya tmn,kl u/smashing lbh bagus mp33 dbndg cb 21,mhn penjelasannya….trims

  11. 11

    fath102 said,

    U/ Halimario: MP8 bahan raket untuk frame maupun Shaft terbuat dari Graphite/ Carbon, Flexible, panjang 27 inch berat 3U (85-90gr) dan ada Built join. Raket ini cocok untuk type serang dan bertahan sama baik.

    U/ Iyan : kalakar belum pernah denger. Raket bikinan mana itu?
    U/ Hussein : belum ada info tuh Mas.

    U/ Haris :
    Salam kenal kembali Mas Haris,
    Berat raket MP33 (3U) lebih ringan dari carbonek 21 (2U) tapi bahan raket sama yaitu High Modulus Graphite. Raket dengan berat 3U (85-89gr) cocok untuk pemain yang mengandalkan keseimbangan smash dan kontrol (Serang dan bertahan). carbonex 21 berat 2U (90-95gr) cocok untuk type serang meskipun juga baik untuk bertahan, jika sudah terbiasa pakai

    Jika pengguna lebih menyukai MP33 bisa dimengerti karena type raket ini seimbang untuk menyerang dan bertahan.

    Yang membedakan rasa untuk menilai enak dan tidak raket tergantung pada Bahan, berat, ukuran pegangan raket (Grip) dan Senar yang dipakai. jadi untuk membandingkan 2 jenis raket parameter yg dipakai harus sama terutama untuk :
    – Pilih Berat raket yang sama misalnya 3U
    – Ukuran Grip sama misalnya sama2 pakai G3
    – Type Senar dan tarikan sama misalnya pakai Yonex Bg66 tarikan 28.
    Untuk bahan berpengaruh terhadap elastisitas raket, getaran dan kekuatan raket.

    Untuk membandingkan 2 raket berbeda pilih Berat, Grip dan senar yang sama. Tinggal Tester memilih merk dan type raket berbeda untuk dibandingkan. Hasil tes bisa beda karena setiap pemain mempunyai kecocokan yg berbeda untuk berat, Grip dan Senar. Misalnya Berat meskipun secara teori raket 2U lebih cocok untuk type serang dari pada 4U / 3U tapi banyak orang memilih type 3U karena karena keseimbangan untuk Menyerang dan Bertahan tadi.

    Dari beberapa comment yg saya baca, MP33 memang lebih enak untuk Smash dan Kontrol terutama jika dibandingkan dengan Armotec 700 (4U).

  12. 12

    zulkarnain tadjuddin said,

    salam kenal……

    saya bisa dikatakan pemula karena sy baru aktif kembali main badminton mulai Januari 2008….namun tidak bisa dikatakan tidak ada dasar sm sekali…waktu kecil (SD/SMP)…sy sempat main..cuman tidak begitu serius dan tidak dilanjutkan…

    Masalah saya…adalah..sy ingin tahu bagaimana cara pegangan raket yang benar dan posisi kedua kaki pada saat bermain….lebih bagus lagi kalau ada teman2 yang ingin sharing dengan saya untuk membagi gambar metode….teknik permainan bulutangkis…..

    thank’s…..salam hormat buat komunitas bulutangkis….di Tanah Air

  13. 13

    johny said,

    Salam kenal….
    Pak, saya coba pake raket prokennex titanium series. kayak nya bagus dan cocok…
    Ngomong2 ….apakah anda tahu di mana distributor raket merk prokennex…?

    thanks

  14. 14

    Wawan said,

    Saya ingin gaul lewat lapangan bulu tangkis. Kira-kira jenis raket apa yang pas buat saya yang masih pemula dengan catatan harganya tidak mahal tapi awet dan nyaman dipakainya. Tolong siapa bisa bantu. Thanks bangeeeeet deh.

  15. 15

    anonymous said,

    boss, untuk AT700 lebih buat tipe attacking bukan buat tipe defense/kontrol

  16. 16

    fath102 said,

    U/ Johny : Coba main ke Pasar Pagi dekat station kota.

    U/ Wawan : Bisa pakai Yonex MP22 harga 200 rb

    U/ Anonymous : Anda benar sdh dikoreksi. Thanks

  17. 17

    aldo said,

    gile cui, gw bingung bngt liat raket begitu aneh2, ada yg begini ada yg begitu..
    ga nyangka yah sampe segitunya, padahal kalo dipake maen kok mirip2 yah, kecuali tipe raket terlalu beda,..misal tipe smash, atau defense..
    btw kynya gw beli raket palsu neh, hiks..melihat syarat2 di atas ga semua dipenuhi..

    tanya donk, kalo penari itu apa seh? yg katanya menjamin keaslian dalam hologram..

  18. 18

    mau tanya???
    kalo mau ikut klub badminton, raket yang 300ribuan Yonex tipe apa???
    harga segitu dah enak blm tuk training ????

    kalo serius maen badminton and pengen jd Player. raket yang Yonex tipe apa???
    Thanks b4. GBu CiaYou ^^

  19. 19

    yuli said,

    pak,saya mau tanya distributor resmi raker yonex dimana didaerah jakarta barat..dan harganya mulai kisaran berapa…makasih…

  20. 20

    Hendrik.Panesto said,

    1.Pa, dulu saya pake pro ace Ti Force dengan tarikan 28, saya adalah pemain dengan tipe smash, tetapi beberapa wkt lalu raket saya patah dan kemudian saya sock, berat-nya semakin bertambah… tetapi mengapa smash saya menjadi lebih lemah, bkn kah logikanya harus bertambah kencang???

    2.baru2 ini saya membeli raket Gosen GRAPOWER 650, dengan spesifikasi: Flex: Soft; berat: 3U; balance: 285+- 5mm
    apakah raket tersebut cocok dengan gaya permainan saya dengan tipe menyerang (smash)???

    3.Bagaimana dengan senar BG 65??? apakah bagus atau tidak???

    TERIMA KASIH BANYAK <<<<<

  21. 21

    Dede said,

    Pagi Pak Fath

    Salam kenal… Saya mau buka usaha toko sport khusus Bulutangkis krn tempatnya banyak sekali peminatnya. Mungkin bapak bisa bantu bagaimana untuk memulainya dan mencari produk2 nya.

    Saya tunggu sekali informasinya, terimakasih atas bantuannya.

  22. 22

    ifa said,

    kira2 harga raket yang di pake para atlit berkisar berapa ya?

  23. 23

    fath102 said,

    U/ Aldo: gambar Penari perempuan di hologram. itu salah ciri di Hologram sunrise/
    U/ Yuli : DiJkarta Barat raket banyak dipasar Pagi dekat statsion Kota.
    U/Hendrik : Raket bila sdh direpair susah balik seperti semula lagi. Kurang cocok sebaiknya pakai extra stiff. Raket diatas baik untuk keseimbangan menyerang maupun bertahan. BG^% bagus tapi saya lebih suka BG65Ti.
    U/Dede : Jk diJakarta bisa survey Harga sekalian omomg2 dengan pemilik toko besar olahraga yg banyak tersebar di pasar Pagi.
    U/ Ifa : Untuk atlit Raket kebanyakan diberi oleh sponsor tidak beli. kalo lihat tipe yang dipakai Ti-10, AT900 dll rata2 1.5 juta keatas.

  24. 24

    andry said,

    salam kenal…
    saiia pake raket yonex Ti 5 dg senar BG 66..
    saat saiia bermain dg raket itu kok rasanya kurang mantab ya..
    gmn mnrt pendapat mas fath?
    thx b4.. ^^

  25. 25

    kompiang said,

    mas fath saya pengen tau fitur dari MP30 dan RS SP950 ??? juga gimana cara nya atau enaknya dipake buat smash dan defense tarikannya brp mas??

  26. 26

    Hendrik.Panesto said,

    Pa Fath, Thx untuk komennya…..
    btw, saya punya pertanyaan lg nih, mohon di jawab…..
    baru2 ini saya di tawarin raket Yonex Arcsaber 10 seri CH, seharga 150, karena saya pikir murah langsung saja saya beli, menurut bapa apakah itu asli? raket saya tidak ada keterangan tentang flex-nya, hanya ada spec seperti ini ” 3U G4 22-24 lbs 8-12 kg ” apakah artinya?
    thx b4…….

  27. 27

    fath102 said,

    U/ Andri : Setuju kurang Mantap. kalo suka seri Ti, ganti aja dengan Ti-10. Senar BG66 bagus asal Asli. Bisa coba senar Yonex BG65Ti.
    U/ Kompiang : Belum pernah coba seri diatas tu mas. Maaf ya . mungkin ada rekan lain bisa bantu. Thanks
    U/ Hendrik : sama2. Arcsaber 10 siapapun distibutornya ( Indonesia Sunrise) harganya sekitar 1 juta rupiah keatas. Setahu saya tidak ada Arcsaber 10 seri CH yg asli Yonex Japan. Untuk detail bisa lihat Ciri Raket Yonex Asli dan Palsu 2 di Blog ini juga. 3U berat raket antara 85- 89.9gr, G4 ukuran Grip atau pegangan raket 3.5inch. 22-24lbs adalah tarikan senar yg dianjurkan.

  28. 28

    sar'i haryadi said,

    saya baru 2 tahun ini bermain badminton, raket yang saya pakai pro ace sweetspot 1000.. pengen sekali pakai yonex tapi tolong dong yonex tipe apa untuk smash tapi dikisaran harga sekitar 700 rb – 1 jt aja. trus kalo sekilas kita lihat tarikan u/ yonex rata2 cuma 25 lbs sementara raket lain rata2 sampai 28 lbs. mana tarikan yang lebih baik untuk nyerang/smash.. thank u boss

  29. 29

    [...] – Tips cara pilih Raket Bulutangkis [...]

  30. 30

    [...] – Tips, Ciri dan merkĀ  Raket Bulutangkis disini [...]

  31. 31

    [...] – Tips cara pilih raket Bulutangkis [...]

  32. 33

    Yulie said,

    Mas Fath,Aku pakai raket RSL Ti-110 Titanium Mesh, buatan England,kira2 pakai senar apa yg cocok dan tarikan berapa? Selama ini aku pakai senar nano (lupa tipenya). Alasan pilih RSL karena ringan,lentur,dan buatan inggris (tertulis dibawah grip).Dan apa benar raket tsb buatan inggris?

    • 34

      Olan said,

      Mas Yulie,
      Kalo saya pake BG 68 Ti, btw klo mo cari RSL Ti-110 kira2 dimana yach? Tempat saya beli waktu itu sudah tidak ada lagi?

  33. 35

    kididy said,

    pak fath, salam kenal…

    kalo raket merk Hart itu gimana pak???

  34. 36

    kididy said,

    kalo Hart power titanium 700 gimana???
    raket ini co2knya buat apa?ofense or defense?
    kalo senar tarikan 24 ama 28 keuntungan masing2 apa?
    makasih…………………

  35. 37

    syamsul said,

    pa Fath, saya mau tanya kalo raket merk flinder atau proace yang cocok buat serang dan bertahan itu seri apa ya? terus senar yang bagus pakai apa dan tarikan berapa?

  36. 38

    yulharman said,

    Mau tanya..ada yang tau tentang performance raket Yonex model carbonex star 2 ? dan berapa tarikan yang cocok dan jenis senarnya ?

  37. 39

    joko triadhi said,

    mas Fath..aku baru mulai lg main badminton setelah belasan thn berhenti itu jg hanya buat sekedar olahraga tp perkembangan raket skrg sgt pesat buat aku jd bingung mo nentuin raket, senar dan tarikannya..saat ini aku punya proace SS 1000 dipasang senar BG65Ti tarikan 24, kemudian Astec pro 850 dipasang senar dan tarikan yg sama…sbg info dlm bermain aku seimbang antara menyerang dan bertahan…nah rencananya aku pengen nambah 1 buah raket berdasarkan rekomendasi dari anda..tipe dan merk raket jg senar dan tarikannya yg cocok dgn peman yg menyerang dan bertahannya seimbang…raket dikisaran 500-750rb dech.
    thanks atas infonya nanti…

  38. 40

    Bali Villas said,

    salam…

    saya baru terjun ke dunia badminton nih. pengen bli raket. tapi budget maximal 500rb. mohon dong pencerahannya dari rekan-rekan disini kira-kira raket apa yang cocok?
    saya ada di Bali, kalau bisa sekalian rekomendasikan saya toko untuk bli raket yang bagus didaerah denpasar.

    Terimakasih…

  39. 41

    Bali Villas said,

    Salam…

    Tadi saya langsung berkeliling Denpasar untuk mencari toko raket. dan saya sudah dapatkan toko raket yang lumayan rame. disana saya bingung cari raket apa. hehe…
    setelah puas liat raket ini dan itu akhirnya saya ngobrol-ngobrol dengan tukang pasang senarnya. perkiraan saya mungkin dia lebih tahu masalah karena setiap hari harus masangin senar raket. dia menyarankan saya untuk membeli raket RSL Fire Power 8000. katanya itu yang saat ini paling banyak dicari pelanggan. bagaimana menurut mas? saya mohon sarannya… karena saya ada dua pilihan RSL Fire Power 8000 atau Yonex MP33. karena selisih harganya cuman 100rb.

  40. 43

    evan said,

    mas, saya baru dalam bermain badminton. saya mau nanya spek untuk raket wilson smash 1000, apakah bagus untuk pemula. tarikannya bisa sampai berapa? kalau dibanding sama yonex TI5 bagus mana? thx ya

  41. 44

    evan said,

    btw raket wilson made in china. ini asli apa palsu ya? kalau dibandingin sama yonex TI 5 lebih ringan mana?

  42. 45

    sandy said,

    halo mas fath…saya remaja 17 tahun.udah lam gga maen bulu tangkis,dan sekarang saya mau maen kembali.tapi saya masih bingung mau milih raket yg kyk gimana*(yg kisaran 200rb-an dulu,)?n senar yg kyk gimana? u/ tambahan saya suka kontrol dan smash. terima kasih sebelumnya !

  43. 46

    rayhan said,

    mau tanya …sy mau beli raket kemarin lihat2 carbonex 8000 light, ringan pegangan juga pas…mohon infonya untuk tipe raket ini untuk tipe serang atau kontrol ya? trus bagusnya pake senar apa ya mas? terimakasih sebelumnya….

  44. 47

    rully said,

    ass. .
    saya pengen cari raket yang enak buat smash, antara 2 merk yonex n toalson dibwh harga 1jt200rb, saya punya raket baru pro ace abs power 1000, kurang nyaman di pakai soalnya tangkainya terlalu panjang, beda dengan raket pertama saya toalson cyberlogic 888. mnurut bapak raket apa yang cocok buat saya, tetapi tidak sama dengan pro ace saya, thank.
    ws. .

  45. 48

    Tomi said,

    salam kenal mas,

    saya ada pertanyaan, kemarin saya dikasi raket yonex muscle power 2000 sp.
    rencananya akan saya pasang senar, tapi barusan saya cari di internet ga ada muscle power yang seri 2000 sp.

    pertanyaan saya apa ada yonex muscle power yang seri 2000 sp. karena kalo raket
    itu palsu kan sayang biaya pasang senarnya.

    terima kasih sebelumnya mas.

  46. 49

    lucky said,

    makasih info2nya ….mas..
    sangat bermanfaat

  47. 50

    victor flame 3531 said,

    klo saya punya 3 raket, yonex armortec 300 enak bwt nyerang/smash,victor flame 3531 asik bwt smash,yonex arcsaber7 buat smash n kontrol paling baik! klo senar paling bgs yonex BG65Ti dong!

  48. 51

    Edo said,

    Tolong tanya, untuk astec excalibur dibanding rsl firepower 8000 bagus mana untuk smesh???

  49. 52

    acan said,

    salam kenal pak fath
    ane mo tanya harga raket RSL fire power 8000 & 9000 ? & raket ini enak ga untuk offensiv n defen ?
    jenis raket ap yg spek nya seperti ini:
    1 . 3u ( 85-89g)
    2 . grip g4 (kecil)
    3 . head heavy ( berat pala )
    4 . Isometric
    harga ga terlalu mahal ( budget 450.000 )
    sebelum nya thx atas infonya .semoga bermanfaat buat ane khususya
    mohon pencerahan nya……

  50. 53

    ananta said,

    bos mau tanya klo sweet spot 1000 pake senar apa n ditarik brp biar punya tenaga….mohon infonya

  51. 54

    fath102 said,

    U/ Sari hariyadi :Untuk Offensif MP99 1.2jt Armotech 250 345rb.
    Tarikan umum 28lbs . Yonex bisa ditarik sampai 28lbs hanya tarikan snar pada umumnya tidak ada yang benar2 standar kecuali mesin tarikan senar buatan Yonex sendiri dan di kalibrasi oleh Yonex . Tarikan untuk smash tergantung power pemain. jika tidak kuat bisa tarikan 24-27 jika power kuat 28-30.

    U/ Yuli : tarikan standard 28lbs. RSL memang buatan inggris informasinya .
    u/Olan : Di Pasar pagi. Toko bisa diurut satu-satu.

    U/ Kididy : Hart enak juga saya juga punya kok. 24 untuk power kurang 28 untuk power kuat.

    Syamsul/: sesuaikan saja dengan tulisan diatas mas.

    U/ Yulharman : Carbonex 2 blm tahu tapi Carbonex 21 banyak juga yang cocok.

    U/ Djoko/ Harga 50-700 untuk raket yonex atau merk lain mas?

    Bali villas : coba dipegang dan diayunkan enak mana itu yg dipilih.
    U/ Jalal : Pasar agi dekat stasiun kota Jakarta.

    U/ Evan : coba browsing dulu antau baca tulisan saya yg lain jd
    bisa nentuin sendiri raket yg cocok untuk mas Evan.

    U/Sandy : MP22 198rb atau Hart 200rb

    u/ Rayhan : di Carbonex 8000 ligh lihat speknya dan sesuaikan dg tulisan diatas.

    U/ Rully : Datang ke toko raket minta pinjam raket tanpa senar dan coba ayunkan seperti untuk lob atau smash rasakan perbedaanya untuk setiap raket.

    U/ Tomy : Ya dipasang dengan senar yang murah saja sayang kalu tidak dipakai.

    U/Edo : Saya belum pernah coba mas mungkin rekan lain bisa bantu?

    U/ Acan : Lihat dari spenya sepertinya raket ini baik juga untuk menyerang (head hevy ) tapi bagus juga untuk bertahan (3U), G4 cocok untuk genggaman tangan yang tidak suka besar. Boleh juga nih raket lihat speknya.

    U/ Ananta : BG65Ti atau BG66 tarikan 26-28

  52. 55

    sidiq said,

    salam kenal..pak..

    saya bru mulai bermain bulutangkis..mau cari raket yg murah2 dulu..
    sya ditawari teman Astec MP2. senar BG66. apakah cocok buat pemula..karena tnaga saya masih kurang. raket ini dr bahan apa? sebaiknya senar ditarik brp?

    matur nuwun..

  53. 56

    Agus said,

    Bro numpang tanya,
    Untuk pemula yang masih belajaran apakah pakai raket Yonex MP27 sudah cukup? harganya sekitar brp ya?
    Ini raket lebih cenderung bertahan atau menyerang?

  54. 57

    kiki said,

    wahh…………….
    mang harganya mahal

  55. 58

    Edo said,

    Ok tq bos fath
    sidik : astec magic power 2 klo untuk pemula menurut saya ok lah, harga bersahabat dikisaran 215rb, untuk stringnya 24-26 lbs karena bahannya tidak cukup kuat ditarik kencang 28 lbs

    kiki : klo yonex asli mp 27 udah lbh dari cukup bro, untuk spec nya menurut tmn2 saya all round, menyerang n bertahan sama enak

  56. 59

    dewi said,

    Pak..thx yaa..artikelnya bagus sekali dan komplit buat saya yg masi buta soal raket bulutangkis. Pak saya minta rekomendasi yang cocok, saya mau beli raket buat hadiah.
    tipe pemainnya, lebih ke pertahanan sama kontrol, trus cepet cape (staminanya kurang)
    Raket merek apa ya pak yang bagus n tipenya yang cocok..Makasih ya Pak

  57. 60

    nutiggy said,

    salam kenal pak fath,

    Saya Dimas Purnomo penggemar bulutangkis tapi baru satu minggu ini saya memulai olah raga ini dg serius sebagai kesenangan aja satu kali seminggu selama 1-2jam untuk selingan sambil menunggu ombak yg datang untuk surfing yang saya tanyakan adalah:

    1. sebagai pemula saya memakai raket RS power smash dg senar yonex bg66 tarikan standar, cocokkah untuk pemula seperti saya ?

    2. karakter permainan yg saya rasakan adalah saya suka rally2 panjang dg sesekali melakukan smash, pertanyaan saya adalah raket jenis apa yg cocok buat saya dg harga dibawah satu jutaan ?

    atas perhatian bapak saya ucapkan terima kasih.

    terima kasih,
    Dimas Purnomo

  58. 61

    lee said,

    salam kenal pak fath,

    saya termasuk orng yg senang bermain badminton tp perlu referensi tentang senar raket yang cocok, saya termasuk yg suka smash dalam berlatih dan menggunakan arccsaber z slash, mohon referensinya untuk terikan senang dan type senanr apa yg perlu saya gunakan, terima kasih sebelumnya, ^_^

  59. 63

    andy said,

    mau tanya, untuk raket yang cocok untuk orang yang lanjut usia. tipe yonex yang seri apa ya?
    Terima kasih

  60. 64

    eric said,

    salam kenal pak fath,
    saat ini saya menggunakan arcsaber 008.. jenis dan tarikan senar utk type bermain bertahan dan nyerang sekaligus enak buat smash, bagusnya gimana yah?
    lalu saya mau minta referensinya utk raket merk pro ace seri sweetspot 1000 & prince seri triple threat premier 3U / 4U.
    dari kedua raket diatas, bagusan yg mana yah?
    terima kasih

  61. 65

    kevin said,

    Tmn2 mau tnya ne, antara sepatu Specs Riposta & Rising Shot.
    type apa yg nyaman di kaki ya! Mohon info & saran nya..thanx

  62. 66

    hamzahnyau said,

    saya punya raket yonex MP15, tolong di informasikan spesipikasi dan kelebihan dari raket type tsbt karena saya cari di katalog merk yonex type MP15 tdk saya temukan tapi kenapa bisa ada produknya buktinya saya punya ,MP15 cocoknya untuk apa yah…?

  63. 67

    Fauzan said,

    Salam bulutangkis pak…saya mau nanya…
    bagaimana dengan Nanospeed 850

  64. 68

    raja said,

    bozz, menurut anda gi mana dgn raket gosen sp-8,,?

  65. 69

    dalijodoang said,

    salam badminton…
    saya pemakai raket flypower (blackpearl 07 dan redpearl 09), senar pake BG65Ti,di raket tsb ditulis tegangan senar bs ampe 30 lbs, kalau misalnya ditarik 30 lbs,yang kalah frame nya (penyok) atau senarnya (putus) atau malah aman2 aja?
    thanx…

  66. 70

    hafiz said,

    gjhhhhvffhbjbj

  67. 71

    hafiz said,

    salam kenal bos…. 2 thn kebelakang sampai skrng sy mulai sk maen bl tngkis…. berbagai mcm raket saya coba…. dari yg Rp 200.000 – 1.500.000 ….. ada raket lining Rp. 200.000 enak dipakai… ada jg raket arsaber 8 dx rp 1.350.000,- kurang enak dipakai…. skrng sy beli armotec 900 p seharga rp. 1.340.000….. enaknya dipasang senar apa dan tarikan brp….. karena power sy kurang kuat….. tp sy sk smes…. mksh bos atas waktu nya…..

  68. 72

    agung seruyan said,

    Pak fath. . .Sy penggemar badminton,raket yg sy gunakan skrg merk HART tipe infinite f5 technology (over size, berat krg dari 80 gr) Permainan sy tipe penyerang dgn jumping smash. Yg sy tanyakn senar yonex tipe apa yg pas buat raket tsb. Sekaligus tarikannya brp?

  69. 73

    salim said,

    pak fath..sy mau tanya tentang spesifikasi raket Apacs Tantrum 200 dan cocoknya pakai senar,tarikan berapa ?

    terima kasih :)

  70. 74

    wahh mantap nih banyak pilihan raket untuk badminton..
    kira2 klo buat saya yang cocok apa yah yang udah lanjut usia.dan sekedar pemanasan aja..

  71. 75

    Randy Lim said,

    aq pengen cri raket yg di atas rp 200ribu(pengen hemat dikit hehe) yg bgus utk serangan n pertahanan …. raket q utk serangan agak berat utk pertahanan …n tarikan senar yg bgus utk smash n drop shot brp?

  72. 76

    agung said,

    om,_ kalo tipe penyerang tarikan senar’nya yang paling bagus berapa,_?

  73. 77

    aryawan lee said,

    salam kenal mas, saya suka badminton tapi ya main nya jarang2 juga sih, cuma akhir2 lebih rutin + mendalami, saya baru beli raket toalson seri slimpowerpro 1200, berat 80, tarikan saya lupa, 80 kan uda termasuk lentur y, kmrn saya pakai smash kq terasa kurang nyaman y, ga kaku batang raketnya, kalau beratnya sih enteng. saya lebih senang smash tp tidak tertutup kemungkinan saya juga defend depan tergantung partner. senar saya pakai BG 66. sebelumnya saya pakai toalson ti max power 3300…. mungkin ada masukan buat saya? trima kasih sebelumnya….

  74. 78

    kikliwon said,

    saya penggemar sekali bulutangkis dan usia saya sdh 47 th dan main pada ganda ,saya selalu main di depan istimewaku , raket yang kupakai adalh Hart, kira -kira jenis Hart yang bagaimana yang paling enak dan tarikan berapa ya , trmksh banyak moga2 banyak manfaat khususnya bagiku dan orang lain.

  75. 79

    oneal said,

    mohon pencerahanya mp29 untuk attack dan defends bagaimana masfath

  76. 80

    omfirman said,

    nice info…ijin share gan…

  77. 81

    habibi said,

    slm pak,sy habibi sya ud maen sktar 1,5 tahun .mo cari raket yang diatasxa apacs ti 10 merk apa ya pak.coz yang apacs di pke smash bergetar.klo lining tipe brp pak yang allround atau yang head heavy.merk lain yang top gpp pak.(harga 400-500 ) thanks pak

  78. 82

    chon said,

    salam mas , saya chon biasanya saya pake raket pro ace titanium 9 ,mau ganti ama type apa yang cocok ya…

  79. 83

    amrul said,

    ini ada gambar spesifikasi dan tips memilih raket (gambar resolusi tingg) untuk di cetak digital print buat di tempel di tempat latihan club, atau di gedung umum

    download rar

    http://www.4shared.com/rar/h08AnEFK/tips_memilih_raket.html

    atau cek gambarnya
    gambar 1 http://imageshack.us/a/img96/6604/2d1i.jpg
    gambar 2 http://imageshack.us/a/img707/1582/03jr.jpg

  80. 84

    dixon said,

    Pak Yonex carbonex lite itu ada atau ngga?
    Hargany brp?
    Kok jarang direview?
    Makasi

  81. 85

    kalau kita berbicara merek diluar dari tipe carbonex ya….yang agan saranin untuk tipe ane yang pemaen ganda, tipikal menyerang/belakang…pake nya tipe apa? catatan na sih lengan ane gak terlalu gede…jadi selama ini pake tipe raket yang ringan, tetep maksa supaya ada power cari raket tarikan na stabil di 30…hehe
    maaf koreksi kalau ane salah.
    http://www.info-condotel.blogspot.com

  82. 86

    wijaya said,

    Selamat malam pak fath.. Mau tanya nih,Mengenai raket lining serie 3G ti powertec TP101B.sy ditawari oleh tmn sy,sy blm prnh dengar seblmnya tentang lining yg merk itu.apakah type itu mmg bnr raket lining asli?kok di indonesia sy blm prnh temui. Spesifikasinya bgmna? Raket itu cocoknya untuk control atau serang?terima ksh.

  83. 88

    Harman said,

    Sy mempunyai mesin merk ebox
    . Tp sy tdk tahu memasang senar.mungkin bapak bisa memberika panduan mulai A-Z.trims


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 84 other followers

