Tips Panduan memilih Laptop atau Notebook Baru.

Tips Panduan memilih Laptop atau Notebook Baru

Dari berbagai Merk Laptop yang pernah saya coba seperti Toshiba, Hewlett Packard, Dell, Acer, Sony, IBM, Benq, Apple dll dapat diketahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing Vendor meskipun secara khusus setiap type yang saya coba tidak mewakili seluruh kualitas dari merk tsb tapi dari mencoba berbagai fungsi dan ketahanan dari laptop dapat diperoleh gambaran kualitas dari laptop tsb . Oleh karena itu sebelum anda membeli Laptop ada baiknya anda simak tulisan dibawah agar anda tidak kecewa sampai di rumah.

7 Pedoman memilih Laptop

1. Review. Lihat Review kualitas maupun performance laptop yang ingin anda beli di internet di forum yang terpercaya terlebih dahulu sebelum anda membeli laptop, Banyak sekali website yang mengulas kualitas sebuah laptop baru maupun lama  misalnya di CNET . Semakin banyak data review yang anda dapatkan semakin mantap keputusan anda.

2.Garansi Resmi . Garansi resmi sangat penting karena bisa jadi anda membeli laptop baru dengan merk terkenal tapi Type Laptop yang anda beli tidak bergaransi resmi alias dari Pasar Gelap / Black Market. Masalah akan timbul jika Laptop anda rusak kemudian anda bawa ke Service Resmi tapi ditolak karena Vendor Resmi tidak menjual type tersebut. Jadi hati-hati anda harus tahu Dealer Service resmi untuk Merk Laptop yang anda idamkan.

Kalau memungkinkan ada baiknya anda membeli Laptop didealer resmi akan tetapi biasanya harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan di Mangga Dua Jakarta. Syukur dapat barang resmi harga miring di Mangga Dua Jakarta.

3. Merk . Merk berhubungan dengan kualitas akan tetapi tidak selalu benar jika anda membeli laptop baru hanya berdasarkan pada merk laptop lama anda karena anda yakin bahwa laptop lama anda cukup berkualitas. Alasan membeli laptop merk terkenal hanya berlaku jika merk tersebut memang terbukti menjaga kualitas untuk berbagai type seperti IBM dan Dell . Saya mengatakan tidak selalu benar karena merk tertentu belum tentu bagus untuk semua type. Sekarang ini banyak laptop merk terkenal yang mempunyai kualitas dibawah rata2 baik jeroannya maupun baterai beserta chargernya. Jika anda membeli Laptop merk Lokal pastikan laptop yang anda beli mempunyai Garansi paling lama.

4. Jenis dan Type . Jenis Laptop bisanya dibuat berdasarkan klasifikasi kebutuhan dilapangan misalnya Netbook, PC Tablet, Notebook dll . belilah Laptop yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya :

- Laptop sering anda bawa pergi dan digunakan untuk pekerjaan ringan mengetik, membuat laporan pekerjaan, browsing internet, email dlll tanpa aplikasi yang membutuhkan graphis berat seperti game2 terbaru, Ada baiknya anda beli laptop yang ringan dan mempunyai ketahan baterai yang lama seperti Netbook dengan processor Intel Atom 270 bisa tahan 6 jam (Acer Aspire one, MSI Wind, HP mini 1000 dll). atau jika anda punya uang lebih bisa membeli Laptop ukuran 12-13.3 inch dengan processor terbaru Core2Duo.

- Laptop jarang dibawa keluar digunakan untuk main Game, Desain graphis dan sejenisnya maka yang anda butuhkan adalah Laptop dengan layar diatas 14inch yang mempunya Graphic card Dedicated ( bukan share) dari ATI Radeon atau NVidia yang mempunyai memory minimal 256MB, RAM 1GB & Processor Core2Duo . Anda akan kecewa jika membeli Laptop dengan memory Graphic share 256 MB dan install dengan Game terbaru yang membutuhkan Graphic memory 256MB , Game tidak akan jalan misalkan jalan akan tesendat-sendat.

- Laptop digunakan untuk kerja yang membutuhkan kualitas tinggi tahan debu air dll bisa pilih laptop yang sesuai untuk itu misalnya Rugged Notebook Warrior, Dell Alltitude ATGTM D620 atau Dell Latitude XFR D630

Mengetahui Type Laptop dari suatu merk sangat membantu dalam memilih Laptop yang sesuai dengan kebutuhan karena Type setiap Laptop dibuat berdasarkan kebutuhan dasar dilapangan. Type juga lebih bersifat spesifik yang menggambarkan kemampuan sebuah laptop.

5. Tes Kelengkapan, Tes Fisik dan Tes Fungsi.

- Cek Kelengkapan Laptop seperti Baterai , Charger, Tas, Kartu Garansi, Buku Manual, CD Software (jika ada) apakah sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan.

- Tes Fisik Laptop apakah ada yang lecet, retak , cat tergores, segel terbuka, Coba buka dan tutup CD Drive, laptop apak ah normal, tombol wireless, tombol On/Off dll.

- Tes Fungsi. Hidupkan laptop dan coba fungsi dari masing kelengkapan misalnya, Charger jalan, Tes tombol, Tes CD writer, Tes software dan Hardware apakah sudah sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan.

Penting : Cek Layar apakah ada dead pixel jika ada akan tambah titik terang pada layar display gelap.

6. Cek Harga. Cek dan bandingkan Harga dulu sebelum anda membeli laptop agar tidak kecewa.

7. Kurs. Tukarkan Rupiah anda dulu di Bank anda jika anda membeli laptop dalam kurs Dollar karena penjual akan memberi kurs dollar yang paling tinggi.

Semoga Bermanfaat…

65 Responses so far »

  1. 1

    wisnu said,

    numpang nanya yang dimaksud share ama non share itu apa?
    apa sama artinya dengan istilah on board (share) ama card graphic

  2. 2

    fath102 said,

    U/wisnu:
    Ya betul artinya kurang lebih begitu.

    VGA Share (integrated) itu artinya tidak mempunyai processor dan memory sendiri sehingga harus berbagi dengan processor dan memory di mainboard. biasanya mempunyai spesifikasi : VGA intel GMA X3100 / 4500 atau Ati Radeon 328MB Share
    sedangkan
    VGA non Share (Dedicated) mempunyai processor dan memory tersendiri sehingga saat dibutuhkan untuk menjalankan Game yang butuh VGA tertentu akan berjalan lebih cepat. Processor dan memory Laptop akan bekerja lebih ringan dan cepat hasilnya tampilan grapic permainan Game dilayar akan telihat normal dan tidak terputus-putus. VGA dedicated biasanya ada spesifikasi : VGA Ati Radeon HD3** atau VGA Nvidia GeforceFX 9***

    VGA akan telihat peranannya misalnya saat menjalankan permainan game yang membutuhkan VGA minimal tertentu (32,64,128,256, 512 dll), VGA Dedicated (non share) lebih baik daripada VGA share (integrated)

  3. 3

    Kenji99 said,

    Kalo hanya untuk sekedar buat chating dan pekerjaan rumah biasa yg bagus beli laptop merk apa ya….dan lagi biasa di bawa kemana2 tempat.
    trims

  4. 4

    ruli said,

    Sekedar info saja… Saya hanyalah karyawan salah satu Bank Swasta di Jakarta Barat. Diawal Februari 2008 lalu saya pernah menemukan masalah. Sore hari, laptop Toshiba saya tiba-tiba hang. Seperti biasanya saya segera matikan lantas saya restart ulang. Biasanya mau lagi berjalan normal. Tetapi sekarang ini sepertinya lain, hanya tampilan ‘blue screen’ dengan tulisan aneh, dan saya pun tidak tahu artinya. Lantas saya copot hardisknya untuk di-copy ke PC, dengan memakai external case SATA, saya colokkan beberapaka kali ke PC dan Laptop. Ternyata hasilnya sama saja & ada bunyi kletak-kletek. Takut ada apa-apa, saya tidak berani otak-atik lagi.Atau menuruti semua tips dari internet. Karena semua tips itu belum pasti alias belum ada jaminan data-data saya pasti akan selamat! Mungkin saja kondisi hardisk justru makin parah atau tidak dapat diselamatkan lagi!

    Dari pada ambil resiko. Akhirnya saya coba membawa ke tempat yang lebih professional dan dipercaya, yaitu layanan recovery data di daerah Harco Elektonik Mangga 2. Seperti biasa, saya menunggu beberapa hari. Tetapi saya sempat kaget, ternyata mereka telah gagal menyelamatkan data saya dengan alasan bahwa kerusakan pada piringan hardisk saya sudah parah dan datanya banyak yang rusak, katanya disknya juga banyak tergores. Saya pun mengambil harddisk SATA Seagate Momentus saya dan mencoba merecover lagi ke tempat lain. Ternyata sama.Mereka gagal. Beberapa tempat saya coba, sama saya terakhir saya coba lagi antar ke daerah bilangan Jl.Setia Budi Sudirman. Ternyata hasilnya sama saja. Padahal mereka mengaku-ngaku yang terbaik di Jakarta.

    Entahlah saya hampir putus asa. Saya bingung sekali harus kemana lagi saya antar harddisk saya agar dapat diselamatkan data – data penting di dalamnya. Saya juga hampir putus asa. Akhirnya saya coba mencari di Internet, di salah satu iklan gratis tampa daftar, saya menemukan Everesta Media yang situsnya http://www.everezta.com dan saya coba telpon dulu. Mereka meminta saya diminta mengantar harddisknya ke tempat mereka di daerah Lenteng Agung. Akan tetapi kalau diambil oleh mereka , akan dikenakan biaya, yaitu untuk biaya pengecekan dan transportasi, yaitu sebesar tujuh puluh lima ribu rupiah. Dari pada repot – repot pikir saya, karena juga saya juga agak sibuk waktu itu. Saya meminta mereka segera datang mengambil ke alamat kantor saya. Saya pun harus sabar lagi menunggu jawaban dari pihak mereka.

    Keesokan harinya saya ditelpon pihak mereka / Everesta Media, walau sempat tidak percaya. Mereka menelpon kepada saya, kalau harddisk SATA saya dapat diselamatkan mereka, katanya keberhasilan minimal 80% bukan 100% lagi dan waktunya agak lama minimal satu minggu, alasannya bahwa kerusakan harddisk saya sudah sangat parah secara fisik (katanya tidak terdetek BIOS dan banyak sekali BAD SECTOR) untung saja belum dibongkar mangkoknya. Mereka langsung saja mengajukan biaya sebesar 5 juta rupiah yang cukup mengejutkan saya. Alangkah kagetnya saya, mahal sekali padahal tidak seperti di tempat – tempat lain jauh lebih murah! Karena mahalnya saya bingung sekali sempat saya mau membatalkan. Saya juga coba tawar harganya. Tetap saja mereka tidak mau agar biayanya lebih murah, dengan alas an kerusakannya sangat berat : bunyi “knocking down” ; kadang-kadang/sering minta F1 dengan pesan secondary/primary disk failure”. Katanya, kalau kasus standar dan belum pernah dibongkar dan diutak-atik dengan cara apapun. Akan jauh lebih murah, yaitu cuma Rp. 250.000,- sampai 1,5 juta rupiah / menurut kerusakannya. Karena terpaksa. Pikir saya, harus kemana lagi saya coba merecover data – data penting saya dengan harga jauh lebih murah, sementara nyaris semua, sebagaian besar mereka telah menyerah tak sanggup/ gagal. Akhirnaya mau-tak mau, saya harus menyetujui untuk membawar 5 juta rupiah, asalkan data-data saya benar – benar telah berhasil diselamatkan.

    Setelah menunggu kurang lebih seminggu, akhirnya mereka (pihak Everesta Media), menelpon lagi kepada saya, memberitahu sudah selesai data saya diselamatkan, diminta saya membuka e-mail saya, karena laporan datanya sudah dikirim. Segera saya cek e-mail saya, ternyata benar data saya sudah ada semua. Kesesokan harinya, mereka akan antar data-datanya ke kantor saya siang hari. Diminta juga, saya segera menyiapkan pembayarannya secara tunai 5 juta rupiah. Saya tidak mau rugi, saya harus cek lagi lebih detail apakah benar – benar data saya sudah ada. Saya mencoba mengingat satu – persatu data – data penting saya awalu sebagian besar saya sudah tak ingat lagi satu persatu. Ternyata benar, mereka telah berhasil menyelamatkan data-data saya. Tak terkecuali photo-photo anak saya waktu lahir. Hebat juga Everesta Media, walaupun biaya recovery datanya cukup mahal tidak seperti di tempat-tempat lain yang pernah saya tanya. Walaupun begitu, sebenarnya saya cukup puas dengan harga 5 juta rupiah, karena pihak Everesta Media berhasil menyelamatkan data-data penting saya bahkan yang sudah dihapus sekalipun. Ataukah pihak http://www.everezta.com yang tempatnya tidak meyakinkan itu adalah sedang beruntung ketika itu? coba saja dulu oleh anda, baru percaya. Entahlah kenapa, sementara di tempat lain sudah gagal / menyerah. Ruli; Mohon maaf lagi ya , bukan bermaksud untuk membuat yang lain marah atau tersinggung, hanya sekedar tukar pengalaman semoga berguna. Terima Kasih.Serpong (29-2).

  5. 5

    fath102 said,

    U Kenji99/ : seperti tulisan diatas: Acer Aspire one 160GB, MSI Wind U1000, HP mini 1000 atau bisa yang lain. harga dibawah 6jt. untuk harga diatas 6 juta bisa beli merk DELL, IBM, SONY dengan ukuran layar 12- 13 inch agar tidak terlalu berat.

  6. 6

    Jemmihot purba said,

    Sya suka laptop pavillion dv4t dari hp, dimana ya dealer resmi hp wilayah jakarta?

  7. 7

    RM Guadi said,

    Saya membeli Merk Zxxxxxx sudah 1 tahun yang lalu bulan Maret 2009, Dual core speed 1.6…. sampai sekarang ya masih lumayan,,,, dan bagus ktnya sih merk Indonesia..(saya ngga ambil Merk Axxxxxxxx) karena denger2 cepet panas kompnya… tapi waktu ada pameran kok saya lihat cashing body warna ) merk Axxxxx dan Zxxxxxx kok sama ?……. bgaimana ini… apa satu pabrik itu Merk Axxx dan Zxxxxxxx

  8. 8

    diriku said,

    mau nanya nih, kalo laptop yg cocok buat diinstal matlab apa ya?soalnya temenku pake lenovo RAM 2GB itu lemot banget..

    • 9

      fath102 said,

      Coba pakai processor yang Core2duo T9400/ T9300 , Graphic card Ati Radeon / Nvidia min 256MB dedicated (bukan shared) lebih besar lagi lebih baik . RAM min 2GB . misal Jika Lenovo bisa pakai yg LENOVO ThinkPad SL400 15-16jt atau Toshiba M300 harga 15-17jt.

  9. 10

    Deva said,

    Hai mz,ad yg mw sy tanyain nih..
    Bgini mz,sbulan yg lalu sy bli laptop toshiba satellite A305-S6872 core2duo di Rimo denpasar.wktu itu sy cri2 laptop yg msh bner2 dsgel plastik.tp udah muter2,ternyata dsemua toko di Rimo tu sama.ga ada segelnya yg bner2 utuh.akhirnya sy ptusin bli dslah 1 toko.yg sy tanyakan,apa memang daya batrai hanya bs dpakai utk 2 jam?padahal bru dcas,bru dhidupin,lngsung brkurang 13%.mnrut mz itu aneh ga?trz apa yg sy bli ini laptop bkas?mengingat brg sdh tdk trsegel sbgaimana umumnya qt bli brg elektro bru.
    Tolong dijwb ya mz..
    Thx bgt

    • 11

      fath102 said,

      Toshiba satellite A305-S6872 menggunakan baterai Lithium Ion yang tahan sampai 4 jam. Jika kurang dari itu kemungkinannya Cara charge baterai laptop pertama kali yang salah. Umumnya Baterai Laptop baru pertama kali harus dicas kurang lebih 6-8 jam setelah penuh kemudian lepas kabel Charger dari Laptop dan pakai Laptop sampai baterai habis. Ulangi lagi charge cara diatas sampai 2-3 kali, setelah itu saat baterai habis charge lagi sampai penuh tidak perlu sampai 6-8 jam cukup indikator baterai Full. Pakai Laptop diusahakan jangan sambil dicharge. Charge hanya dilakukan jika baterai mulai habis. Laptop ini menyediakan waktu 3 menit untuk memberikan kesempatan mengisi baterai sebelum laptop Off.
      Kemungkinan lain baterai tidak sampai 4 jam, baterai tidak standard pabrik.
      Untuk saat dihidupkan kurang 13% nggak masalah asal Total pemakaian bisa 3-4 jam.
      Laptop bekas tidak juga karena Penjual beresiko jual baranmg bekas dan laptop ini kalau tidak salah keluaran 2008. kalau baterai bukan kualitas standard pabrik itu paling mungkin.

  10. 12

    dfurqons said,

    Kalau saya beli laptop HP COMPAQ PRESARIO CQ40, dg processor AMD TURION X2 DUAL-CORE MOBILE RM-70 2.0GHz dg memory 1Mb, menurut mas bgus gx?? Truz kelebihan/kekurangannya apa? Itu menggunakan VGA share/gx? Trus kira2 harganya yang pas brapa? & standar batrainya tahan berapa jam!
    Thanks sebelumnya!

  11. 14

    donyforexavi said,

    assalamualikum,mas fath….gmn kabare??aku pake netbook accer ,lumayan ringan ,simple…yg penting bisa buat golek duit tho mas…ehehhe.ada saran kanggo perawatanne??salam buat yg dijakarta

  12. 15

    mia said,

    Saya baru saja membeli Toshiba U400-P302, yang mo saya tanyakan adalah bagaimana cara mengisi baterai toshiba untuk pertama kalinya?berapa lama baterai toshiba dapat bertahan jika sudah terisi penuh?Mohon infonya dari teman,thanx

    • 16

      fath102 said,

      Habisin dulu saja baterai sampai nol kamudian dcharge lagi sampai full +_ 6 jam. kemudian habisn lagi sampai no lalu charge lagi sampai ful +- 6jam setyelah itu pakai seperti biasa. Kalo pakai baterai sebaiknya charger dilepas. setelah habis baru charger dipasang lagi.

  13. 17

    Mia said,

    Mas Fath, sy punya masalah sama kayak deva, sy baru beli toshiba U400-P302,lalu saya charge baterainya untuk pertama kalinya selama 2 jam sesuai saran dari si penjual laptop karena di tokonya laptop saya sudah dicharge selama 1 jam dimana indikator baterai sudah menunjukkan 85%, maka agar menjadi 100% dicharge selama kurang lebih 2 jam/sampai indikator baterai mennujukkan tanda penuh. Tapi ketika baterai toshiba saya sudah penuh lalu saya memakai laptop saya,dan baterai laptop saya cepat sekali habisnya dalam waktu 2 jam saja, bagaimana saya menangani masalah ini?Tolong bantu saya.Terima kasih

  14. 18

    Hans said,

    Thanks! :-)

  15. 19

    Hans said,

    Oia, bisa tolong beri saya rekomendasi harga notebook baru Core 2 Duo yang berharga sekitar 5 juta-an?
    Dari Dell ada atau tidak Pak Fath?
    Terima kasih sebelumnya. :-)

  16. 20

    Zed said,

    Pak fath, bisa tolong beri tahu saya harga toshiba portege M405 – S8003 ? Trima kasih

    • 21

      fath102 said,

      Tablet PC Toshiba Portege M405-S8003 12.1″ Laptop (Intel Core Duo Processor T2400, 1024MB RAM, 100 GB Hard Drive, Ultra SlimBay DVD SuperMulti Drive) Harga baru tahun 2006 kurang lebih 2000 USD, Harga akhir 2009 baru sdh tidak ada. Harga second paling mahal 6 juta sebagai perbandingan Harga laptop Sony VGN 37GP th 2005 2500USD sekarang second 5 juta.

  17. 22

    Randy P said,

    Mas,
    menurut situ,kwalitas dr Asus eeepc 1005ha gmn,memuaskan kh ?
    Rncn mo ambil itu nih :)
    thx…

  18. 23

    reno_party dork said,

    kalau
    mau hot spot tan
    mesti pakai WIFI USB tidak ??
    kalau cuma buat hot spot tan ngak perlu marek nya bagus kan
    – thanks-

  19. 24

    WATCHOUT said,

    KK,numpang nanya saya mau bli laptop harga 6 sampai 8 juta..
    udah banyak liat brosur bermacam merk laptop tp ttp bingung liat istilah di dalamnya..
    mohon saran temen2 sy skrg masih kuliah fak teknik jurusan sipil jd sering bermain engan program gambar,trus hobi main game ol jg..
    bgs apa ya ?:>
    trims

  20. 25

    bima-ap said,

    Makasih infonya buat yang punya blog, dan makasih juga buat yang komen dah berbagi pengalaman

  21. 26

    supriyadi said,

    Buat yang pengen liat2 harga-harga laptop bisa kesini Daftar harga laptop

  22. 27

    arul said,

    mau tanya dong, harga pasarannya toshiba satellite A 305-S 6872 sekarang berapa ya? ada teman yang nawarin ke saya tapi saya ga tau harga pasarannya. terus laptop itu kalo buat game2 besar bagus ga ya? thanks

  23. 28

    lombok villa said,

    thanks for info.
    kebetulan saya lagi mau cari laptop yang bagus dan cocok dengan kebutuhan saya saat ini.

  24. 29

    ady said,

    saya pemula,br beli notebook thosiba,,
    saya langsung menggunakan notebook itu stelah mmbeli tnpa d charge..hny skedar setting2 user name,hny brtahan 2jam,
    stlah itu presentase batre hingga 6Persen,bru saya charge,hruzny saat dcharge lampu batre pd notebook kan nyala,lha nie sm skali tdk mnyala,notebook pun tdk mau hidup,
    yg mau saya tnyakan,ap ini ad pngaruhny dr saya yg tdk lngsung recharge notebook br sblum dgunakan?

  25. 30

    Foto Artis said,

    ini harus di bookmarks di komputer saya, sangat berguna buat saya…. karena saya lagi cari laptop nih. sangat membantu artikel ini, thanks sobat atas artikel yang sangat bermaanfaat buat saya.

  26. 31

    hesty anwar said,

    Ass,. saya pemula kpengen pake laoptop untuk buat prog gambar yang standar (corel 5 Photoshop cs 5 dan ilustrator ) kira-kira laptop apa yg pas buat ku ya? VGA nya memori prosesor dll trims….

  27. 32

    pachess said,

    mas mau tanya:

    untuk aktifitas yang lebih banyak memutar film, serta presentasi, sebaiknya saya menggunakan laptop/netbook dengan spesifikasi seperti apa?
    trims

  28. 33

    fath102 said,

    U/ Reno : Kalau di laptop sudah ada wifi tidak perlu pakai wifi USB.

    U/ Wathcout : Untuk yang suka gambar design dll pilih computer bisa disesuaikan anggaran yang penting kapasitas memory /RAM min 1-2 GB dan bisa ditambah /upgrade memory sampai 4GB atau lebih.

    U/ Ady : Mas Ady sudah benar laptop baru tidak perlu di charge lsg pakai saja sampai batre habis bis baru di cas tidak usah disisakan 6%. Laptop tidak hidup tidak apa asalkan indikator saat charge laptop hidup dan berfungsi normal (baca buku petunjuk) . jika tidak cek hardware / software pendukung.

    U/ Hesty : Program gambar dan Ilustrrator Laptop dengan processor diatas Dual Core ( Core2 duo,i3, i5, i7 ) sudah cukup asal memory min 1-2GB dan bisa upgrade 4GB atau lebih
    Untuk merk sebaiknya pilih yang alamat service nya luas.

    U/ Pachess : Bagi yg suka mutar film atau presentasi agar sesuai dengan software terbaru sebaiknya pilih laptop dengan Hardisk kapasitas besar +- 300-500GB dan processor min Dual Core Kartu Graphis / VGA bisa minimal 128MB dedicated memory 2-4GB.

  29. 34

    sutra said,

    mas saya mau tanya,kalo untuk anak SMA,laptop acer aspire 4741-352G32MN itu bagus n terlalu mahal tidak untuk saya?
    thx

  30. 35

    fath102 said,

    U/Sutra : pilihan cukup bagus dan tidak mahal, coba di review dulu untuk kelebihan dan kekuranganya agar tidak kecewa.

  31. 36

    dani said,

    salam knal mas…
    aq newbie neeh mas…
    ada tman ku nawari lapto pny dia,,
    spec nya gni mas : compact presario CQ40,,intel pentium(R) dual CPU T3200,,memory 2GB…….
    baik g mas bwt aq yg mhasiswa t.sipil yg jg gila game ol yg agak brat….
    Trims mas……

    • 37

      fath102 said,

      U/Dani :

      Untuk Game Online faktor utama yang paling penting agar lancar adalah :
      1. Speed Jaringan Internet harus bagus minimal 256-512KBps dedicated bukan up to 512KBps share.
      2. Kalau tidak salah Compaq CQ40 menggunakan Intel Mobile Graphics Media Accelerator GMA 4500MHD with upto 256 MB shared video memory, untuk game online seperti seal, ayodance, apalagi gunbound Video memory 256 MB share dan memory 2GB mungkin masih bisa dimainkan tapi Game online seperti Point Blank, Star craft2 atau Game baru 3D akan patah2 apalagi dg memory 2GB, sebaiknya jika Video memory shared min 1GB dan memory min 4GB. Beda kalau Video memory Dedicated (bukan share) min 512MB dan memory 4GB sudah cukup .
      3. HP Compact Presario type dibawah ini lebih bagus untuk game :
      CQ40-416AU harga 1 tahun yll Rp.5.200.000,-. Processor AMD Turion X2 RM-77 2.3ghz 2mb, L2 Cache Dual-Core Mobile Processor plus dukungan ATI Mobility Radeon HD3200 256mb Dedicated Graphics jika tambah memory hingga 8GB pasti lebih bagus untuk Game.

  32. 38

    sewa laptop said,

    Laptop yg bandel, awet, tahan lama merk apa ya?

  33. 40

    nerbith said,

    mz fath. Tlg kupasin tuntas HP compaq CQ41-211TU apa min-plusnya,upgrde memory dll. Tengkyu…

  34. 41

    dani said,

    ooo gtu y mas….
    brarti mnurut mas g usah dibeli ya???
    soal nya tmanku blg msh bgus….
    gmn y mas???

  35. 42

    nur said,

    tumpang tanya mas,
    bila kita dah sedia pilih laptop. macam mahu semak spesifikasi yg tersedia pada laptop supaya kita tidak tertipu?
    contohnya,
    kita mahu semak processornya,memorynya,kad grafiknya,HDD 7200rpm dan lain-lain.

    soalnya bgmana ya?
    tolong ya.

  36. 43

    WAEKTRA said,

    Aku juga mao beli laptop yg cocok bwt aku kuliah.Ada ga?

  37. 44

    edo said,

    Mas,ak baru beli Acer AS4738 M370:Ram 2G, Speed 2.4Ghz, i3 sekitar bulan awal desember 2010. Sampai sekarang pernah hang sampai 4 kali dengan interval kira-kira 1 bulans sekali (kadang2 lebih). Trus pernah aku cek k toko komputer di kotaku. Yang mengejutkan katanya laptopku itu laptop BM, bnarkah itu? trus yang membedakan tiu apa sama yang ori? apa cm maslah garansi ato memang masalah kualitas?

  38. 45

    Tips yang sangat bermanfaat, thanks bro. Salam kenal :-)

  39. 46

    Nova said,

    maaf mas… salam kenal sebelumnya

    saya mau beli laptop buat kerja n bisa dibawa kemana mana, ukuran 12″ warna putih
    juga saya mau yg cepet kerjanya.. gak lemod kl dibuka dg berbagai aplikasi khususnya aplikasi SAP

    vga yang baik juga… (tdk share)

    mas bisa tolongin saya kira2 notebook/laptop apa yg pas buat saya?

  40. 47

    wawan setiawan said,

    mau nanya mas,sy mau beli laptop dgn spesifikasi sbb.Acer Aspire 4750G-2412G64Mnkk
    Core i5 2410M 2.3Ghz, 14.0″ HD Acer Cine Crystal, 2GB, 640GB, DVDRW, Nvidia Geforce GT 540M 1GB, Camera, Wifi, Bluetooth,ini sy lht di internet,tokonya berada di mangga 2,hrganya Rp.5840000,pertanyaan sy,bgmna menurut mas spesifikasinya dan VGAnya itu share atau non share,hrganya menurut mas gmna????

  41. 48

    dimas said,

    Mau tanya nih saya di tawari laptop sony vaio core i5 hrg 3jtan barangnya black marekt tapi katanya barang asli bersegel dan garansi resmi, apa ia ada laptop bm yg garansi resmi?

  42. 49

    max said,

    pak fath mo nanya q baru beli netbook acer AO HAPY 2 kok baru dpake 15 menit da panas gmn solusix?

  43. 51

    Uny said,

    Mz. . . Numpang nanya kalau untuk Acer aspire 4739 dg Intel core i3, memory 2 GB, HDD 320 GB, Display 14″ LED, Card reader, web cam, wi-fi, LAN.
    0S: DOS
    untk sy yg hoby br0sing N Chating gmN? Dan harganya brp?

  44. 52

    sie said,

    mas kupasin netbook acer AO hapy 2 dong ! trims

  45. 53

    asar said said,

    mau tny kl laptopHp compaq presario CQ43-304AU dibanding Hp 430- 2310 mantap mana ya untk game sama ngerjain tugas kuliah

  46. 54

    asar said said,

    antara Hp compaq presario CQ43-304 sma hp 430-2310 bagus mana ya untuk game sama ngerjain tugas kuliah,sebelumnya trims

  47. 55

    Lily said,

    Hi mas,
    Aq minta bantuan dunk saran tuk memilih berdasarkan merk dan spec, antara;
    Toshiba NB520-1049( intel atom dual core N570-1.66Ghz/2Gb/320gb/vga intel 3150-256MB/W7)
    Lenovo S100( spec sd di atas tp vga intel shared)
    Compaq cq43-304(amd dual core e300-1.33ghz/2gb/500/dvdr/vga ati radeon hd 6310-256)
    Trus aq jg mo nanya, merk Byon queva dan gateway t28 produk mn y?
    Bagus ga?
    Terima kasih y….

  48. 56

    Nyoman said,

    AQqu bth Laptop yg bisa Membantu aQqu lok ada Tugas Buat fiLm,,tw laporan repoter..
    Kira” klasifikasinya yg gmn yaw..
    Tyus merk apa…

  49. 57

    heroes said,

    mo tanya nih bang.., apakah laptop hp rpesario cq43-304 baik untuk game’s besar yng kapasitasnya sampai -+ 4gb keatas??

  50. 58

    nah sebagai pilihan untuk memilih notebook/laptop silahkan berkunjung ke web kami..

  51. 59

    kalau mau lihat-lihat laptop bekas bisa mampir di http://www.wahanalaptop.com/

    kami suda ada sejak 1997

    nitip promo yah :) kalo tidak berkenan silahkan di hapus
    terimakasih

    SUKSES BUAT BLOG NYA!

  52. 60

    nurhuda said,

    numpang tanya min, saya mau beli laptop.
    kalau mau beli laptop yg cocok buat ngerjakan desain” seperti menjalan kan autocat dll itu cocokx beli laptop pa??

  53. 61

    nurhuda said,

    numpang tanya
    aku mau beli laptob baru, yang mungkin akan sering q pakai untuk desain”. seperti autocat dll. yang cocok untuk di instali software itu laptop apa ja min??

  54. 64

    Erna Fitriyanti said,

    ka fath , aku mau tanya .. laptop toshiba type apa ya yang bagus untuk anak kuliah dan pekerja kaya aku .. yang bisa buat dvd juga . mohon di balas .. terimakasih


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 80 other followers

