Merk dan Type Raket Bulutangkis / Badminton Terbaik

Merk dan Type Raket Bulutangkis / Badmintom Terbaik.

Saat saya main bulutangkis, di lapangan kadang sering ditawari oleh rekan dari group lain yang sama-sama hobby main bulutangkis untuk membeli raket badminton. Raket yang ditawarkan rata-rata sih baru tapi ada juga yang sudah pernah dipakai alias second. Setelah beberapa rekan mencoba beberapa raket yang ditawarkan dari sini sering timbul diskusi antar sesama pemain mengenai merk dan type raket yang bagus serta cocok untuk dipakai pribadi maupun secara umum. Kadang-kadang juga saat saya nyenar raket atau main ke toko olahraga sering juga timbul diskusi yang sama. Sebagian besar orang memilih raket mempunyai tujuan akhir yang sama yaitu raket enak dipakai untuk Smash dan enak juga dipakai untuk Kontrol/ Bertahan.

Dari berbagai diskusi dan pengalaman pemain di lapangan serta beberapa informasi di internet didapat beberapa merk dan type raket yang banyak direkomendasikan yaitu:

1. Yonex

  • Armotec : AT900*, AT800, AT700*, AT250*, AT150

  • Muscle Power : MP 99, MP45, MP33*

  • Carbonex : Carbonex 30 Muscle, Carbonex21SP, Carbonex10sp

  • Arcsaber 10^

  • Spesial edition : Ti10*^

2. Apacs

  • Edge Saber : ES10*, ES101

  • Nano Power : NP900 atau NP299*

  • Furious: F525^, F1000/2000

3. Astec

  • Nano Pro900 atau Excalibur

4. Pro-Ace

  • Titanium Gold atau Ti Maximum

  • Thunderbolt1, 2, 3

  • Sweetspot1000

5. Karakal

  • M-tech 80 atau 85

6. Gosen

  • Grapower 700Ti, 950Ti

7. RS

  • Metric Titanium 100

8. RSL

  • Daimond X1,Ti 5900,4900, 3200

  • Matrix 5000, 7000

9. Ashaway

  • Aero tech 800-900

  • AS 700SQ, Nano electro / Dynamic

10. Hart

  • Powershoot pro.

11. Gosen

  • Type W810

12. Dunlop

  • Type W810

13. Toalson

  • Ti-max 2000XT, Premium Pro 100

  • Toalson Megaflex : Inner and Power, Cyberlogic

14.Nassau

  • Carbon 88

15. Carlton

  • Airblade 33

  • Powerblade 9909

16 Wilson

N CodeN Code

17 Prince

  • Triple Threat Series

  • ^ : Raket bagus untuk Smash maupun Kontrol / bertahan

  • * : Raket ini bagus sekali untuk smash

Masih ada yg kurang silahkan ditambahkan?

RAHASIA TERPENUHI SEMUA KEINGINAN

CARA MENCEGAH PASANGAN ANDA SELINGKUH DAN PENYEBAB UTAMANYA DISINI

99 Responses so far »

  1. 1

    alunxp said,

    Hart Powershot Pro (sekarang inget serinya) memang bener2 cocok buat saya.

    Gimana dengan merk Flypower? Rata2 raketnya cukup lentur dan kuat.

    Sekalian saya mo tanya, dulu waktu masih aktif badminton saya pernah denger raket Mizuno. Tapi sekarang kok rasanya udah jarang banget ada di toko2. Masih produksi apa enggak ya? Thanx buat infonya.

    • 2

      arya said,

      Hart Powershot Pro harganya sekarang berapa broooooo???
      kata temen”ku hart memang bagus. cuman gw g tau seri apa yang bagus tuk serang….
      tolong infonya ya brooooo
      thanks ya brooo

      • 3

        haryanto said,

        hart, raket harga tidak terlalu mahal tetapi memang sangat enak dipake, saya saat ini pake infinite power 76. very useful to offense and deffense.

  2. 4

    roman said,

    bener deh …
    blog ini bagus

    aku punya hart powershoot defensive dan coba pake senarnya BG85ti
    boleh juga tuh

  3. 5

    roman said,

    ada info ttg raket Precise korea seri agak lama ?…

  4. 6

    arief said,

    apa sih kelebihan raket Ti10

  5. 7

    arief said,

    saya mau mencoba tapi pengin tahu kelebihan reket yonex Ti10, kalo ada yang tahu kabari ya !…..thanks

  6. 8

    PUJI said,

    Ko raket jenis & seri raket yang terbaik untuk NanoSpeed g ad sh???
    Kn ada NanoSpeed yang bagus buat smash spt NanoSpeed 9000 Power

    Saya mau tanya nama toserba besar spt MG di Atrium Senen KEPANJANGAN NAMA TOKONYA APA SH COZ SAYA NYARI KE ATRIUM BLM KTMU2?

    TOLONG YA ALAMAT TOKO MG-nya JUGA YANG LENGKAT.

    SAYA PENGEN BELI RAKET YONEX YANG ASLI DSNA

    Kl ada yg tau toko resminya kbrn saya y di
    081383638666

    thx b4

  7. 9

    masdidi said,

    waaah makasih ya mas, ngga rugi kemarin meksa cari2 Yonex Ti-10
    emang itu raket enak banget buat smash, apalagi dipasangi Yonex BG-65 tarikan 22. sip deh.
    ada yang tahu kalo mau beli raket APACS di YK dan seputarnya dimana?

  8. 10

    kim said,

    kalo saya cocoknya pake HART Attack 78… warna biru, kepalanya over size… ada anti redamnya juga… cukup ringan… bener2 muantapppp

  9. 11

    Mahdi wijaya said,

    Salam Olah raga…Blog nya bagus banget. lebih banyak lagi ya info badmintonnya

  10. 12

    Dhe said,

    yg utk raket prince 3 threat itu yg tipe yg bgs utk overall itu apa ya tolong dibahas lbih lanjut donk thanks

  11. 13

    [...] – Merk dan Type raket Bulutangkis terbaik [...]

  12. 14

    [...] lagi ngidam ini mulailah cari – cari info. Iseng cari informasi diinternet, tak sengaja masuk ke web site ini. Wow, referensi lengkap tentang raket. So, perburuan pun dimulai. Karena niatnya mo ngirit, maka [...]

  13. 15

    Galee said,

    Trims banget bagi yg kasih komen..,aku pake at 700,powerku ngg trlalu gede,tarikan senar brp yg bisa hasilkan smash keras ya? Thx

  14. 16

    egar said,

    pro ace stroke 318 juga enak tuh di pake buat menyerang dan bertahan, trus ada ngga apacs nanao power 299

  15. 18

    DAVID said,

    ikutn gbunk y,maw tanya nih dimana ya bisa ndapetin raket ti10 yonex asli di jogja??aq sudah ke fina,mataram,garuda,dll gada yg punya tuh..

  16. 19

    DAVID said,

    klo tahu toko yg masih menjual ti10 yonex di jogja kabarin aq ya thank’s.. sms ke 085643674777. thnk’s bgt

  17. 20

    kyu said,

    kalau raket big pro itu masih ada apa gk ya?? cs qlg nyari enk bngt dpke bwt bthn

  18. 21

    Leni said,

    Pak…, mohon petunjuknya…

    Kalo raket pro ace power ace 88 bagaimana, pak? Kemarin sdh liat2 ke toko, direkomen pro ace power ace 88, tapisaya coba cari informasi di internet kok tidak ada ya? Mohon pencerahannya. Maturnuwun…

  19. 22

    Vieck said,

    Ada yang tau tentang raket merk Hart Infinite More Flex 83 gak yach! Itu bagusnya untuk apa?
    Apakah cocok untuk bertahan dan menyerang?

  20. 23

    mandiarta said,

    raket gosen gavun aermet 3700 mantap dipakai, sangat lentur

  21. 24

    [...] ( Jangan Asal Copy Paste ) Sebutkan sumbernya.. Possibly related posts: (automatically generated)Merk dan Type Raket Bulutangkis / Badminton TerbaikSenar Putus..Raket Badminton, Baru dan BekasHOUSE [...]

  22. 25

    ashadi cahyadi said,

    sy mau tanya raket apacs itu cuma tersedia di jakarta aj apa udah ada di daerah lain? mksi

  23. 26

    ipank morello said,

    mas tau tentang raket yonex titanium pro 60 ( japan ) ga? udah nyari2 informasi g ada yg tau…tlg dong informasinya ….tenkyuuu

  24. 27

    hika said,

    Mas sebelumnya…salam kenal…
    Saya pemula main badminton mas..
    Kemarin terlanjur aq beli raket Gosen Grapower 940 TI..eh aq cari2 info ttg raket ini di google dmn2 kok ga ketemu ya..ketemunya Grapower 950 TI..
    Ini raket asli ga ya mas ? Pernah make raket ini lum mas..gimana menurut mas?
    Klo pegangannya kayaknya pas enak..cuma lum q buat main..baru sore ini mau buat main..
    Thengkyu..

  25. 28

    irwan said,

    asskum

    mslh sya disni sya bingung mau beli raket,
    yang saya ingin kan tu yang enak tuk smash dan kontrol
    dan merk raket pa yang bagus gi tulahhh

  26. 29

    Ryan said,

    Hallow…semua..
    Aq mau tanya…ada yg punya aktifitas rutin maen badminton di Bali gak..???? Atau mungkin ada yg gabung salah satu club badminton di sana..???
    Soalnya kita akan ada Tour ke Bali akhir musim ini…siapa tau kita bisa adakan Exibition Match..
    thanks,
    Ryan – Jepara

  27. 30

    luphi said,

    wah bagus2 pasti enak+mahal……………..kasih 1 dong pak.hahahahaha

  28. 31

    handry said,

    Halo semua
    Saya mau tanya ada yg tau nga raket hart infinite nanoflex 83?
    Saya cari nga ada dimana”. Kalo ada yg tau,tlg donk infonya. Thx

  29. 32

    andy said,

    Saya pakai muscle power 100 (harga 150rb) nggak tau bikinan sby apa china. bukan yonex asli. saya tempo hari liat yang nc tuff 9, harga 500rb-an, ciri2-nya asli semua.
    Bagusan mana ya ? Enaknya perlu diganti sekalian nggak ya ?

    • 33

      fath102 said,

      Sebaiknya anda coba raket punya teman dulu. setelah cocok baru beli seperti raket punya teman
      karena Berat, Type raket ataupun tarikan senar berbeda satu sama lain kecocokannya.
      Merk raket bisa apa saja.

  30. 34

    ian said,

    aku nyari raket nassau sekarang susah banget,kalau ada info tolong dong di bagi. aku di batam

  31. 35

    kie_an said,

    aq mnta foto raket2 donk????????????????????????????????????????

  32. 36

    broodin top said,

    Saya raket Hart kurang bagus, saya sudah coba bermacam-macam type mulai dari power shoot pro-offensive sampai Infinite Attack-888, sekarang saya pakai raket RSL Firepower 8000+senar Yonex BG-66 dgn tarikan 28lbs, ini raket top banget!!! buat smash or control, ndak kalah dgn Yonex Arc Saber-10 or Ti-10, harga-nya jg tdk terlalu mahal, cuma 500rb-an, kalo ndak percaya buktikan sendiri deh.

    • 37

      jalal said,

      dimakassar apa ada yg jual ya?

    • 38

      Rinduwan said,

      Salam. Saya main badminton rutin sejak 1995, mau sharing aja pengalaman pake raket berbagai merk yg pernah saya pake. Saya termasuk yg suka nyoba2 raket, apalagi kalo ada temen yg merekomendasikan, dikomporin dikit aja langsung beli. Singkat aja ya, dari jamannya suka berburu raket di pasar pagi, sampe akhirnya saya sadar, bahwa raket mulai dari harga 150 ribuan (bahan carbon) ke atas itu sama aja, tergantung kebiasaan kita pada raket itu saja. Contoh: saya dulu biasa pakai Yonex carbonex 21 yg ringan, ketika. Saya coba pake carbonex 9 yg berat, mainnya jadi kacau. Feeling touch-nya beda. Jadi masalah kebiasaan aja, Taufik Hidayat biasa pake RSL, begitu dikontrak Yonex, oke2 aja kan, tapi tentunya dengan masa penyesuaian dgn raket merk barunya. Oh ya kurang afdol kalo saya ngga ikutan merekomendasikan merk raket yg menurut saya oke, ada 2 raket yg menurut saya sangat sempurna yg pernah dibuat. Untuk main single adalah Yonex Arcsaber 10. (Yg ori ya), sedangkan untuk main double ngga salah lagi, masterpiece yg sangat low profile, very low price tapi raket yg sempurna yaitu: HART Powershoot pro baik itu deffensive, offensive atau Titanium, isinya sama aja. Gosipnya, raket ini masih buatan Jepang untuk keluaran lama yg warna cat-nya belum Chrome.

  33. 39

    broodin top said,

    Teman2 ada yang pernah coba raket Fly power Strom-5800 blue, seperti yang dipake anak-anak PB. Djarum Kudus? menurut informasi senarnya bisa ditarik sampai 30lbs pake Yonex BG-68 Ti, mohon pendapatnya. thanks

  34. 40

    Iwan said,

    berapa kira kira harga yonex Ti 10????????????

  35. 41

    angga said,

    minta pendapat temen2, lok uang 500-600rb baeknya beli raket yonex seri brapa ya??
    thx

  36. 42

    jimdee said,

    Kalo duit mepet mending jangan pake yonex, karena harganya relatif lebih mahal dibanding yang lain (no offense loh) kecuali yonex china yah…..:). Saya pake toalson cyberlogic harganya bersahabat di kantong dan puas juga pakenya enak buat serang dan bertahan. Ngemeng2 lagi ngincer apacs edge saber 10 nih soalnya rame juga diomongin anak2 forum bultang. ngumpulin uang jajan dulu ah….anyway tx yah bro fath

  37. 43

    budiono domas said,

    Saya pingin info nano speed Tour Asli apa ngak ya

  38. 44

    tico said,

    hai,sy baru gabung dan lokasi main bultang di bali-ubud..ada yang dari bali?dan ada yang tau kalender kompetisi di bali?

  39. 45

    tico said,

    hi,saya baru gabung dan lokasi lat bultangnya di bali -ubud,ada yg dari bali?ada yg tau kalender kompetisi di bali?

  40. 46

    irfan said,

    gw pake armotec 250 limited..klo bro Fath bilang cocok utk smash..tapi yg gw rasa koq lebih enak utk bertahan sama long, klo utk smash rada berat…atau mungkin tergantung type permainan orangnya ya ..thanks

  41. 47

    William said,

    om saya mau tanya….. bagus gak sya memakai raket RS Speed force 720
    karena saya lg fokus main…gara2 umur saya 12 jd gak mau kalah sama temen

  42. 48

    andy said,

    lam kenal.. kalau aku skrg pake hart attack warna kuning hitam, kerasa cocok benar di tangan, itu stlah pindah2 merk dll, smash jadi kenceng banget dan gak bikin bahu sampe terkilir,, defens juga enak skali, mau cari yang persis itu ‘apa” yah ringan dan kuat (typr permainan serang) mohon info… mau cari yg kepalanya ringan,, {yg berat banyak di pasaran}

  43. 49

    Edo said,

    Rugi saya beli astec excalibur seharga 1,7juta tapi lebih cocok astec wave power 68 seharga 580rb…. 68 lbh nyaman bwat smesh, klo excalibur rasanya ngambang waktu smesh.Raket mahal bukan jaminan cocok buat kita…

  44. 50

    Mashury said,

    Bro Fath..
    Saya lagi cari Yonex Ti-10, kira2 dimana saya bisa mendapatkannya ? yang asli loh..
    Atau apakah ini sudah tidak diproduksi lagi ?

  45. 51

    vincent said,

    mw tnya…lbh bgs rketLiNing atau raket Yonex??

  46. 52

    Mukidin Revan Crb said,

    Saya selama ini gak pernah pake Raket selain Pro Ace, tapi walau begitu berbeda-beda karakter dari tiap raket, saya udah mencoba beberapa type dari sting 668, stroke 318, titanium dream, sweet spot 1000, sweet spot 950, ti 9, dan saya mendapatkan type yang cocok untuk bertahan dan bagus jg untuk menyerang yaitu pro ace titanium 12 dan platinum 110. coba deh dibuktikan …..!

  47. 53

    vardy said,

    mo tnya donk..
    sya pnya rket yonex tipe MP 33sp..
    cm mo dpke tarikan 28 bngkok y??pdhl yonex tarikan 28 kan bs..

  48. 54

    Ono kuswono said,

    Saya pake yonek arc saber 10,cocok g bwt smash,soal sudah 2 raket bengkok gara2 smash(victor)
    saya nyari raket yg bwt menyerang dengan uang 350,tloong kash tau ke aku y
    085659918428

  49. 55

    ali said,

    ada th harganya 365 rb apacs Ti 10
    pakai senar bg 66 9yonek) yg spesial tarikn tersrah

  50. 56

    david said, said,

    wilson n coden code carinya dimana ya????

  51. 57

    david said, said,

    wi;son n coden code yang paling mantap

  52. 58

    iwan said,

    mas,
    sama-sama penggemar bulutangkis – ijin copas ya.
    Trims.
    Besok mau ke toko raket.

  53. 59

    sandhi said,

    mas, saya minta daftar harganya dong untuk
    Yonex…
    Armotec : AT900 , AT700, AT250,

    Muscle Power : MP33

    Arcsaber 10

  54. 60

    luthfi said,

    saya mau nanya ne mas..
    Pha sih klebihan raket hart infinite power kick 550..?
    Dan tarikan mentoknya berapa.?
    Dan satu lagi harganya 375 di balikpapan,apakah original.?
    Buat yg jwb trima kash

  55. 61

    raden chengost said,

    bos, kalo raket flypower yg bagus bwt smash n kontrol tipe apa yg bagus…????

  56. 62

    idris said,

    mas, sy sdh prnah pake raket
    AT700 Lt,
    Ti10,
    nanospeed 100,
    tp utk At700 dan Ti10 adaptasi tuk smash/kontrol agk susah.
    sy mo cb arcsaber 10 kira2 bagus tdk ya utk tipe gnda yg suka mnyerang?? thx..

  57. 63

    agung said,

    bos, saya baru mau mulai aktif main bulutangkis lagi setelah 20 tahun vakum, ketika hendak memilih raket, saya menjadi bingung karena banyaknya jenis raket, model dan merek yang beredar di pasaran. ketika saya membaca tulisan ini, saya pikir ini sangat membantu saya, namun ternyata ada beberapa type raket yang sudah tidak ada di pasaran (itu kata penjualnya), untuk itu, bisa tidak tolong di update merek dan type raket terbaik yang baru dong….
    adapun raket yg saya minati adalah astec, wilson, flypower, karakal dan apac.
    gaya permainan saya cenderung lebih suka mengontrol dan bermain netting dan power saya tidak besar, kira-kira raket apa yang cocok buat saya dan juga senar apa yg bisa mendukung?
    terima kasih, saya tunggu balasannya.

  58. 64

    Pradana said,

    ada yg tau nggak merek bedini saya lg nyari nih
    soalnya saya cocok sama merek itu yg buatan malaysia
    kalau ada buka otomaniagila aja ya tinggal leave comment ajjah

    Trims

  59. 65

    siswadi said,

    bos klo raket yg ringan n lentur kira2 yg bagus pa ya ?mksh.

  60. 67

    arif45 said,

    salam pecinta badminton
    hart powershor pro yg merah bisa jadi lentur banget klo sering di pake smash
    tarikan cukup 24 aja, klo besar” ditangan gag nyaman

  61. 68

    siswadi said,

    bos aku domisili di solo jateng,mo nyari gosen grapower 700 Ti / 950 Ti dmn ya?

  62. 69

    ardian said,

    karakter saya cocok raket ringan dan lentur..armortec 700 dan armortec 900 masih tetap jadi senjata andalan,powerfull untuk smash dan lumayan untuk defense,moga jadi referensi..

  63. 70

    rozali sofyan said,

    sy sekarang berada di luar negara, sy pingin tau harga racket yg paling bagus kuwalitasnya.. terima kasih.

  64. 71

    Ryan said,

    Mohon Informasi Bagaimana dengan raket Pro Ace Titanium 12 karena saya pemula cuma di Toko ditawari raket itu seharga Rp 425.000

  65. 72

    tito said,

    Mohon Informasi Bagaimana dengan raket Pro Ace Titanium 12 karena saya pemula cuma di Toko ditawari raket itu seharga Rp 425.000

  66. 73

    fath102 said,

    Ada yang bisa bantu jawab comments Mas Tito?

  67. 74

    buser303 said,

    sy cuma ingin curhat pengalaman PAIT tentang raket yg sy alami. Sblm,nya sy mengunakan raket jenis HART INFINITE TOP FLEK POWER 333 sy beli baru Rp 575rb + senar BG66, saat sy gunakan berbenturan ama tmn lgsg PATAH jadi 3 potong. trs setelah musibah tsb sy mengunakan jenis Carbonex21SP sy beli + senar Rp875 & udh hampir 1 thn ANEH’nya wkt bbrp kali LOP sisi kiri RAKET bawah patah pdhl ga benturan dgn raket lain..JADI dr pengalaman yg sy alami kayak’nya raket2 skrg kwalitas & ketahan’nya kurang bagus. dr pengalaman tsb sy kira jenis raket skrg ga sekuat jenis raket era80-an. seperti Carbonex 8 JAMAN DAHULU (Raket Jadul)

  68. 75

    Pipip said,

    Mohon pencerahan dgn merk raket Hart Infinite 888 ?

  69. 76

    Nugroho said,

    mas…ada rekomen toko online gak ya?

  70. 77

    Aguz aCe said,

    Salam kenal mas fath. . . .
    Saya bru bli proAce platinum 350. . . .maksimal tarikannya brapa ya??’

  71. 78

    Aguz aCe said,

    Bwat rekan” yg tau situs resmi proAce tolong ksi tau ya. . . .
    Mkasi. . . .

  72. 79

    Hans said,

    raket badminton dgn harga d bawah 300rb tp tipe offense (rda head heavy gpp), kira2 raket apa ya??
    thanks info2nya…

  73. 80

    Aguz aCe said,

    ProAce seri sabre bgs ngak ya??

  74. 81

    ernanto f said,

    pak, ni saya d kalimantan pake Hart Infinite Control 03 (F2)… di shaft nya rcomend tens nya smpai 32lbs.. tapi baru sya coba 24lbs, klo putus bentuknya udah agak berubah… jadi kayak bulat telor…

    tu kalo dtambah lagi tens nya tahan ga yaa??

    soalnya ni ukuran tens. mesin string nya kayaknya beda dari yg biasanya….

  75. 82

    Fandy said,

    Merek raket badminton yang paling bagus

  76. 83

    ka dwi said,

    mulai aktif main badminton lagi setelah lama vakum..pake carbonex 8 blacken sp ( raket warisan babe, tp masih muluuusss tu barang )..biar kata jadul tp soal perforna masih tetep jempolan gak kalah sama model2 terbaru…offense & defense ni raket asli tetep enak di pake…bikin gak bisa ke lain hati ehhh..raket maksute…

  77. 84

    st said,

    apakah raket merek victor type sw35 itu cocok untuk permainan menyerang (smash) dan berapa harganya?

  78. 85

    Roni said,

    dimana ya yang jual racket astec asli?
    kalau tahu kabarin ya…
    thanks :)

  79. 86

    Arvin said,

    Kalau senar yang ada lambang yonex nya gimana ya?

  80. 88

    saya lebih memilih merek astec karena paling enak kalo dipakai smes

  81. 89

    dony said,

    Rsl diamond x1 bagus nggk itu mas broo…?

  82. 90

    Fanggie_ sepuak said,

    Gw punya Hart aero smash 76, sekali pake,, wow….
    gx akan nyesel deh klo beli… tahan banting, no peot lah… (untuk pemain ganda)

  83. 91

    Arul said,

    Saya memakai racket voltrick 7 sama voltrick Z force,,,

  84. 92

    muslimin_bppn said,

    frend mw tanya ni ,, raket yonex musclepower 66(MP66) masih prodksi atau gk y. klo msih ad. d mna y kira2 ad tu raket..
    tolong infonya..

  85. 93

    nugi said,

    raket merek ebox bagus seri berapa bro.?

  86. 94

    habibi said,

    mohon infoxa, temen2 dan master fath mo cari raket harga 400-500 ribuan merk ( yonex,li-ning, toalson , hart ) tipexa allround cenderung head heavy..yg bagus offensive dan defensivexa.trimakasih

  87. 95

    Ary said,

    Dimana ya,yang jual raket YONEX yangkuat dan nggak mudah bengkok…????

    Harga nya berapa sih?

  88. 96

    REZA said,

    berapa sih biasax hargax raket merk astek dan merk apa sih yg paling bagus di gunakan saat bermain badminton

  89. 97

    sulaiman said,

    salm kenal gan.
    saya mau cari reket proace 55/
    tlp gue ya
    085210408343

  90. 98

    Yamaha EF2000iS 2000 Watt Generator

    Merk dan Type Raket Bulutangkis / Badminton Terbaik | Fath102

  91. 99

    rozaqi said,

    Pro ace Sweetshoot 1000 memang mantap itu


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 89 other followers

