Jadwal Kereta Api Eksekutif Jakarta – Surabaya

Ada yang harus diperhatikan saat anda ingin pergi ke Surabaya menggunakan jasa Kereta Api. Apalagi jika Jika anda belum pernah pergi ke Surabaya – dari Jakarta sebelumnya, ada beberapa tips maupun kecurangan yang sebaiknya anda ketahui, apa saja itu simak tulisan dibawah…

Jadwal dan Tarif kereta api Eksekutif Jakarta – Surabaya bisa juga dilihat disini selain jadwal yang sudah lengkap dibawah .

Kereta Api Eksekutif dari Stasiun Gambir Jakarta ke Surabaya ada tiga kereta yaitu KA. Argo Bromo, KA Sembrani, KA. Gumarang.

1. KA Argo Bromo Anggrek berangkat Siang (09.30) dan Malam (21.30-) Harga tiket 270 – 300rb

2. KA Sembrani berangkat Sore (18.45) Harga tiket 220 – 270rb

3. KA Gumarang berangkat Sore (18.00) Harga Tiket 220 – 270rb

KA Eksekutif paling cepat adalah KA ArgoBromo ( Jkt-Sby 10jam 27menit) dan tiba di Surabaya jam 07.45. KA Gumarang paling lambat (Jkt-Sby 14jam .45 menit) tapi tiba diSurabaya paling pagi yaitu jam 06.45. karena berangkat paling awal. , Sedang untuk KA Sembrani ( Jkt -Sby 12jam 4 menit ) sampai Stasiun Pasar Turi Surabaya Jam 07.02

Harga tiket kereta api diatas bisa berbeda tergantung Hari Berangkat ( Senin-minggu) dan Waktu (Siang/Malam). Senin- Kamis dan berangkat siang akan lebih murah daripada berangkat Jumat-Minggu malam, selisih harga kurang lebih 30rb.

Untuk mendapat tiket kereta yang bagus (Excecutive) seperti Argo Bromo lebih baik pesan terlebih dahulu paling dekat 1 hari sebelumnya jika harus beli mendadak sebaiknya pada pagi hari (jam 09-10 pagi). Kalau beli pas mau berangkat , kadang ada tiket kadang tidak. Untuk Tiket KA Sembrani dan KA Gumarang relatif lebih mudah mendapatkannya. dan bisa dibeli mendadak. Keadaan diatas tidak berlaku pada saat Hari Raya dan Libur panjang Sekolah.

Pemesanan Tiket ke nomor 13897 lewat Seluler dan Pembayaran ATM Mandiri lebih baik dari pada pembelian langsung ke loket karena harus lama antri. Jika tidak punya ATM Mandiri, tiket KA bisa dibeli lewat Agen Perjalanan dengan menambah biaya +- 20 rb. daripada antri.

KECURANGAN DI KERETA API EKSEKUTIF

” jika anda tidak membawa uang lebih atau sangat lapar jika ditawari makan (Nasi Goreng atau Steak) pertama kali oleh pramugari kereta, pertimbangkan lebih dulu jangan langsung diterima karena makanan tersebut harus anda beli, apalagi makanan tersebut belum tentu sesuai dengan selera anda, Tunggu makan malam Gratis baru akan diberikan sesudahnya. Karena porsi makan Gratis tidak cukup banyak bagi kaum lelaki ada baiknya makan dulu di stasiun atau dirumah sebelum berangkat. Makan malam gratis biasanya akan langsung diberikan tanpa ditawari terlebih dahulu, sedangkan yang bayar akan ditanya dengan ramah”

Saat saya naik KA Sembarani dari Jakarta – Surabaya PP, Banyak kejadian dan cerita kasihan yang disampaikan ke saya. Penumpang di sebelah kursi saya saat pulang dari Surabaya kebetulan adalah langganan tetap KA terutama KA Sembrani. Dari ceritanya banyak penumpang baru yang bengong saat makan makanan pertama yang ditawarkan karena setelah makan ditawari lagi makan kedua. Penumpang baru sadar bahwa makanan yang dimakan pertama kali harus bayar (untuk Steak 25 ribu). Penumpang ada juga yang protes (yang berani) akan tetapi banyak yang Bengong (nggak mau ribut) dan memelas (penakut dan tidak punya uang) saat disuruh bayar makan yang ditawarkan dan harus bayar karena sudah dimakan. Untuk protes ke Pelayan/Pramugari percuma karena pramugari tersebut kapasitasnya hanya sebagai pegawai. Yang paling bertanggung jawab adalah pimpinan tertinggi dari operasional KA tersebut agar kebijakan memberi makan penumpang bisa diubah.

Sebenarnya sangat mudah memberi fasilitas makan yang cukup, enak dan tidak merugikan penumpang yaitu tinggal menaikkan tarif Tiket sebesar makanan yang disediakan . Akan tetapi karena faktor Bisnis Pribadi yang meninggalkan etika kepentingan Umum, maka Praktek menjebak memberi makan akan tetap saja berlangsung. Kapan majunya Negara ini kalo perilaku menjebak makan penumpang seperti itu masih dilakukan, kasihan dong Menteri Perhubungan yang telah memilih Pejabat KA yang keliru.

Tapi saya yakin suatu saat Praktek menjebak memberi makan tersebut pasti akan berhenti, tinggal lihat saja siapa nanti yang akan bertindak menanggulangi atau bertanggung jawab atas kejadian tersebut. Semoga.

INFO TAMBAHAN AGUSTUS 2009:

PT.KAI: Mulai 1 Agustus 2009, Fasilitas Makan+Minum Gratis KA-Executive diTIADAKAN!

Note : Sudah ada jawabannya kan tulisan diatas.

MENURUT SAYA : Sebaiknya fasilitas makan minum gratis tetap ada tapi pemberian makan yang gratis dulu baru yang bayar biar penumpang tidak terjebak. Kalo penumpang tidak puas atau kurang bisa beli makan yang bayar tsb , Itu baru PELAYANAN EXCECUTIVE.

PEMESANAN TIKET MULAI 17 AGUSTUS 2009

Kini pemesanan tiket tidak hanya bisa dilakukan di loket di Stasiun KA, kantor pos atau ATM. Karena mulai 17 Agustus 2009, pemesanan tiket KA juga bisa dilakukan melalui Call Centre dengan nomor 021 6916060 dari semua nomor telepon atau 121 dari telepon rumah (PSTN). Nomor telepon tersebut hanya bisa untuk memesan KA kelas bisnis atau eksekutif.

Direktur Komersial PT KA Sulistyo Wimbo Hardjito dalam siaran persnya di Jakarta (25/08) menuturkan, melalui kedua nomor pesan tersebut calon penumpang mendapat kode booking, selanjutnya calon pemesan melakukan pembayaran melalui ATM.

Selain untuk pemesanan tiket, Call Centre KA juga berfungsi sebagai pusat informasi jadwal perjalanan, tarif, serta keluhan penumpang KA. Sementara untuk saran dan keluhan pelanggan secara tertulis dapat dikirimkan ke PO.BOX .9559.JKT.(majalahka.com)

MINTALAH KEPADAKU PASTI KUBERI…

CARA MENGATASI PASANGAN SELINGKUH DAN CIRINYA

- Tips cara pilih raket Bulutangkis

- Setting 3G MMS semua operator seluler

About these ads

39 Responses so far »

  1. 1

    donyforexavi said,

    wahh….parah tenan kie yaa,gimana nih para penjahat eeh penjabat pemerintah khususnya PT KAI.Ini bisa dikategorikan cara lain dagang asongan di kereta api exekutif,tapi dengan cara yg lebih halus…pada intinya sama MAKSA kepada konsumen dan menjebak.
    Mau gimana lagi….ini budaya ngobyek yg udah berbudaya dan budaya manfaatkan kesempatan sekecil2nya walau rugikan konsumen.Asal dapat uang tambahan.
    Kreatif boleh lah…apalagi di dunia bisnis/usaha itu perlu,but kreatif yg pake hati nurani,,,betul nggak mas fath??…JAYALAH INDONESIAKU ,salam dr yogya

  2. 2

    dissa said,

    ho oh…setuju ya mas,

  3. 3

    fath102 said,

    U Dony & Dissa. Ya betul memang begitu kenyataannya. Memanfaatkan kesempatan, pas lapar ditawari makan dan ditunggu 2lagi mana ada yang sanggup nolak? kecuali bagi bagi yang tahu. Apakah selama ini yang lain tahu ? Tanyalah pada rumput yang bergoyang.. Ho.ho.ho.ho… ho.ho.hoooooo… hoooo hooo…ooooo………..

  4. 4

    dissa said,

    Mas, prinsip bertanya pada rumput yang bergoyang udah nggak jaman…rumput sudah langka, tumbuh2an sudang berganti jadi rumah dan pertokoan. Jadi sekarang bertanyalah pada ……….eyang google..anda bertanya, mbah google menjawab.

  5. 5

    [...] ; Awas jika naik kereta Api Jakarta – Surabaya baca  disini Possibly related posts: (automatically generated)Install Software dan Inject TREO 650 CDMACara [...]

  6. 7

    [...] – Awas Naik Kerta Api Jakarta – Surabaya Possibly related posts: (automatically generated)Backup email Microsoft Outlook 2003No TitleInternet Gratis 100mb/bulan pake AXISAXIS World [...]

  7. 8

    balkie said,

    Wah thanks banget buat infonya, gue mo ke Surabay bulan April nanti, so gue jadi mikir dua kali buat naik kereta, mendingan naik pesawat aja dah lebih cepet :-)

  8. 9

    Bram said,

    hmmm..
    thanks infonya mas..
    bisa jadi referensi kl nanti saya naik kereta..

  9. 10

    alya dentist said,

    aku jg pernah ngalamin kejadian buruk di KA Argo anggrek, sebelumnya saya brgkt dari sub dg tujuan ke bdg, saya naik Turangga, KA berangkat pd malam hari dan saya danteman2 dapat makan malam. pulang dr Bdg saya dan teman-teman ke Jakarta, pd waktu kmi mau plg k Sub. uang kami dalam kondisi mepet utk membeli tiket plg saja. kami tdk tau kalo ternyata di dalam kreta kami tidak dpat makan. tiba2 ada yg menyodorkan Stek, tmn saya langsung ambil aja tu steak. sebenarnya saya sdh ragu dr awal kalo steak ini tdk gratis. dan ternyata benar Steak nya seharga Rp.30.000,’- Pocari Sweat seharga Rp.10.000,-
    ckckckc….
    lemes deh mendengranya…
    trus ,mau gmn lagi…=( sedih aja sama pelayanan KA tersebut

  10. 11

    fath102 said,

    Tuh kan… dengering dong suara konsumen jangan budeg…

  11. 12

    djulaeha said,

    coba diperhatikan jadwal kereta api tolong tepat waktu karena aku pernah nunggun sampai 2jam karena keterlambatan keberangkatan kereta.paling sebel nungu jadi bete menyebalkan, jenuh.terus tolong juga soal penumpang aku pernah melihat masenis yg tugas cek tiket didalak KA org yg gak beli tikat bayarnya didalam KA.itu contoh tdk baik percuma ada peraturan tp selalu dilanggar

  12. 13

    [...] Awas kereta api Jakarta -Surabaya disini Possibly related posts: (automatically generated)Setting email Fren dg Yahoo di Snapper Treo [...]

  13. 14

    siemax said,

    saya siemax saya mau tanya jadwal keberangkat untuk tanggal 18 september dan harga tiketnya berapa ?

  14. 15

    sebeningkristal said,

    U Siemax/ : Jadwal tetap, harga biasanya naik. Hari ini 19 Agustus 09 tiket ke semua daerah dari Jakarta untuk tgl 18 september 09 habis meskipun OB dari kantor telah antri dari jam 4 pagi.

  15. 16

    big sugeng said,

    Infonya lengkap yaaa
    mampir dong ke blog saya
    saya malah pernah terkunci di Toilet KA hampir 1 jam

    • 17

      Sutarwanto said,

      Gileew gua kenaa juga bro. Steak + teh anget 45 rb. Jam 24.00 lagi tidur nyenyak dibangunin orang lagi kebingungan ditodong suruh bayar. Bisnis gaya apa ini.

  16. 18

    Yulian e. said,

    Aneh tapi nyata…. Bener2 gak sangka… Ngobyek dimana aja….

  17. 19

    monika said,

    mas, klo rute sari surabaya ke cikarang (kost daerah pavillion) rute kereta atau angkotnya naik apa aja? thanx

  18. 20

    cheerry said,

    ada lowongan kerja g?????????????? lw bisa hrga tiket trunin lagi donk??????????

  19. 21

    Ardy jon bon said,

    Waduh,parah nian emang pt KAI,dalam berjualan kaya gitu,kalo gak laku n gak bsa jual produk,jangan menjebak kaya gitu donk..malu,hrusnya xlian malu(pt KAI),moral udah berantakan,biarpun gw org gak baik,tapi kalo urusannya merugikan khalayak,geram ‘awak’

  20. 22

    Andra said,

    yach memang kita sering temukan kecurangan2 yg ada saat di kereta api, kebetulan aja pengguna setia kereta SBY-JKT diantaranya:
    1. memberi makanan tanpa menginformasikan terlebih dahulu bila makanan tsb harus bayar, banyak penumpang yg terpipu jadinya, kasihan yg uangnya pas2an, pastinya gak bertanggung jawab itu pramusajinya kalo memang demikian
    2. harga makanan mahal2, gak wajar dengan rasa dan porsinya. bila wajar pasti berkah itu pengusaha restorasinya
    3. banyak dech pokoknya…… yang pasti selama ini aku naik kereta api gak pernah tepat waktu baik keberangkatan maupun kedatangannya

  21. 23

    wah thanks bnget deh pak,,,udah ngasi info yg baik,,,
    soalnya sy lum pernh k sby tp skrg mau ke sby,,,!!
    skali lg mkasi pak,,,

  22. 24

    syafi said,

    salut buat bapak…web resmi PT KA saja mbulet..bnyak konten g penting….g mnfaat..pas saya buka tarif n jadwal g bisa dibuka..apa ckerjaan PEGAWAI Informasi Teknologi YG DIBYAR PT KAI itu? dasar pegawai g berkualitas…bikin WE aja g becus….cari orang ITS aja pak…

  23. 25

    budi said,

    pelayanan call center stasiun di ps turi perlu ditingkatkan karena akan ada pesaing baru Pendowo train express transindo ke semua jurusan dengan tarif lebih MURAH , CEPAT dengan memakai jalur bawah tanah dan laut

  24. 26

    Anophz said,

    ada yang tahu jalur KA GUMARANG surabaya~jakarta melewati stasiun apa saja?

  25. 27

    hadi w said,

    JUAL TIKET KERETA TGL 9 sept Argo Anggrek Malam JKT-SBY utk 2 orang jam 21.30. ada tempat duduk,Harga sesuai yg tertera di tiket Rp 1jt,saya jual KARENA BATAL PERGI
    hub di 0856 4827 6929..Buruan!!!

  26. 28

    Hendri said,

    JUAL TIKET KERETA TGL 9 sept Argo Anggrek Malam JKT-SBY utk 1 orang jam 21.30. ada tempat duduk,Harga sesuai yg tertera di tiket Rp 500rb,saya jual KARENA BATAL PERGI
    hub di 08119934134..Buruan!!!

  27. 29

    Tatin said,

    Dijual 2 tiket Kereta Api Eksekutive Taksaka Jakarta – Jogjakarta untuk keberangkatan tanggal 6 September 2010 berangkat dari Stasiun Gambir jam 20.45 Wib harga 470rb Dijual karena mudik bareng mobil kantor. hub : 0818 0269 1815.

  28. 30

    Dewa said,

    Wah sama nigh ane juga pernah punya pengalaman naek AGRO Bromo anggrek pas hari libur tiket lebih mahal 50Rb trus snack gratisnya ditawarin setelah mereka menawari Menu makanan berbayar mereka, sungguh menjebak hehe

  29. 31

    isna said,

    klo qt bayar lewat call center,kan dpt resi pmbyaran klo dah bayar di ATM. itu kan ditukerkan di loket stasiun juga. Apa kita harus antri?

  30. 32

    amal said,

    Mohon info nomer 12 apa ya mas? Tq.

  31. 33

    Abdul Rahman Sulaiman said,

    intend to travel from Jakarta to Surabaya on 3 Nov 11 – 21:30 train.
    Can I purchase tickets for 2 on the same day.
    Thank you.

  32. 34

    Yaya Reyes said,

    nais inpo gan….

  33. 35

    Agustin said,

    infonya sangat bermanfaat, makasi banyak……

  34. 36

    JOO KOO said,

    NUMPANG TANYA BAPAK DAN IBU YANG TERHORMAT, SEBENARNYA PENUMPANG KERETA API SEMBRANI ITU DAPAT MAKAN DAN MINUM APA NGGAK SICH…….? KOK KEMARIN AKU DIKASIH MAKAN DAN MINUM SETELAH ITU DIMINTA BAYAR, YA MEMANG CUMA SEDIKIT 50 RIBUAN KEATAS, TAPI KALO NGGAK JELAS KAN NGGAK ENAK.

    TERIMA KASIH JAWABANNYA

  35. 37

    JOO KOO said,

    NUMPANG TANYA BAPA DAN IBU YANG TERHORMAT, SEBENARNYA PENUMPANG KA EKSKUTIF SEMBRANI INI DAPAT MAKAN DAN MINUM APA NGGAK SICH……? KOK KEMARIN AKU DAPAT MAKAN DAN MINUM SETELAH ITU DISURUH BAYAR, YA TIDAK BANYAK CUMA 50 RIBU KEATAS, TAPI KALO NGGAK NGERTI KAN NGGAK ENAK.

    TERIMA KASIH JAWABANNYA.

  36. 38

    Okta Aditya said,

    Hahaaaaaa dasar yah Negara Indonesia, () Hhhм̲̅м̲̅м̲̅м̲̅м̲̅ ◦°◦º.. Kasian para penumpang, mending naik kertajaya saja 45ribu, makan lauk ayam rendang paling mahal 15 ribu, bahkan paling murah 4ribu, hidup Orang Ekonomi !

  37. 39

    Hi, i think that i saw you visited my weblog so i came to
    “return the favor”.I’m attempting to find things to improve
    my website!I suppose its ok to use a few of your ideas!!


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 86 other followers

%d bloggers like this: