Hukum istri pergi meninggalkan rumah dan melawan suami dalam Islam

Hukum istri pergi meninggalkan rumah dan melawan suami dalam Islam

Dalam beberapa hari ini teman saya Abi, membuat saya agak pusing karena dia bertanya : Apa hukumnya istri pergi meninggalkan rumah dan suami dalam Islam? Bagaimana  nggak pusing? jawaban cepat Mbah Google saat ditanya “Hukum isteri pergi meninggalkan suami” jawabannya malah : ” Hukum suami pergi meninggalkan istri “, Mbah Google yang pinter aja jawabannya melenceng nggak fokus sampai bingung jawab kebalikannya. Sebenarnya mbah Google  nggak salah,  hanya saja memang jarang ada seorang istri pergi meninggalkan suami yang sering terjadi adalah suami meninggalkan isteri.

Saat saya ditanya, sebenarnya saya menikah belum ada 40 hari (17 Desember 2009) jadi belum pengalaman dan nggak ada bayangan sama sekali ditinggal isteri, jadi agak susah juga jawab pertanyaan Abi, apalagi istri saya ini selama ini baik dan taat pada suami jadi nggak kepikiran untuk itu. Untuk sementara saya jawab saja pertanyaan Abi dengan menyuruh Abi untuk sabar dan koreksi diri sedangkan jawaban singkat pertanyaan diatas adalah hukumnya Haram. Untuk jawaban lengkap selanjutnya saya suruh Abi baca di Blog ini, Demi niat baik karena Allah, jawaban saya ini saya upload di blog ini agar mungkin bisa bermanfaat juga bagi yang lain.

Kepada Abi saya bilang: Jika isterimu adalah seorang wanita Islam, muslimah yang taat kepada Allah dan Rasulnya serta takut akan adzab Allah, Saya yakin Isterimu pasti akan sangat mengerti dan paham dengan uraian saya dibawah:

Suami tidak perhatian, selingkuh, sakit hati dengan perkataan atau perbuatan suami, penghasilan kurang, suasana rumah tidak menyenangkan biasanya dijadikan alasan untuk melegalkan atau membenarkan tindakan seorang istri meninggalkan suaminya dengan pergi menginap ke tempat lain (teman, saudara, kantor, ortu dll) dengan harapan dapat menyelesaikan masalah atau hanya memberi pelajaran kepada suami agar tidak mengulangi perbuatannya lagi. Tidakan isteri meninggalkan suami ini sering dianggap ringan atau sepele oleh sebagian wanita yang tidak mengerti hukum islam tapi jika tindakan ini dilakukan terhadap seorang pria muslim yang paham hukum agama akan sangat fatal dan berat akibatnya karena agama Islam melarang dengan keras hal tersebut.

Isteri meninggalkan rumah tidak akan menyelesaikan masalah justru akan memperberat masalah, suami akan mempunyai kesan istri lari dari tanggung jawab kewajiban sebagai isteri, membuat suami menjadi sakit hati sehingga menjadi ringan untuk menceraikannya serta menambah fitnah bagi diri sendiri dan suaminya. Apalagi jika isteri pergi meninggalkan rumah karena dimarahi suami yang menasehatinya sungguh sangat berdosa karena perbuatan isteri ini akan di laknat oleh Allah dan malaikatpun memarahinya (lihat Hadist Riwayat Abu Dawud dibawah) .

Setan selalu berusaha untuk membujuk dan mengajak manusia untuk berbuat sesuatu yang tidak diridhoi Allah dan rasulnya. Setan bernama Dasim tugasnya membujuk seorang isteri agar tidak taat kepada suami dan mempengaruhi seorang isteri agar pergi meninggalkan rumah dengan berbagai alasan untuk membenarkan perbuatan diatas meskipun sudah jelas bahwa perbuatan tersebut dilarang oleh Quran dan Hadist. Alasan sakit hati karena perbuatan / perkataan suami, yang kadang dijadikan alasan isteri untuk membenarkan tindakan meninggalkan rumah dan suami. Seringkali ada Pihak ketiga (PIL) yang kadang menjadikan seorang isteri semangat meninggalkan suami meskipun tidak semuanya demikian.

Pada Intinya seorang isteri tidak boleh meninggalkan rumah tanpa izin suaminya, jadi meskipun dinasehati dan kurang diperhatikan suami saat isteri dalam keadaan sakit bukan berarti bisa melanggar aturan Allah . Orang sakit kurang makan bukan berarti dia boleh mencuri makanan karena mencuri adalah dosa apapun alasannya. Begitu juga sakit yang diberikan oleh Allah kepada seorang isteri sebagai pemberi peringatan dari Allah bukan berarti seorang istri boleh menyakiti hati suami dengan pergi meninggalkan rumah dan meninggalkan suaminya.

Istri yang pergi dari rumah, meninggalkan suami menginap di tempat lain dan meninggalkan suaminya dalam keadaan marah sedangkan suami tidak ridho apapun alasannya, bagi wanita yang mengerti hukuman Allah sangat berat pasti akan sangat menyesal dan tidak akan pernah berani satu kalipun melakukannya karena jika seorang Isteri pergi meninggalkan rumah dan suaminya artinya :

1. Isteri tersebut bukan seorang wanita yang baik .

Isteri meninggalkan suami atau pergi tanpa izin suami bukanlah termasuk golongan wanita yang baik karena isteri yang baik akan menghormati pemimpinnya (suaminya). Pemimpin rumah tangga dalam Islam adalah suami bukan Isteri karena Suami mempunyai kedudukan setingkat lebih tinggi dari isterinya. dan yang paling penting adalah suami telah memberi makan maupun tempat tinggal bagi isterinya jadi sudah sewajarnya jika isteri berkewajiban untuk taat pada suaminya selama suami menyuruh dalam kebaikan (bukan kemaksiatan) Firman Allah dalam surat An Nisa’ ayat 34 dan Al Baqoroh ayat 228:

Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka Wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS. An-Nisa 34)

Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang makruf. Akan tetapi para suami, mempunyai satu tingkatan kelebihan daripada isterinya. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana Surat Al Baqoroh ayat 228

Seorang isteri yang pergi meninggalkan rumah tanpa izin suami dengan alasan apapun dan dalam kepergiannya tidak bermaksiatpun tetap saja termasuk wanita tidak baik (pembangkang) apalagi jika dia pergi dengan berpakaian yang tidak sopan seperti wanita pada jaman Jahiliyah

Dan Surat Al Ahzab ayat 33 yaitu :

Menetaplah di rumah kalian ( para wanita ), dan jangan berdandan sebagaimana dandanan wanita-wanita jahiliyah. Dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan patuhilah ( wahai para wanita) Allah dan rasul-Nya.

Sabda Nabi SAW : “Barangsiapa yg taat kepadaku maka ia telah taat kepada ALLAH, dan barangsiapa yg tidak taat kepadaku maka berarti tidak taat kepada ALLAH. Barangsiapa yg taat kepada Pimpinan (Islami) maka berarti ia telah taat kepadaku, dan barangsiapa yg tidak taat kepada pimpinan (islami) maka berarti ia telah tidak taat kepadaku.”HR Bukhari, kitab al-Jihad, bab Yuqatilu min Wara’il Imam, juz-IV, hal.61

Jika seorang suami karena suatu hal (Penghasilan kurang, PHK, Kecelakaan dll) suami menjadi kurang / tidak dapat memberikan kewajibannya terhadap isteri bukan berarti isteri boleh meninggalkan  rumah, karena memang tidak ada hukum Islam yang membolehkan seorang Isteri meninggalkan rumah tanpa izin karena faktor tersebut, karena jika suami tidak dapat melakukan kewajibannya maka gugatan cerai pada suami adalah jalan terbaik bukan malah pergi meninggalkan rumah atau suaminya


2. Isteri meninggalkan rumah tanpa izin suami akan dilaknat oleh Allah dan dimarahi oleh para malaikat.

Sabda Rasullulah SAW :

Hak suami terhadap isterinya adalah isteri tidak menghalangi permintaan suaminya sekalipun semasa berada di atas punggung unta , tidak berpuasa walaupun sehari kecuali dengan izinnya, kecuali puasa wajib. Jika dia tetap berbuat demikian, dia berdosa dan tidak diterima puasanya. Dia tidak boleh memberi, maka pahalanya terhadap suaminya dan dosanya untuk dirinya sendiri. Dia tidak boleh keluar dari rumahnya kecuali dengan izin suaminya. Jika dia berbuat demikian, maka Allah akan melaknatnya dan para malaikat memarahinya kembali , sekalipun suaminya itu adalah orang yang alim. (Hadist riwayat Abu Daud Ath-Thayalisi daripada Abdullah Umar)

3. Isteri meninggalkan suami sama saja dengan menjerumuskan dirinya sendiri ke neraka karena suami berperan apakah isterinya layak masuk surga atau neraka.

Isteri pergi meninggalkan suami artinya dia tidak taat kepada suaminya padahal jika seorang isteri tahu bahwa taat pada suami bisa mengantar dia ke surga pastilah dia akan menyesal melakukan hal itu sesuai dengan hadist Rasullullah SAW :

Dari Husain bin Muhshain dari bibinya berkata: “Saya datang menemui Rasulullah SAW. Beliau lalu bertanya: “Apakah kamu mempunyai suami?” Saya menjawab: “Ya”. Rasulullah SAW bertanya kembali: “Apa yang kamu lakukan terhadapnya?” Saya menjawab: “Saya tidak begitu mempedulikannya, kecuali untuk hal-hal yang memang saya membutuhkannya” . Rasulullah SAW bersabda kembali: “Bagaimana kamu dapat berbuat seperti itu, sementara suami kamu itu adalah yang menentukan kamu masuk ke surga atau ke neraka” (HR. Imam Nasai, Hakim, Ahmad dengan Hadis Hasan).

4. Memusuhi suami sama saja dengan memusuhi Allah.

Seorang isteri yang meninggalkan suami dan memusuhi suaminya padahal suami baik pada isterinya. Sangatlah tidak mungkin masuk surga karena Bagaimana mungkin seorang isteri berharap masuk surga jika Allah memusuhinya. Bahkan jika sampai suami terluka hati / fisiknya maka Allah dan Rasullullah SAW akan memisahkan diri dari isteri tersebut. Hal ini dijelaskan dalam Hadist Rasullullah SAW :
“Tidaklah istri menyakiti suami di dunia kecuali ia bicara pada suami dengan mata yang berbinar, janganlah sakiti dia (suami), agar Allah tidak memusuhimu, jika suamimu terluka maka dia akan segera memisahkanmu kepada Kami (Allah dan Rasul)”. HR. Tirmidzi dari Muadz bin Jabal.

5. Isteri meninggalkan suami tidak ada nafkah baginya dan layak mendapat azab.

Seorang Ulama dan pemikir Islam yang sangat terkenal akan kecerdasannya dan sangat dikagumi oleh para ulama pada waktu itu, penghafal Quran dan Ribuan Hadist, ahli Tafsir dan Fiqh dari Harran, Turki yaitu Ibnu Taimiyah sampai berkata: “Jika isteri keluar rumah suami tanpa seijinnya maka tidak ada hak nafkah dan pakaian”. Tidak dihalalkan bagi isteri untuk keluar dari rumah suaminya kecuali dengan ijinnya (suami),Dan apabila ia keluar dari rumah suaminya tanpa seijinnya maka ia telah berbuat nusyuz (durhaka) bermaksiat kepada Allah dan Rasul-Nya dan ia layak mendapat adzab.”

Ibnu Taimiyah (1263-1328) adalah orang yang keras pendiriannya dan teguh berpijak pada garis-garis yang telah ditentukan Allah, mengikuti segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Ia pernah berkata: ”Jika dibenakku sedang berfikir suatu masalah, sedangkan hal itu merupakan masalah yang muskil bagiku, maka aku akan beristighfar seribu kali atau lebih atau kurang. Sampai dadaku menjadi lapang dan masalah itu terpecahkan. Hal itu aku lakukan baik di pasar, di masjid atau di madrasah. Semuanya tidak menghalangiku untuk berdzikir dan beristighfar hingga terpenuhi cita-citaku.”

6. Taat kepada suami pahalanya seperti Jihad di jalan Allah

Jika seorang isteri taat kepada suaminya serta tidak pergi meninggalkan suami maka pahalanya sama dengan jihad di jalan Allah. Perhatikan hadist berikut: Al- Bazzar dan At Thabrani meriwayatkan bahwa seorang wanita pernah datang kepada Rasullullah SAW lalu berkata : Aku adalah utusan para wanita kepada engkau untuk menanyakan : Jihad ini telah diwajibkan Allah kepada kaum lelaki, Jika menang mereka diberi pahala dan jika terbunuh mereka tetap diberi rezeki oleh Rabb mereka, tetapi kami kaum wanita yang membantu mereka , pahala apa yang kami dapatkan? Nabi SAW menjawab :” Sampaikan kepada wanita yang engkau jumpai bahwa taat kepada suami dan mengakui haknya itu adalah sama dengan pahala jihad di jalan Allah, tetapi sedikit sekali di antara kamu yang melakukanya.

Jadi akan sangat tidak mungkin bagi seorang isteri yang mengaku mengerti hukum agama Islam tapi pergi meninggalkan tanggung jawab sebagai isteri meninggalkan suaminya dari rumah.

Oleh karena itulah sangatlah penting untuk memilih istri yang mengerti akan hukum agama dan memilih isteri itu bukan karena kecantikan atau hartanya tapi dipilih karena agamanya agar selamat tidak terjerumus kedalam panasnya Api neraka. Sabda Rasullullah SAW :Wanita itu dinikahi karena: hartanya, kecantikannya, keturunannya dan agamanya. maka pilihlah agamanya agar kamu selamat” Hadist Shahih Bukhari.

Dunia adalah kesenangan dan sebaik-baik kesenangan di dunia adalah isteri yang baik (sholehah) ” Hadist Shahih Muslim.

Lebih mulia seorang wanita memberi nasehat atau berbicara dari hati ke hati dengan suami bukan kepada orang lain jika terjadi ketidakadilan pada dirinya daripada langsung pergi meninggalkan suaminya . Seorang isteri yang benci terhadap suaminya dan memang berniat meninggalkan suami supaya di cerai dan kemudian berharap memperoleh pasangan pengganti atau sudah ada pengganti yang lebih baik menurut dirinya, jelas sekali wanita itu digoda setan agar wanita ini melihat lelaki lain lebih menarik dari suaminya sehingga timbul rasa bosan, cekcok dll dan akhirnya berbuntut pada perceraian.

Allah SWT telah mengingatkan kita agar tidak membenci atau menyukai sesuatu padahal kita tidak tahu rahasia dibalik itu, dalam Al Baqoroh ayat 216 : “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui”

Saya lanjutkan, Usaha setan bisa dikatakan sukses besar bila berhasil menjadikan wanita itu cerai dan berpredikat janda karena wanita ini akan lebih mudah digoda sebab tidak ada yang menjaganya (suami) . Wanita ini akan merasa bebas tidak ada ikatan, lebih nyaman karena tidak ada yang mengontrol (suami), selanjutnya jika tidak kuat imannya (kebanyakan tidak kuat) akan timbul banyak fitnah dan dosa bagi wanita itu di kemudian hari. Godaan setan akan lebih kuat pada saat janda karena faktor alami kebutuhan batin selain itu akan banyak lelaki yang merayu yang memanfaatkan kondisi janda sehingga menyeret wanita itu dalam lembah dosa yang tiada berkesudahan sampai wanita itu sadar jika suatu saat sakit atau sudah berumur tidak ada yang menemani sampai meninggal. Pada umumnya Wanita yang menjanda karena tergoda pria lain akan lebih mudah tergoda nafsunya apalagi jika  dicerai pada umur 40 tahun kebawah.

Pernikahan adalah hal yang suci melibatkan keluarga, handai taulan dan tetangga jadi tidak sepantasnyalah jika seorang isteri meninggalkan suaminya untuk alasan emosi pribadi dengan meninggalkan perasaan kebahagiaan keluarganya sendiri atau keluarga pasangannya.

Atas kehendak Allah, rezeki yang lebih bisa diberikan pada isteri bukan pada suami, jadi janganlah menjadi tinggi hati jika suatu saat rezki isteri melebihi suami, merasa lebih bermanfaat dari suami, merasa bisa hidup sendiri dan dapat mengatasi sendiri segala hal, tidak mau diatur sehingga tidak patuh kepada suami. Inilah tanda-tanda kehancuran suatu kapal pernikahan karena ada 2 nahkoda yang mengendalikan kapal dengan arah berlawanan. Kapal Pernikahan akan bisa selamat sampai tujuan (surga dunia akhirat) jika hanya punya satu arah yang disepakati dan diusahakan bersama. Bagaimanapun juga tujuan hidup akan lebih mudah dicapai jika ada keharmonisan sejati yang hanya dapatdicapai dalam suatu keluarga yang lengkap ada suami. Harta yang dibanggakan dan dikumpulkan bisa hilang dalam sekejab (kebakaran, tsunami dll) tapi mempunyai suami atau isteri yang sholeh adalah harta tidak ternilai yang tidak akan hilang kecuali mati. Oleh karena itulah peran isteri terhadap suami sangat besar dalam mengarungi samudera kehidupan agar tujuan akhir bahagia dunia akhirat dapat segera tercapai sehingga Allah pun akan memberi pahala yang besar untuk isteri yang taat dan patuh kepada suaminya

Banyak Hadist yang menjelaskan pahala seorang Istri yang taat pada suaminya :

Jika seorang isteri itu telah menunaikan solat lima waktu dan berpuasa pada bulan ramadhan dan menjaga kemaluannya daripada yang haram serta taat kepada suaminya, maka dipersilakanlah masuk ke syurga dari pintu mana sahaja kamu suka.” (Hadist Riwayat Ahmad dan Thabrani)

Sesungguhnya setiap isteri yang meninggal dunia yang diridhoi oleh suaminya, maka dia akan masuk syurga.” (Hadist riwayat Tirmizi dan Ibnu Majah)

Jika isteri memang tidak taat kepada suaminya, setelah dinasehati secara halus, berpisah ranjang dan dinasihati secara keras tidak berhasil maka renungkanlah :

Surat An Nur ayat 3 yaitu :

“ Orang laki-laki pezina, yang dinikahinya ialah perempuan pezina pula atau perempuan musyrik. Perempuan pezina jodohnya ialah laki-laki pezina pula atau laki-laki musyrik , dan diharamkan yang demikian itu atas orang yang beriman”.

Pikirkanlah kembali apakah wanita ini cocok dijadikan pasangan / isteri bagi pria beriman, dan dapat membawa kebaikan bagi diri sendiri dan keluarga, ikhlaskan saja wanita ini jika ingin berpisah mungkin jodohnya adalah sesuai dengan apa yang di firmankan Allah diatas.

Nasehatilah isterimu dengan sabar dan penuh cinta kasih, minta maaflah kepada isteri jika menyakiti hati isteri, bagaimanapun juga mutiara yang kotor jika digosok tiap hari akan menjadi berkilauan. Hasilnya mutiara ini bisa benar-benar menjadi perhiasan dan surga dunia bagimu.

Ingatlah isterimu bukanlah Siti Khadijah yang baik, taat dan penuh cinta kasih pada suaminya, Istrimu adalah wanita jaman sekarang yang butuh bimbingan untuk menjadi wanita yang solehah.

Semoga Allah SWT membukakan hati dan pikiran isteri teman saya Abi sehingga sadar akan tindakannya Amin…

Berdoa ingin cepat terkabul ? Inilah Rahasianya

CARA MENGATASI  DAN CIRI PASANGAN SELINGKUH

CARA MENCEGAH PASANGAN ANDA SELINGKUH DAN PENYEBAB UTAMANYA DISINI

About these ads

275 Responses so far »

  1. 1

    ENOL said,

    aq sungguh berharap smoga istriku sadar&mau bertobat dari perbuatan yg sperti di uraikan dlm posting ini

    • 2

      hardi said,

      Istriku juga kabur saat aku sedang jatuh dan ekonomiku sedang susah.
      Sampai sekarang tidak jelas harus gimana. Sekarang perekonomianku sudah mulai membaik tapi aku merasa sulit untuk mencari atau kembali kepada istriku. Sudah sekitar 6 bulan berlalu. Kami sudah mempunyai anak satu. Sampai sekarang aku tidak tahu bagaimana kabarnya.
      Aku bingung berdosakah aku? bagaimana aku harus bertindak? Aku tidak punya jawaban…

      • 3

        dodi ilyas said,

        sabar dulu teman.

      • 4

        cinta2011 said,

        Kalau keadaan spt ini jelas istri yg salah,,,bpkirlah hnya demi anak untuk mengajak istri kembali hidup bersama. Karena memaafkan lebih besar pahalanya ketimbang meminta maaf….:)

      • 5

        alf said,

        mas hardi said,
        kasus saya hampir sama spt anda. perbanyak ibadah terutama sholat malam…mintalah petunjuk kepada Allah agar mendapat jalan yang terbaik (kadang2 kita diuji sebagai manusia ,masihkah kita mengingat Allah dalam segala situasi)…sabar…doakan selalu agar mereka mendapat jalan yang diberkahi oleh Allah untuk selamat dunia dan akhirat…
        Apabila Allah mengijinkan, pasti nanti Allah mempertemukan anda dengan anak istri anda….jika memang tidak percayalah bahwa Allah itu Maha Adil dan Bijaksana.

      • 6

        eko said,

        3 s/d 4 bulan istri meninggalkan suami, maka suami memiliki hak untuk menjatuhkan talak 3 buat istri.
        maka carillah penggantinya yang dapat menerima kamu apa adanya terutama katakan kalau kamu telah memiliki anak.
        kalau calon pengganti siap menerima kekurangan kamu dengan tulus, itu lebih baik dari pada yang menerima kamu karena milik mu.
        semoga kamu bahagia dengan keputusan yang kamu pilih. amin…..

      • 7

        ali said,

        assalamualaikum gan kalo istri spt tu ud gag bs d atur…cari istri yg lebih baek lg…tp jgn lupa sholat istikharah, minta ptunjuk sma allah…s’moga sukses dunia ahirat gan.
        wassalamualaikum

  2. 8

    fath102 said,

    Alhamdulillah isteri teman saya Abi sudah pulang beberapa hari yang lalu dan kata teman saya ini isterinya semakin sayang kepadanya. karena Abi mau menjemput, minta maaf dan menasehatinya dengan sabar.

    U/ Enol : Mungkin pengalaman Abi bisa bermanfaat juga bagi mas Enol.

  3. 9

    semoga istri saya juga segera sadar dari kesalahannya.Terimaksih pencerahannya pak.

  4. 10

    fath102 said,

    U/ Strov : Semoga isteri anda cepat kembali Amin.
    Jika belum, Berdolah kepada Allah : ” Ya Allah, Dzat yg membolak balikan hati manusia… Mohon balikkanlah hati isteri hamba agar taat kepada Mu dan kepadaku. Amin.

  5. 11

    hades said,

    yah saya berharap istri saya pulng dan kumpul lagi pada anank anak tapi istri saya bersi keras menniggalkn saya bila saya tidak mau kontrak rumah,padahal saya ad rumah tapi istri saya ga mau mengerti dan memilih meninggalkan saya y allah bukakan lah pintu hati istriku,ini ym istriku barbiegirlarabica@yahoo.com tolonglah saya saya sudah menasehatinya tapi nihil saya rindu kepadanya.

    • 12

      someone said,

      hi3x……sama…. malahan saudara2nya pd ikut campur, mari kita syukuri dulu….alhamdulillah…..mudah2an Allah memveri jalan leluar yg terbaik

      • 13

        Lae said,

        kisah saya juga setali tiga uang, bukan lagi hanya berurusan dengan istri saya, tapi juga dengan semua keluarganya yg melindungi istri saya…..
        semoga mereka semua segera tersadar…Amiinn.

  6. 14

    fath102 said,

    U/Hades : Saran saya selengkapnya sudah saya email ke alamat email anda di yahoo.

    Tapi untuk sementara jemput saja isteri mas, jangan dinasehati dulu karena isteri anda lagi marah penuhi dulu keinginannya jika anda mampu setelah itu baru dinasehati. Jika anda belum mampu bicarakan baik-baik alasannya tanpa emosi. Mas lebih mengetahui sifat isteri pasti bisa mengolahnya.

    Semoga isteri mas cepat pulang ke rumah . Amin.

  7. 15

    someone said,

    menurut saya….kalo memang sudah tdk bisa di perbaiki lagi,lbh baik kita kawin lagi aja cari istri yg solekhah dan yg penting jelaskan status kita yg sebenarnya. serta niat mau membina keluarga yg sakinah. yg lama tdk usah di ceraikan…..biarakan saja……dan beritahu padanya kalo kita mau kawin lagi tapi tidak akan menceraikannya…..( pasti dia mikir dua kali hihihihi ) kalo tetap nekat ya kita teruskan niat kita tadi.
    kenapa kita tdk menceraikannya????…….nich nt mungkin ada manfaatnya….
    *jika kita sudah punya anak darinya jika dibawa istri kita kita tetap masih bertanggung jawab….jika istri di ceraipun kita tetap masih bertanggung jawab pada mereka sesuai kemampuan kita.
    * nah ini…..jika kita beruntung……eh siapa tau di kemudian hari ternyata setelah kita kawin lagi istri pertama sadar akan kesalahannya dan ingin membina keluarga yg baik lagi maka kita jadi punya dua bini deh…..dan kasih syarat bahwa kita tidak akan menceraikan istri yang kedua.
    …..gimana pak ustadz????

  8. 17

    fath102 said,

    U/ Someone :
    Pikirkanlah dengan baik dan benar menurut agama sebelum menikah, Janganlah tidak cocok ganti atau tambah lagi, jika gantinya tidak cocok lagi apa akan ganti / tambah lagi dst…. ?
    Menurut saya sebaiknya perbaiki dulu yang ada karena sulit sekali ada kalau tidak mau dikatakan tidak ada isteri yang benar-benar sempurna yang sesuai dengan keinginan kita. Perhatikan firman Allah dalam surat Al Baqoroh ayat 216 :
    “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui”

    Usahakan secara maksimal dan sabar Isteri dinasehati terlebih dulu jika sudah taat jangan mencari-cari jalan untuk menyusahkannya lihat Firman Allah :

    Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka Wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS. An-Nisa 34)

  9. 18

    ika said,

    klo istri pamit pergi ke rmh ortunya lwt sms krn kekilapan sy, krn ktika istri hamil muda sedang sakit dan sering sakit malahan smp sy capek & akhrny sy nekat pergi olahraga kesayangan sy dari jam 7 smp jam 1 malam, plg2 sy lht istri nangis marah krn sy tak pedulikn dia akhrnya pagi stlh dia ngasi sarapan pagi buat sy, dia pamit awalnya plg kerumah ortunya cm u/ kontrol priksa kandungannya jg ingin pisah ranjang ngasih pelajaran ke sy agar lbh perhatian jg syg sm dia, tp smp skrg dia ga plg2 sy kangen tp dia ga mau plg sblm sy jemput dia,sy malu jemput dia krumah ortunya, krn sbnrnya sy jg yg slh makanya sy bingung hrs bgmn? Sbnrnya klo sy menyalahkan istri apakah sudah benar?

  10. 20

    fath102 said,

    U / Ika :
    Jangan hanya menunggu isteri pulang kasihan kan Isteri lagi hamil, Segera Jemput isteri mas di mana dia berada karena sebenarnya dia menunggu mas menjemputnya. Tidak usah malu dan gengsi menjemput karena gengsi dari setan agar mas akhirnya bercerai . jangan ikuti bujukan setan.

    Minta maaf pada isteri juga tidak akan merendahkan martabat suami justru akan meluluhkan hati isteri dan Isteri akan semakin mencintai anda.

    Jangan tunda menjemput isteri agar isteri tidak tersesat, karena akan banyak godaan dari setan. “Lebih cepat lebih Baik Mas.

    Semoga isteri mas mau segera diajak Pulang Amin.

    ” Laki-laki paling baik adalah lelaki yang baik menurut isterinya”

    • 21

      Lae said,

      Saya sudah menjemput istri ke kampungnya (rumah orang tuanya), tapi dia tidak mau, alasannya :
      1. Dia belum siap karna belum dikasih tahu sebelumnya kalau mau dijemput (padahal 3 hari sebelum saya jemput, saya sudah kasih tahu)
      2. Lagi kurang sehat, kena alergi dingin
      3. Anak masih 1.5 bulan, belum berani untuk dibawa pergi jauh (saya tinggal di tangerang dan kampung istri di Sumedang dan saya datang menjemput membawa mobil)

      akhirnya saya pulang tanpa hasil. bagaimana menurut ustadz, mohon petunjuknya. terima kasih.

  11. 22

    someone said,

    terima kasih pak ustad…..
    maaf……sy ingin penjelasan yg lebih…..
    pak ustad bilang “Usahakan secara maksimal dan sabar Isteri dinasehati terlebih dulu jika sudah taat jangan mencari-cari jalan untuk menyusahkannya” betul pak….tp sy sudah menyampaikan…..”kalo memang sudah tdk bisa di perbaiki lagi” gitu lo pak…
    sy terus terang pusing 1000 keliling…….
    istri sy bolak balik sering pergi tanpa pamit….kadang pamit bbrp hari tp ternyata lbh drpd batas wktnya…..ini semua gara2 pihak keluarga sering ikut campur. pernah segala alat komunikasi sy blokir/sita…hasilnya baik…istri bisa nurut dan istiqomah tp apa ya hrs spt itu….???? begitu blokirnya dibuka….istri kabur lagiiiiiii……ini urusan juga menyangkut yg ada dibalik celana lho…pak…udah nuntut terus…..pripun pak ustadz????????

  12. 23

    fath102 said,

    u/ Someone :

    Membuat isteri menjadi baik syaratnya memang kita harus sabar.
    Isteri diberi pengertian dengan lemah lembut bahwa ada kebutuhan batin yang hanya bisa didapat dari isteri saja.

    Jika memang satu2 nya jalan komunikasi harus di blokir ya lakukan saja untuk kebaikan bersama. Tentunya tidak asal blokir harus mempertimbangkan hal-hal yang disepakati bersama.

  13. 24

    teja said,

    istri saya pergi dari rumah setelah 2 bulan menikah karna faktor uang, bahkan dia pergi diambil sama ortunya lalu pihak keluarga mengirim surat agar tidak lagi mencari anaknya atau datang lagi ke rumah istri saya dan menyruh saya mencari wanita lain…sejak itu semua kontak dengan istri diputus dan dihilangkan sementara saya tidakn boleh datang ke rumahnya…saya sendiri tidak tahu apa yang mesti dilakukan, semua berjalan sudah 2 tahun dan saya hanya bisa pasrah…saya tidak tahu apakan ia telah mengugat cerai saya atau menikah lagi…saya mencoba untuk ikhlas dulu menghadapi semuanya, lagipula ini membuat saya trauma untuk memulai yang baru…

  14. 25

    fath102 said,

    Saran U/ Mas Teja:

    1.Mas Teja meskipun saat ini dalam posisi lemah (pasrah) atau mengalah tetap saja tidak boleh membiarkan status diri sendiri maupun isteri mengambang tanpa kepastian karena Mas Tejo akan diminta pertanggung jawaban atas orang yang dipimpinnya seperti dijelaskan dalam Hadist Nabi SAW :
    “Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan diminta pertanggungjawaban atas orang-orang yang dipimpinnya di Hari Kiamat kelak. HR Bukhari, XXII/43 no. 6605; Muslim, IX/352 no. 3408
    Oleh karena cari tahu dan perjelas status perkawinan mas Teja karena membiarkan status perkawinan tanpa kejelasan akan rawan terhadap perbuatan dosa dan jika jelas statusnya maka saat Kiamat kelak Mas Teja akan lebih mudah menjawabnya.

    2.Setelah jelas status perkawinannya, sebaiknya Mas Teja segera menikah lagi dan carilah isteri yang paling penting karena bagus agamanya sesuai dengan perintah Nabi SAW :
    Sabda Rasullullah SAW :“Wanita itu dinikahi karena: hartanya, kecantikannya, keturunannya dan agamanya. maka pilihlah agamanya agar kamu selamat” Hadist Shahih Bukhari.
    Menikah lagi akan membuat Mas Teja menjadi tentram, menyempurnakan iman dan membetengi diri dari perbuatan zina/maksiat.

    Bagi saya Trauma untuk keadaan Mas Teja itu godaan setan, karena Trauma hanya membuat mas jadi tidak bersemangat untuk menikah lagi. Hal ini kurang baik karena akan menyengsarakan diri sendiri dan suatu saat nanti bisa membuat Mas Teja sulit membetengi diri dari nafsu.

    Semoga manfaat…

    • 26

      Fika Hamzah said,

      Assalamu’alaikum Wr.Wb.

      Ada yang perlu dikaji ulang dari tulisan anda di atas.
      Terutama bagian ini…

      “jadi meskipun dinasehati dan kurang diperhatikan
      suami saat isteri dalam keadaan sakit bukan
      berarti bisa melanggar aturan Allah . Orang
      sakit kurang makan bukan berarti dia boleh
      mencuri makanan karena mencuri adalah dosa
      apapun alasannya. Begitu juga sakit yang
      diberikan oleh Allah kepada seorang isteri
      sebagai pemberi peringatan dari Allah bukan
      berarti seorang istri boleh menyakiti hati
      suami dengan pergi meninggalkan rumah dan
      meninggalkan suaminya.”

      Ini yang perlu digaris bawahi…
      “Bukan berarti istri boleh menyakiti hati suami dengan meninggalkan rumah?”

      Sedangkan jika istri sedang sakit dan kepayahan namun kurang dpt perhatian dr suami, dan suami hanya menuntut hak saja, apa istri tidak sakit hati?

      Dari tulisan anda, saya menyimpulkan bahwa sesakit apapun hati istri krn kurang perhatian, istri harus ‘nauin’ suami dengan memakluminya. Tetapi seolah2 krn atas nama agama bahwa surga istri ada di suami, suami bisa seenaknya.

      Mungkin anda lupa bahwa istri itu bukan manusia sempurna, dan bahwa istri juga punya perasaan, ga cuma bisa nauin aja tapi mau dinauin juga . Mungkin anda juga lupa bahwa kalo suami pun harus berlaku menyenangkan kalo mau istri betah.

      Silakan dijawab.
      Terima kasih.

      Wassalamu’alaikum wr wb.

  15. 27

    idhal said,

    bagaimana bila istri sudah terlanjur pergi dari rumah suami (meski masih ngontrak), pergi pulang ke kampung halamannya, karna alasan istri tidak betah karna ingin bekerja (ingin daftar PNS di tempat kelahirannya), setelah dipujuk selama setahun, istri tetap ga mau pulang juga. setahun berlalu, suami mengalah “mengikuti” istri ketempat istri berada dengan harapan agar RT nya bisa dipertahankan (kontrak rumah dan cari kerjaan baru). apakah tindakan suami benar? aneh? salah? lalu bagaimana bila ternyata dalam menjalani itu ternyata suasana keluarga tersebut malah menjadi “dingin”, (hidup di rumah mertua, suami bingung karna sudah 3 bulan tidak dapat pekerjaan, dan berbagai masalah lainnya). sebenarnya suami ingin ambil keputusan utk mentalak, tapi kasihan sama anak nya yg masih berumur satu tahun.

    • 28

      budi said,

      untuk mas idhal, bila istri anda sudah tidak bisa dibilangi, malah dia yang nyetir anda, tapi anda sayang anak. saran saya :
      1. anda segera mencari pekerjaan baru. setelah anda dapat pekerjaan, anda tunggu sampai anak berumur 2 tahun.. setelah itu, bila istri tetap tidak mau diajak suami, sebaiknya anda ceraikan karena ini bukan istri yang baik yang taat sama suami dan anda bisa gugat dipengadilan serta hak asuh anak anda.. anda uda punya bukti kuat untuk menang di pengadilan..
      2. carilah istri baru yang benar2 agamanya, kemudian klo bisa cari istri yang sekampung dengan anda.. tidak jauh2.
      demikian saran saya, karena cerita anda sama seperti yang saya alami.. semoga bermanfaat..

  16. 29

    jenglot said,

    ternyata banyak juga yang punya masalah sama isterinya yang begini ya…(hehe..termasuk saya juga nih…) Apakah ini suatu tanda pembangkangan isteri terhadap suami di jaman sekarang ini ?. Memang benar apa kata Rasulullah ya…pilihlah isterimu dari agamanya yang kuat, karena bila kita lemah isteri yang bilangin, bila kita yang kuat, kita yang bilangin, lah bila bandel gak mau dibilang2in……dinasehati pelan2 gak bisa, keras gak bisa, berarti memang hatinya sudah gak bersih, kotor…
    pelajaran hidup yang berat….surgamu yang keluargamu, nerakamu ya keluargamu…

  17. 30

    vian said,

    saya sudah menikah selama 1thn lebih (skarang punya anak berumur 40hr), sudah berkali2 istri saya kl marah pulang kerumah orang tuanya.. dan saya pun selalu mengajaknya pulang kerumah. sebelumnya alasan pulang karena tinggal satu rumah dengan orang tua saya.. skarang saya sudah tidak satu rumah lagi dengan orang tua tetapi didepan rumah orang tua yg dibangun tmpt usaha sekalian bisa ditinggalin.. istri saya tu kl saya atau ibu saya nasehatin jawabnya berkali2.
    sekarang pergi lagi mas, dengan alasan tidak dihargai dan merasa sakit hati karena dulu sering ditegur(padahal untuk kebaikannya sendiri). sudah saya bujuk untuk pulang tapi minta syarat untuk cari kontrakan padahal uang saya belum cukup untuk mengontrak.. sudah saya jelaskan sedetil2ny masalah keuangan toko saya, yg baru 8bln saya rintis.. sudah saya bujuk dengan sabar… sudah saya bilangin kumpulin uang dulu baru cari kontrakan… sudah saya minta maaf.. dan sebelum pergi (disusul ibu mertua “dgn berbicara yang tidak mengenakkan”) ibu saya sudah minta maaf berkali2.. sudah saya suruh baca qs. An-NISA 34, Al Baqoroh 228, Al Ahzab 33… tetapi hasilnya nihil.. dia ingin kerja didaerah rumah orangtuanya.. kalaupun mau plng saya harus mencari kontrakan..
    seandainya saya pegang uang saya langsung cari kontrakan mas.. ini saya dalam keadaan yg kekurangan.. yang saya sedihkan anak saya mas.. hati saya merasa hancur harus terpisah oleh anak dan ditentang istri.. apa yang harus saya perbuat mas.., mohon bimbingannya.,.,.,

  18. 31

    fath102 said,

    U/ Mas Idhal :
    Maaf mas baru bisa jawab sekarang.
    Sebagai suami yang paling penting adalah tanggung jawab memberi tempat tinggal dan makan yang disukai isteri. Sebaiknya dari awal istri yang pilih tempat kontrak dan isteri diberi tahu kemampuan mas Idal membayar kontrakan setiap bulan atau pertahunnya. Karena kontrakan pilihan sendiri biasanya isteri akan lebih kerasan tinggal dirumah kontrakan.
    Tindakan mas mengikuti isteri bisa dimengerti tapi sebaiknya isteri yang ikut mas Idhal.
    Jika sekarang suasana dingin sebaiknya:
    1.Bicarakan dari hati ke hati dg isteri apa yang membuat isteri bisa bertahan menikah dengan mas dan tanyakan juga kekurangan Anda Cobalah mendengarkan keluhan isteri dengan sabar dan nggak usah protes dengarkan saja… minta maaflah jika ada tindakan mas Idhal isteri tidak suka meskipun Mas Idhal tidak salah. Usahakan apa yang diminta isteri, kalau belum bisa minta waktu agar apa yg diminta isteri bisa dipenuhi. (Isteri yang baik tidak akan memberatkan suami). Hindari berdebat dengan isteri.
    2.Sebaiknya mas Idhal bekerja di manapun tempatnya jangan ikut isteri, tapi biar isteri ikut suami jika tidak mau tinggal dulu nanti setelah kerja usahakn diajak lagi. Jika mas Idhal berusaha keras dan berhasil pasti isteri mau ikut suami. Bekerja adalah syarat mutlak agar mempunyai harga diri sebagai laki2.
    3.Fokus saja dulu pada diri mas sendiri untuk mencari pekerjaan.Doakan dan pasrahkan saja isteri baik-baik kepada Allah. Jika isteri memang jodoh anda tak akan cerai.
    4.Jangan khawatir jauh dari isteri asal anda dekat dengan Allah dan baca tulisan saya yang lain : “ Mintalah kepadaku pasti Kuberi… Insya Allah semua masalah akan selesai. Amin.

    U/ Mas Jenglot :
    Betul jika memilih isteri pilihlah karena Agamanya bukan karena cantik, kaya, dan keturunannya agar bahagia dunia akhirat.

    U/ Mas Vian :
    Mas Vian sebaiknya secepatnya temui isteri untuk :
    1.Memberi tahu isteri kalau Mas Vian sedang berusaha memenuhi permintaan isteri dengan melakukan usaha mendekatkan diri kepada Allah agar diberi jalan. Jika masih belum ketemu jalannya silahkan mas baca tulisan saya : “ Mintalah kepadaku pasti Kuberi… yang ada di blog ini bagian Siraman Rohani, Insya Allah semua keinginan Mas Vian dikabulkan Allah.
    2.Tanyakan kekurangan anda dan Cobalah mendengarkan keluhan isteri dengan sabar dan nggak usah protes dengarkan saja… minta maaflah jika ada tindakan mas Vian isteri tidak suka atau meskipun Mas Vian tidak salah. Hindari berdebat dengan isteri.
    3.Jika isteri belum mau diajak pulang biarkan saja dulu dirumah Ortu dan pesan isteri agar isteri menjaga kehormatannya dan minta isteri ikut mendekatkan diri kepada Allah agar keinginannya bisa terpenuhi.
    4.Jika kangen anak isteri datangi saja anak istri nggak usah ragu. Dan jika berniat cari Kontrakan cari yang bayar bulanan jangan tahunan karena akan lebih ringan.

    Jika masih ada yang ditanyakan dan sifatnya khusus silahkan kirim email ke fath102@yahoo.com

  19. 32

    fafa said,

    Mas Fath,

    saya menikah 6 tahun yang lalu dan punya anak 3 dan 6 tahun. Dalam kurun itu istri 2 kali meninggalkan kami, dan ia kabur ke orang tuanya untuk hal hal yang tidak penting atau tidak masuk akal.
    Dulu setelah 10 bulan ia kembali lagi, sekarang pergi lagi, tanpa peduli dengan anak-anaknya.
    Memang kita sering ada perbedaan, tapi yang disayangkan ortunya selalu mendukung dia untuk kabur, tanpa melihat benar atau salah anaknya.
    Sebagai tambahan, keluarga istri terbiasa kawin cerai. Kakeknya 3 kali kawin, bahkan ortunya pernah berpisah dan menelantarkan anak-anaknya walaupun akhirnya rujuk lagi. Kakak wanitanya baru saja cerai, sekarang perceraian pun mengancam kami.
    Mohon masukannya

  20. 33

    fath102 said,

    U/ Mas Fafa :
    Mas Fafa,
    Isteri yang pergi meninggalkan suaminya dalam berbagai kejadian, pada prinsipnya alasannya sama yaitu tidak suka dengan suami. Hanya saja yang perlu diketahui adalah :
    Dalam keseharian selama ini apakah isteri tidak suka dengan suami sifatnya hanya saat kejadian saja, kadang-kadang, sering atau memang sudah tidak suka (tidak punya rasa hormat) dengan suami.
    1.Jika isteri tidak suka hanya saat kejadian atau kadang-kadang biasanya isteri masih bisa diajak pulang ke rumah lagi, Mas minta dikoreksi isteri, minta maaf dan perbaiki diri meskipun anda tidak salah keluarga memang ada pengaruhnya tapi tidak akan cukup berpengaruh jika suami isteri sudah saling memahami.
    2.Jika isteri sering tidak suka maka tanyakan alasannya jangan didiamkan saja, jika belum ada jawaban cari tahu alasannya untuk dijadikan dasar anda bersikap lebih lanjut
    3.Jika memang isteri sudah tidak suka / tidak hormat dengan suami tapi masih mau meneruskan perkawinan dengan Mas Fafa, jika isteri setuju coba cari pihak ke 3 yang kalian hormati untuk diajak bersama datang menyelesaikan masalah keluarga. Bisa juga dari isteri yang pilih pihak ke 3 yang penting masalah diselesaikan.
    4.Yang harus dipahami : Tidak ada wanita yang sempurna di dunia ini. Yang ada adalah seorang wanita yang karena ketidakpandaiannya tertipu dengan mewahnya isi dunia ini. Bimbing wanita ini agar tidak bisa ditipu lagi… Tugas suami adalah membimbing jika isteri salah…
    5.Jika isteri tidak bisa diperbaiki lagi fokus dulu saja ke Allah, Pekerjaan dan anak-anak. Semoga dengan mendekatkan diri ke Allah, Allah memberi jalan yang nikmat untuk Mas Fafa…

  21. 34

    Denis fran said,

    ASSALAMMUALAIKUM WR.WB

    Maaf sebelumnya jika saya sudah mengganggu.
    saya denis,saya sudah memiliki seorang istri kini istri saya tinggal di sumedang bersama kedua orang tuanya,saya tinggal di bandung.istri saya di ajak untuk ikut ma suami dia selalu tidak mau,ktnya”kedua orang tuanya hndak mau cerai dan dia tidak ada yang ngurus di rumahnya.
    dan juga saya sudah pusing dengan kemauan yang sllu dia ingin-inginkan,keinginan dia tuh ingin sekali punya hp,karna pengaruh dari temannya yang mmiliki hp bguz2 sy sdh mau blikan dia hp,kt saya biar yang biasa dlu yang pnting bz komunikasi,tp ttep aja dia ga mau dia ttp mmilih hp yg model skarang hp samsung corby.saya benar2 sudah mendidiknya,tapi ttap aja dia angkuh pengen keinginannya itu terwujud. saya bilang lagi pada istri saya untuk apa pngn hp kyk gtu,mnding kita blikan aja untuk makan.dia ttp ngoceh pngn yang bgtuan,
    pa USTAD tlong saya bgaimana caranya istri saya supaya mengerti tolong saya ???
    dan dr penghasilan saya tidak seberapa?
    dia tidak mau mengalah,selalu melawan omongan dari saya.

    untuk lebih jelaznya bisa hubungi di nomor (022)9266**2*

    terima kasih atas partisipasinya,

  22. 35

    thecore said,

    Kalau suami yang kurang ajar ?

  23. 36

    amin said,

    saya udah 1 tahun menikah dan baru saj di karuniai seorang anak perempuan. setelah melahirkan. istri saya mengalami sakit di bagian kakinya hingga tidak bisa jalan dan harus di rawat di rumah sakit. namun meski di rawat di rumah sakit penyakit istri saya tak kunjung sembuh hingga akhirnya istri saya ikut orang tuannya untuk diterapi.

    namun sekitar lima hari ikut orang tuanya tinggal di durabaya di rumah kakaknya tiba- tiba saya cekcok dengan istri saya, kakaknya dan mertua saya. karena ingin bawa istri saya pulang kembali kerumah mertua saya dan tingal dengan saya dan anak saya.(saat pertengkaran dengan keluarga besar istrisaya saja juga sempat emosi dan berkata agak kasar )

    tiba- tiba mertua saya membawa istri saya , dan anak saya. pergi tanpa pamit saya kejakarta tanpa sepengatahuan dan seijin dari saya. hingga kini saya ajak pulang pun

    saya mau tanya apa yang harus saya lakukan ?
    apa saya harus membiarkan istri saya dengan mertua saya ?

  24. 37

    alfian said,

    Ass, lgs aj ya… Sy seorang suami yg ud 5 thn menikah, kmrn ad masalah ma rumah tangga sy, sy cuma mengajak istri untuk HEMAT, malah istriku salah tangkap, kty ud gak mau lagi terima uang dari saya, kasi aj ke orang lain utk ngatur keuangan, kty tambah beban istrku bila menerima uang dari saya..
    Yang saya tanyakan ‘apa artinya pernyataan istriku yg ud gak mau lg terima nafkah dari sya’ trims atas jawabanya di tunggu…. Wasalam

  25. 38

    fath102 said,

    U/ Denis Fran:
    Mas Denis harus sabar dan memahami isteri karena pada umumnya memang hampir semua wanita suka barang yang mahal hanya saja ada isteri yg menyadari kemampuan suami ada yg tidak. Adalah tugas suami untuk memberi pengertian tentang hal tersebut ke isteri.
    Cobalah cara berikut:
    1.Pada sebagian isteri, kesanggupan suami utk membelikan barang keinginan isteri sudah cukup bagi isteri meskipun barang tersebut belum dibeli. Kadang isteri meminta sesuatu agar suami bekerja lebih keras.
    2.Jika belum cukup dan masih menanyakan, katakan pada isteri Mas Denis akan membelikan HP tersebut. Suruh isteri untuk bersabar sambil Mas Denis berusaha untuk membelinya, yaitu dengan cara meminta rejeki tambahan kepada Allah (Baca Mintalah kepadaku pasti Kuberi.. di bagian atas)
    3.Jika isteri terus bertanya jawab sedang diusahakan (sholat malam) karena memang itu jalan keluarnya jika penghasilan pas-pasan.
    4.Berdoalah kepada Allah untuk membalikkan hati isteri agar tidak meminta sesuatu diluar kemampuan Mas Denis .
    5.Jika masih belum berhasil dan isteri masih menanyakan coba minta pendapat isteri untuk hadist dibawah ini :
    Abdullah bin Amr berkata, Rasulullah saw bersabda: “Allah tidak akan memperhatikan seorang isteri yang tidak pernah mensyukuri pemberian suaminya , juga tidak pernah merasa cukup dengan apa yang diberikan suaminya kepadanya” (HR. Nasai)
    6.Mas Denis tetap baik pada isteri meskipun isteri menyebalkan, Insya Allah dengan kesabaran Mas Denis isteri menjadi sadar dan sabar.

    U/ thecore : Kurang ajar itu definisinya luas tergantung obyek penderita yang menafsirkan, tindakan apa yang menyebakab thecore mencap suami kurang ajar. Insya Allah jika manfaat dan ada kebaikan akan saya jawab.

    U/ Amin :
    Yang harus Mas Amin lakukan dan yang paling utama adalah :

    1.SABAR. Mas cekcok dengan isteri dan mertua karena Mas Amin tidak sabar mudah terpancing dengan godaan setan lewat isteri, mertua dan saudaranya. Sesuai tuntunan Rasullullah jika Mas Amin marah sebaiknya segera Baca ta’awudz, jika belum hilang Duduk , belum hilang juga berbaring, Diam atau Berwudhu. sesuai Sabda Rasullullah SAW dalam hadist:

    Sesungguhnya marah itu dari syaithan dan syaithan itu dicipta dari api, dan api itu diredam dengan air maka apabila diantara kalian marah berwudlulah. (HR. Ahmad dengan sanad hasan)

    2.Minta maaflah terutama kepada Isteri, kemudian Mertua dan saudaranya. (Bisa langsung datang atau melalui telpon). Minta maaf terlebih dahulu tidak akan mengurangi derajad Mas Amin, justru nantinya akan menentramkan hati mas. Orang enggan minta maaf karena merasa dirinya paling benar dan malu untuk mendahului minta maaf . Itu adalah bujukan setan jangan ikuti.

    3.Jika isteri mas masih sakit biarkan dulu dan penuhi keinginanya, jika isteri sudah sembuh segera jemput . Ajak bicara isteri baik-baik hindari pertengkaran jika isteri belum mau pulang. Ulangi lagi jemput sampai isteri mau pulang.

    4.Insya Allah dengan kesabaran mas Isteri mau pulang.

    U/ Alfian :
    Arti isteri tidak mau terima uang dari mas menurut saya karena :

    1.Isteri emosi / marah karena merasa dirinya tidak dihargai suami dan dianggap tidak bisa mengelola keuangan rumah tangga. Ini biasanya dilakukan jika isteri juga mempunyai penghasilan sendiri. Isteri berpenghasilan tidak bisa membedakan uang keluarga (suami) dengan uang dari dirinya sendiri. Sehingga membelanjakan kebutuhannya bercampur dengan uang keluarga (dari suami). Sehingga boros / tidak hemat.

    2.Jika isteri tidak berpenghasilan sendiri, adalah tidak wajar jika tidak mau menerima penghasilan suami. Dari mana isteri memenuhi kebutuhannya. Berikan perhatian lebih ke isteri, Nasehatilah isteri dengan sabar, tunjukkanlah jalan yang benar jika isteri salah. Insya Allah dengan minta maaf ke isteri, perhatian lebih dan kesabaran isteri akan kembali seperti semula lagi. Insya Allah.

  26. 39

    sari said,

    mas,saya nikah udah 8 tahun dengan anak 1 cewek.sekarang ini saya baru ada masalah sama suami awalnya dari dia smsnan sama teman lama dia yang bikin saya cemburu,walo dia tetep kekeh bilang kalo dia itu cuma temanan,gak tau mas kenapa cemburu buta gitu saya,saya sudah minta suami saya untuk berhenti dan tidak lagi berhubungan dengan wanita yang bikin saya cemburu,tapi tetap saja berhubungan yang bikin hati saya panas dan tambah cemburu,malah saya di ajak cerai hanya dia merasa saya egois dengan ketidaksukaan saya dengan hubungan suami saya engan teman lama dia itu,apakah salah jika saya menuntut hak saya sebagai istri untuk selalu di sayangi,diperhatikan.dan dianggap saya ini istrinya,pahami rasa saya?

  27. 40

    mahendra said,

    saya telah 14 tahun menikah dengan seorang janda anak 2 perkawinan saya tsb belum dikaruniai keturunan lantassaya minta izinmenikah lagi secara lisan dan diizinkan istri tapi setelah istri tahu saya pacaran dia minggat dengan membawa semua harta tiada sisa termasuk surat berharga tanpa sepengetahuan saya lantas saya menikah dengan istri ke dua sekarang saya punya keturunan 2 dari istri kedua tsb. istri pertama tahu kalau saya menikah bahkan dia memberikan izin menikah lagi tapi dengan persyaratan gaji bulanan mutlak milik istri pertama (kebetulan saya seorang PNS) demi surat izin menikah tsb dari istri saya tandatangani), saya telah pisah rumah dengan istri pertama sejak 4 tahun yang lalu dia sering meminta cerai tapi tidak saya berikan mengingat saya PNS kini di tinggal dengan putra2nya umur saya sekarang 47 tahun sedangkan umur istri pertama 52 tahun mohon tanggapan, solusi dan hukum dalam islam tentang hal tsb.

  28. 41

    manusia_biasa said,

    penjelasannya sangat bagus… disini disebutkan apakah disebutkan seorang suami yg tidak mengerti agama??
    bagaimana apabila seorang suami yg notabene mempunyai perilaku tidak islami??
    dr asal mula pernikahan kurang baik,dlm hal ini seorang laki2 berumur menikahi seorang gadis muda (yg awalnya menolak dinikahi karena perbedaan umur yg cukup terlampau jauh) yg belum begitu mengerti pernikahan,sehingga suatu saat sang gadis berada di posisi terpaksa dan dipaksa untuk menerima pernikahan tsb.
    dalam perjalanan biduk rumah tangga,sang suami tidak menjalankan syariat agama dgn baik dan benar sbg suami.sehingga sang gadis merasa teraniaya (paling parah sampai memasukkan suami dlm penjara karena kdrt yg parah),apakah masih salah melakukan minggat dr rumah??
    setelah itu,sqng gadis tdk digubris sama skali selama 7bulan,setelah itu sang suami gk pernah merumahkan sang gadis dalam satu rumah,hanya diminta2 pulang apabila sang gadis dibutuhkan.jika tidak dibiarin lg..
    apakah hukum islam diatas msh berlaku buat kondisi sang gadis sbg istri??
    apakah sebaiknya sang gadis sbg istri lakukan dgn kondisinya?dia sdh bicara baik2,kasar.. mencb kembali baik2,tp tetap saja mendapat perlakuan yg sama..
    aku yakin Islam ada aturan yg adil buat kondisi istri juga..

  29. 42

    onggoyib said,

    segala cara sudah saya lakukan, puasa, berdoa dsb..
    minta petunjuk pun sudah..
    segala cara yg secara riel pun semua serba salah..
    hati istri saya keras sekali…
    tetapi tiap bulan saya selalu beri nafkah yg cukup.
    sudah pergi 1 bulan lebih padahal perkawinan baru berumur 1 bln
    sempat terlontar kata cerai.. dan saya pun sangat menyesalinya sekali…
    semua itu saya lontarkan karena untuk menyadarkan istri klo tetapi sebaliknya.
    mohon bantuannya pak?

  30. 43

    fath102 said,

    U/ Mbak Sari :

    Mbak Sari tidak salah menuntut suami untuk disayang dan diperhatikan karena suami berkewajiban untuk memperlakukan isteri dengan baik.

    Dan bergaullah dengan mereka (isteri-isteri) secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak” (QS. An-Nisa: 19).

    Jika suami salah sebaiknya dinasehati dengan cara yang halus , baik dan sabar karena suami akan lebih suka dan penurut jika dinasehati dengan cara demikian daripada isteri marah – marah atau selalu menginterograsi suami. Berikan dulu perhatian pada suami baru minta perhatian pada suami… Insya Allah suami akan berubah.

    U/ Mas Mahendra :

    Tanggapan : Menikah dengan janda tidak masalah terutama menjanda karena suami meninggal dan mempunyai anak (memelihara anak yatim) atau suami jahat. Menikah dengan janda akan menjadi masalah jika janda tsb menjanda karena selingkuh atau wanita itu minta cerai karena suami tak berharta. (akan berulang) Menikah tujuannya ibadah bukan mencari kepuasan nafsu atau harta. Jika melihat dari cerita mas sepertinya isteri pertama menikah dengan mas karena harta (mohon maaf jika salah) karena isteri pertama mengambil harta mas mahendra tanpa izin semuanya tanpa sisa sedangkan islam hanya membolehkan seorang isteri mengambil harta suami sebatas yang diperlukan untuk kebutuhan anaknya yang masih kecil bukan semua harta apalagi tidak bersisa.

    Wahai Rasulullah, sesungguhnya Abu Sufyan (suamiku) tidak memberikan nafkah yang cukup kepadaku dan kepada anak-anakku. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Ambillah hartanya dengan cara yang ma’ruf sebanyak yang dibutuhkan olehmu dan anak-anakmu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

    “Seorang isteri tidak boleh menginfakkan sebagian harta suami kecuali ada idzinnya” (HR. Abu Dawud, Turmudzi, Ibn Majah dengan sanad Hasan)..

    Solusi: sesuai dengan cerita mas, jika yg dimaksud solusi istri pertama minta cerai saya justru bertanya kepada Mas masalahnya apa Mas tidak menyetujui isteri pertama minta cerai. Sedangkan dari sudut agama mas sudah tidak bersama selama 4 tahun dan Istri pertama mas sudah berdosa karena meninggalkan rumah dan membawa pergi harta suami. Dan bukankah mas Mahendra sudah tenang berumah tangga dengan isteri kedua sehingga mempunyai 2 anak. Jika masalahnya karena gaji mas untuk isteri pertama bicarakan hal tersebut dengan istri pertama

    Hukum Islam : Islam membolehkan suami menikah lebih dari satu isteri (maksimal 4) asalkan bisa berbuat adil jika tidak bisa berbuat adil maka kawinilah satu saja.

    Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi : dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil265, maka (kawinilah) seorang saja266, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya. (QS An Nisa 3)

    “Barang siapa punya dua orang istri lalu memberatkan salah satunya, maka ia datang di hari kiamat nanti dengan bahu miring” (HR. Abu Daud, Tirmidzi, Nasa’i, dan Ibnu Majah)

    Menikah itu Ibadah agar hati menjadi tentram, agar hati menjadi tentram maka menikahlah dengan perempuan karena agamanya bukan karena kecantikannya.

    Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir (QS Ar Ruum 21)

    “Perempuan itu dinikahi karena empat hal; karena hartanya, karena status orang uanya/keluarganya, karena kecantikannya, dan karena agamanya. Karena itu, nikahilah perempuan karena agamanya, maka kamu akan memperoleh keuntungan yang tidak terhingga Hadis Al-Bukhari, No. Hadis: 5090

    U/ Manusia_biasa :

    Dalam islam tidak dilarang pernikahan dengan perbedaan usia yang jauh dan usia dini tapi khusus untuk usia dini sesuai kesepakatan para ulama Indonesia dalam UU Nomor 1 Tahun 1974 Bab II Pasal 7 tentang Perkawinan bahwa batas minimal usia perkawinan untuk perempuan adalah 16 tahun laki -laki19 tahun. Jika pernikahan terjadi dibawah usia tersebut perkawinan dapat dibatalkan antara lain bila melanggar batas umur perkawinan sebagaimana ditetapkan dalam Pasal 7 UU No. 1 Tahun 1974 (vide pasal 71).

    Para pihak yang dapat mengajukan permohonan pembatalan perkawinan adalah: (1) para keluarga dalam garis keturunan lurus ke atas dan ke bawah dari suami atau isteri; (2) suami atau isteri; (3) pejabat yang berwenang mengawasi pelaksanaan perkawinan menurut Undang-Undang; (4) para pihak berkepentingan yang mengetahui adanya cacat dalam rukun dan syarat perkawinan menurut hukum Islam dan peraturan perundangan-undangan (vide pasal 73).

    Jika yang dimaksud mas Apakah Hukum isteri meninggalkan suami dalam islam berlaku untuk pernikahan dibawah umur . Jika pernikahan itu sah menurut islam (ada pihak laki-perempuan, Wali , saksi dan ijab qobul) maka hukum isteri meninggalkan suami tetap berlaku. Jika suami berbuat aniaya atau suami tidak melakukan kewajiban maka isteri dapat mengajukan gugatan cerai. Atau merujuk pada Undang -Undang diatas.

    U/ Mas Onggoyib :

    Dalam keadaan marahpun jangan mengatakan : Saya cerai kamu kepada isteri karena mas sudah menjatuhkan talak 1 (satu) kepada isteri. Bergurau, Marah, pura -pura tidak boleh dalam talak karena dianggap terjadi dalam hukum syariat islam.

    ”Ada tiga hal yang sungguh-sungguh, jadi serius dan gurauannya jadi serius (juga) : nikah, talak, dan rujuk.” (Hasan: Irwa-ul Ghalil no:1826 dan Tirmidzi II:328 no:1195).

    Pada saat terjadi talak 1 (satu) mas Onggoyib masih bisa rujuk dengan isteri selama belum habis masa Iddah isteri (3kali suci) niat rujuk dalam hati isteri sudah cukup boleh berhubungan dengan isteri tanpa perlu nikah ulang.
    Tapi jika sudah habis masa Iddah Mas Onggoyib belum rujuk, pernikahan harus diulang. Hal ini berlaku 2 kali. Jika sampai pada talak yang ke 3 maka Mas Onggoyib sudah tidak bisa bersatu sebagai suami isteri lagi sampai isteri dinikah oleh orang lain dan kemudian suaminya menceraikannya baru Mas bisa menikahi isteri mas lagi maka berhati-hati dengan ucapan talak.

    Allah SWT berfirman, ”Talak (yang dapat di rujuki) dua kali. Setelah itu boleh rujuk lagi dengan orang yang ma’ruf atau menceraikan dengan cara yang baik.” (Al-Baqarah:229).

    Pada saat suami jatuh talak isteri tidak berhak diusir dari rumah sebelum jatuh masa iddah dan isteri tidak boleh pergi dari rumah tanpa izin suami.

    Mas Onggoyib sebaiknya sholat malam dan minta kepada Allah untuk membalikkan hati istri mas Onggoyib, jika dalam waktu tertentu (tergantung kesabaran mas) belum berhasil yakinlah bahwa Allah mempunyai rencana lain untuk Mas Onggoyib. Tidak ada doa yang ditolak selama adab dan tatacaranya benar.

  31. 44

    laras said,

    Aslamualaiku.
    saya belum menikah saat ini, insya Allah tahun Depan.
    Saya paham denagn hukum itu. Tapi saya bertanaya untuk adik saya. Dia mau kabur dari ruamah suaminya( Pualng kerumah orang tua kami) karena suami nya ketahuan selingkuh, apa itu masih bisa di katakan haram?
    saya sudah mencoba memberi nasehat.

  32. 45

    fath102 said,

    U/ Mbak Laras :

    Isteri kabur dari rumah tanpa izin suami hukumnya Haram walaupun karena suami selingkuh. Suami selingkuh itu dosa tapi bukan berarti istri boleh pergi meninggalkan suami karena alasan tersebut. Islam mengajarkan untuk sabar dan membalas kejahatan suami dengan kebaikan serta musyawarah untuk kebaikan rumah tangga..

    Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah kejahatan itu dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia. Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang yang mempunyai keuntungan besar.”( Q S Fushshilat 34-35)

    Suami menikah lagi lebih baik daripada membiarkan suami zina dengan orang lain (bisa bawa penyakit) . Islam menyarankan suami hanya beristeri satu saja tapi (daripada zina) membolehkan suami kawin lagi sampai 4 isteri dengan syarat harus adil. Jika tidak adil maka ada ancaman bagi suami yang tidak adil jika punya isteri lebih dari satu. Perhatikan Quran dan hadist berikut :

    Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi : dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya. (QS An- Nisa 3)
    “Barang siapa punya dua orang istri lalu memberatkan salah satunya, maka ia datang di hari kiamat nanti dengan bahu miring” (HR. Abu Daud, Tirmidzi, Nasa’i, dan Ibnu Majah)

    Tapi apabila suami isteri sudah tidak bisa akur lagi meskipun ada pihak yang mendamaiakan maka ada cara untuk isteri menceraikan suami yaitu dengan mengembalikan mahar yang diterima

    Jika kamu khawatir bahwa keduanya (suami isteri) tidak dapat menjalankan hukum-hukum Allah, maka tidak ada dosa atas keduanya tentang bayaran yang diberikan oleh isteri untuk menebus dirinya.” (Al Baqarah: 229)

    Renungkanlah Al Baqoroh ayat 216 : “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui”

    • 46

      Adzlyn said,

      Np sllu aja aq yg slh bl aq ingn brcrita ato mnta pndpt, suami tak bisa trma lnsng emosi. Sdangkn baik untk kmi sklrg agr damai rmhtngga tpi bila suami emosi trs duduk d luar uma membebel sehingga ungkt ms lalu. I2 yg buat aq lwn ckap suami yg suka ungkt apa yg trlh trjd, blng uda hbs brtngkr aq prg keuma kakakq.Aq mncintai suamiq dng ikls tp ke inginq diangp slh.Klo ank tiriq yg mnt uang dng alasan byr smester kdang mndesak ato pks bpanya cari ato pnjm uang dng suara tinggi,suamiq truti prmnth anknya tdk siasat trlbe dl pda org yg ble d pcyai.Nmun pndpt aq sllu d slhkn,aq sllu mengalah dan iklas krmkn uang ank2 suamiq.Tp suamiq sllu mrh bila aq blnja dpur sdngkn hny mknn yg d bli. Uang yg d smpn buat msa dpan tak ble aq pke biar sedikit wat bli pkean, tp klo anak tiriq mnta uang lngsung guna uang smpnn.Aq kluar aja dri uma drpda skit hti dibuat mcm akaun bank,aq mnta cerai aq tak mau d buat mcm prmpuan smpnn.Suamiq hntr mesej yg dia menceraikan talak 3,Wlupun aq trm mesej dri suamiq nmun akikatnya aq amat mncintainya ingin d pujuk dan tngl serumah. Tp suamiq susah d hbungi gimna ni mse blekh d slmtkn rmhtng kmi.

  33. 47

    pasrah said,

    Semoga ak bisa memaafkan istriku yang selalu dzholim terhadap ak………..

  34. 48

    hamba allah said,

    assalamualaikum wr. wb
    saya menikah th 2004, punya anak 1 usianya 5 tahun mas, istri saya sering pergi meninggalkan rumah tanpa pamit dan seenaknya sendiri, kadang kalo ditanya bilangnya kekantor, tp kalo saya cek tidakpernah ada dikantor,…kalo dibilangin itu hal tidak baik malah seringnya ngajak cerai,setelah itu kl hbs saya bilangin sering ada sms ke hp saya ngumpat2 saya..suami ngomong tidak pernah dianggap,..kl dirumah seharian penganggan hp untuk sms an tanpa henti-hentinya,..kadang jg telp seseorang/terima telp seseorang,..kl dibilangi itu tdk bagus jga malah semakin berani..dan dia emang pernah terlontar kl sudah tidak peduli lg dengan nasehat-nasehat saya,,,itu semua dilakukan krn katanya sdh tidak cocok lg dengan saya dan tidak bisa mencintai saya,..gmana caranya saya mendekatkan diri pd allah SWT supaya hati istri saya dibalikkan kembali,.dan apa istri seperti ini masih punya kesempatan untuk menjadi penghuni surgaNYA kelak…audzu bila himindalik,,,.aq sampai sekarang tetap bertahan demi anakku saja…..semua aq serahkan kepadaNYA untuk memberinya hidayah

  35. 49

    sabar said,

    assalamualaikum wr. wb………………….

    Usia pernikahan saya sudah 3 tahun dan dikaruniai 1 orang anak laki_laki usia 2 tahun. yang sangat lucu dan saya sangat sayang sama dia, tapi ada satu masalah dalam rumah tangga saya yaitu isti saya yang suka membentak,melawan saya saya sebagai suami sudah tidak dihargai lagi makan atau minum sampe menyetrika baju saja saya lakukan sendiri…saya sudah bermacam cara dari mulai halus sampai kasar tidak mempan juga..pada akhirnya saya pasrah dan lebih banyak mengalah, karna saya memikirkan anak saya…mohon bantuannya saya harus bagaimana lagi sedangkan saya sudah sangat merasa tertekan sekali..tapi saya tidak mau dipisahkan dengan anak saya. dan bagaimana saya harus menyikapi istri saya. terimakasih…wassalam

  36. 50

    fath102 said,

    Untuk Mas Pasrah, Mas hamba Allah dan Mas Sabar

    Banyak Istigfarlah kepada Allah “Barangsiapa yang tetap melakukan istighfar, maka Allah subhaanahu wa ta’aala akan membebaskannya dari segala kesusahan dan melapangkannya dari setiap kesempitan serta akan memberinya rezeki dari jalan yang tidak diduganya.” (HR Abu Dawud 1297)

    atau baca Mintalah kepadaku pasti kuberi.. di blog ini selanjutnya

    Menyikapi isteri yang berani melawan suami tapi kita masih mencintai atau karena ada anak sebagai berikut :
    1. Mendekatlah kepada Allah dengan melakukan sholat malam dan bulan ini saat yang tepat karena bulan bulan penuh berkah, bulan penuh ampunn dan bulan dimana doa dikabulkan mintalah kepada Allah untuk mengubah hati isteri agar menjadi isteri yang penurut. Dari Abu Hurairah ra., berkata, Rasulullah saw. bersabda: “Tiga jenis orang yang do’a mereka tidak ditolak: Do’a orang yang berpuasa hingga ia berbuka, Do’a seorang imam (Pemimpin) yang adil,Do’a orang yang didzalimi Karena Allah mengangkat do’anya itu melintasi awan dan dibukakan baginya pintu-pintu langit, dan Allah berfirman: “Aku bersumpah demi kemulianKu, sesungguhnya Aku pasti menolongmu walaupun pada suatu hari nanti (HR Ahmad)

    2. Mintalah bantuan pada saudara atau teman dekat isteri yang mas percaya untuk mengetahui alasan isteri berani melawan suami. Jika alasan itu benar maka perbaikilah diri mas sendiri minta maaf pada isteri setelah itu baru minta hak ke isteri.

    3. Jika isteri yang salah, Berilah nasehat kepada isteri dengan cara mengirim SMS dari nomor SIM yang baru. Kirimkan 1 SMS kepada Isteri selama 3 hari, Hari pertama SMS : “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui” QS Al Baqoroh ayat 216
    Hari ke 2 SMS isinya : “Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu” QS Al Hadid ayat 20.
    Hari ke 3 SMS isinya :
    “Dan bersegeralah kamu kepada ampunan Tuhanmu dan kepoada syurga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.”QS al-Imran ayat 133

    Jika isteri bertanya SMS apakah dari anda, anda jawab ya dan berikan pengertian kepada isteri untuk 3 ayat tersebut. Jika isteri tidak bertanya diamkan saja tapi pada saat yang tepat bicara kepada isteri : Apa kemauan isteri jika bisa usahakan penuhi keinginan isteri yaitu dengan cara minta kepada Allah untuk memenuhi hajat isteri. Sampai pada saat tertentu sudah tidak bisa sabar lagi bilang kepada Isteri untuk minta izin menikah lagi.

    Semoga manfaat

  37. 51

    wptop said,

    Apakah suami berhak mengambil kembali anak-anak yang dibawa istri walaupun sang istri tidak mau ikut kembali? adakah aturannya?

  38. 52

    ssh said,

    assalamualaikum wr. wb………
    istri saya sudah 2 minggu meninggalkan rumah, pulang ke rumah orang tuanya, membawa serta anak saya laki2 usia 1thn. istri saya pamit dg mengirimkan sms kepada saya saat saya bekerja di kantor yang isinya pamit dan minta maaf karena minggat dari rumah. istri saya juga tahu bahwa minggat dilarang agama. alasan dia minggat : dia sudah tidak tahan karena merasa tidak nyaman menjadi pendamping hidup saya, bahkan berkali kali istri minta cerai. padahal saya sudah berikan seluruh gaji saya walaupun ekonomi keluarga masih harus ditopang dari gaji istri. rumah kami tidak bercampur dengan orang tua saya. saya merasa telah cukup bersabar. saya tanya kapan pulang dan saya minta pulang melalui telpon dan sms, tetapi tidak digubrisnya. menurut saya tindakannya sudah tidak muslimah lagi dan keterlaluan. saya minta dia mengkaji Qs. An-Nisa 34. tetapi malah keluarganya yg marah2 dan meminta saya menjemput istri di rumah mertua. saya tidak mau karena yang minggat siapa, yang disuruh jemput siapa. ini adalah kali kedua dia minggat. saya hanya ingin menandaskan siapa yang salah ya mengaku salah (minggat adalah haram dalam islam) dan kembali dengan rumah tanpa harus saya jemput bahkan seharusnya istri saya minta maaf kepada saya.bagaimana menurut pendapat ustad? terima kasih…wassalam

  39. 53

    Linda said,

    Ada kasus dari salah seorang keluarga saya:
    Istri pergi meninggalkan rumah suami karena alasannya:
    1. Semalam suami pulang malam dan ga jelas ketika di telpon dari rumah.
    2. Suami suka melakaikan sholat
    3. Ketika bulan ramadhan suami diam2 tidak berpuasa (kejadiannya di bulan ramadhan)
    4. Istri tahu rencana suaminya diam2 ada niat seharian meninggalkannya sampai malam tanpa tahu jelas kemana. Walaupun hanya ke rumah teman apa pantas seperti itu?
    kalo masalah ini kayak gimana?

  40. 54

    hamba Allah said,

    mas, kalau artikel ini boleh di share ke istri gak ya ? kebetulan kami menikah di usia yg sama2 muda, jadi ketika istri minta tinggal di ortunya, gamau ketemu, yg bisa saya lakuin cuma ngopiin artikel ini ke fb nya.

    moga semua pasutri disini diberikan ke sakinah mawadah warohmahan di rumah tangganya. Amiin

  41. 55

    rama said,

    ya rabb…palingkanlah istri hamba ke arahmu ya maha pengarah…

  42. 56

    rama said,

    eeehh..gimana kalo istri mengusir suaminya yg yatim dr rumah keluarganya?
    apa tuh hukumnya?

  43. 57

    maydawati irawan said,

    astaghfirullahal adzim,,,,aqu pergi meninggalkan suami karena kesal…dan itu menyebabkan suami berpaling pada wanita yang lain,,,aqu menyesal….
    info ini membuatqu mengerti bagaimana mnjadi istri muslim yang sebenarnya…trims

  44. 58

    Dedy said,

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Mau Tanya kalau Suami tidak setuju bila istri mengaji pada kelompok pengajian yg menurut referensi2 yang saya dapat tidak baik & Benar bagaimana dalilnya ya Pak, sekarang dari pada saya merasa was was saya melarang nya, apakah hal Ini bisa dibenarkan? Dan jika istri tetap memaksa utk ikut pengajian tersebut merela relakan utk berbohong pada suaminya utk pergi kesitu apa dalil Dan hukumnya Pak Dan bagaimana sebaiknya saya bersikap?

  45. 59

    fath102 said,

    Karena kesibukan saya mohon maaf jika jawaban terlambat.

    U/ wptop:
    Berdasarkan Inpres no.1 th1991: Hukum Kompilasi Islam (KHI) Bab XiV Pemeliharaan Anak Pasal 105 disebutkan Jika terjadi Perceraian, anak berumur dibawah 12 tahun (mummayiz) menjadi hak pemeliharan ibunya, jika anak umur diatas 12 tahun diserahkan kepada anak untuk memilih sendiri bapak atau ibunya sebagai pemegang hak pemeliharaannya dan biaya pemeliharaan anak ditanggung bapaknya.

    U/ssh :
    Waalaikumsalam wr.wb
    Suami adalah pemimpin keluarga jika anggota keluarga atau yang dipimpin (isteri) salah maka pemimpin wajib untuk membimbingya.

    Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan diminta pertanggungjawaban atas orang-orang yang dipimpinnya di Hari Kiamat kelak. HR Bukhari, XXII/43 no. 6605; Muslim, IX/352 no. 3408

    Jadi menurut saya gunakan hak ssh sebagai pemimpin untuk memerintahkan kepada isteri pulang ke rumah jika isteri minta dijemput suami wajib untuk menjemputnya agar isteri terlindungi dari gangguan dijalan hal ini sesuai dengan KHI Bab XII Hak dan Kewajiban suami isteri Pasal 80 ayat 2 yaitu suami wajib melindungi isterinya…
    Setelah isteri sampai dirumah tanyakan dan dengarlah keluhan isteri, berikan pengertian dan bimbingan sampai isteri benar-benar mengetahui kesalahannya. Jangan menganggap diri sendiri selalu benar yang selalu benar hanya Allah.
    Saling menyalahkan menunjukan ketidakdewasaan, tidak salah tapi minta maaf adalah kebijaksanaan dan keluhurun budi.
    Kebijaksanaan dan keluhuran budi suami nantinya akan bisa dicontoh oleh isteri dan dilakukan oleh anggota keluarga yang lain (anak).

    U/ Linda:

    Alasan yang disebutkan mbak Linda diatas tetap tidak menjadikan saudara mbak menjadi benar dengan meninggalkan suami pergi dari rumah.
    Jika suami salah isteri bisa dengan kelebihannya lemah lembut untuk mengingatkan suami.
    Jika dirasakan suami tetap bandel isteri bisa mengajukan gugatan cerai karena suami tidak melaksanakan kewajibannya melindungi isteri lahir dan batin.
    lihat Hak dan Kewajiban Suami Isteri ditulisan saya yang lain.

    U/ Dedy :
    Silahkan mas semoga ada manfaatnya

    U/ Rama :
    Maaf mas Rama sebagai kewajiban suami, Mas berkewajiban untuk memberikan tempat tinggal yang layak bagi isteri jadi mas tidak akan diusir oleh isteri karena rumah mas yang menyediakan meskipun hanya kontrak atau kost.

    U/ Maydawati Irawan
    Sama-sama Mbak…

    U/ Dedy :
    Memang tugas mas untuk membimbing dan mengawasi isteri agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
    Suami boleh melarang isteri untuk pergi atau berbuat sesuatu yang suami tidak suka meskipun perbuatan isteri tersebut baik tapi membawa keburukan atau kekhawatiran bagi suami.
    Dalilnya adalah :

    Dan Surat Al Ahzab ayat 33 yaitu :
    Menetaplah di rumah kalian ( para wanita ), dan jangan berdandan sebagaimana dandanan wanita-wanita jahiliyah. Dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan patuhilah ( wahai para wanita) Allah dan rasul-Nya.

    Hak suami terhadap isterinya adalah isteri tidak menghalangi permintaan suaminya sekalipun semasa berada di atas punggung unta , tidak berpuasa walaupun sehari kecuali dengan izinnya, kecuali puasa wajib. Jika dia tetap berbuat demikian, dia berdosa dan tidak diterima puasanya. Dia tidak boleh memberi, maka pahalanya terhadap suaminya dan dosanya untuk dirinya sendiri. Dia tidak boleh keluar dari rumahnya kecuali dengan izin suaminya. Jika dia berbuat demikian, maka Allah akan melaknatnya dan para malaikat memarahinya kembali , sekalipun suaminya itu adalah orang yang alim.” (Hadist riwayat Abu Daud Ath-Thayalisi daripada Abdullah Umar)

  46. 60

    Nisa said,

    Konyol banget nih artikel ditulis oleh seseorang yang tidak punya akal sehat. Istri tidak boleh pergi meninggalkan suami? Tentu saja boleh dengan alasan yang jelas. Suami serong, suami tidak setia, suami tidak memenuhi kebutuhan lahir batin, suami melakukan KDRT, suami tidak menghargai dan menghargai istri, dan banyak lagi.

    Sori mas. Sampean salah lahir kali ya, sampean mestinya lahir dijaman prasejarah dimana perempuan itu cuma jadi barang milik laki-laki. Ini jaman kemerdekaan bung. Kalau tidak suka keadilan dan persamaan hak, silahkan tinggal dihutan. hehehe

    • 61

      fath102 said,

      U/ Mbak Nisa,

      Berdasarkan data yang saya peroleh kemungkinan besar anda bukan muslim maka tanpa dasar Al quran dan Hadist saya akan menjawabnya.

      Mbak Nisa, silahkan saja mbak pergi meninggalkan rumah dan melawan suami jika suami serong dst itu hak anda, tapi bagi keluarga islam ada aturannya, bagi keluarga non muslim tentunya tidak perlu menggunakan aturan hukum islam untuk menyelesaikan masalah keluarga jadi… silahkan saja anda bertindak dengan keyakinan anda pada persamaan hak dan keadilan anda akan bisa mengatasi masalah rumah tangga anda, tapi pada kenyataannya realita kehidupan yang akan menjawabnya apakah dengan cara anda : Isteri bisa pergi meninggalkan rumah dan melawan suami dengan alasan diatas keutuhan, ketentraman dan kebahagiaan rumah tangga bisa dipertahankan. atau dengan cara Hukum Islam Perkawinan bisa dipertahankan dan kebahagiaan bisa diperoleh.

      Dalam Islam meskipun perceraian diperbolehkan tapi PERCERAIAN TIDAK DISUKAI OLEH ALLAH Jadi misalnya mbak Nissa seorang muslim dan mengerti ALLAH tidak suka perceraian tentunya hal -hal yang menuju Jalan Perceraian tidak ditempuh (Pergi dari rumah /minggat dan melawan suami potensi besar Perceraian) sedangkan jalan yang lain masih ada.

      Mbak Nissa bertindak atas dasar persamaan hak dan keadilan, akan mudah bagi anda untuk melawan suami dan pergi rumah jika suami salah, mungkin bercerai itu bukanlah hal yang berat bagi anda. tidak dihargai suami anda bisa pergi dari rumah , bertengkar, cerai nggak masalah nanti kawin lagi, jika Suami serong anda tidak cocok, bertengkar, pergi, cerai kawin lagi, Suami baru KDRT tidak cocok bertengkar, pergi, cerai kawin lagi dst…. sampai kapan….? sedangkan Manusia (Laki-laki ) tidak ada yang sempurna, pasti ada kekurangannya. Cobalah bersikap lebih bijaksana dan dewasa bukannya pergi lari dari masalah. Hadapi dan ajak suami yang salah untuk bicara baik-baik, itu lebih bijaksana daripada minggat pergi dari rumah. Apakah jika isteri pergi rumah otomatis masalah terselesaikan? Jelas tidak… buktikan saja sendiri nanti anda akan tahu jawabannya.

      Seorang Wanita yang memegang prinsip persamaan hak dan keadilan, menganggap ringan peceraian dan mudah kawin cerai serta tidak sadar akan kodrat yang diberikan Allah kepada dirinya mungkin hidup di hutan lebih cocok baginya karena masyarakat hutan tidak perlu menikah untuk kawin cerai berganti pasangan

      Hemm…. Tidak apa-apa, Sah-sah saja anda menganggap saya primitive tidak suka persamaan hak dan keadilan dan menyuruh saya hidup dihutan karena Saat Islam datang pertama kali dulu penganutnya dianggap orang aneh oleh orang kafir. dan tentunya pada jaman akhir sekarang yang berpegang teguh pada Islam juga akan dipandang sebagai hal yang aneh oleh orang k*f*r . No problem saya terima dengan lapang dada….

      Pertanyaannya justru akan sangat aneh bagi yang mempunyai akal sehat jika istri boleh pergi dari rumah begitu saja tanpa izin suami hanya karena suami tidak bisa memenuhi kebutuhan lahir batin (misal tidak puasnya hubungan suami isteri) apakah isteri bisa pergi dari rumah dan melawan suami karena alasan itu bagaimana jadinya keadaan rumah tangga yang demikian? Tidak puas lahir batin isteri boleh pergi … tidak dihargai suami isteri boleh pergi …KDRT isteri pergi ..dst Bukankah bicara baik-baik dengan suami mengenai kekurangan dirinya suami akan mengerti dan mengijinkan anda pergi dengan sukarela tanpa perlu anda pergi meninggalkan rumah (minggat) tanpa izin dan melawan suami?

      Lepas dari kondisi diatas bukankah lebih baik jika isteri tidak pergi dari rumah dan melawan suami saat suami salah. Isteri dengan kelebihan dirinya yaitu kecantikan , kesabaran, kelemahan, dan keluhuran budinya menasehati suami agar suami tidak salah lagi dan sebisa mungkin mempertahankan rumah tangga demi kebahagian keluarga besar dirinya, suami serta kebahagiaan dan masa depan anaknya (jika ada anak).
      Sebagai laki-laki saya yakin 99.99% suami manapun akan bahagia mempunyai isteri yang demikian dan lambat laun suami akan berhenti bertindak yang tidak sesuai dengan kehendak isterinya. Banyak kejadian dan contoh untuk hal ini.

      Jangan salah artikan persamaan hak dan keadilan dalam hal ini , Kodrat dari Tuhan tidak bisa diubah cobalah berpikir kenapa Tuhan menciptakan dada wanita yang bisa berfungsi mengeluarkan ASI untuk bayi sedang Bapaknya tidak berfungsi? Kenapa Tuhan menciptakan laki-laki lebih berotot dari perempuan.. hanya orang yang mempunyai akal sehat dan diberi Hidayah oleh Tuhan saja yang dapat berpikir mengenai hal itu.

      Jika anda muslim bacalah Al Quran An Nisa ayat 34 dan Al Baqoroh ayat 228

      Semoga manfaat..

      Salam untuk keluarga anda di Briekweg Almere Netherlands,

    • 62

      aisyah said,

      mba nisa kamu tuh yang salah lahir,bikin malu para istri aja

    • 63

      Ary said,

      Assallamuallaikum abi..

      Gn bi istri sy tdk pernah ketinggalan sholat bi tp dia tdk mengerti hukum nya kalo tidak taat pd suami.. Saya ingin bertanya sama abi
      1. Suami curiga dengan istri apakah wajar dan istri tdk mau d curigai oleh suami karna dia merasa tdk bersalah bagai mana penyelesaiannya bi.
      2. Sy tinggal di kontarakan mertua sy bi karna istri saya yang meminta, sy merasa tidak di hargai oleh istri saya karena dia munkin merasa gaji nya lebih besar dari saya. Dan orng tuannya ky nya menyesal penya menantu miskin seperti sy bi jd istri sy terpengaruh oleh orang tua nya.
      3. Dia sdh tidak taat pada suami bi. Dia merasa klo dia merasa mampu menghidupi anak km tanpa ada sy.
      4. Istri tidak bernafsu dengan sy
      apakah sy harus menceraikan istri saya bi.
      Sewaktu sy ikut pesantren bi ustadz sy bilang klo istri menolak diajak sumi behubungn badan itu sdh di laknat oleh allah apalagi kalo berani sm suami ya bi.

      Mohon jawaban dr abi sy bingung bi
      allhamdulillah zazjakaullohu hoiron bi.

  47. 64

    istri said,

    Assalamualaikum wr.wb.
    Pak ustadz, jika suami berkata tidak sanggup lagi karena menurutnya ada sifat saya yang tidak berkenan buat dia, dan saya disuruh menurut atau saya disuruh keluar dari rumah.saya mengerti maksutnya dan berusaha menurut tapi pada satu saat kalimat nurut atau pergi dari rumah membuat saya emosi dan saya langsung keluar rumah. Apa ini termasuk pergi dengan ijin suami? Memang saya pernah salah, tapi itu masa lalu dan suami bilang dia memaafkan..saya bingung..

    • 65

      fath102 said,

      U/ Isteri :
      Waalaikumsalam wr.wb. Mbak Soriz sebaiknya jangan emosi menanggapi pernyataan suami, bukankah lebih baik jika mbak Soriz lebih memperhatikan TUJUAN suami berkata demikian. Menurut saya tujuan suami mbak baik yaitu untuk ketentraman rumah tangga mbak Soriz pada umumnya dan ketentraman diri suami pada khususnya.

      Suami memang harus bertindak TEGAS karena untuk tujuan kebaikan anda, apalagi anda pernah salah dulu bagaimanapun juga suami membutuh waktu untuk benar2 menghilangkan kesal akibat kesalahan anda dulu.

      Justru anda yang pernah salah sebaiknya menunjukkan kepada suami bahwa anda bukanlah Soriz yang dulu, Soriz yang sekarang adalah Soriz yang menjadi isteri idaman para suami yaitu Isteri yang menurut perkataan dan keinginan suami.

      Jadi pergi meninggalkan suami karena alasan diatas kurang tepat dan berdosa menurut agama Islam.

      Mohon maaf jika saya salah..

  48. 66

    rina said,

    saya rina, saya mau tanya, apa yang harus saya lakukan? karena saya telah diselingkuhi oleh suami, saya sangat sakit hati sekali. orang tua saya memisahkan kami dengan tujuan mau melihat perubahan sikap suami saya, jujur saja suami saya sudah bertobat dan janji akan membina hubungan rumah tangga yang lebih baik. saya sekarang menunggu kedatangan suami ke rumah orang tua untuk menjemput dan enyelesaikan masalah. walaupun memang sebelumnya saya tinggal di rumah orang tua. sedangkan suami kerja di luar kota. apakah saya termasuk istri yang meninggalkan suami?bagaimana mengatasi rasa sakit hati saya atas kelakuan suami saya? haruskah saya bercerai dengan suami saya? karena saya takut suami membawa penyakit dan saya takut suami menyakiti saya lagi di masa depan. kalau saya berniat kembali tapi saya ingin melihat perubahan sikap suami dulu dengan memberikan syarat tertentu jika ingin kembali apakah saya salah?tolong dijawab, karena saya sangat membutuhkan jawaban ini. terima kasih

  49. 67

    fath102 said,

    U/ Mbak Rina :

    Mohon maaf sebelumnya saya baru bisa menjawab sesuai pertanyaan mbak, yang sebelumnya saya jawab secara umum.

    1. Yang harus dilakukan saat ditinggal suami selingkuh sudah saya jawab singkat sebelumnya disini (perubahan dan tambahan dari tulisan sebelumnya) .

    sedangkan untuk jawaban lengkap pertanyaan mbak Rina selanjutnya adalah sebagai berikut :

    2.Bukan termasuk meninggalkan suami jika suami mbak sama sekali tidak mengajak mbak Rina untuk hidup bersama mengikuti dirinya bekerja keluar kota

    Akan beda jawabannya jika Mbak Rina diajak suami untuk ikut suami bekerja di luar kota dan Mbak Rina menolak ini bisa dikategorikan Mbak Rina isteri yang meninggalkan suami karena pada dasarnya kehidupan suatu rumah tangga bisa langgeng dan baik jika ada : Keseimbangan tanggung jawab antara suami dan isteri.

    Tanggung jawab utama Suami menafkahi isteri memungkinkan bisa terpenuhi meskipun suami pergi keluar kota tapi apakah tanggung jawab utama mbak Rina bisa terpenuhi jika anda tidak bersama dengan suami yang berada diluar kota?

    Suami selingkuh karena : Kurangnya Iman, Kesempatan , Kondisi suami , Pengawasan yang kurang dan Godaan setan .

    - Kurangnya Iman terjadi jika suami tidak ada yang mengingatkan sholat secara rutin disaat suami mulai meninggalkan sholat sehingga Allah pun tidak melindungi suami untuk berbuat selingkuh.

    - Kesempatan suami untuk berhubungan dengan wanita lain menjadi terbuka karena mempunyai banyak waktu luang yang seharusnya waktunya bersama anda dirumah, selain itu kegiatan dalam rumah yang bisa mengakibatkan perselingkuhan suami seperti sms, chatting atau telpon dengan calon selingkuhan tidak akan ada atau berkurang jika anda ada dirumah

    - Kondisi suami disaat jenuh dengan tekanan pekerjaan atau hal lainnya membutuhkan hiburan. Hubungan suami isteri adalah hiburan paling manjur mengatasi hal ini tapi tidak ada disaat suami membutuhkan

    - Pengawasan yang kurang dari isteri misalnya Suami pulang larut malam atau tidak pulang kecil terjadi jika isteri menunggu di rumah,

    - Godaan Setan Bagaimanpun juga setan tidak akan pernah berhenti menggoda suami atau isteri untuk selingkuh karena setan tahu dosa paling besar no.2 setelah sirik adalah perselingkuhan atau zina yang dilakukan oleh seseorang yang pernah menikah.

    * Jadi lebih baik mbak Rina yang mengikuti suami

    3. Untuk mengatasi rasa sakit hati bagi seorang wanita memang sulit karena wanita lebih dominan memainkan perasaan daripada pikirannya, Jika mbak Rina bisa lebih memainkan pikiran daripada perasaan saya yakin mbak bisa mengatasi masalah sakit hati contohnya:

    “ Sakit hati adalah menyakiti diri sendiri, jadi buat apa menyakiti diri sendiri, apakah dengan cara menyakiti diri sendiri suami akan menjadi tidak selingkuh dan perkawinan anda menjadi bahagia? Saya kira tidak. Lebih baik anda memulai lagi kehidupan baru dengan hati yang baru dan suasana baru dari awal lagi , yaitu ikut suami dimana suami berada / bekerja. Hambatan seperti tempat tinggal dll bisa dibicarakan bersama.

    * Sakit hati bisa diatasi dengan lebih mengutamakan penggunaan pikiran daripada perasaan

    4. Anda tidak harus bercerai dengan suami bukankah suami sudah bertobat dan berjanji membina hubungan rumah tangga yang lebih baik dan anda sendiripun masih mencintai suami? Bercerai tidak akan menyelesaikan masalah jika anda masih mencintai suami dan bercerai justru akan menimbulkan banyak masalah yang semula tidak anda pikirkan.

    Bukankah akan lebih baik, mudah dan simple untuk memperbaiki yang sudah ada dan anda pasti tahu kekurangan dan kelebihan suami daripada anda membutuhkan banyak waktu, tenaga dan biaya untuk mengurus perceraian, membina hubungan baru , persiapan penikahan lagi dll.

    Hal diatas menjadi tidak berlaku jika pada dasarnya sebelum nikah suami memang kurang agamanya , suka selingkuh, bohong, tidak bisa menafkahi isteri dan merugikan isteri baik material maupun spiritual. Silahkan menggugat cerai. Jika hal ini tidak ada pada suami maka saran saya:

    Di dunia ini tidak ada lelaki yang sempurna pasti ada kekurangannya, Jika anda anggap suami tetangga anda atau lelaki lain adalah sempurna itu karena anda belum tahu kondisi yang sebenarnya.

    Coba anda buktikan dengan bertanya kepada ibu anda apakah semua sifat dan perbuatan Bapak sesuai dengan keinginan ibu di saat Bapak ibu anda menikah dulu? jika ibu anda jujur menjawabnya pasti ada kekurangan dari suaminya. Bagaimana ibu bisa bertahan dengan Bapak sampai sekarang jawabnya adalah karena kesabaran ibu menyesuaikan tabiat dan keinginan Bapak.

    * Perceraian bukan jalan terbaik selama suami masih bisa memenuhi tanggung jawab utama seperti memberi nafkaf dan anda masih mencintai suami dan serta yakin suami bisa berubah

    5. Tindakan anda tepat tidak salah jika anda memberikan syarat tertentu kepada suami agar suami tidak mengulangi lagi perbuatannya asalkan syarat wajar sesuai tindakan suami dan tidak bertentangan dengan syariat islam dan suami mampu melaksanakannya.

    Syarat menjadi tidak tepat jika sangat memberatkan suami tanpa anda mengerti dulu alasannya meskipun tidak bertentangan dengan syariat islam dan suami mampu melaksanakannya misalnya : minta dibelikan sesuatu padahal suami jelas tidak mampu karena akan terjebak pada muslihat setan yang menghalangi suatu perbuatan baik yaitu Rujuk.

    Syarat harus wajar dan sesuai dengan syariat Islam serta kemampuan suami.

    Semoga Bermanfaat dan Menjadikan keluarga yang penuh Rahmat dan berkah dari Allah SWT untuk Mbak Rina dan suami. Amin.

  50. 68

    Aa said,

    Semoga Istri saya juga cepat di bukakan pintu Hidayah oleh ALLAH AZZA WA JALLA..
    Allahumma Amien..

  51. 69

    annisa arifin said,

    terimakasih,,
    ini sangat membantu saya dalam menjawab soal-soal..

  52. 70

    rina said,

    pa ustadz saya masih rina, sy ucapkan terima kasih atas solusinya, tapi saya masih ada yang mau saya tanyakan, semoga bpk tdk bosan menjawab pertanyaan saya. Saya sekarang masih bingung dan kalut. Sehingga saya sulit sekali percaya dengan janji dan kata kata suami saya untuk berniat baik dan membina keluarga yang sakinah, mawadah , warohmah, setelah dia selingkuh.saya sangat trauma dengan rasa sakit setelah diselingkuhi suami. Sehingga kepercayaan diri saya sangat jatuh dengan tidak terlalu mengharapkan keluarga kami akan bahagia. Saya takut dikhianati lagi, saya juga merasakan ada dua sisi dalam pribadi saya, ketika saya sakit hati saya menjadi kalap,emosi,dan marah, sehingga saya ingin mengsms kasar selingkuhan suami saya, dan itu pernah saya lakukan.tapi di satu sisi saya bisa sabar, ikhlas, dengan berpasrah diri pada alloh.pa ustadz saya sudah memberikan kesempatan dua kali ke suami saya, tapi dua kali itu dia tetap msh sms selingkuhannya dengan alasan menanyakan kbr,ada ancaman atau tdk dr sy,takut selingkuhannya mati karena stress diancam sama sy, stres disakiti suami sy krn suami sy memilih kmbli pd saya dan anak.mslh ikut suami ke luar kota saya blm bs mengambl kptsn krn sy jg bekerja dan pekerjaan sy merup ambisi ortu sy, sy ingin membhgiakn ortu sy, apalagi suami tdk mengznkn sy ikut bersama dia.sementara sy ikut bersm suami empat hari kmudian pulang lg krn ank rewel dan kelamaan bolos krj.saya jd bingung ustadz tlg saya.amal baik ustadz, biar alloh yang balas.sy hy bs ucapkan terima kasih.

  53. 71

    fath102 said,

    U/ Mbak Rina:

    Melihat situasi mbak Rina memang sulit untuk bersikap tapi ada satu jalan Insya Allah Mbak Rina akan tenang jika Mbak Rina ikhlas dan mampu menjalaninya yaitu:

    Pada 1/3 malam terakhir ((jam 3-4) sholat Tahajjud minta apa yg diinginkan dan pada siang hari perbanyak dzikir : Ya Allah.. dan Sholawat Nabi. sebanyak-banyaknya

    Insya Allah semua masalah pasti terselesaikan…

  54. 72

    lila said,

    assalamualaikum wr. Wb.
    Sudah 2 minggu saya pergi dr rumah. Kami telah menikah selama 5 tahun. Suami saya cemburuan, saya terkadang dipukuli. Pada pertengkaran terakhir, suami kalap dan menyuruh saya pergi dari rumah. Apakah dg menyuruh pergi, sama dengan menjatuhkan talak?
    Sebelumnya suami juga pernah berkata, kalau memang harus cerai ya sudah, kita cerai saja. Apakah kata2 seperti itu jg menjatuhkan talak? Ketika berbaikan dan dia meminta maaf, km tidak pernah melafadzkan kata2 rujuk, krn kami tidak berpikir serius ingin bercerai. Dan berhubungan seperti biasa. Apakah saya masih halal untuknya? Mohon penjelasan dari pak ustadz, terima kasih.

  55. 73

    rina said,

    Terima kasih saya ucapkan ustadz, ketika saya tau suami saya selingkuh saya langsung ketemu blog ini, dan langsung mengingatkan saya untuk tidak berbuat yang tidak terpuji. Saya masih dilindungi Allah. Ustadz saya sudah merasa ikhlas dan lebih sabar sekarang, saya sedang menjalani saran ustadz utk solat malam dan berdzikir, dan alhamdulillah itu membuat hati saya tenang melebihi apapun. Saya juga merasa lebih dekat dengan Allah..saya sangat bahagia sekali, Allah telah memberikan hidayahnya pada saya. Ini hikmah yang telah saya petik, asal ikhlas semuanya pasti baik2 saja. Terima kasih ustadz

  56. 74

    fath102 said,

    Untuk Mbak Lila:

    Menyuruh pergi bukan berarti talak, karena talak adalah kata cerai dari suami kepada isteri. Dalam Islam saat bertengkar suami tidak boleh menyuruh pergi isteri dan isteripun tidak boleh pergi dari rumah meninggalkan suami. Ada baiknya saat damai buat komitmen saat bertengkar tidak boleh ada yang pergi dari rumah.

    Suami berkata: “kalau memang harus cerai ya sudah, kita cerai saja”. Menurut saya suami masih meminta pertimbangan mbak Lila untuk cerai jika mbak lila nggak setuju ya tidak cerai, Jadi kata tersebut bukan menjatuhkan talak. Kalimat talak misalnya : “Aku cerai kamu” atau “Kita cerai “ tanpa kalimat : kalau memang harus.

    Pada dasarnya Talak cerai adalah hak suami bukan hak isteri jadi untuk menalak isteri, suami sebenarnya tidak perlu meminta pertimbangan isteri. Jadi agar hati-hati bagi suami untuk tidak mengucapkan kata cerai pada isteri karena meskipun guyon atau pura-pura, talak tetap berlaku dan dihitung.

    Untuk kasus Mbak Lila jika suami ada niat mencerai isteri meskipun hanya main-main tetap dihitung menalak isteri, jika kejadian tersebut lebih dari tiga bulan Mbak lila harus menikah lagi dengan suami tata cara dan syahnya pernikahan yaitu ada suami, ada isteri, ada wali, ijab qobul dan mahar.

    Untuk Rujuk tidak perlu mengucapkan kalimat rujuk cukup suami mendatangi isteri (berhubungan badan) di kamar sudah rujuk.

    Perhatian :
    Suami tidak boleh mengucapkan kata : “Aku cerai kamu” atau “kita cerai” meskipun hanya main-main atau saat marah karena jika selama 3 bulan (3 kali masa suci isteri) suami tidak rujuk, suami harus mengulang pernikahan lagi. Jika lebih dari 3 bulan rujuk tapi tidak menikah lagi jika berhubungan suami isteri , suami isteri itu zina. Hal ini berlaku selama 2 kali. Jika yang ke-3 suami memberi talak lagi tidak ada lagi kesempatan suami menikah lagi dengan isterinya kecuali isteri menikah lagi dengan orang lain dan dicerai oleh suaminya.

    Oleh karena itu bagi suami hati-hati mengucapkan talak dan bagi isteri tolong ingatkan suami tentang hal ini.

    Dalil Al Quran tentang hal diatas:
    Wanita-wanita yang ditalak hendaklah menahan diri (menunggu) tiga kali quru (masa suci) (QS Al Baqoroh : 228)

    Talak (yang dapat dirujuk) dua kali. Setelah itu boleh rujuk lagi dengan cara yang ma’ruf atau menceraikan dengan cara yang baik (QS Al Baqoroh : 229)

    Kemudian jika si suami mentalaknya (sesudah talak yang kedua), maka perempuan itu tidak halal lagi baginya hingga dia nikah dengan suami yang lain. Kemudian jika suami yang lain itu menceraikanya, maka tidak ada dosa bagi keduanya (bekas suami pertama dan isteri) untuk nikah kembali jika keduanya berpendapat akan dapat menjalankan hukum-hukum Allah. Itulah hukum-hukum Allah, diterangkan-Nya kepada kaum yang (mau) mengetahui. (QS Al Baqoroh : 230)

    U/ Mbak Rina :

    Alhamdulillahirabbil’alamin….

  57. 75

    IBNU said,

    suami memang akan terasa berat jika mengalami hal demikian, seolah ditantang, seolah di abaikan fungsi dan peran suami selaku pemimpin dan kepala rumah tangga, sekaligus pelindung istri. Akan sangat buruk tabiat istri yang demikian, apalagi jika sudah punya momongan / anak. Istri yang demikian, hanya memikirkan ego diri sendiri, dan kurang peka membaca kebaikan suami. Semoga ALLAH SWT memberikan nasihat kepada Istri mas, dan juga memberikan kekuatan moril dan pikiran ke pada mas. Salam

  58. 76

    Ahmad said,

    wah makasih ya mas… ada masukkan ilmu agama tentang fiqih istri dan Insya Allah Bermanfaat

  59. 77

    sri Mulyati said,

    assalamualaikum….mau tanya apa hukumnya bila istri meninggalkan suami ..karena suaminya ke 1 galak dan sering marah”..ke 2 dia tidak memberi nafkah lahir dan bathin ..dan bagaimana baiknya seorang istri apa harus menerima perlakuan suami seperti itu…..mohon penjelasannya sebelumnya terima kasih….. dan ana mohon izin copas artikelnya

  60. 78

    fath102 said,

    U/ Mbak Sri:

    Waalaikumsalam. wr.wb,
    Hukumnya haram Isteri tetap tidak boleh pergi meninggalkan suami meskipun suami galak sering marah – marah atau tidak memberi nafkah lahir batin.
    Yang harus dilakukan isteri jika suami seperti diatas adalah :
    1. Isteri tetap dirumah dengan sabar memberi tahu suami jika tindakannya yang galak dan tidak memberi nafkah lahir batin adalah salah.
    Jika masih ingin berumah tangga dengan mbak sri mohon pada suami untuk merubah sifatnya, Bicara pada suami harus dengan cara yang lemah lembut jangan kasar agar suami tidak tambah marah jika suami marah diam saja jangan berdebat.

    2. Setelah diberi tahu suami tetap tidak mau berubah sedikitpun dan misalnya sampai melakukan kekerasan fisik katakan pada suami tindakannya bisa bisa dilaporkan ke polisi dan Mbak Sri bisa mengajukan gugatan cerai pada suami di pengadilan agama.

    Silahkan di copy paste mbak asal disebutkan sumbernya.

  61. 79

    desi said,

    assalamu’alaikum,
    pak ustad, saya desi,
    saya udh menikah dgn suami saya slma 3 tahun, dn sdh punya ank brumur 2thn.
    saya sering tertekan batin krn hubgn rmh tangga saya tdk brjln dgn semestinya,
    masalh’ny gini ustad, saya dn suami serta ank saya, tinggal d’rmh kk suami saya,
    jd saya selalu tertekan krn ikutin aturan2 yg di berikan kk ipar saya trhdp saya,
    bkn aturan suami (pemimpin) saya.
    tp saya mau cerita kpd suami, saya takut, krn kLw menyangkut keluarga suami saya, saya gak prnh bener d’mata suami saya, psti saya yg sllu salah d’mata suami saya, padahal saya udh selalu mengikuti aturan dr kk ipar saya.
    apa rmh tangga saya pantes d’sebut sbgi rmh tangga??

    apa lg ibu mertua saya, jika saya dn suami bertengkar, psti ia selalu ikut campur dn manas2′in, serta menjelek2kn saya, dn mengadu kpd anak perempuanya yaiti kk ipar saya yg rmh nya saya tempati. krn suami saya mncari nafkah bergantung kpd kakak’ny.

    saya udh berusaha sabar selama ini, saya gak tahan lg pak ustad, saya ingin hidup berumah tangga yg sakinah, mawadah, warahma.

    tp saya takut mengungkapkn keinginan saya, krn psti saya lg yg salah d’mata suami saya..
    saya d’tuduh (gak suka sm keluarga’nya).
    saya jd bingung harus gmna pak ustad.
    mohon jln keluar nya ustad.

  62. 80

    fakhira said,

    ass,alhamdulillah,stlah bca ini sya mulai brsbr dan mgurungkan niat untuk pergi krmah sdara,tnpa pamit suami,sya menikah baru 7bulan,dan sya hamil 6bulan,suami saya blum bsa mjalankan sholat dengan sndiriny,jka dingatkan baru sholat,tp sya brusaha memahami,krn it sdah dbcrakn sblum menikah,dan dy mw berubah,dia jga msh suka minum walau tdak smpai mabuk,awaly dia blg krn g enak sma bos ny,dan sya bsa memahami,smbil menasehati kalo bsa mas menolak,tp trnyata dia te2p suka minum dgan tman2y,smp dini hari saya menunggu,plang2 dy bau alkohol,slama ini saya g pernah marah,kalo saya marah saya tggal tdr dan saya g melayani suami saya myiapkan sarapan,stlah brkat saya minta maaf,dan mgingatkany,tp tetap aja dilakukan,jujur saya sedih,saya brusaha mjdi istri yg baik,alhamdulillah,khamilan saya ini membuat saya bgt sbr dalam mghadapi mslah,sya dlu jga g baik2 amat,sya dlu jga bndel,tp stlah sya menikah sya blajar jd istri yg baik,dan saya brusaha mendidik anak sya(mski msh dlm kandungan)dgan crta2 islam,mbca alqur’an,shlawat,lagu2 islami,sya sering mengatakan,ntar mas mw jd bpak,gmana mw mendidik anaky ntar,kalo msh suka minum n susah shlaty,dia hanya diam,sya tw sbr it g ad btasny,bgmana saya harus bersikap tegas?apa saya perlu mbri dy wkt bt brbh?ap perlu sdkit paksaan?sya slalu brdoa untk suami agar berubah,saya menyayangiy,dan qta blum pernah bertengkar,kami masih bsa mjaga sikap jika ad yg krg dsukai,..ktika saya marah,saya menangs dan istgfar mgadu sma ALLAH,trma ksh sblumy untk nasehaty,wss,

  63. 81

    fath102 said,

    U/ Mbak Desi :

    Saya memamahami apa yang mbak Desi rasakan karena banyak juga saudara muslimah disini mengalami kejadian hampir mirip dengan mbak Desi yang berumah tangga menjadi satu dengan saudara atau mertua sehingga tidak bisa mandiri dan jika sulit menyesuaikan diri akan menjadi berat… tapi Insya Allah jika bertawakal kepada Allah SWT pasti Allah akan memberikan jalan keluar yang terbaik bagi mbak Desi dan keluarga , Coba mbak Desi lakukan hal-hal sbb Insya Allah masalah akan terselesaikan dengan baik:

    1. Jangan tinggalkan sholat, bila Malam lakukan Sholat Tahajjud, siangnya banyak dzikirullah dan sholawat nabi agar mental, hati dan pikiran mbak Desi menjadi tenang dan mendapat bimbingan Allah SWT dalam segala tindakan serta dapat membaca dan menganalisa tindakan diri sendiri terhadap keluarga suami sebelumnya dengan baik.

    2. Selalu berpikir positif terhadap perbuatan orang lain terhadap mbak Desi sebelum terbukti secara meyakinkan berbuat negative pada mbak Desi, lebih bijaksana lagi jika berpikir : Apa tindakan saya bisa menyinggung mereka? dibandingkan dengan Tindakan mereka telah menyinggung saya?

    3. Coba dulu lagi bersabar menyesuaikan diri dengan keluarga suami dan meminta suami mengoreksi tindakan mbak Desi jika ada tindakan mbak Desi yang tidak benar, ambil sisi positifnya jangan negatifnya bagaimanapun juga tidak ada suami membenci isterinya yang ada adalah suami / isteri dipengaruhi setan Dasim untuk memandang jelek tingkah laku suami/isterinya .

    4. Jika memang tidak bisa dan mbak Desi ingin tinggal ditempat lain atau suami kerja ditempat lain bicarakan dengan suami, Usahakan untuk mencari waktu yang tepat dan tenang untuk bicara dengan suami, tanyakan terlebih dahulu pada suami apakah suami bersedia diajak bicara yang penting agar lebih diperhatikan, jika tidak bersedia ulangi dilain hari dengan sabar sampai suami bersedia diajak bicara serius. Ingat bicara dengan suami dengan lembut dan halus jelas jangan berpanjang-panjang dan mengungkit perbuatan keluarga suami thd diri mbak desi sehingga membuat pertengkaran focus saja pada:
    - Apakah suami bersedia pindah tempat tinggal ?
    - Apakah suami bersedia bekerja di tempat lain jika ada yang memberi pekerjaan pada suami atau dicarikan mbak Desi/ teman /saudara mbak Desi?

    Jika suami tidak bersedia dan menanyakan alasannya cukup dijawab Mbak Desi bersyukur dengan apa yang telah diberikan suami pada diri mbak Desi akan tetapi mbak Desi bilang akan lebih bahagia lagi jika bisa tinggal dan bekerja ditempat lain.
    Ingat meminta tempat tinggal lain harus sesuai dengan kemampun suami jangan memberatkan suami.

    4.Selalu berdoa kepada Allah agar suami, diri sendiri dan keluarga selalu ditunjukkan pada jalan yang lurus.

    Semoga membantu

  64. 82

    fath102 said,

    U/ mbak Fakhira:
    Syukur Alhamdulillah mbak Fakhira bertindak dengan bijaksana tidak meninggalkan suami. Tindakan mbak Fakhira benar jika selama mengandung mbak fakira mengajak bayi mbak untuk belajar Sholat, ajari huruf Alquran serta membiasakan mendengarkan bacaan Alquran. Insya Allah menjadi anak yang soleh pintar baca Alquran.
    Sungguh bahagia dan bangga suami mbak mempunyai isteri seperti mbak Fakhira yang sabar atas kelakuan suami dan mengadu kepada Allah atas segala tindakan suami. Memang begitulah isteri yang diinginkan para suami sabar, mendoakan suami dan tidak mengajak bertengkar suami jika suami salah diingatkan.

    Minum minuman keras apalagi sampai mabuk adalah pangkal dari segala kejahatan karena pengaruh minuman keras menyebabkan otak tidak dapat berfikir dengan jernih sehingga tindakan tidak lagi dikontrol oleh otak tapi lebih mengikuti nafsu keinginan pribadi oleh karena itu sungguh sangat berbahaya minum minuman keras.

    Cobalah ingatkan suami dengan mendongengkan cerita ini sebelum tidur dengan cerita yang pernah saya baca di Kitab Durratun Nasihin yang saya ceritakan kembali :

    “KISAH BARSAH ORANG ALIM YANG KAFIR KARENA MINUMAN KERAS”

    Dalam kitab Durratun Nasihin diceritakan :
    Ada orang yang sangat alim yang sangat terkenal kealimannya kalau tidak salah namanya Barsah (jika salah mohon koreksi karena kisah itu saya baca 12 tahun yll), saking alimnya doa Barsah selalu dipenuhi Allah sehingga banyak orang yang mendatangi untuk berguru maupun meminta tolong kepadanya bahkan malaikatpun sampai heran akan kealiman Barsah akan tetapi Allah berfirman pada malaikat : orang itu (Barsah) akan kafir karena minum minuman keras. Hal tsb rupanya didengar oleh salah satu setan yang mencuri dengar berita di langit sehingga berita ini tidak disia-siakan oleh setan dan setanpun mendatangi Barsah untuk dicelakakan.

    Singkat cerita, Setanpun mendatangi rumah Barsah dengan menyamar sebagai Tamu yang ingin beribadah bersama Barsah. Barsah sangat heran karena tamu (Setan) itu beribadah secara terus menerus siang malam tanpa henti tidak makan, tidak minum, tidak tidur bahkan selalu menangis dalam ibadahnya. Barsahpun bertanya kepada Tamu itu tentang ibadah tamunya tsb dan tamu (setan) itu menjawab jika ingin beribadah seperti dirinya ya harus berbuat dosa dulu meskipun kecil agar dapat menikmati ibadah dengan khusuk dan nikmat, Tamu itu menipu bahwa dirinya menangis dan beribadah terus menerus karena takut kepada Allah atas dosanya sehingga ia dapat khusuk beribadah.

    Barsahpun ingin meniru, tamu itu menyarankan agar Barsah berbuat dosa, tapi barsah tidak setuj, dari berbagai macam dosa yang ditawarkan setan, Barsah akhirnya setuju dengan dosa kecil yaitu : ” minum sedikit minuman keras ” karena Barsah berpikir minum sedikit minuman keras paling hanya dosa kecil dan tidak membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

    Atas saran tamu itu agar tidak diketahui orang Barsahpun pergi membeli minuman keras diujung kota pada malam hari dengan menyamar. Kebetetulan yang menjual minuman keras adalah suami isteri tapi saat itu suaminya sedang pergi. Barsahpun membeli minuman keras dan meminumnya, karena Barsah tidak pernah minum minuman keras meskipun tidak banyak Barsah pun mabuk, saat mabuk setanpun membawa teman-temanya untuk mempengaruhi Barsah dan wanita bersuami untuk bertingkah laku yang merangsang Barsah, karena mabuk Barsahpun tergoda dan menzinahi wanita tersebut.

    Setengah sadar dalam pengaruh minuman keras Barsah kaget dan bingung karena telah menzinahi wanita bersuami itu dan Barsah bingung karena tahu akibatnya dirinya akan dirajam penduduk kota jika diketahui menzinahi wanita itu.

    Didalam kebingungannya setanpun berbisik dalam hatinya agar Barsah membunuh wanita itu daripada wanita itu hidup akan melapor pada suaminya bahwa yang mezinahi dirinya adalah Barsah yang sangat terkenal itu. Barsahpun akhirnya terbujuk untuk membunuh dan mengubur wanita itu dibelakang warung wanita itu pada malam itu juga dan paginya Barsah pulang ke rumahnya.

    Setanpun tidak tinggal diam dengan kelicikannya dia memberitahu suami dari wanita itu bahwa dirinya tahu dan bisa menjadi saksi jika Barsah telah memerkosa, membunuh dan mengubur isteri dari penjual minuman keras itu, Pagi itu juga Suami dari wanita yang diperkosa Barsah mengumpulkan penduduk kota untuk membongkar tanah dibelakang warung itu, dan ternyata benar isteri nya dikubur disitu akhirnya siang itu juga Barsahpun ditangkap beramai-ramai oleh suami dan penduduk kota untuk dirajam.

    Siang itu Barsah dirajam , saat dirajam Barsahpun sadar jika dirinya telah melakukan kesalahan besar telah memerkosa dan membunuh isteri penjual minuman keras itu. Saat Barzah dirajam Setan datang dan menawari pertolongan pada Barsah terjadilah dialog berikut:

    Setan : “Hai Barzah bagaimana keaadaanmu sekarang dan siapa yang dapat menolongmu sekarang”?
    Barzah : “Sungguh setan celaka, kamu telah menjerumuskan aku sehingga aku menjadi seperti ini”.
    Setan : “Betul aku ini setan tapi saat ini tidak ada yang dapat menolongmu kecuali aku, hanya aku yang dapat membebaskanmu dalam sekejab membawamu dari sini dan kamu akan dapat beribadah lagi seperti sebelumnya” “ kuberitahu Tuhanmu tidak akan menolongmu karena dosamu sungguh sangat besar. Hanya aku yang dapat segera menolongmu cukup sujudlah padaku pasti aku segera menolongmu”.

    Barzah sudah tidak tahan dengan banyaknya batu yang dilemparkan kepadanya dan putus asa karena akan segera menghadapi kematian didepan mata oleh karena itu mendengar tawaran setan Barsahpun menerimanya.

    Barzah : Bagaimana aku dapat minta sujud padamu sedangkan badanku terikat kuat dengan tiang dan tali ini.
    Setan : Cukup anggukkan kepalamu dan pejamkan matamu untuk sujud kepadaku, aku pasti menolongmu.
    Barsah : Baiklah…….
    Barsahpun memejamkan matanya dan menundukkan kepala untuk bersujud kepada Setan, Saat itu juga Allah SWT mencabut nyawa Barsah sehingga Barsahpun meninggal dalam keadaan Kafir….

    Naudzubillahimindzalik

    Hikmah dari cerita diatas:
    Jangan menganggap enteng minum minuman keras karena siapapun yang minum minuman keras itu baik banyak maupun sedikit jika saat itu Allah berkehendak, sewaktu waktu Allah dapat mengambil nyawa orang tersebut. Nisacaya tidak akan pernah masuk surga orang dalam keadaan demikian apalagi orang tersebut belum bertobat.

    Jika seseorang minum minuman keras, zat yang memabukkan dalam minuman keras itu ada dalam darah dan baru hilang setelah 40 hari artinya sejak minum sampai 40 hari kedepan orang itu dalam keadaan kafir dan akan masuk neraka jika mati pada saat itu kecuali orang tersebut bertobat sebelum mati. Hal ini dapat dimengerti karena minuman keras itu masih ada dalam darah orang tersebut sampai 40 hari lamanya juga diterangkan dalam Hadist Nabi SAW yaitu:

    Dari Ibnu Umar ra. berkata, Siapa yang meminum khamar meski tidak sampai mabuk, tidak diterima shalatnya selagi masih ada tersisa di mulutnya atau tenggorokannya. Apabila dia mati maka dia mati dalam keadaan kafir. Bila sampai mabuk, maka tidak diterima shalatnya 40 malam. Dan bila dia mati maka matinya kafir.(HR An Nasai)

    Dari Abdullah bin Amr berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, Orang yang minum khamar lalu mabuk, tidak diterima shalatnya 40 hari. Bila dia mati masuk neraka. Bila dia taubat, maka Allah akan mengampuninya. Namun bila kembali minum khamar dan mabuk, tidak diterima shalatnya 40 hari. Bila mati masuk neraka. Bila dia kembali minum, maka hak Allah untuk memberinya minum dari Radghatul Khabal di hari kiamat. Para shahabat bertanya, Ya Rasulallah, apakah Radaghatul khabal? Beliau menjawab, Perasan penduduk neraka.(HR Ibnu Majah)

    Hadis riwayat Ibnu Umar ra., ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: Setiap minuman yang memabukkan adalah khamar dan setiap yang memabukkan adalah haram. Barang siapa minum khamar di dunia lalu ia mati dalam keadaan masih tetap meminumnya (kecanduan) dan tidak bertobat, maka ia tidak akan dapat meminumnya di akhirat (di surga). (Shahih Muslim No.3733)

    .

  65. 83

    IcA said,

    sy butuh nasihat agar tdk tergelincir pd kesalahan
    1. apakah sy termasuk kategori istri yg meninggalkan suami? saat ini sy dirmh ortu. sy plg krn bpk sakit serius. suami ijinkan

  66. 84

    fath102 said,

    U/ Mbak Ica:

    Jika suami mengijinkan mbak ke ortu tidak apa-apa, mbak bukan kategori istri yang meninggalkan suami, yang penting jangan lupa memperhatikan suami misalnya mengingatkan sholat, makan dll selain itu jangan terlalu lama meninggalkan suami meskipun suami mengijinkan, setidak-tidaknya temui suami minimal 1 minggu sekali mungkin suami mbak Ica membutuhkan mbak.

  67. 85

    Seorang Bunda said,

    Saya dan suami bertemu dan menikah di negeri orang. Pernikahan kami sudah masuk thn ke-3, mempunyai anak 1 yg umurx hampir 1,5 thn.
    1. Saat kami menikah dulu, acarax sangat sederhana. Penghulux adalah seorang Imam masjid dari Arab, sehingga segala doa dan ucapanx pun memakai bahasa Arab. Kebetulan yg menjadi wali saya adalah seorang Indonesia yg mengerti bahasa Arab. Tapi biar bagaimanapun, kami gak ada yg ngerti (pengantin dan saksi2x), tau2 wali saya itu langsung bilang “sah” yg lain jg ikut bilang “sah”. Namun suami saya dulu tidak mengucap ijab kabul kpd wali saya itu. Bagaimana nih hukum pernikahan kami??? Apakah kami sudah sah suami istri atau belum??? (pikiran ini baru terlintas di benakku setelah melihat acara akad nikah kakakku sendiri) Apakah kami perlu menikah kembali?
    2. Sejak anak kami lahir (saya sudah tidak bekerja), suami saya itu jadi sering mengeluh cape kerja. Bahkan saat masih di negeri orang pun dia dipecat dari 2 perkerjaanx karena keseringan bolos, dan terlalu banyak alasan. Sekarang sudah 6 bulan di negeri sendiri, dia belum bekerja. Entah apa yg ada dlm pikiranx, tp bagi saya dia seorang pemalas. Kerjax cuma tidur di siang hari dan begadang di siang hari. Dapat uang dari ngutang, apa itu pantas disebut sebagai seorang suami? Kerjax cuma ngutang!!! Aku harus bagaimana biar dia itu sadar?
    3. Saya dan suami berasal dari daerah yg berbeda, saya sudah bertemu keluargax, dan sebalikx. Tapi kedua keluarga kami belum saling ketemu. Bahkan saat akan menikah pun, tak satupun dari keluargax yg datang melamar. Sehingga dalam keluarga saya, saya dicap sebagai wanita murahan. Saya malu dgn anggapan ini, saya sudah sering bilang hal ini ke suami saya, tapi dia cuma bilang belum punya uang buat ongkos ke daerah saya. Bagaimana mau punya uang kalau gak kerja2, pikirku. Saya rasa saya sudah cukup sabar menghadapi suami saya. Sehingga saya memutuskan untuk pergi darinya tinggal di rumah orang tuaku, sampe dia dan keluargax datang menjemputku, agar anggapan keluargaku tentang diri saya itu hilang. Dan dia juga sudah setuju, dia berjanji dia akan mencari kerja. Tapi nyatax, sudah 2 bulan kami berpisah, dia masih saja nganggur, gak kerja2, dia hanya tau meminta uang pada keluargax, padahal aku tau ortux pun sering ngutang ke tetangga karena gak punya duit buat makan. Sudah 2 bulan, dia tidak menafkahi kami, saat masuk bulan ketiga dan suami saya itu belum berubah, ortu saya akan mengurus surat perceraian kami.
    Mohon nasehatx, apa yang harus saya lakukan?

    • 86

      fath102 said,

      Ijab kabul adalah ucapan dari orang tua atau wali mempelai wanita untuk menikahkan putrinya kepada sang calon mempelai pria. Orang tua mempelai wanita melepaskan putrinya untuk dinikahi oleh seorang pria, dan mempelai pria menerima mempelai wanita untuk dinikahi. Ijab kabul merupakan ucapan sepakat antara kedua belah pihak.jika ini tidak terpenuhi ya tidak sah suatu perkawinan

      Nasehati dulu dan diberi batas waktu jika tidak berubah gugatan cerai boleh dilakukan karena suami tidak memberi nafkah selama 3 bulan berturut-turut.

  68. 87

    siska said,

    assalamualaikum. ustadz
    saya mau tanya, saya punya tmn yg setatus nya menikah dgn laki2 berbeda agama yaitu agama Hindu, tetapi dia ingin menaikan Haji kedua orang tua nya, dgn penghasilan dia sendiri. dn orng tua nya merestui hubungan pernikahan tmn saya itu.

    yg saya mau tanya adalah, Apakah boleh tmn saya menaikan Haji kedua ortu’nya, dn apa hukum’nya. dn apakah Haji ortunya itu sah dlm agama islam.
    terimakasih ustadz,

  69. 88

    vee said,

    Assalamu’alaikum..
    Mohon pencerahannya. Saya ibu muda dengan 2 putri usia 5 thn. Suami saya memang dulunya orang “brengsek”, suka mabuk dan judi. tapi dia janji begitu menikah tidak akan mengulanginya. dalam kurun 5 tahun, dia berhasil membuktikannya. 1,5 tahun terakhir karena pengaruh lingkungan dia suka minum. Tapi tiap dinasehati dia malah ganti marah2, dan ujung2nya saya dicuekin (kayak anak TK), dia ajak komunikasi juga susah. Malah sering sekali banting2. Mulai HP, kipas angin, dan banyak barang. Tak jarang didepan anak pula. Kalau cuman seminggu sekali sih oke2 aja (meskipun gondok juga sih), tapi ini dia lakukan hampir tiap hari. Pulang diatas jam 2 malam. Bahkan pernah dia gak pulang. Saya pernah hampir angkat koper, dia malah dengan kalem bilang lebih baik cerai saja (sebelumnya dlm keadaan mabuk dia beberapa kali blg cerai tapi saya anggap mabuk/gila). setres saya….
    Akhirnya saya punya komunikatis diluar (olah raga), dan bertemu dengan seseorang. Sebenarnya saya lebih intens berhubungan dgn seseorang itu lewat telpon/chatting/ sms. Dia mnegerti sekali agama (ayahnya ustad dan dia juga lulusan pesantren). sering memberikan masukan. Tapi seringnya ngobrol mungkin dia menaruh suka pada saya, hingga dia meminta saya menjaga jarak karena saya punya tanggungjawab keluarga. tapi saya sudah terlanjur tergantung sama org itu. nasehat2nya dan kata2nya menyemangati saya. Saya merasa nyaman…akhirnya dia tidak tega juga. Nah akhirnya suami mengetahui dan menuduh macam2. Saya sadar saya salah dan berhak dihukum. Tapi masalahnya suami sangat temperamental, hingga pernah mengancam membunuh laki2 itu, saya halangi karena saya sayang sama dia takut dia kenapa2, tapi katanya saya melindungi org itu.padahal sebelumnya kita berdua sepakat untuk tidak berhubungan lagi. bahkan suami melukai tangan saya sampai berdarah, dan menjambak+memukul kepala saya (didepan anak sy yang menjerit2 ketakutan), dan menarik2 lengan sampai memar dibeberapa bagian.skrgpun apapun yg saya lakukan dia anggap tdk benar. serba salah !!
    Yang saya mau tanyakan :
    - Apakah suami berhak melakukan kekerasan kepada istrinya jika istrinya selingkuh ?
    - Apakah seorang istri dengan posisi seperti ini boleh mengajkan tuntutan perceraian dengan bukti kekerasan yg dia punya?
    - Kalau saya meneruskan rumah tangga, tapi dgn sifat temperamentalnya (dia sudah janji didepan ortu saya tidak kasar lagi, tapi buktinya dia masih suka berkata2 kasar) tentu saja saya penuh tekanan dan ketakutan hingga kadang2 saya merasa tidak iklhas menjalani kewajiban saya, apakah lebih baik drpd bercerai ??

  70. 89

    jefri said,

    bagaimana klo istri saya selalu pulang ketempat ortunya, ku selalu mlarang istri saya tuk pergi tpi dia tetap perga wlaupun sndiri.
    jika ku tanya alasan nya kesana hanya tuk main aja.
    ku marah2 karna hampir tiap hri dia slalu ketempat ortunya.
    1. prtanyaan saya apa ku slah?
    2. apa bnar niat istri saya slalu ketempat ortunya itu,?

  71. 90

    Andi said,

    Pak ustadz mau nanya nich, apakah hukumnya jika istri menolak hubungan suami istri dengan alasan lagi hamil, sebagai catatan istri saya hamil 4 bulan, sejak awal kehamilan sudah tidak mau diajak berhubungan intim, saya sudah mencoba bersabar sampai 4 bulan dan saat ini saya udah tidak tahan lagi pak ustadz, apa yang harus saya lakukan, mohon nasuhatnya pak ustadz.

  72. 91

    asuransioke said,

    artikel mantap nih pak ustat, ud saya shere di blog saya, kunjungi pak ustat

  73. 92

    Saat ini kbyakan para istri mentang2 bisa cari uang sendiri,maka mrka mrs dia lbih hebat&sring tdk lg menghiraukan dosa/durhaka dari suaminya sendiri..

  74. 93

    wahyudin said,

    Trimakasih tulisannya sangat bermanfaat, maaf saya copy..

  75. 94

    lutfia said,

    ass…sya seorng istri yg meninggalkan rumah suami atas kemauan saya sendiri.di karenakan saya sudah merasa tidak ada kecocokan lagi.akhir’a saya minta bercerai,tetapi suami tidak menyetujui dengan alasan msih mencintai saya dan akan berubah menjadi seperti yang saya mau.tapi saya tetap ingin cerai.skarang sudah 6 bulan saya tinggal di rumah orang tua dengan anak saya.tiap bulan suami kasih uang untuk anak.lama2 sya ksian dengan suami dan ingin coba memperbaiki lgi rumah tangga saya,karna saya sadar saya salah.yang ingin saya tanyakan,jika saya ingin pulang kerumah suami apakah harus menikah lagi karna saya sudah 7 bln tidak menjalani kewajiban saya sebagai istri?

  76. 95

    lutfia said,

    maaf pa ustadz,ada lgi yg mau saya tanyakan…samakah arti antara “kita bercerai” atau “kita berpisah”??apakah sama dengan talak??trima ksh

  77. 96

    andi said,

    assamualiakum ustat..istri dan anak saya meninggalkan rumah sudah 3 minggu,dia sekarang ngontrak rmh sama anak saya,saya sudah menemuinya sekalian minta maaf,tapi marah marah terus…bahkan anak saya ikut ikutan marah,istri dan anak saya pergi membawa seluruh barang2 rumah katanya buat makan dan bayar kontrakan rumah,..setiap saya kesana dia minta uang terus ..saya hanya beri sesuai kemampuan saya,saya sudah temui ibunya sekalian minta maaf,kalau sudara2nya minta saya untuk berpisah saja bahkan untuk cari wanita lain jangan dipaksakan lagi untuk bersatu lagi..minta tolong nasehat dan doanya…apa untuk bisa saya lakukan…!persoalanya masalah uang istri saya pakai untuk usaha hanya usahanya belum berhasil cuma cukup untuk makan saja,trimks wass…andi

  78. 98

    prio said,

    Assalamualaikum pak ustad, istri saya sdh 11 bln lebih (hampir 1 thn) pergi dan minta cerai dari saya hanya karena pada saat itu saya marah atas sikapnya yang sering tidak peduli kepada saya dan saya sering menanyakan mengapa dia bersikap seperti itu kpd saya., saya sudah minta maaf dan menjemput dia ke rumah org tuanya untuk mengajak dia pulang tp dia tetap tidak mau dan meminta cerai dari saya..,saya jg sudah coba bebicara kpd mertua saya tp mertua saya sudah pasrah dan terserah keputusan anaknya saja.., saya udah coba membujuk dan menasehatinya tp dia malah berbicara kasar kpd saya.., saya jg sudah coba minta tolong kpd kakak2nya untuk menasehatinya.., tetapi dia tetap kpd keputusannya hingga sampai hari ini…, saya gak tau lagi harus gimana pak ustad…, apakah saya berdosa dgn keadaan ini..? apa hukumnya status perkawinan kami skrg ini pak ustad…, terus apa uyg harus saya lakukan…? trims pak ustad..

  79. 99

    yuan said,

    pak, apa yang harus sy lakukan jika istri berkata kotor, memaki suami padahal kita sedang dalam masa pisah ranjang. sebab dia berkata kotor dan memaki karena dia tidak mau lagi dijemput dikantor, kemudian saya diam-diam mengawasi dia saat pulang kantor.begitu sy ikuti ternyata dia menghilang cepat sekali. kemudian sampai rumah saya tegur siapa yang mengantar, eh dia malah marah”. saya tanya apakah yang menjemput dia naik motor? dia malah melecehkan saya dengan berkata motor mah ga level…mobil dong. hati saya sakit sekali pak. memang sy dulu pernah selingkuh dan kami bertengkar hebat sampai saya keceplosan ngucap cerai. selingkuh sy sampai 2x dan saya ngucap cerai 2x. Dia malah mengancam saya jangan menjemput lg dikantor karena teman” kantornya pada bertanya sama dia kenapa ga ngomong kalo dijemput. padahal saya sudah bilang sama dia saya bertobat sama Allah tidak akan mengulangi lg perbuatan saya yang dulu dan saya pun pernah berkomitmen sama dia jika saya melakukan 1x lg selingkuh kamu akan saya ceraikan. tapi dia tidak percaya lagi karena dia bilang sudah tidak mencintai saya lagi.

  80. 100

    yuan said,

    mohon pencerahannya

  81. 101

    doele said,

    saya seorang laki laki ! saya sudah 3 tahun menikah dan dikarunia 1 anak perempuan berumur 2 tahu. saya punya masalah dengan istri. awalnya saya meminta penjelasan dan tanggng jawab istri pada suami ! tapi tetep diam istri saya ! suatu ketika setelah saya hatam Al Qur’an maam selasa ! SETELH ITU PADA MALAM Kamis sya berengkar dngan istri Biasanya kalo saya abis ngomongin istri langsung minta maaf dan langsung baikan ! tetapi malam itu setelah saya minta maaf malah istri blang dengan emosi Kamu Harusnya kawin dengan iwanita berjilbab dan bercadar ! langsung sya emosi gk sadarkan diri menampar istri ! Sya mau tanya dan bimbingannya gman hukumnya saya dan istri saya ! Dn lagi sampai sekarang sudah jalan 4 bulan istri sya cuek dan masabodo sama saya ! makan minum gk pernah ditawari gak pernah ngomong

  82. 102

    HERIYADI said,

    kalo istri ninggal kan aku, aku kawin lagi gampang kan.

  83. 103

    rere said,

    rere…

    bagaimana bila suami yang meninggalkan istri,dengan membawa kabur uang mertua puluhan juta dan suami tidak meberikan kabar sedikit pun,dan setelah suami pergi banyak yang terungkap,bahwa selama ini dia masih sering kediskotik bersama teman temannya tidak hanya malam tapi pagi pun pergi biar tidak ketahuan istri,dan ternyata sang suami terlibat narkoba selama ini

  84. 104

    rere said,

    rere…

    bagaimana bila suami yang meninggalkan istri,dengan membawa kabur uang mertua puluhan juta dan suami tidak meberikan kabar sedikit pun,dan setelah suami pergi banyak yang terungkap,bahwa selama ini dia masih sering kediskotik bersama teman temannya tidak hanya malam tapi pagi pun pergi biar tidak ketahuan istri,dan ternyata sang suami terlibat narkoba selama ini,apa hukumnya bila suami melakukan hal seperti itu,terimakasih

  85. 105

    eko priyantoro said,

    saya sudah berkeluarga kurang lebih 3 tahunan mempunyai seorang anak umur 2 tahunan, sudah 3 bulan ini saya istri plg ke rumah ortunya, tp dgn seijin saya krn ingin nyapih anak … suatu ketika saya berterus terang bahwa punya hutang kr 30jtan ..so marah besar istri karena merasa dibohongi..tp akhirinya ada solusi pembayarannya..saya jg da minta maaf…dan pingin berubah sikap ..tp kadang lo ada gesekan dikit ngomongny cerai , jg mls ngurusinin suami karena kesal blom bisa membahagiakan istri .. lo plg tp sesudah lebaran .. tp msh ngacam klo msh seperti lg akan minggat + gugat cerai … apa betul sikap istri saya tsb P. Ustad…kdg jg klo diskusi mlh sms y ga kemana jls tujuan”’ kdg sakit hati ini .. tp tetp sabar ” prinsip saya nikah hanya 1 x ” bagaimna sikap saya p.ustad.. mohon lewat bls lewat email jg’

  86. 106

    Tria said,

    Saya mw tny pak ustad,
    Saya sudah menikah 1tahun lbh skrg sdh pny anak laki2 dan pkerjaan suami saya sbg PNS,dr awal prkwinan smp skrg suami saya tnyta berbohong kpd saya ttg pndptan uang lain2 yg dia dpt dluar gajiny,
    Pndptn uang lain2 it tdk prnh saya terima slma 1thn lbh,kmrn2 saya temukan beberapa slip pghsilan dluar gaji suamiq,sp0ntan saya marah2. . .
    Saya bingung pak apa yg harus saya lakukan,suami saya sudah meminta maaf tp rasax hati saya msh kesal,
    Mohon mt saranx
    Trmksh

  87. 107

    someonee said,

    Pak ustad sy mau nanya ibu saya trnyata anak angkat kakek saya tp pd saat menikah dia memakai nama ayah angkatnya, ibu saya memiliki 5 anak, skrg ibu saya lari dgn lelaki lain, dan menggantung ayah saya dgn cara membawa lari buku nikah, kira2 hukum nikah ibu saya sah atau tidak, lalu ada seorang teman saya anak angkat tetapi ayah kandungnya hanya menandatangani surat perwalian untuk wali nikah akhirnya ia dinikahkan oleh wali nikah tp dgn menyebut nama ayah kandungnya, apakah pernikahan teman saya sah di mata agama? Lalu suaminya menyebutkan mahar 88 real tunai namun sampai skrg mahar itu tidak dibayar apabila teman saya ikhlas apakah mahar itu tidak wajib dibayar? Mohon balasannya pak

  88. 108

    Hamba Alloh said,

    Ass.wr.wb
    Pak ustad saya mau nanya, apa ada hadisnya bila seorang istri selingkuh pergi meninggalkan suami/minggat harta yang di dapat hanya yang di bawannya.
    Was.wr.wb

  89. 109

    Putra Said, said,

    Assalamu’alaikum Pak Ustad,

    Apakah hukumnya di dalam islam,apabila seorang istri selalu membela adiknya yg sudah dewasa meskipun adiknya itu salah,dan kurang ajar merendahkan dan meremehkan saya sebagai suaminya.dan dia balik marah dengan saya,jika saya marah dengan sikap adiknya itu,bahkan sempat keluar ucapan dari mulutnya bahwa dia akan membawa anak saya untuk meninggalkan saya,karena sudah memarahi adiknya itu.saya sudah cukup bersabar dengan sikap istri saya itu,yang saya pikirkan adalah kedua anak saya.dan saya harus mengalah demi anak2.
    Padahal saya menyekolahkan adiknya itu,walaupun dari smp sampai sma saja,dan saya menafkahi ekonomi keluarganya,karena mertua laki saya sudah almarhum beberapa bulan sebelum saya menikah dengan istri saya.ya meskipun gaji saya dlm 1 bulan bisa dikatakan tidak ada sisanya,bahkan beberapa kali minus,sampai saya harus berusaha mencari penghasilan tambahan di luar gaji saya,tapi Alhamdulillah semuanya cukup untuk keluarganya & keluarga saya.ingin rasanya saya marah besar dengan sikap istri saya itu..tapi saya selalu ingat dengan anak saya..

    Mohon Solusinya ya Pak Ustad.

    Wa’alikumsallam..

  90. 110

    bunda said,

    Pak ustad saya maw tanya.. Saat ini saya sdg meninggalkan suami saya.. Dikarenakan dulu suami saya pernah selingkuh.. Dan skrg dia membawa perempuan ini krumah.. Mereka blg skrg tdk ada hub apa2.. Perempuan ini seorang mualaf dan seorang yatim piatu.. Butuh bimbingan.. Tp hati saya sebg istri tidak rela perempuan ini drumah.. Kami sudah tinggal bersama selama 2 bulan.. Sampai akhirnya saya menyerah dan sy meninggalkan rmh.. Mereka berdua ingin menikah.. Tp suami saya tdk akan menikahi selama saya tdk iklas.. Tp suami saya pun tidak maw mengusir perempuan ini.. Apakah salah bila saya mengusir perempuan ini.. Saya meninggalkan rmh pun, suami saya tetap tidak maw mengusir perempuan ini.. Bila sy drumah batin saya tersiksa.. Apalagi sy sdg mengandung 7 bulan.. Apa yg harus saya lakukan pak ustad? Mereka memeng tdk pernah melakukan hal2 seperti bermesraan didepan saya.. Tp jika sms ato telp mereka masi layaknya seperti pacaran..

  91. 111

    salam kenal…
    saya dari majalengka, permasalahan rumah tangga memang sangat pelik dan rumit pada jaman sekarang ini…karena ini merupakan salah satu rahasia Allah yang manusia tidak akan pernah “tahu pasti” jawaban akhirnya yang perlu kita lakukan adalah introspeksi diri dan banyak bertanya kepada orang2 yg sdh berpengalaman dlm rumah tangga, kpd ulama/ustad, insya alloh akan ketemu jawabannya. mudah2 kita semua di ringankan dari beban hati dan pikiran yg justru paling berat ada pd masalah rumah tangga ini, terutama bagi kaum laki2 yang sadar akan kewajiban memberi nafkah lahir&batin kepada istri.

  92. 112

    doni januar said,

    ass……pak ustazd.
    pak saya doni,saya baru menikah bulan mei yang lalu
    saya heran kepada istri saya,setiap kami ribut pasti beliau langsung mengemas pakaiannya dengan niat mau pulang ke tempat ortunya,apalagi beliau sering marahnya gara-gara uang,dan keadilan dalam membagi waktu sama keluaraga dia dan saya karena beliau sangat sakit hati dengan orangtua saya yang katanya telah melecehkan keluarganya,jd beliau tidak mau lama-lama tinggal dirumah orang tua saya,oleh sebab itu jika kami membicarakan masalah uang yang digunakan dan masalah datang dan bermalam dirumah orang tua saya pasti akan terjadi keributan,mohon keikhlasannya untuk menjawab pertanyaan saya.
    tanks.

  93. 113

    i gede suteja said,

    Saya mau tanya nie ustadz….
    sbelumnya saya gede suteja,mw tanya gimana menciptakan suasana yang harmonis karna saya baru menikah…
    terima kasih.

  94. 114

    kiky said,

    salamu alaikum pa ustad,,

    sy ditinggalkan oleh istri saya sejak tanggal 20 mei 2011 sampai sekarang. dia memilih ke rumah ortu nya. sy sudah meminta maaf dan berupaya u/ membujuknya pulang serta mengajaknya berbicara dari hati ke hati. tapi dia tetap bersikeras u berpisah dari saya. saya juga sudah mencoba upaya mediasi dengan berbicara kepada kakak2nya, tapi hasilnya tetap nihil.
    situasi nya semakin runyam tatkala ada sahabat saya yg melihat istri saya telah bepergian dgn lelaki lain pada suatu waktu, dan di malam hari…
    yg ingin sy tanyakan, bagaimana kira2 menghadapi persoalan ini? apakah pantas jika sy menggugat u menceraikan istri sy ke pengadilan? karena terus terang hal ini sangat membuat sy terpukul, sakit hati, dan menyiksa perasaan sy….
    mohon pencerahan nya pa’ ustad,, terima kasih,,,

  95. 115

    aldymarzelino said,

    aslmk…pak ustad sy mo bertanya..pak ustad gmn klo suami kita tidak mau nurut melawan lancang sm kita apakah kita harus cerai apa kita diam apa gmn tlng pak ustad sy minta jwb dan bimbingan pak ustad wslm.

  96. 116

    kareninali said,

    Assalamualaikum,

    Mas, sy seorang istri dr suami yg tdk begitu paham ttg agama.. Suami saya pun seorang yg “berada”. Bekerja pd perusahaan orgtuanya sndiri, tp itulah yg membuatnya mnjdi tdk mandiri dan kurang bertanggung jawab atas pekerjaannya. Selama 8bln perkawinan saya, kebanyakan wkt dihabiskannya untuk tidur, main game, dan hal2 tdk penting lainnya.. Suami sy pun tdk mau melaksanakan sholat 5wkt..
    Sy sdh sering mengajaknya secara baik2 utk sholat dan merubah perilakunya yg msh kekanak2an, egois, dan msh suka bersenang2 itu.. Namun ajakan ku tidak pernah di dengarkan, bahkan nasihat dr orgtuanya sndiripun hny dianggap angin lalu…

    Saya mencintai suami saya pak ustadz, sy ingin dia segera berubah.. Dlm stiap sholat, sy sll berdoa agar Allah membuka pintu hatinya… yg sy takutkan a/, sbntr lg anak kami lahir, sy ingin pny anak yg sholeh, bagaimana anak sy bs mencontoh ssuatu yg baik kalo bapaknya saja seperti itu.. Yg saya tuntut hanya perubahan sikapnya agar lbh bertanggung jawab thd keluarga, mencoba utk melaksanakan sholat, dan berusaha utk mnjadi imam yg baik.. Sy tdk pernah mmpermasalahkan berapapun penghasilan yg dia dapatkan..

    Lalu dlm usaha sy utk menyadarkan sikapnya, sy kabur dr rmh utk pulang ke rmh orgtua (dan stlh mmbaca artikel ini sy pun sungguh menyesal tlh mlakukan perbuatan yg d laknat Allah)…tp sy hrs bagaimana lg ustadz agar suami sy mendengarkan saya, krn suami sy ini mmliki tempramen tinggi, emosi yg meledak2 dan tdk prnh mau mnyadari kesalahannya..stiap saya ajak pd kebaikan, dia malah sll mencari2 kslahan saya..
    Saya bingung, apa yg hrs sy lakukan utk ttp mmpertahankan rmh tangga ini.. Krn saya ingin skali dia bs berubah mnjd mnusia yg lbh baik, mnjd imam keluarga yg sholeh..

    Skali lg sy bnr2 tdk ingin ada perceraian! Sy pergi dr rmh pun saya pkir ini bs mmbuatnya sdkit mmbuka mata dan mnyadarkan dirinya… Mohon bantuannya ustadz… Terimakasih!

    Wassalamu’alaikum wr wb

  97. 117

    udin said,

    Saya mau minta petunjuk p.ustad
    Saat ini ud 3bulan istri saya menuntut pisah,kami ud 4th menikah dan dikaruniai putri usia 3th.pernah istri saya pergi 1minggu u/ bersenang2 dengan tmn2nya padahal wkt itu kami mase keadaan berantem,saya ijinkan tapi sbnernya g ikhlas saat ada mslh malah pergi.waktu itu saya berharap dengan dia pergi dia kembali mjd baik.
    Masalah kami adalah isTri tidak percaya lagi dengan saya krn dia cemburu&menuduh saya selingkuh.memang kami kerja di beda kota.
    Apa yang harus saya lakukan p.ustadz krn begitu emosional istri sya menuntut pisah,sampe orangtua kami gak bisa menasehatinya.dia takut suatu hari saya menyakiti hati dia padahal saya sudah minta maaf&berjanji tidak akn membuat sakit hati istri saya.saya bingung krn jauh dan seandainya saya menuduh istri selingkuh saya jg blm pnya bukti.mohon bimbingan&ciri org yg benar2 selingkuH by mail pak Ustadz(saya benar2 mengharap saran dari p.ustadz)
    Salam

  98. 118

    Mbah Salekan said,

    harap kaum wanita membaca itu semua dan melaksanakan dalam kehidupan sehari hari …. semoga rumah tangga anda tenteram selamanya amiiinnn

  99. 119

    wahyu said,

    Pak Ustdz..suami sy sdh meninggalkan sy dan anak slama 6 bulan, dan tdk memberi nafkah lahir batin. Sy sdh menghubungi keluarganya, namun suami sy tdk bersedia lagi berbicara dng sy. Alasan suami meninggalkan sy, dari dulu sy dianggap istri tdk taat pdhl sy sdh berusaha memperbaiki diri, sy tak pernah mempermasalahkan kondisinya lahir batin, sy dukung karirnya. Tp tetap saja label istri tdk taat melekat pd sy hny krn sy tdk memasak utkny atau luput menyediakan minumannya. Terakhir krn sy menolak membeli rumah pilihannya. Sy memang tdk menyukainya pilihannya, karena lingkungannya tak nyaman dan bangunan tua, sementara itu harus menggunakan uang sy. Akhirnya dia meninggalkan sy dan anak, begitu saja, dia pulang ke rumah orangtuanya.
    Kemudian stelah ada upaya sy dan keluarga sy utk memnta penjelasannya dan kluarganya, tapi suami tdk merespon hny diam seribu bahasa…..apakah salah jk sy mngajukan gugat cerai pd nya?

  100. 120

    Zaki said,

    Assalammua’alaikum Wr. Wb.

    tolong saya untuk memberikan solusinya.

    hubungan saya dan istri saya tidak disetujui ortunya sejak kami berhubungan (pacaran) di masa SMA.

    saat sy sdh mndapatkan pekerjaan (Polri) sy kembali brjumpa dengan istri sy, dia menceritakan kisah kelamnya saat sy tdk ada hub dg nya (berganti pasangan yg pengakuannya thd sy sdh 3 org pacarnya terdahulu telah brhubungan intim dengannya sebelum sy menikahinya, dia telah memiliki anak diluar nikah, namun hal itu ditutupi olehnya dan ortunya thd warga dikampung dan kotanya, sampai saat ini ortunya tidak tahu bahwa sy telah mengetahui anak pertama istri sy yg ada dirumah ortunya tsb), sy kembali menjalin hub dg nya namun jg tdk di setujui ortunya dikarenakan istri saya sudah dijodohkan , namun istri saya menolak dan dia terus bersama saya yang pada awalnya saya juga menolaknya karena tidak mau berhubungan seperti itu, namun pada akhirnya saya kembali menerimanya, jujur krn sy tdk sanggup melihatnya tersiksa yang terus saya tolak (sy tidak pernah menganggap masa lalunya sbagai sebuah aib yg tdk bs diterima oleh perjaka sperti sy yg mau mnerima maaf “tidak perawan”, bagi sy yg penting dia menjalin hubungan dg sy menyayangi dan mncintai sy spenuhnya dan niat sy dia brubah cara hdpnya dg sy, yg Alhamdulillah itu terwujud).

    Kemudian kami menikah sirih, istri saya terpaksa harus putus komunikasi dg ortunya yg mmberikan pilihan harus meninggalkan slh 1 antara keluarga atau saya, yg kemudian istri sy memilih sy dan sejak itu istri saya putus komunikasi deg keluarganya.

    Disaat istri saya hamil 3 bln, ortunya menghubunginya dg kembali mengajukan penawaran “kesempatan” ortunya berkata saat itu, memilih saya berarti meninggalkan keluarga atau memilih keluarga berarti meninggalkan saya dan menggugurkan kandungannya (saat itu sy sgt mrh thd ortunya, jikapun istri sy memilih keluarganya tidak akan saya izinkan menggugurkan kandungannya) dan istri saya tetap memilih saya.

    1 thn 10 bln ortunya menerima kami, sy melangsungkan pernikahan secara hukum, dikaruniai anak perempuan yg sdh berumur 11 bln saat itu, dan sy telah mendaftarkan nama istri ke dalam daftar kantor.

    dlm waktu 1 bln sy tdk tahan lg thd sikap ortunya yg terlalu srg mengatur sy dan puncaknya saat sy menahan istri sy dlm hitungan jam untuk plg kampung mudik Lebaran krn sy masih ada urusan kantor, yg niat sy plg brsama stelah urusan kantor sy selesai yg kemudian ortunya kembali marah thd sy dan istri sy kembali diusir dan tidak dianggap sbgai anak lg dr ortunya.

    6 bln kemudian, hub istri sy dan ortunya kmbali baik dan otomatis sy jg baik. dlm tempo 2 bln sy ribut thd istri dan ortunya, yg dikarenakan sy merasa tidak dihargai lagi oleh istri sy yg sudah sering tidak mendengar prmintaan sy utk jk ada waktu brkunjung ke tempat sy dinas dg berbagai alasan lebih mementingkan ortunya dr pada sy (semenjak hubungan istri sy membaik dg ortunya istri sy melanjutkan kuliah di kampung ortunya yg pada sebelumnya istri sy kuliah di kota yg telah sy beli rumah serta tinggal dengan adik prempuan sy yg jg kuliah dikota tsb, sy dinas 150 Km dr kota yg sy sebut diatas).

    dan skrg istri sy sdh mengajukan gugatan cerai di Mahkamah Syariah setempat (dia tdk mau mengecewakan ortunya lg dg memilih ortunya), dan belakangan sy diberitahu oleh saudara dari istri sy (ipar sepupu), ortunya pernah mengatakan kpd saudaranya tsb berniat utk memisahkan sy dg istri sy (saat hub istri sy dan ortunya belum dlm keadaan baik).

    sy sdh mncoba mmpertahankan hub ini demi keutuhan keluarga kecil sy, ttapi tetap istri sy lbh memilih keluarganya.

    dan yg menjadi prtnyaan sy :

    1. Bagaimana sy menyikapi keadaan skrg ini sebelum keputusan dr Mahkamah Syariah.?

    2. Apa hukumnya org yg menyuruh perceraian dan apa hukum nya org yg mau melaksanakan prceraian dr org yg menyuruhnya tsb.?

    3. Bila terjadi perceraian, bisakah anak sy jatuh ke pihak sy.?

    Terimakasih banyak sebelumnya atas kesempatan ini.

    Wassalam.

  101. 121

    dani said,

    mohon izin di copy..trims

  102. 122

    ummu haifa said,

    assalamu’alaikum warohmatullohi wa barokatuh. barokallohufiik ya akhi. Sy sering berfikir utk pergi dr rmh saat sy bnr2 skt hati thdp suami. Biasany sy hanya mengancam,pura2 brkemas bj2. Tp sbnrnya tdk jd krn sy tau dosany. Suami sy krg prhatian. Sy mrasakanny smnjak awal nikah. Sy nikah sdh 2thn dan d karuniai satu org putri brusia 13bln. Sy tdk bs detail memberitahu stiap prmslhn yg sy rskan. Sy minta nasehatny

  103. 123

    Bimbim said,

    Alhamdulillah akhirnya saya mendapatkan penjelasan tentang seoranag istri yang meninggalkan suaminya. Ternyata banyak juga para suami yang di tinggalkan oles istrinya. Cucian Deh Loo….Saya termasuk salah seorang suami yang ditingal pergi istrinya bersama anak saya yang berumur 1,5 tahun kerumah orang tuanya. Yang saya ingin tanyakan kepada Mas Fath siapakah yang bertanggung jawab kalau terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan terhadap istri dan anak saya selama masa keminggatan tersebut?
    NB :

  104. 124

    Fadli Lubis said,

    Bagaimana jika Istri meninggalkan rumah secara diam-diam tanpa sepengetahuan suami bahkan ketika suami sedang bekerja di luar kota?

  105. 125

    ade said,

    Pak ustadz..mau tny..kl tny jawab nya selain disini ada tdk….trmksh

  106. 126

    Noey said,

    Saya sangat tersentuh dengan artikel ini.
    Saya seorang istri, dan baru2 ini saya kabur dari rumah suami dikarenakan suami saya yang pemarah dan kasar, dan pada suatu hari kami sama2 emosi sehingga suami sampai2 menitipkan saya ke rumah orang tua saya, namun saat dititipkan orang tua tidak menerima saya. karena saya merasa tidak diinginkan sehingga saya pergi dari rumah.
    Selang 2 hari saya sadar atas kesalahan saya dan memutuskan untuk pulang dan meminta maaf kepada suami, namun suami sudah tidak mau menerima saya lagi, kejadian ini sudah berlangsung selama 1 minggu.
    Yang ingin saya tanyakan, apa hukumnya tersebut. dan apabila nanti suami akhirnya menerima saya kembali, apakah harus ijab kabul lagi.
    Terimakasih.

  107. 127

    Lana said,

    Mau tnya nee, ,
    kalau ada suami tdk memperdulikan istrinya dan main sesuka hati, mabuk2an, dll lalu si istri pergi dari rumah(pulang kermh org tua’ny) itu bagaimana?
    Si istri dosa apa ndak?
    Tlg dijawab di email saya yaa, , thanxs

  108. 128

    Rika said,

    Alhamdulilah yah…. setelah saya nemu artikel ini, niat saya yang semula ingin pergi dari rumah jadi batal.
    Saya sudah 8 tahun membina rumah tangga dan telah dikaruniai 3 orang putri, tapi sejak awal menikah hingga saat ini sayalah yang menafkahi keluarga. Suami malas bekerja, sering kena PHK. Sewaktu bekerja gajinya jarang diberikan kepada saya. Bisa dihitung dengan jari. Kalau saya minta dia bilang untuk bayar hutang. Hutang apa??? Saya juga tidak tahu. Kerja dimana saja sama aja, dia suka selingkuh entah dgn rekan kerja atau relasi-relasinya. Saya lelah dengan semua ini. Dari mulai cemburu buta sampai saya merasa masa bodoh dengan perbuatannya. Setiap sholat saya berdoa agar Allah menyadarkan suami saya. Dan mungkin Allah memberi hidayah kepada suami saya sekarang. Sudah 2 tahun belakangan suami tidak bekerja, cari kerja tidak ada yang mau terima. Karena tidak bekerja, otomatis dia tidak punya uang dan tidak bisa selingkuh juga. Dalam kesehariannya suami suka berbicara kasar, tukang tidur, ngeberantakin rumah dan sayalah sendiri yang merapihkannya sehabis pulang kerja. Saya berusaha bersabar dengan keadaan ini, tapi kesabaran juga ada batasnya. Hingga terjadilah pertengkaran dan suami bilang kepada saya “Kamu urus semua surat-suratnya (baca: surat cerai)…” Padahal saya tidak minta cerai, saya cuma bilang “Saya capek dengan semua ini…” Apakah suami dengan berkata seperti itu sudah termasuk talak??? Tolong pencerahannya… Terima kasih….

  109. 129

    madina said,

    bagaimana jika saya yg mengusir suami dari kontrakan, karena hanya itu power yg saya punya dari awal menikah semua biaya saya yg tanggung, suami besar gengsi saya suruh cari tambahan uang ngocek gak mau, bantu2 beberes disaat saya kerja dia bilang ini bukan kewajibannya. klo bramtem hebat dia mangada -ada nyudutin saya dengan hinaan yg luar basa, kadang sampai saya teriak krn gak kuat dengar hinaan itu, dan saat saya berteriak dia memukul. tidak dinafkahin pula…apa yg harus saya lakukan, berkata cerai dia pintar memutarbalikan kata.

  110. 130

    Nanang Xosim said,

    SUAMIKU SUDAH BERULANG KALI SELINGKUH BAHKAN DIA SUDAH MENGAKU MELAKUKAN ZINA,apa yg hrs sy lakuklan?SAalahkah sy gugat cerai dia?

  111. 131

    Apihh Irwan said,

    Aslmualaikum. sy mau tanya pa’ustadz sy sdh memulangkan istri sy kpd orgtuanya,sbb sy sakithati krn istri tdk ta’at & tdkpduli kpd sy yg sdg skit akbt kcelakaan,crtanya sprti ini: sy kcelakaan(Kaki Rtag) dan sy memilih tggal dtmpt ortu sy utk prwatan,stlah brjln 2mggu sy dtmpt ortu istri sy tdk mnengok alsannya cape krja?.Sya (SkitHati),pdhl sy tdk mnta diurus malah ibu sy yg mngurus,stlh itu sy ksulitan ekonmi,&ingin mnjual Mtor sy ehh malah dithan utk dpakai oleh bpknya, dia membela ayahnya ktimbang sy yg sdg mbutuhkan biaya.sblmnya dia nonmuslim & sy muslimkan ttpi blkgan ini sy curiga klo dia msih ttap dgn aqidah dia krna msih suka bawa” buku (slbaran)ttg ayt alkitab dr rmh ortunya.dan yg Lbih sedih hati sy ialah ank sy yg sdh bisa brDo’a sprti kluargany &dibwa kegreja.sy tak kuasa krn mmang kami bkrja &sring mnitip kpd ortunya.Yg ingin sy tanyakan apkah Hukumnya istri sprti itu? dan apkah bnar Tndakan sy mengembalikan kpd Ortunya &berpisah?

  112. 132

    mau share ini ke fb bisa gak ya???, soalnya ada adikku selalu menghadapi masalah rumah tangganya, krna (maaf) istri yg kurang taat pada suami (naudzubillah…), dan sy sangat faham tentang keterbatasan istri akan pengetahuan islam, mungkin hal ini juga ikut mempengaruhi pola fikir sang istri, sy sangat berharap pengetahuan ini bisa sy bagi kepada mereka, dengan juga senantiasa berharap akan pertolongan Allah untuk membukakan hati dan fikiran mereka akan cara berumah tangga yg benar menurut islam, untuk mendapatkan kebahaigaan dunia dan akhirat,tentang cara menjadi suami atau istri yg benar menurut islam,

  113. 134

    d3p3 said,

    Bagaimana jika istri meninggalkan suami krn alasan lingkungan di rmh yang tidak nyaman, apakah alasan ini dibenarkan dan apakah suami jg bisa dsalahkan krn tdk mencarikan tempat yg nyaman. Terima kasih atas sarannya.

    Salam,
    d3p3

    http://membuatweb123.blogspot.com

    Panduan cara membuat website/blog bagi pemula/gapteker

  114. 135

    rya said,

    Assalamualaikum,
    mhon bantuan. kami menikah 2th punya 1 ank usia 7bln. tinggal drmh ortu saya.
    mli awal nikah sering cekcok. suami gampang tersinggung. jk hatinya tdk enk,disapa org tua saya pun tdk menjawab. jk marah dia pergi tanpa pamit dan baru plg setelah saya minta maaf dan ajak plg.

    suami bkrj dan bendahara sepenuhnya ats keinginannya.
    baru 4 bln yg lalu sya diberi uang belanja. yg bikin pusing jk diberi uang tiap hari mencatat detail pengeluaran.

    suami sering kesal krn beranggapan rmh tangga kami selalu diintimidasi ibu saya,pdhal ibu tdk pernah ikt campur meski kami tinggal 1 rumah.
    kadang jk sdh sgt tertekan,saya curhat kpd mertua dg harapan ada jl kluar. sayangnya setelah anak kami lahir tdk ada perubhan. Kemudian kami sepakat kontrak rmh.

    sebelum kontrakan ditempati, tepatnya sebelas hari sbelum hari raya id fitri kami bertengkar hebat di dlm kmr tdr. Saat suami kluar kmr tiba2 bertemu ibu saya dan bilang ..(makanya bu tdk usah ngatur rmh tangga saya).. ibu tersinggung dan marah, akhirnya suami saya pergi tanpa pamit.

    3 hari suami g pulang, ditemani ibu, sya memastikan keberadaan suami di rumah mertua skalian curhat, syangnya hasilny kurang baik. stelah hari raya suami mengirim sms ..(kalo kamu g mau ikut kontrak terserah yg penting aku ambil barangku).. sya merasa suami tdk peduli keadaan ank istri.

    saat dtg krmh,bpk sya menasehati n ditanggapi baik suami dg mengajak sya n ank ke rmh kontrakan.

    2 minggu skali sya usha drop barang dibantu orgtua jaga ank krn tkt kbiasaan suami tdk memberi uang saat mrah n pergi tanpa pamit.

    saat ini sdh 2 bulan lebih saya drmh ortu dg ank krn slama sbulan di kontrakan jk marah saya diusir dan suami sering menghina orgtua sya. skr suami tinggal di mertua n sampai saat ini tdk ada respon dr suami/mertua.

    mhon bantuannya ke keylogin99@gmail.com
    tq

  115. 136

    Mico said,

    Assalamualaikum WR WB…
    apakah seorang suami berhak memberi surat cerai bila istri pergi dari rumah….

  116. 137

    Rindang adhitya said,

    Smoga bisa jadi istri yg soleha…
    Amien ya rob…

  117. 138

    qobiltus said,

    Ass. Wr. Wb.
    Masalah awalnya muncul sejak usaha sy mulai turun, sejak itu sy tdk bs memberi uang belanja ke istri sebanyak dan serutin seperti waktu usaha sy msh maju.
    Meskipun sy sdh mencukupi kebutuhan papan dg memiliki rmh sendiri dan kebutuhan pangan sehari2 meski seadanya tp alhamdulillah anak-istri sy tdk sampai kelaparan, tp istri msh merasa kurang krn dy tdk bs menyalurkan nafsu belanja nya.
    Sampai suatu saat dy minta ijin utk bekerja dg alasan membantu sy dan sy ijinkan meski awalnya berat. Tp setelah bekerja blm ada sebulan dy minta diantar pulang ke rmh ortu nya seperti biasa kita lakukan setiap 2 minggu sekali kita mengunjungi ibu mertua sy. Tp setelah beberapa hr disana dy tdk mw pulang dg berbagai alasan, antara lain krn anak tdk mw makan klo dititipin di rmh ortu sy, tempat kerja dy lbh cepat nyampek klo dr rmh ortunya, sampai alasan yg bikin sy sakit hati krn dy sumpek lihat sy yg blm punya pekerjaan dan penghasilan tetap.
    Sdh sebulan dy pergi meninggalkan rmh dan selama itu sy sdh berusaha menasehati dy, tp responnya malah emosi dan selalu blg klo sy selalu memojokkan dy. Akhirnya sy putuskan mendiamkannya drpd ujung2 nya emosi, sy jg memutuskan tdk mw menafkahi dy selama dy tdk mw pulang ke rmh, tp utk kebutuhan anak tetap sy penuhi.
    Mohon pencerahannya pak ustad, apakah tindakan sy mendiamkan dan tdk menafkahinya itu sdh benar..??
    Sebelumnya terima kasih utk pencerahannya.
    Wass. Wr. Wb.

  118. 139

    kholid arrasyid said,

    ustad saya mau tanya saya pria 22 thn saya menikah muda dengan wanita 24 thn pernikahan kami baru berjalan 4 bln tapi dia meninggalkan saya karna ortu nya sering nelefon nyuruh dia pulang dengan alasan sakit 2 an meski saya tidak mengizinkan dia tetap pergi saya marah sekali dan sering menyuruh dia kembali tetapi susah dia malah suruh saya yg ke tempat dia dan tinggal di rumah ortu nya sambil kerja disana sementara saya jg tidak ingin tinggal d rmh ortu nya karna saya ingin bekerja di kota saya dan tinggal ber 2 dngan istri saya tanpa campur tangan kelaurganya saat menulis pertanyaan ini tepat 2 minggu dia meninggalkan saya saat ini saya tgl d bandung sementara istri saya orang serang banten terimakasih atas perhatianya saya mohon jawaban nya ustad wassalam..

    • 140

      arsyad said,

      Saya turut prihatin dengan kondisi anda, saya juga pernah mengalami hal serupa. saya ma istri tinggal di medan sedangkan mertua di riau. bapak mertua saya nelpon istri saya, memberi kabar bahwa ibunya sakit. yang anehnya kata bapaknya bisa sembuh klo istri saya datang.. terpaksa saya izinkan, saya antarkan istri kerumahnya. setelah sebulan saya minta istri untuk pulang ke rumah karena ibunya semakin membaik tetapi istri saya tidak mau pulang. malah dia nyuruh saya untuk tinggal di rumah mertua dan cari kerja disana.. saya menolak dengan mengatakan, bahwa istri harus ikut suami. akhirnya saya cekcok ma istri, saya minta bantuan orang tuanya agar menasehatinya malah ortunya mengatakan sepenuhnya terserah ma anaknya dan suami bisa jadi orang lain alias mantan suami tetapi anak tidak ada mantan.. saya pikir jadi maksud loe berdua apa?? saya sedih dan emosi, saya menduga orangtuanya yang berperan dan ingin anaknya tinggal di rumahnya. saya minta saran ma keluarga saya, dengan berat hati dan dukungan keluarga saya terpaksa melayangkan gugatan cerai..

  119. 141

    cecs said,

    ustad istri saya pergi ke rumah ortu nya karna ortu ny sering sakit 2 an meski saya tidak mengizinkan kami baru menikah 4 bln bagaimana sikap saya seharusnya ?

  120. 142

    cecs said,

    bagaimana jika istri kita sewakan kepada teman apa hukumnya ?

  121. 143

    wachyu said,

    assalamu’ alaikum ustad.
    sy menikah sudah 11 th, punya anak 1. awalnya istri sangat kuat dengan cobaan yg ia alami, sy selingkuh berulang-ulang sampek ketahuan istri langsung, tapi istri sy tidak ada niat sedikitpun untuk meninggalkan sy atau ingin berpisah dengan sy, sy sadari sy memang salah besar, dan sy merubah semua tingkah laku sy yang menyakiti hati istri sy, sy sekarang sangat menyayangi istri, bahkan sy malas keluar rumah kalo ndak bersama istri, jadi sy sekarang lebih betah dirumah dengan istri. tapi keadaan sekarang malah berbalik, di saat sy insaf dan sadar dengan kesalahan sy, istri sy malah tidak sayang dan tidak mencintai sy lagi, malah bersikeras ingin berpisah dari sy, sy istri sy menuntut sy pada bulan 4 tahun depan (2012) harus dituruti kemauannya, dan juga kondisinya sekarang sering keluar rumah ndak pamit, kadang sampek berhari-hari. do’a segala do’a sudah sy lakukan dengan istiqomah, dan sy juga minta bantuan ulama untuk mendo’akan supaya istri sy kembali menyayangi sy lagi, tapi sampek sekarang sepertinya belum ada hasil, ini terjadi sudah sekitar 2 sampek 3 tahunan. sebetulnya sy belum putus asa, cuma kadang terjerat dalam pikiran sy ingin mengurung istri sy dirumah. Mohon pencerahan apa yang harus sy lakukan, karna sy takut dengan deadline yg diminta istri sy tahun depan, karna sy sekarang sangat mencintai dan menyayangi istri sy..?????????

  122. 144

    muslim said,

    assalamu’ alaikum ustad.
    saya (38 Th) menikah sudah 16 tahun dan punya anak 3, kehidupan keluarga sebenarnya serba cukup, walaupun istri kurang perhatian terhadap suami. 3 bulan belakangan awalnya istri sering pergi dengan teman-temanya dan pulangnya sampai larut malam, dan itupun tidak pamit bahkan kadang sampai menginap dirumah temanya dan itupun tidak memberi kabar ke saya. kalau saya tanya alasannya macam2, mungkin juga berbohong supaya tidak dimarahi. sehingga hampir tiap hari setiap saya dan anak kalau pulang tidak mendapati istri dirumah. kalau saya telpon tidak diangkat, saya sms juga tidak dibalas. setelah pulang dan saya tanya ktnya HP disilent, atau apalah. saya tidak pernah menggunakan tangan jika istri salah. kadang kalau saya nasehati, dia bilang saya gak mungkin melakukan hal-hal yang gak baik (selingkuh).
    puncaknya hari rabu malam jam 10. sebelumnya saya telpon dan sms tidak dibalas. dan istri pulang jam 10 malam.. terus saya tanyakan mengapa kog selalu paulang malam terus,, dan mengapa lebih senang dengan teman-temannya dari pada keluarga sendiri…. terus dia bilang kalo begini aku tak pergi wes cari uang sendiri,, anak2 sudah gede … saya gak bilang ya ataupun menghalangi karena ini sudah ke 4 kalinya meninggalkan rumah..
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih, dan mohon jawaban ustad,,
    Wassalam.

  123. 145

    Sapril said,

    Assalamu’alaikum. Aku dan anakku tlah ditinggal istri selama 3 bulan. Tp kini aku tlah menikah lagi. Apakah aku salah tlah menikah lagi? Tapi aku menikah demi anakku…

  124. 146

    Wira Arifin said,

    Saya sudah kesekian kalinya di tinggal istri saya karena saya menuntut istri saya untuk menjadi istri yang solehah. saya memintanya untuk memakai jilbab, berakhir dengan pertengkaran yang hebat. saya menegur istri saya untuk menjaga harga diri nya dan harga diri saya berujung dengan meninggalkan saya dan anak2. kami punya 4 org anak, saya duda 2 anak perempuan yg di asuh oleh istri saya tersebut sejak masih sangat kecil dan istri saya membawa 1 org putra yg di asuh oleh orang tua istri saya. saya memintanya untuk di bawa ke rumah saya dan tinggal bersama-sama tapi menurut istri saya sudah terlambat. perkawinan kami di anugerahi 1 (satu) putri yang masih kelas 2 sd. sifat istri saya sejak anak kami berumur 3 tahun sekarang anak kami berumur 7 tahun. saya sangat mencintai istri saya. sewaktu istri saya meninggalkan saya sampai 6 bulan, waktu istri saya kembali, istri saya sudah berbadan dua. saya masih menerima. anak haram dalam kandungannya di paksa untuk di gugurkan oleh istri saya. saya menerima istri saya bahkan saya mengawini istri saya kembali untuk yang kedua kali. sekarang istri saya kembali menginggalkan saya dan anak2. entah kemana. barusan saya lihat di wall istri saya, istri saya sudah menggunakan blackberry untuk online di FB. darimana blackberry tersebut istri saya dapatkan? pastilah dari lelaki lain, karena saya tahu kondisi keuangan istri saya. kami bukanlah rumah tangga yang mampu beli hp blackberry buat online, adanya warnet di rumah sudah lebih dari cukup di gunakan untuk online, tidak perlu harus beli blackberry, uangnya masih bisa di gunakan untuk keperluan yang lain.
    Saat ini saya sudah kehabisan sabar dan walaupun sayang itu masih ada tetapi perlahan mulai terkikis. saya mendekatkan diri ke Allah SWT, karena hanya kepadaNYA tempat buat aku untuk mengeluh dan meminta ampun karena tidak bisa menjaga rumah tangga saya. istri saya, saya ikhlaskan di tangan Allah SWT. kalau mau di tanya apakah saya ridho dengan perginya istri saya, turun dari rumah tanpa ijin dan tidak berada di rumah orang tua, saya jawab SAYA TIDAK RIDHO DAN SAYA TIDAK IKHLAS. Sekarang saya wajib menjaga ketiga anak perempuan saya. saya tidak ingin mereka kelak menjadi seperti ibu mereka. saya ingin melihat mereka berhasil di sekolah, mendapat suami yang baik dan soleha serta kelak menjadi istri yang soleha pula, amin.

  125. 147

    Hamba allah said,

    Assalamu’alaikum wr. wb
    Abi saya mau tanya apakah kalimat “kamu sudah tidak punya kewajiban apapun lagi terhadapku” dan “aku lebih suka kamu tinggal dengan orang tuamu sedang aku disini(dg orang tuaku)”,dari suami kepada istrinya itu termasuk talak?

  126. 148

    Hasyim Ulle said,

    Subhanalloh……

  127. 149

    dewi said,

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ. Akhi mohon kasih tw alamat email nya agar saya bisa curhat, slnya saya liat percakapan nya sudah setahun yg lalu?

  128. 150

    IHN said,

    Asslkm Wr Wb.,

    Mohon saran pak Ustadz. Sy seorang istri, alhamdulillah sdh dikaruniai Allah dng seorang anak perempuan (3th) dan usia pernikahan 4 th Sy sdg menghadapi ujian dari suami sy yg sakit di tahun ke-2 usia pernikahan kami. Jadi sdh 2 th kondisi suami sy lumpuh, tidak bisa berkomunikasi/ berbicara dan menggerakkan seluruh anggota tubuhnya. Alhamdulillah Allah masih mberikan sy kekuatan untuk mendampingi suami sy yg sakit (dan harapan maupun doa saya kpd Allah agar dapat terus mendampingi suami dlm bbg ujian).
    Semenjak suami sakit beliau dirawat di rumah orang tuanya, sementara sy tetap tinggal di rumh orang tua sy sendiri (sblmnya kami memang msh tinggal di rmh orang tua sy). Pertimbangannya adalah:
    1. orang tua suami menginginkan suami dirawat di rumahnya.
    2. Saya tdk mungkin tinggal di rmh mertua karena di sana sdh ada kakak ipar beserta keluarganya.
    3. Sy masih tinggal di rmh ortu krn sy masih memerlukan support dr mereka dlm mghadapi ujian ini dan anak sy pun mdp limpahan kasih sayang dr kakek neneknya utk menggantikan kasih sayang yg tdk didapat dr ayahnya.
    4. Bpk mertua (ayahanda suami) baru sj meninggal, jd rmh ortu bertambah sepi, kehadiran anak2nya disamping ibunda mngkin bs menghibur ibu mertua.
    Maka hampir setiap hari sy pulang pergi menjenguk suami yang sehari-hari ditemani perawatnya. Jarak antara tmpt saya tinggal dan rmh mertua cukup jauh, kira2 1 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi, jd untuk menjenguk suami setiap hari rasanya cukup melelahkan dan tdk efisien waktu serta biaya. Anak sy pun tdk bs sering bertemu ayahnya karena jarak tempuh yg cukup jauh tsb.
    Nah, yg ingin sy tanyakan :
    1. apakah tindakan saya tidak tinggal serumah dng suami yg sdg kondisi sakit ini dengan pertimbangan di atas tsb menyalahi agama?
    2. mnrt islam, setiap tindak tanduk istri harus mdp izin suami, misalkan dlm hal sy bekerja utk mcri nafkah, bila suami tdk bs mberi respon bgm?
    2. sebagai istri rasanya sy ingin tinggal satu rumah dng suami dan merawatnya. Sy sdh mdp restu dr ortu sy utk membwa suami dan dirawat dirmh sy, tp bila sy melakukan hal itu sy takut mengecilkan hati ibu mertua sy.
    Mohon saran apa yg sebaiknya sy lakukan dlm kasus ini? Terimakasih sebelumnya, wasslm wr wb.

  129. 151

    Robby Weha said,

    Assalamualakum wr wb
    ustad,mohon pencerahannya. Saya seorang suami dgn pernikahan 3 tahun dan putri berusia 2 tahun. Masalahnya istri saya saat ini tidak mau pulang kpd saya dgn membawa putri kami,alasanya sudah tidak tahan atas prlakuan saya,padahal saya sudah berulangkali meminta maaf dan mengajaknya pulang. Sewaktu dia hendak pergipun pertamanya saya tidak mengizinkan tapi org tuanya memaksa saya untuk memberi izin dgn alasan melihat keluarga.Akhirnya saya memberi izin dengan istri berjanji akan pulang,tapi ternyata dia sudah tidak mau pulang. Saya sudah pula mencoba menjemputnya di rumah orang tuanya tapi tetap dia sudah tidak mau pulang,malahan belakangan meminta bercerai yang juga didukung oleh orangtuanya.Istri saya lari begini sudah yang kedua kalinya ustad,yang pertama pada waktu hamil hingga dia melahirkan di kampung orangtuanya,tapi waktu itu saya menjemputnya dan dia masih mau pulang. Saya masih mau bertahan demi putri kami yang baru berusia 2 tahun ustad. Apakah ada cara ataupun doa khusus agar keluarga saya ini bisa rukun kembali ustad? terimakasih sebelumnya ustad.
    Wassalamualaikum wr.wb

  130. 152

    allah maha melihat dan mendengar apa yang kau perbuat.

  131. 153

    assalam’mualaikum wr. wb.
    pak ustad sy mau tanya klo istri yg meningglkan rumah tanpa izin dari suami terus dia disuruh pulang sama suaminya tapi si istri menolaknya…setelah itu di bujuk sama anaknya tetap saja dia gk mau pulang juga….!!!!
    sampai sekarang si istri itu gk tau ada di mana..?
    ini cerita sy trmaksh sebelumnya…

  132. 154

    santoso said,

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Kasus meninggalkan suami juga anak terjadi pada saya, mungkin ini adalah awal dari kesalahan saya yang memperbolehkan istri kerja di kafe, namun Demi Allah awalnya saya menentang keras keinginan istri, namun dikarenakan istri marah-marah dan bersihkeras untuk meninggalkan keluarga akhirnya saya menyetujui dengan beberapa persyaratan tentunya yaitu tidak berzinah, minum minuman keras, dan bermain hati. Namun sebenarnya saya sadar lambat laun hati istri akan terkikis oleh lingkungan kafe, namun saya hanya pasrah dan berdoa. Selama setahun sudah istri kerja dikafe, dengan banyak pertengkaran selama setahun itu, yang memicu tidak lain adalah masalah laki2. Bila istri ketahuan ada sms aatau telpon yang mengarah keperselingkuhan istri mesti minta cerai, namun sya mempertahankan. Puncaknya sebelum lebaran haji 2011, istri saya meninggalkan saya dan anaknya, selama 2 bulan saya mencari ditempat kerjannya namun nihil info yang saya dapatkan. Akhirnya suatu malam tanpa sengaja saya memergoki dia berduaan naik motor jam 2 pagi. Saya tarik istri saya dan langsung saya pulangkan ke orang tuannya. Disitulah saya menjatuhkan talak. tanggal 15 januari 2012 kami resmi cerai. Anak bersama saya. Menurut saya dari pada perkawinan kita dipermainkan oleh seorang wanita meskipun kita mencintai lebih baik kita tidak usah melanjutkan. Sakit sekarang lebih baik dari pada kita mempertahankan namaun bathin sakit berlarut-larut…maaf saya menulis perjalanan kehidupan perkawinan saya, karena diblog ini saya merasa jadi kuat dengan melihat kasus yang hampir sama terhadap saya. Terima kasih

  133. 155

    aimeeimeei said,

    bagaimana hukum untuk suami yang meninggalkan rumah selama 4 bulan tanpa memberikan nafkah lahir dan bathin?
    pantaskah saya mengguggat cerai suami karena ingin kejelasan status?

  134. 156

    Jrunk Why said,

    semoga Allah mengampuniNya

  135. 157

    cinta1804 said,

    Bagaimana jika keadaannya sang istri sudah sangat patuh selama bertahun2 meski dicemooh, diselingkuhi, disakiti secara fisik dan mental, dinafkahi kadang-kadang saja namun tetap bersabar. Suatu hari sang istri mengemukakan isi hatinya yang ia pendam selama bertahun-tahun.Namun reaksi dari suami sangat kejam dan bahkan mengancam akan selingkuh lagi. Sang istri begitu sedih dan merasa bisa gila jika ia terus dimarahi, lalu pergi untuk menenangkan pikiran diam-diam. Karena jika sang istri bilang pada suami tidak akan diijinkan. Sang istri begitu setia kepada suami. Komen di atas ada yang bilang bahwa terjadinya perselingkuhan karena salah istri kurang mengawasi. bagaimana keadaannya jika seperti sang istri ini, ketika mengajak agar melewatkan waktu lebih banyak bersama namun malah dibentak. Menurut saya komen-komen di atas kurang bisa empati kepada istri. Menurut saya Allah SWT peduli akan perasaan setiap umatNya, baik lelaki maupun perempuan. Jadi jika istri sudah pada tahap akan kehilangan akal sehatnya karena depresi berkepanjangan lalu melarikan diri untuk berdoa sendiri dan menenangkan jiwanya, menurut saya tidak ada salahnya.

  136. 158

    mother said,

    Saya seorang istri , sudah menikah 5 tahun mempunyai 1 anak laki2 dan kondisi saya sedang mengandung 4 bulan.
    Saya pergi meninggalkan rumah dengan alasan biar persaan saya tenang mengingat kondisi saya hamil agak janin saya sehat.krn kalau dirumah akan cek cok terus . Terakhir cekcok dan KDRT . Selama ini keluarga saya tidak harmonis krn suami saya sibuk dengan dirinya sendiri, dan pecandu fornografi itu sangant saya benci, dan suami saya tidak pernah sholat tp selalu menuntut saya menjadi istri soleha …
    Sekarang saya ngontrak rumah bersama anak saya , dan memutus semua akses komunikasi dengannya …. Saya merasa lebih tenang dibanding dirumah saya merasa ketakutan.
    Apakah saya termasuk istri durhaka? Krn Mengingatkan suami tindakan tidak baik? Dan saya tidak mau di nafkahi … Kaalau saya pergi 1 tahun tanpa nafkah lahir batin apakah sudah termasuk “cerai otomatis” dalam islam? Mohon pencerahan saya kurang paham agama …tx

  137. 159

    Dina said,

    Dosa kah bagi istri yang meninggalkan suami yang sering memudharatkan istri??

  138. 160

    hamba Alloh said,

    Sy sbenernya istri yang sangat taat pd suami(niat saya) sampai2 sy ikhlas ikut mencari nafkah utk kbutuhan kluarga.trus terang sj,sy memang tdk pernah d beri uang utk kperluan rmh tangga,semua sy yang tanggung,mulai dari makan,uang skolah,listrik,,pokoknya smua,terkadang uang bensin aja sy yang hrs kluar,berobatpun sy sdiri,sy hanya ingin,suami sy memahami sy,saling tolong menolong pekerjaan rmh,maslh nya begini,,,utk saat ini,sy berniat utk tdk plg k rmh,,,karena,setiap kali sy menegur kesalahan suami sy,ujung2nya sy malah yang salah,kalo sy jawab omongan beliau,sy malah dipukul,,,itu sdh berulang kali terjadi,,,sampai2 anak2 sy melihat sy d pukul suami,kadang sy jadi diam saja,takut menegur suami sy bila ada yang salah,tapi apakah sy hrs selalu nerima dan diam saja setiap ada kesalahan d suami sy,,,,dan stelah suami sy memukuli sy,dia jg tdk berniat minta maaf,,,harus bagaimana saya skarang ini,,,trimakasih,,,

  139. 161

    hamba Alloh said,

    AssAlamualaikum wr wb,,,,,setelah tadi malam sy bertengkar,dan d pukul sm suami sy,,,,sy berteriak”sy tdk akan pulang k rmh lagi”,,suami sy menjawab”terserah”,,,,paginya sy d antar k tempat kerja sy dan tidak d jemput kembali plgnya,,,,padahal setiap harinya sy d jemput,,,,sy ♏ªǚ tanya,,,,apakah sy termasuk istri Ɣªήğ meninggalkan rumah tanpa izin suami?,,,,karena tiba2 suami sy share artikel blog ini d FBnya,,,,bagaimana sy menyelesaikan masalah sy ini?trimakasih Wassalamualaikum wr wb

  140. 162

    bee said,

    suami saya meninggalkan saya 3 hari setelah saya melahirkan,belum selesai sakit setelah operasi dia bilang dia memutuskan komunikasinya dengan saya setelah keluarga saya memergokinya berbohong…….bagaimana pandangan islam menurut hal ini?,apa salah saya membenci suami yang tidak bertanggung jawab?…..
    sekarang usia anak saya 1 bulan,dia tak pernah sekalipun datang ke rumah dan minta maaf telah meninggalkan kami….

  141. 163

    fad said,

    bagaimana istri yg minta cerai dgan cara kabur karena ia menikah di jodohkan sedangkan ia tidak mau ????

  142. 164

    dinar said,

    mas makasih tulisannya.. bermanfaat bgt buat saya yg memegang jabatan “wanita masa kini” nyontek quote nya dikit yaaah.. tq

  143. 165

    Hamba allah said,

    Subhanallah.. mengapa semua yg tertulis diatas persis seperti yg sy alami saat ini…. Jujur sy tidak rela jikalau istri sy harus dpt hukuman seberat itu, memang perlakuan dia setelah sy tidak lg bekerja berubah 190 o . Tp sy tetap msh bisa memberikan nafkah walaupun tak seperti dulu. Sampai dia tega memarahi sy di tempat keramaian, memukul ,bahkan melempar sy dengan barang yg ada didekat dia, sampai saya jatuh sakitpun dia bilang sy nyusahin. tak terhitung air mata sy yg menetes karena perlakuan dia terhadap sy. Sy hanya bisa diam dan sabar dengan kelakuan istriku dan hanya berdoa dan pasrah kepada allah semoga istriku ini dpt berubah . Tp sy benar2 tdk tega jikalau itu terjadi pd istriku.. Pertanyaan sy apa salah jika saya terus menerus mengalah sampai dia perlakukan sy seperti hewan, tidak seperti manusia yg punya perasaan? Tolong bantu sy supaya sy dpt menjalani sisa hidup hambamu ya allah .. Karena semua akan kembali kepadamu.. Trimakasih :)

  144. 168

    adi said,

    semoga istri2 kita termasuk istri yang taat dan patuh pada suami.

  145. 170

    Nov Ryan said,

    /////??????????????????

  146. 171

    agung said,

    assalammualakum WrWb ,
    ustad, dulu saya hindu,istri islam , lalu nikah istri mau masuk hindu karena ikut saya, setelah saya punya anak 2 saya masuk islam karena saya berpikir bahwa islam agama yang benar dan agama yg menuntun saya ke jalan yg lurus dan jalan yg diridhoi Allah. masalahnya begini istri saya bukannya senang malah stress melihat saya masuk islam. itu di luar dugaan saya , saya kira seneng liat saya muslim dan menuntun saya ,ini saya lihat malah sentimen , sampai saya nasehati ayo ma kita bareng bareng muslim dan menjadikan rumah tangga kita rumah tangga yg di ridhoi Allah.kalau saya bicara Agama pasti dia menghindar terus………., sudah berkali kali saya nasehati ngak ngerti juga. pertanyaan saya :
    1.dulu saya hindu , sekarang saya muslim apakah saya sah jika mengaulinya?
    2. kenapa sudah saya doakan saya rayu masih juga bebel ngak mau ikut saya?????
    3. Saya ingin cerai tapi saya takut dengan masa depan anak saya, takut broken home anak saya. terus apa yang harus saya lakukan?
    4. Saya sudah buatkan surat kesepakatan bercerai dan dia mau tanda tangan surat tersebut ( ini untuk menekan dia agar dia mau ikut saya) tapi kok masih juga keras kepala.
    saya sudah memberikan kesempatan -+ 5 tahun.
    wassalammualakum WrWb.

  147. 172

    terima kasih mudah mudahan istriku bisa mengerti akan perbuatannya
    aku seorang pemuda 19 tahun yg sudah menikah tetapi istri saya belum mengerti akan hak dan kewajibannya sebagai seorang istri

    semoga dengan ini dia bisa mengerti dan bukan menjadi seorang penghuni neraka…

    amien…!!!!!

  148. 173

    Subhanallah.. mengapa semua yg tertulis diatas persis seperti yg sy alami saat ini…. Jujur sy tidak rela jikalau istri sy harus dpt hukuman seberat itu, memang dia pendapatan kerja saya gk seperti dulu. Tp sy tetap msh bisa memberikan nafkah walaupun tak seperti dulu. Sampai dia tega memarahi sy di tempat keramaian, memukul ,bahkan melempar sy dengan barang yg ada didekat dia, sampai saya jatuh sakitpun dia bilang sy mikirin diri sendiri benciin. tak terhitung air mata sy yg menetes karena perlakuan dia terhadap sy. Sy hanya bisa diam dan sabar dengan kelakuan istriku dan hanya berdoa dan pasrah kepada allah semoga istriku ini dpt berubah . Tp sy benar2 tdk tega jikalau itu terjadi pd istriku.. Pertanyaan sy apa salah jika saya terus menerus mengalah sampai dia perlakukan sy seperti hewan, tidak seperti manusia yg punya perasaan? Tolong bantu sy supaya sy dpt menjalani sisa hidup hambamu ya allah .. Karena semua akan kembali kepadamu.. Trimakasih

  149. 174

    ashar said,

    assalamualiakum,
    saya ashar sudah hampir 8 bulan ini di tinggal istri,dia sudah mempunyai pria lain.terakhir berkomunikasi katanya dia sudah pernah tidur sama pria lain oleh sebab itu saya tidak mau berpikir untuk rujuk bersamanya,apakah yang harus saya perbuat,saya bingung karna saya mempunyai 1 anak yang ikut saya,saya mohon pencerahannya.trims

  150. 175

    hanny said,

    sy sbgai istri memang brdosa mninggalkn suami tp utk kembalipun rasany berat krn sy tdk yakin akan perubahany.

  151. 176

    harfidiansyah said,

    saya sudah berumah tangga selama 10 tahun mempunyai 2 orang anak sekarang rumah tannga saya sedang di uji istri saya pergi ke rumah orang tuanya menbawa anak saya.dan sewaktu saya pergi tampa sepengetahuan saya memang sering terjadi pertengkaran di antara kami dan pasti akan berhenti dengan sedirinyankarena saya selalu mengalah.dah setelah istri saya pergi saya banyak mendengar kalau istri saya menpunyai PIL tapi itu hanya sebatas perkataan orang sementara saya tidak pernah melihat dengan mata kepala sendiri dan takut semua itu menjadi fitnah di antara kami,terus terang saya sangat mencintai istri saya jadi saya mohon pencerahannya pak ustadz.

  152. 177

    wantoe said,

    assalammu ‘alikum
    salam kenal dari saya sahabat muslim, terusterang sangat sakit rasanya ditinngalkan seorang istri apabila kita seorang suami yang mendambakan kelurga sakinah mawadah dan warohmah, kita niaatberjalan lurus tapi malah sang istri berbelok jalan karna tidak menirima kekurangan suaminya.
    tapi allah maha adil dan maha besar,makaberbahagialah kamu bagi orang yang beriman kepadanya, bukan kepada dukun atau minuman…

  153. 178

    Muslim said,

    assalammu ‘alikum
    salam kenal dari saya sahabat muslim, terusterang saya sdh berumah tangga 3 Tahun dan belum dikarunai anak, Istri saya tdk berubah sikap dan tingkahnya kekanak-kanakan, klw di nasehati masuk telinga kanan keluar telinga kiri, pernah juga ia meninggalkan saya ketika saya sdng sakit,.. alasanya pekerjaan yg blum diselesaikan.. karena biasa saya antar.. dgn kendaraan.. bagaimana sikap yg terbaik untuk saya, apakah menceraikannya atau memperingati lg tp tetap tdk ada perubahan.. Terima kasih..

  154. 179

    Anjani said,

    Assalamualaikum w.wb mf saya mau tanya mengapa yg d bahas sll hukum seorang istri n apakah suami itu g ada hukumnya sedang suami banyak skli yg semena2 tak memberi nafkah dan bila berkerja hanya untuk diri sendiri sedang istri berkerja untuk rumah tangga adilkah itu ????

  155. 180

    Iksan said,

    Ass
    nama saya iksan,usia perkawinan saya sdh 1 tahun setengah, saya mempunyai masalah rmh tangga,gmna ya kalo istri bila d bimbing menuju kearah yang benar sangat susah pdhal sering saya ajak ngobrol dari hati ke hati tp tetep gag bsa masuk juga,malah tanggapan istri gag enak
    gmna ya pak apakah saya salah bila saya menceraikanya

  156. 181

    Deni Lesmana said,

    Istri dan anak saya yang masih kecil sudah 2 bulan ini meninggalkan saya, memang pada awalnya istri saya minta ijin untuk menetap dirumah nenek nya dibandung selama 2 minggu dengan alasan mau menyusun skripsi untuk meneruskan kuliahnya yang sudah lama tertinggal. tanpa ada ke kwatiran saya pun mengijinkannya, tapi hanya 2 minggu saja,sampai skripsinya itu beres. tapi belakangan setelah 2 minggu aku coba jemput dan coba aku ajak pulang istriku tidak mau pulang dan banyak sekali alasan-alasannya yang ia lontarkan. akhirnya saya pulang lagi dengan rasa kesal dan kecewa. namun demikian saya masih tetap bersabar seminggu kemudian saya coba ajak pulang lagi, hasilnya hanya pertengkaran lewat hp yang terjadi, istri saya sangat keras kepala dan cenderung lebih mementingkan kepentingannya sendiri. saya sudah berusaha sampai pada akhirnya saya sakit dan berjuang sendirian dirumah tanpa seorang pun yang membantu, saya coba kasih kabar istri karena saya juga masih berharap ada sebagian kecil kebaikan yang tertanam didalam hatinya, tapi ternyata saya salah sedikitpun istri saya tak bergeming mengetahui kalau saya sakit dan sempat di rawat di Rumah sakit. sampai sekarang istriku tak pernah memberikan kabar begitupun dengan keluarganya di bandung mereka juga tak pernah memberi kabar. Saya bingung kesalahan apa yang sudah saya perbuat padanya,hingga ia tega meninggalkan saya, Satu yang sangat saya sesalkan dia tega memisahkan anak dengan bapaknya, setiap malam saya merindukan anak saya yang masih berumur 2 tahun kurang.saya sangat menyayanginya. tidak cuma itu istriku juga memusuhi kedua orang tuaku tanpa alasan yang jelas, juga semua keluarga ia musuhi. setiap aku bertandang kerumah orang tuaku atau saudaraku, pastilah diawali dan diakhiri dengan pertengkaran yang ga jelas. lain hal kalau kita pergi kerumah saudaranya dia terlihat gembira dan terkesan acuh kepada saya. teman-temanku yang seiman mohon pencerahannya,dan do’anya. Terima Kasih.

    • 182

      dudi said,

      melihat uraian anda yang cukup panjang lebar ini saya bisa memahami apa yg terjadi dengan rumah tangga anda, dan saya sangat mengharap apa yang anda tulis ini adalah kenyataan yang apa adanya tanpa niat menutupi kesalahan anda dan tentunya anda telah melakukan intropeksi yang dalam terhadap diri anda sendiri.
      saran saya sebagai orang yang pernah mengalami hal seperti ini adalah; untuk apa anda mempertahankan perkawinan dengan seorang perempuan yang ternyata sudah tidak menghormati anda sebagai seorang suami dan seorang ayah bagi anaknya? tunjukkanlah bahwa anda adalah seorang lelaki yang punya harga diri punya masa depan dan wibawa. tunjukkan bahwa anda sedih dengan kepergiannya tapi tidak menghancurkan hidup anda sendiri, justru sebaliknya bisa lebih maju dan bahagia dalam menikmati hidup tanpa kehadirannya. sesuai dengan pengalaman pribadi saya justru ketegaran kita dalam menjaalani hidup tanpanya akan menjadi suatu rasa sakit yang justru berbalik menyerang istri anda, karna tujuan dia meninggalkan anda adalah untuk membuat anda sakit baik dari segi fisik maupun jiwa.
      mengenai anak anda, jika anda istiqomah dalam memohon kepada ALLAH anda akan diberi jalan olehNYA dengan cara yang tidak pernah anda duga.

  157. 183

    tya said,

    dasa tidak kita marah2 sama suami karena mertua? terus kita mesti gimana? semua sudah dilakukan ap yang tidak boleh sudah diturutin nmasih saja salah. jadinya malah marah2 sama suami, karena dia belum bisa mandiri masih selalu orang tuanya yang mengatur seakan2anaknya takut dibawa sengsara sama istri

  158. 184

    yuli said,

    ass…jika istri yang d usir suami karna fitnah dari adik ipar gmn???entah apa pelaporan adik ipar yang numpang di rumah kami…sampai d rumah sehabis plg bekerja…suami marah besar dan mengusir saya dari rumah

  159. 185

    Elsa Dian Rosalia said,

    Ustadz yang budiman,

    Assalamu’alaikum

    Mungkin pertanyaan ini sudah basi, tp mohon sy dapatkan jawaban pasti.
    1. Bgmn perlakuan yg hrs diberikan kpd wanita (yg terikat perkawinan) yg terlanjur berzinah ? Sedangkan di Indonesia tdk memberlakukan Hukum Islam, termasuk juga tidak dapat dijalankannya aturan yang berlaku dalam Surah An-Nur ayat 2, yaitu hukum rajam sampai mati.Sedangkan saya sungguh-sungguh ingin menebus dosa yang telah saya perbuat.
    2. Bagaimana saya harus memperlakukan suami yg tdk menceraikan saya, sungguhpun beliau tahu apa yang sudah saya lakukan. Namun, tampaknya suami jg maih memendam rasa perih di hatinya ?
    3. Bgmn caranya melaksanakan TAUBATAN NASUHA dg sbenar-benarnya TAUBAT dan menebus dosa besar saya kpd Allah & suami ?

    Atas dasar takut hanya kpd Allah dan kecintaan saya kepada suami, saya bersedia melakukan apapun hukuman dunia atau amalan apapun sebagai pengganti hukum rajam tersebut.

    Saya memohon dg teramat sangat untuk mendapatkan pencerahan….

    Jazakumullah Khoiron Katsir..
    Syukron…

    • 186

      dudi said,

      satu-satunya cara untuk mencapai taubatan nasuha bagi anda adalah dengan hukum rajam sampai mati untuk pezinah seperti anda. anda tidak dapat merubah-rubah hukum ALLAH dengan alasan cinta dan sebagainya, karena semua sudah jelas di dalam AL-QUR’AN dan hadist. kecuali anda pindah agama mungkin anda bisa mendapatkan hukuman yang laen.
      wallahu wa lam bissawabe…

  160. 188

    Zahra said,

    Pak ustd sy sdh menikah 7 thn dan sudah punya anak 2…..
    Suami sy mapan dan punya jabatan di kantornya dg gaji yg lumayan…tp dia tdk pernah memberi gajinya kepada sy…
    Sy gak pernah mempersoalkan….dia hanya memberi secukupnya untuk keperluan rumah dan makan…
    Tp selalu saja dia mengungkit uang belanja yg dia ksh ke sy…
    Dan satu lg dia selalu tdk suka klo ada keluarga sy yg datang atw menginap di rumah kami…
    apa yg di lakukan kel sy selalu salah di mata dia…
    Sy berencana kepengen plg ke rumah orangtua karna sy sdh gak tahan,,,

  161. 189

    Hamba Allah said,

    Aslm pak ustad,salam kenal saya mau tau dong jawaban dari pertanyaan zahra no 176, sebagian permasalahan hampir sama, tolong reply ke email aja. Terima kasih sebelumnya. Wslm

    Zahra said,
    June 12, 2012 @ 8:57 am

    Pak ustd sy sdh menikah 7 thn dan sudah punya anak 2…..
    Suami sy mapan dan punya jabatan di kantornya dg gaji yg lumayan…tp dia tdk pernah memberi gajinya kepada sy…
    Sy gak pernah mempersoalkan….dia hanya memberi secukupnya untuk keperluan rumah dan makan…
    Tp selalu saja dia mengungkit uang belanja yg dia ksh ke sy…
    Dan satu lg dia selalu tdk suka klo ada keluarga sy yg datang atw menginap di rumah kami…
    apa yg di lakukan kel sy selalu salah di mata dia…
    Sy berencana kepengen plg ke rumah orangtua karna sy sdh gak tahan,,,

    Reply

  162. 190

    rosyd said,

    alaikum….pak ustadz istri sya mninggalkan saya sdah 2 tahun tanpa ijin saya,di sebabkan ekonomi sulit.kami punya anak 1 laki-laki usia 3 tahun.kadang kami komunikasi lewat tlp saya slalu di sakiti dengan kata2 yg sangat menyinggung klga saya.kami ingin cerai,tapi msih ada sisa hutang dan istri saya memaksa untuk segera di lunasi&urus perceraian.smntara saya hanya sanggup bayar cicilan tiap bulanya.apakah saya bisa urus perceraian dengan jarak jauh?krna kami sekarang jaraknya jauh.saya merantau di jakarta&skrang di mutasi di palembang dan istri tinggal di jawatengah.

  163. 191

    Abdillah said,

    Assalamualaikum.

    Pak ustd, saya skrg sdh 7bln menikah n istri 10thn lbh muda dr saya. Sya memahami akan mudanya istri sya n tetap brsaha menghargai dia sbg istri. Sya berlindung kpd Allah akan kelemahan n kekurangsabaran saya dlm membimbing istri yg msh sngat muda (skrg dia 20th n saya 30thn)..

    Begini pak, dlu ktika sblm menikah sya n keluarga terutama ortu brharap sya bs menikah dg wanita yg sdh sarjana (bkn krn sya jg sarjana) dan mngerti agama n syariat spt yg didambakan oleh kbnykan laki2, krn saat itu sya bygkn plg tdk dia sdh mngetahui perihal rmh tngga n tnggungjwb sbg istri mnurut islam. Seiring wktu berjalan sya mngenal seorang gadis, brjilbab n byk sedikit tahu agama. Kakak sya lbh dlu mngenal dia krn dia mhasiswa kakak sya, kmudian kami brkenalan di rmh kakak sya wktu itu (th 2008). Sya jatuh hati wktu itu. Kmudian ibu sya kenal dia. Entah knp akak n ibu wktu itu senang sama dia,krn katanya ramah n mghargai orng lain.. Smpat jg ortu n kakak pgn mjodohkn sya krn mnurut kelrga wktu itu sya sdh msuk umur utk menikah (27thn).
    Smpai suatu wktu sya pndah ke luar kota, dan otomatis sya jauh dr dia. Awalnya, di thn2 prtama sya jauh dr dia, sya msh menjaga komunikasi dg dia bgtupun saran ibu n kakak sya. Smpai disini sya coba mengutarakan rasa suka sya n brhrp dia mau jd istri sya kelak. Nmun dia slalu brusaha mngelak dg alasan2 yg baik. Sya jg trus brusaha namun sama,dia tdk mnunjukkan rasa yg sama dg sya kcuali dlm hbungn yg baik. Smpai akhrnya sya merasa gk ada harapn lg. Hngga sya dsibukkn dg kuliah pascasarjana n otomatis jg sya jd jarang komunikasi hngga khlngan kontak krn dia mngganti no hp nya. Dlm begini saya akhrnya dekat dg seseorg namun putus krn beda prinsip n tdk cocok.
    Kemudian pd akhrnya saya brtemu dg istri sya skrg. Kami brkenalan lwt pamannya istri sya yg memang sya brhubungan dekat sbg teman usaha.

    Krn sya punya pngalaman tdk baik dg prempuan sblmnya maka stlh sya fkrkn, sya mcoba mngenal istri sya ini (dulu calon istri) dan klrganya. Kbtulan kami satu kmpung, maka baik sya, klrga dan trutama ayah sya,jg sdh sangat mngenal klrganya. Namun dia (istri sya), blm dkenal klrga saya krn lahir n besar di daerah lain. Seiring wktu sya akhrnya menikah dg dia. Yg mjd kputusan saya wktu itu ktika memilih dia adalah:
    1. Dia blm pernah pacaran
    2. Dekat sama mamanya (mertua saya)
    3. Anak yatim dtnggal papanya.
    4. Dan scra fisik sya jg senang.

    Bbrp alasan di atas jd prtimbangan sya..

    Lalu kmbali pd uraian sya di awal, dimana melihat usianya yg msh sngat muda (lulus SMA ketika menikah dg saya), yg saya lht hngga skrg, dia tentu blm byk mendalami agama. Tp sya brusaha utk memahami itu..

    Skrg ini, dg berbekal sdkit pngetahuan agama yg cb sya amalkn dlm rmh tngga, trkdang dlm membimbing istri, dia msh blm memahami tnggung jwb sbg istri n kdg lbh menuntut hak. Mgkn sya memang blm bs mjd suami yg baik pak ustd, namun dlm menasehati kesalahan dia yg sama seringkali terulang.

    Kdg di lain wktu sya dibawa ingat2 masalalu, seadainya saja sya menikah dg prempuan yg prtama dimana komunikasi kami trputus, mgkn akan lbh mudah membimbing. Sempat suatu hr saya merenung, dan trkadang mnyesali pilihan saya.. Critanya bgini.. Wktu sya memutuskn menikah dg istri sya, knpa ya kok tdk ada isyarat bhwa dia yg bakal jd istri sya?entah itu lwt mimpi ataupun getaran hati? Atau apakah krn sya memutuskn menikah krn dia msh muda n cantik? Trkadang saya menyalahkn diri sya sendiri.. Smentara dg gadis yg prtama dulu, malah saya smpat bermimpi dg dia dlm keadaan yg baik n menyenangkan..Itu jg dlu sblm sya menikah. Tp knpa dg istri saya malah sya dg cepat memutuskan menikah walaupun tdk ada isyarat?

    Ustd, bkn saya tdk menyayangi istri sya,krn walaupun jg, kami menikah n ktemu baik2. Klrga merestui smua krn apa yg mjd kputusan saya mreka serahkan pd sya wlaupun ada harapan lain dr mereka..

    Yang mbuat sya sedih, bukan krn saya tdk menikah dg prmpuan yg di awal tadi atau mnyesal menikah dg istri. Tp kdg sya jd membandingkn nya dg keadaan itu.. Dan lbh dr itu, istri saya blm melihatkn tanda2 dia brubah dr seorang gadis menuju seorang istri yg punya kwjbn pd suami..

    Ustd, trkadang sya sengaja menulis catatan ttg agama n bbrapa kekhilafannya lwt tulisan2 ttg hkmah n kisah2 istri2 saleha,namun sya lht dia spt msh acuh dan blm meresapi..

    Dan lagi, saya merasa dia msh blm trlalu bs patuh sbg istri thdp suami. Yg mjd ketidaksukaan sya msh jg dikrjakan. Saya mrasa dibohongi di belakang walaupun cm hal kecil. spt misalnya, Sya tdk suka dia membuka akun fesbuk krn saya dlu punya teman fesbuk yg mantan pacar saya dlu. Dia smpat mencari tahu ttg mantan pcar sya lwt fesbuk. Dan krn kuatir akan jd msalah makanya sya melarangnya punya akun fesbuk. Sya mrasa itu baik utk kami jd sya larang. Namun di blkg saya justru dia trus mncari tau sampai mnyamar untk jd teman mantan pcar sya itu dg mksud mcari2 keburukan2 sya. Sya merasa dikhianati saja ustad..

    Ustad, yg saya mau tanyakan, apakah yg hrs saya lakukan dlm kondisi spt ini n bgaimana saya sharusnya? Krn ini jugalah yg kdg mbuat sya menyesal buru2 menikah dg dia.. Sya mhon ampun kpd Allah jk cara ini scr tdk lgsg tlh mngkhianati n mbhongi istri sya? Krn sngguh, saya bnr2 brharap sya memiliki istri yg bnr2 faham akan agama n jd istri solehah..
    Mhon jawaban ustad ya?

  164. 192

    mamat said,

    cape… itu kalimat yang selalu ada di kepala saya, bagaimana menurut anda jika istri sudah dibimbing, dinasihatin, jangan pergi dari rumah, tapi tetap ga nurut???apa yang harus saya lakukan??senang suami disayang, ketika susah suami ditendang… hal ini bikin saya CAPE..

  165. 193

    Titis Kusuma said,

    assalamu’alaikum pak ustad. saya mau bertanya kepada bapak. apakah sama ataukah berbeda tidak pamit melalui sms di handphone dengan pamit langsung mencium tangan suami ? terima kasih atas jawabannya
    wassalamu’alaikum pak

  166. 194

    Ito said,

    Assalamualikum Pak Ustadz,
    Salam kenal, saya sudah menikah sekitar 2 tahunan dan Alhamdulillah sudah dikaruniai seorang puteri yang sehat dan cantik, Mohon masukan dan arahannya P.Ustadz,
    Ceritanya begini, semalam saat kami sedang berbicara mengenai teman kami yang sedang jatuh cinta pada teman wanita sekantornya, dan teman kami tersebut tidak mengungkapkannya kepada wanita itu, saat itu saya sedang makan malam, kemudian istriku menanyakan bagaimana pendapat saya, lalu saya bilang “bagaimanapun juga hubungan harus ada status dan harus dinyatakan, jangan kaya papa waktu itu (waktu kuliah dulu) ada teman wanita sudah bilang sayang, tetapi tidak dijadikan pacar,” Kemudian istri saya mulai memaki-maki saya, merendahkan saya, dan mengolok-olok saya, awalnya saya pikir bercanda makanya saya cuma diam saja, tapi sampai dengan pagi harinya dia masih mendiamkan saya, dan mengancam akan pergi dengan puteri kami, saya tidak habis fikir, sumpah demi Allah, perkataan saya itu tidak saya tujukan untuk istri saya, tetapi cuma perumpamaan untuk teman saya, dengan rendah hati saya meminta maaf pada istri saya dan memohon untuk tidak pergi dari rumah demi anak kami, tetapi dia tetap ngotot dan ingin sekali pergi, kejadian ini sudah berulang 2x, dan itu semuanya karena saya tidak sengaja mengucapakan perkataan yang melukai istri saya,
    Mohon masukannya Pak Ustadz apa yang harus saya lakukan, saya khawatir semakin lama, semakin banyak kealpaan saya yg tidak sengaja malah melukai pernikahan kami.

    terima kasih

  167. 195

    Hamba Allah said,

    Assalamualikum Pak Ustadz,
    saya sdh menikah 15 thn memiliki 2 anak, sekarang istri saya sdh tidak mau tidur seranjang dng saya sudah 8 bln, beliau marah terhadap hal yg sepele dan tdk prinsip .istri saya sudah tdk mau ngomong dng saya sdh 8 bln juga dan sempat saya tanyakan kpd beliau katanya mau cerai saja .sbgai info Istri saya bekerja dng penghasilan yg besar dimana dahulu saya yg membiayai sekolah istri (s2), pada saya ini saya sdh 9 bln tidak bekerja. Apa yg harus saya lakukan Pa ustad mohon pencerahannya.

  168. 197

    anwar said,

    Assalamualaikum
    Pak ustad, saya mau tanya..
    Kalau istri berkata “ya sudah kita bercerai saja, saya sudah tidak tahan kalo diginiin terus”
    Masalah yang kami hadapi itu saya marahnya dengan “diam” disaat dia membicarakan mantan pacarnya dengan orang lain melalui hp dan awalnya saya tidak tau karena sudah dihapus, tapi saya tau karena lanjutan dari obrolan itu masih berlanjut…saya marah karena dia tidak bilang kalau sedang membicarakan mantannya dengan menghapus story pembicaraan di HP…lalu saya meng iya kan kalo memang dia meminta cerai, tapi untuk saat ini kita tidak bisa bercerai karena dia sedang mengandung, saya binggung…saya minta nasihat dan apa yang harus saya lakukan kalau kondisinya sudah seperti ini?.
    Terimakasih sebelumnya…

  169. 198

    Sayaaa said,

    Scra agama ane dah cerai, krn dulu ribut(mslah pribdi). Lalu dlm mnjalani khdupan psah rnjang(wlo di islam gk ad psah rnjang)mksdnya tetep srumah tp bda tmpat.Tp stlah istri dpt krjaan dia mulai lbih brani,pnah dia emosi krn trungkit mslah tsb(dulu waktu ribut),akhirnya dia pergi nginep kantor sampe hampir 1bulan,bahkan dikantor tsb jg ada laki2nya(jd hdup srumah dgn laki2,walo dia katanya tdk mlakukan apa2 tp itu bkin skit hati jg).Akhirnya sya diemin aja, dalam hati bner2 sakitlah,rasa yg tadinya ingin ba

  170. 199

    Sayaaa said,

    _rasa tidak ingin balik tambah kalo ingat dia brkata kalo sya tdk pnah menafkahi sama skali,pdhal wkt sya krj pd krjaan yg dulu,dia sya nafkahi.(mnurut dia pa kurang).walo kata2 tu trucap saat kmi dah gak ada jalinan scara agama,tp ini juga bikin tambah tidak ingin balik lagi.Skrg suka pulang malem jg,jengjeng ma tmenya gak tau kemana tanpa pamit,tp okelah tanpa pamit krn status bkn istri lg scra agama,tp kalo ada apa2 sya yg kena,krn scra negara lum sya urus.,jg sering smsan dgn laki2 laen,tlp sembunyi2_

  171. 200

    Sayaaaa said,

    Tingkahnya smkin brani,smsan ma laki2,jg tlp,kalo tlp2nan smbunyi2 kalo ga ada saya.saya diemin juga,sya brpkir dia dah gak sah dgn sya,ya sya biarin,mau apa lagi. Mau sya urus prcraian gk ada dana.. mau balik udah gak ada rasa,krn prilaku dia tambah spt itu. Sya gak pnah sama skali berhub dgn wanita swaktu dgn dia,walo skrg dah gak resmi tetep jg saya gak brhub ma wanita laen.Tp saya skrg butuh wanita jg,tp gak dgn dia.Memang kalo dah gak ada rasa /sering ribut mau apalagi.Pisah lebih baik drpd nambah dosa

  172. 201

    anna said,

    pak ustad saya mau bertanya ..
    jika ada seorang suami isti yang sudah jatuh talaknya sang istri , namun sang istri meminta untuk melakukan hubngan badan untuk yang terakhir kalinya apakah itu boleh ?

  173. 202

    Rizwan said,

    Yang ingin saya tanyakan, bila seorang istri meminta cerai,
    (Abaikan dulu alasan minta cerainya)
    dan suami tidak setuju untuk bercerai,
    kemudian si istri meninggalkan rumah.
    Apakah akan terpenuhi status cerai,
    walau tidak pernah diucapkan kata cerai/talak oleh suami?

  174. 203

    Em said,

    Lalu bagaimana kalau suami tidak mau shalat,suka bermalas-malasan kemudian istri menasehati hal tersebut dengan lemah lembut akan tetapi suami justru marah dan berbuat seenaknya sendiri sampai menyakiti istri, apakah istri tetap harus taat?

  175. 204

    suroso said,

    ass,,p ustad istri sy meninggal kan sy krna saya usir setelah ketauan sy istri selingkuh ,,,dan istri mengaku klu istri tdk suka sm sy lagi dengan alasan gak jelas sekarang sy dan anak sy di tggal sendiri istri sm laki2 lain gmn p ustad mohon masukanya

  176. 205

    ada sebuah kasus ketika seorang istri yang kabur dari suaminya dan keluarga nya sendiri setelah dia dipaksa untuk menikahi laki-laki yang tidak diinginkannya, dan untuk mendiamkan keluarganya dia menuruti kemauan keluarga nya dengan keterpaksaan, lalu merencanakan untuk kembali cerai nantinya, dia melakukan nikah itu lalu dia kabur karena hanya dengan cara itu mungkin keluarga akan lebih mendengarkan keinginan dia, bagaimana hukum nya mohon petunjuk

  177. 206

    ummie said,

    assalamualaikum pak ustad.. saya mau shre n butuh solusi. saya punya sahabat dekat.dia menikah diusia muda. awal pernikahan mrk bahagia.sang suami bekerja.istrinya jg.si suami karakternya keras. cuek..si istri tipe yg selalu beragumentasi jika sedang berbicara.. 2 th sdh mrk mnkh.dikruniai 1 anak..kemudian slm itu.ktnya hub rmh tangga mrk g sehat.. si suami gag perhatian ke istri..bicaranya kasar.kadang memaki.. dan pernah bilang sudah ga cinta lg n lbh baik sendiri2 dulu..tp tidak ada kata perceraian.. si istri sdh berusaha intropeksi dr.bersbar mlht tingkah suami.jd ktnya.. kalo mrk drmh.itu swperti punya kehdpn masing2.si suami kdg srg melakukan onani.nonton video porno..pdhl istrinya msh bs melayaniny dg baik.. si istri bingung harus bagaimana..dy bertanya apakah bercerai adlh solusi terbaik.krn si suami sendiri jg sdh blg gag suka.ga seneng lg sm istrinua cm syg sm anaknya.tp itupun kdg dy g prnah mau maen n jagain anaknya. trs sholt pun ktnya jg jarabg b hmpr g prnah.mnrt pak ustd bgaimana yah

  178. 207

    wawan2008@yahoo.com said,

    Sungguh adil dan bijaksana,maha tinggi allah dgn sma kebenaranya…allah hu ya rob

  179. 208

    ardi said,

    selamat siang pak mau tanya mengapa istri kalau lagi marah slalu aja mau minta cerai..kalau lagi seneng bilangya sayang-sayang mohon penjekasanya trim,s

  180. 209

    joni said,

    sayang hukum islam telah banyak bertentangan dengan hukum negara. silahkan hai wanita menggunakan kebebasan atas perlindungan hukum yang lebih untuk menindas suamimu banyak itu selahnya. tapi ingat adzab mu kelak.

  181. 212

    hardi said,

    ssalam’mualaikum wr. wb.
    pak ustad sy mau tanya klo istri aku berselingkuh….sampai punya anak …sedangkan dia sudah punya anak 2 dari aku dan yg paling kecil dari laki laki lain …awalnya karena aku ijinin kerja keluar negri…masalah penghasila menurut aku cukup buat makan sehari hari..aku kerja diluar kota sedangkan dia di rumah orangtuaku…dia bisa potong rambut karena udah pernah aku kursusin salon di bandung…dan dia buka salon kecil kecilan..sama buka warung kecl kecilan pula….tapi diaselalu merasa kekurangan..ekonomi suatu saat dia minta izin untuk nyari modal biar bisa kumpul dan usaha bareng…dia pergi keluar negri ke singapore…belum ada 3 blan ternyata…aku denger dari temen dia yg di singapore…bahwa dia tidak bener…ahirnya aku marah lewat tlephone…dia ngga ngaku selang berapa bulan ahirnya dia lengkapnya 1 th dia minta pulang…alasanya dia mau pindah kerjaan ganti negara cari uang yg lebih bsar gajihnya…dia pulang sedang dia kontrak 2 th..pulanglah dia ternyata dia pulang nda langsung tmuin aku malah dia pulang meninap di kakaya..hubungan ku smakin tgang…dia pingin pergi lagi keluar negri tpi aku larang…klo tetep pergi kita cere dulu..ahirnya dia mengurungkan diri …ahirnya dia tingal bareng akulagi suatu saat dia sakit waktu itu boss saya yg nganterin kerumah sakit…dia nda papa trus dokternya berkata kepada saya …selamat yahh istrimu nda papa selamat kamu mau jadi bapa untuk anak yg di kandung istriku umurnya baru 2 minggu …sedangkan dia baru satu minggu ketemu sama aku..dngan berjalanya waktu sampai sekarang anaknya udah 3 thun jalan …akupun trima smua itu..aku syang sama anaknya…dan dipun deket sama aku…dengan seumur anaku tiga tahun jalan…istriku ketauan selingkuh dengan sekampung aku…krena setelah dia melahirkan anak yg terahir dia minta pindah di kampung aku sekalian nungguin bapaku yg udah berumur 70 th..ya aku nurut krena dia angepku akan berubah kelakuanya….yg aku merasa lebih sakit kenapa dia ulangi lagi dngan emuda satu kampung aku ….dia perkata berawal dari facebook..dia dijakarta trus ahirnya dia jatuh cinta…berlanjut telpon dan melakukan hubungan oral sex lewat tlpon…itu ketauan dari sms yg aku baca …aku marah aku banting hp nya dia sampai hancur trus aku tampar dia …dia minta maaf..dan bersumbah demi alloh dan sumpah dihadapan saya dan tanggan diatas alquran….selang berapa bulan…ternyata dia masih berlanjut fban dan tlpon sama sms an…tepatnya habis lebaran dia pulang dari jakarta terus perasaan ku nda enak ternyata dia msh ketemuan yg paling menyakitkan…lagi…jam 11 malem dia datang ke rumah dan dia cuma ciuman katanya….minta maaf lagilag dia ..dan ahirnya buat menebus smua kesalahan dia lagi dia minta izin ke luarnegri lgi ke hongkong…cari modal buat masa depan anak anak ..aku izinin lagi dia pergi karena dilubuk hati aku yg paling dalam..biar dia pergi jauh dari selingkuhan ya yg satu kampung dgan aku…dia berjanji mengahiri semua kekeliruan dia …..sekarang dia masih di penampungan di cilacap…anak aku 2 dan 1 dari laki laki lain dia tinggalkan suruh aku yg mengurus ..aku tetep kerja di bandung dan cari pengasuh buat ke 3 anak aku …yg paling besar sudak smk kelas satu yg no 2 kelas 4 sd yg terahir baru 3 thun..itulah pengalaman pahit yg aku alami…

    maksud aku tulis smua itu aku mohon dgan sngat ..apa yg harus aku lakukan kedepan…apakah aku hrus trima smua itu apa aku hrus tegas ceraikan dia…emang hti aku sudah tertutup rasanya ..karena sakit dan kecewa yg begitu besar kepada istriku..
    trima kasih atas smua tanggapan dan bantuanya
    waalaikum salam waroh matulohi wabarokatuh…

  182. 213

    Anunya SiAnu said,

    mohon share bagaimana hukum pernikahan suami istri ketika tidak bersama dlm kurun waktu yang sangat lama(istri jd TKW) sudah jatuhkah talak seorang suami terhadap istrinya…mohon sebutkan dasar hukumnya…terimakasih

  183. 214

    zoro said,

    bagaimana kalau isteri meninggalkan rumah dengan hanya meninggalkan nota

  184. 215

    surti said,

    bagaimana jika istri pergi meninggalkan suami karena di usir atau diperlakukan kasar??apakah istri harus tetap tinggal diam??

  185. 216

    Tugiri said,

    Istri ku pergi dari rumah beserta tiga anak -anak kami setelah aku marahi karena kedapatan dia sedang telepon mesra dengan laki-laki pada jam 3 dini hari, aku ajak pulang untuk berkumpul kembali malah dia minta cerai, sudah 2 bulan hingga kini aku masih berharap agar bisa berkumpul kembali.
    Bagi yang punya solusi tolong bantuannya. Tks

  186. 217

    Tugiri said,

    saya giri 32 thn dan istri elly martuty 30 thn, dan 3 anak. Sudah dua bulan ini istriku pergi dari rumah setelah aku marahi saat kedapatan sedang bertelpon ria dengan laki-laki lain jam 3 pagi. Sudah sering aku minta maaf atas sikapku itu dan mengajaknya untuk pulang kerumah kami namun jawabannya selalu minta untuk diceraikan. Dalam hatiku aku masih mengharap agar keluargaku rukun dan kumpul kembali.
    Saya mohon bantuan dan saran dari anda semua apa yang mesti saya lakukan.
    Terimakasih.

  187. 218

    Sesungguhnya, semua ini telah kuperhatikan, semua ini telah kuperiksa, yakni bahwa orang-orang yang benar dan orang-orang yang berhikmat dan perbuatan-perbuatan mereka, baik kasih maupun kebencian, ada di tangan Allah; manusia tidak mengetahui apapun yang dihadapinya.
    Segala sesuatu sama bagi sekalian; nasib orang sama: baik orang yang benar maupun orang yang fasik, orang yang baik maupun orang yang jahat, orang yang tahir maupun orang yang najis, orang yang mempersembahkan korban maupun yang tidak mempersembahkan korban. Sebagaimana orang yang baik, begitu pula orang yang berdosa; sebagaimana orang yang bersumpah, begitu pula orang yang takut untuk bersumpah.
    Inilah yang celaka dalam segala sesuatu yang terjadi di bawah matahari; nasib semua orang sama. Hati anak-anak manusiapun penuh dengan kejahatan, dan kebebalan ada dalam hati mereka seumur hidup, dan kemudian mereka menuju alam orang mati.

    Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati.
    Karena orang-orang yang hidup tahu bahwa mereka akan mati, tetapi orang yang mati tak tahu apa-apa, tak ada upah lagi bagi mereka, bahkan kenangan kepada mereka sudah lenyap.
    Baik kasih mereka, maupun kebencian dan kecemburuan mereka sudah lama hilang, dan untuk selama-lamanya tak ada lagi bahagian mereka dalam segala sesuatu yang terjadi di bawah matahari.
    Mari, makanlah rotimu dengan sukaria, dan minumlah anggurmu dengan hati yang senang, karena Allah sudah lama berkenan akan perbuatanmu.
    Biarlah selalu putih pakaianmu dan jangan tidak ada minyak di atas kepalamu.
    Nikmatilah hidup dengan isteri yang kaukasihi seumur hidupmu yang sia-sia, yang dikaruniakan TUHAN kepadamu di bawah matahari, karena itulah bahagianmu dalam hidup dan dalam usaha yang engkau lakukan dengan jerih payah di bawah matahari.
    Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga, karena tak ada pekerjaan, pertimbangan, pengetahuan dan hikmat dalam dunia orang mati, ke mana engkau akan pergi.
    Lagi aku melihat di bawah matahari bahwa kemenangan perlombaan bukan untuk yang cepat, dan keunggulan perjuangan bukan untuk yang kuat, juga roti bukan untuk yang berhikmat, kekayaan bukan untuk yang cerdas, dan karunia bukan untuk yang cerdik cendekia, karena waktu dan nasib dialami mereka semua.
    Karena manusia tidak mengetahui waktunya. Seperti ikan yang tertangkap dalam jala yang mencelakakan, dan seperti burung yang tertangkap dalam jerat, begitulah anak-anak manusia terjerat pada waktu yang malang, kalau hal itu menimpa mereka secara tiba-tiba.

  188. 219

    minto said,

    ingin sebenarnya mengutarakan hal yang serupa… tapi rasanya terlalu panjang sekali, pada intinya … dalam rumah tangga kami berawal dari nol…. dan kami sama sama mencari nafkah … dan lebih dominan saya, tapi isteri tidak menghargai hasil jerih payah saya….. perkawinan kami sudah 10 tahun, dan punya aset kurang lebih 5 milyar, berawal dari nol…. tapi isteri tidak menghargainya…dan sya di ceritakan kemana mana sebenarnya sungguh sangat terluka hati ini….. dan ingin sya tinggalkan semua iitu, tidak peduli dengan aset yang sudah kami usahakan……. lebih baik hidup sederhana dengan kedamaian di dalamnya…harta tidak menjadi jaminan….. syukurilah apa yang ada saat ini……

  189. 220

    khabibkhan said,

    ternyata begini to hukumnya

  190. 221

    Zul said,

    Istri saya punya watak yg sgt keras dan selalu jadi pertengkaran mulut kalau saya nasehatinya, kini dia sering pergi meninggalkan rumah dgn alasan mengembangkan bisnisnya padahal saya tdk mengizinkannya tp dia tdk pnh mendengar saya. Bagaimana ini pak ustaz, apa y harus saya lakukan utk buat istri saya sadar

  191. 222

    Yulia amelia said,

    Alam mualaekum wr wb.saya mau bertanya untuk mewakili beberapa orang temen saya. Bagai mana kalau seorang suami itu pecandu narkoba .sehingga kalau marah suka lepas kontrol maklaum sedang dalam pengaruh narkotik jadi ada ketakutan istri nya kalau dia tetap tinggal diam di rumah takut malah terjadi yang ga di sangka sangka seperti contoh nya pembunuhan atau penganiayaan ,si istri pergi untuk menghindari suami nya apa kah itu di benar kan?……. Tolong di jawab ya mas google

  192. 223

    marta said,

    Seorang istri salihah pasti sangat tahu hukum meninggalkan suaminya. Tp andai keadaan yg ia alami tidak semanis rumah tangga yg diharapkan dalam Islam, yaitu suami yg kasar, suka merendahkan, otoriter, suka memaksakan kehendak, dan sering memukul (bahkan mengarah ke menghajar…)… Apakah salah jika istri pergi dari rumah? Walo suami sdh memberi nafkah lahir batin lebih dari cukup, dan istri sdh brusaha taat dan patuh, keadaan itu tidak boleh? Ada saat2 istri mrs jiwanya trancam krn KDRT yg dilakukan suaminya

  193. 224

    palma sari said,

    z jg s’org istri yg kbur dri rmh n mninggalkan suami,, tpi z pux alasan kuat b’prilaku sprti i2 krna suami z lbih mmentingkan tmn2x dri pda kmi kluargax,, tiap mlm sllu kluar kmpul b’sma tmn2x n plg smpai lrut mlam, pdhal kmi pux bayi yg hrus djaga,, tempramental n ringan tangan trhadap istri,, sllu mw cari knlan wanita pdhal dia sdah beristri…. z sdah brusha mnjadi istri yg smpurna,, hbat ddpur maupun dksur tpi knpa sllu dprlkukan sprti i2…. apa z slah jka prgi dri rmh n mninggalkanx????

  194. 225

    germanto said,

    Assalamualaikum wrb saya germanto asal makassar saya ingin bertanya baru2 ini aku pisah dengan istriku karena aku pulang kerja istriku tidak dirumah terus aku tlp katax kerumah temanx, pas dia pulang aku ngomel memarahix karena emosi tdk izin sm aku walaupu ncuma sms aku, trus keesokan harix pergi kerumah ortux, karena marah aku mengomelix semalam pas aku tunggu sampai 2 hari nggk balik2 jadi aku susul kerumah ortux tp nggk ada aku, tlp tdk diangkat aku cari kesemua rumah temanx namun nihil keesokan harix dia pulang tapi bersama keluargax dan berniat mengambil barangx alasanx karena sudah nggk tahan sama aku dan bilang aku sudah tidak mau dilarang2 lagi, aku trus membujukx agar jangan sampai kau berfikiran bodoh tapi dia malah mengomeliku sambil menunjuk2 mukaku katax dia tidak ingin bersamaku lagi, terus aku sayang banget istriku sampai aku membujukx selama beberapa hari tp dia tetap tdk mau urungkan niatx untuk berpisah denganku sampai skrg aku terus berdoa agar istriku pulang kerumah sudah seminggu berlalu sampai2 semua terasa nggk enak tidur nggk bisa,nabsu makan nggk ada sampai badanku mulai kurus karena memikirkan sikap istriku tapi aku tetap menunggux sampai detik ini karena betul2 mencintaix, aku menyesal mengomelix itu malam ingin rasax membalikkan waktu agar kejadian malam itu aku pendam saja walaupun dia bersalah, tolong apa ada cara agar istriku kembali menyangi aku dan patuh padaku

    terima kasih

  195. 226

    Hendry (Ndry) said,

    begitu banyak persoalan rumah tangga, Ya Allah… Engkau lah Maha berkehendak, Engkau Maha Melihat, Mendengar lagi Maha Mengetahui… berikan petunjukMu, HidayahMu, lapangkan urusan kami, mudahkan usaha kami, sesungguhnya Engkaulah Maha Benar atas segala perbuatan kami yang kami tidak ketahui… Ya Allah Ya Rabb… Ampunilah kami, yang berselimutkan dosa… Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang
    Amin….

  196. 227

    eninu said,

    Subhanallah.. Berat jd istri d jaman sekarang,tp klo suami yg sering nyuruh istri pergi dr rmh ketika marah gmn hukumnya?apa sudah talak 1?

  197. 228

    Rhomy suryadi said,

    beratkah dosa sang istri meninggalkan swami?

  198. 229

    zay said,

    kalo wanitanya dinasehati.
    tpi masih dipendapatnya
    baiknya digimanain..

  199. 230

    Prence Rose said,

    ikut suna wahai saudara dn saudari islam inshaallah aman

  200. 231

    surya kencana said,

    luar biasa.. bikin tambah pengetahuan, lanjutkan..

  201. 232

    faiz wilyam said,

    pak ustad,saya seaorang istri yang pergi dari rumah ,alasan saya karna saya selalu diperlakukan mertua saya kayak binatang,selama 2 tahun saya ikut suami di rumah ortunya tapi saya sabar apapun yg diperlakukan kesaya,suami saya lebih percaya sama keluarganya,yg saya tidak mengerti mertua saya itu hanya mau uang,uang dan uang,padahal saya dan suami saya kan hidup sederhana,makan ,biaya listrik,dan yg lain saya yg tanggung,tapi tetap mertua saya belum mersa cukup dengan apa yang saya lakukan,sampai saya minggat,tapi suami saya ngak mau pisah dari ortunya.sudah 4 bulan saya pisah ama suami,dan hukumnya apa itu,dan berdosakah saya dengan mengambil keputusan seperti itu.mohon jawabannya pak ustad?

  202. 233

    diant said,

    Tlong pm ya yg punya blog,saya ada masalah . . .tpi G̶̲̅ãK̶̲̅ bisa crita disini,
    Terima kasih

  203. 235

    deswani kasim said,

    Allhamdulillah membuka pintu hatiku yg terkunci dan penuh dg amarah pada suami

  204. 236

    deswani kasim said,

    Allhamdulillah membuka pintu hatiku yg terkunci yg penuh dg rasa kurang bersyukur

  205. 237

    wifey said,

    Intinya semua wanita muslim harus pasrah dan sabar ya biarpun si suami ternyata tidak seperti yang diharapkan, misalnya tidak solat, peminum, tukang bohong dan pemakai narkoba. Padahal untuk menikah doa-doa yang dipanjatkan untuk meyakinkan hati sudah dilakukan, tetapi ketika mendapati si suami jauh dari apa yang diharapkan, si istri tetap tidak boleh berbuat apapun selain sabar. Andaikan ada toko penjual sabar, pastillah tidak ada istri yang ingin meninggalkan suami. Karena mau bagaimanapun, istri tidak akan berbuat hal hal yang dilarang apabila si suami dapat menyayangi dan menjaga istri sesuai dengan janji di awal pernikahan.

    Saya juga istri yang apabila merasa sudah tidak tahan selalu ingin pergi dari rumah, tapi alhamdulillah saya masih menang dr godaan setan.. tapi segala macam upaya untuk merubah suami belum juga membuahkan hasil, yang terkadang saya merasa saya seperti orang gila, saya bisa tiba2 menangis ketika ingat perlakuan suami..

    Tapi apapun itu mungkin ini adalah cobaan dari allah SWT, yang apabila kita dapat melaluinya pahala yang akan kita dapatkan. Aammiinn

  206. 238

    lisa said,

    bagaimana jika seorang istri sdh meminta maaf tapi malah mengungkit2 masalah salah dan malah membuat hati yangsakit

  207. 239

    abdullah said,

    assalamualaikum pak ustadz saya mau tanya apakah semua penghasilan suami harus d atur istri?

  208. 240

    ferbach said,

    Assalammua alaikum wr.wb mohon pencerahan semoga Allah selalu melimpahkan rahmatnya Aamiin, sekarang ini istriku selalu banyak diam dan kalau pulang kermh selalu langsung ketempat tidur dan tak ada komunikasi dgn suami seperti layaknya pasutri,namun istri juga sering berpergian dengan teman teman jika dilarang dia pun tidak menghiraukan dan sesekali saya larang dia untuk pergi dengan temannya namun diapun mengatakan jika saya mau saya bisa pergi semau saya seperti teman teman saya dan suami temen saya pun tak pernah melarang istrinya pergi,dan istri saya pun mengatakan salah saya sebagai suami yang tidak memiliki uang banyak untuk membahagiakan istri,saya sebagai suami sangat sekali hati saya terpukul,memang sering sekali saya dan istri bertengkar masalah ekonomi namun hati ini sudah tak tau bagaimna.

  209. 241

    Pai Pai Eyin said,

    subhan alloh?mudah2an bukan istriku??aminnnn

  210. 242

    rinda said,

    artikel anda diatas untuk kondisi seorang suami yg taat pd allah..bgmn klo suami yg tidak taat pd allah trus terjerat narkoba. haruskah seorang istri masih menaati n bertahan dg keadaan ini? sampai kapan?

  211. 243

    Kokoh santoso said,

    Istri saya dah 2 bln lari dan sudah menikah lagi,apa yg hrs saya lakukan

  212. 244

    Ban Go said,

    : alhamdulillah, saya pernah mengalami hal yg buruk jatuh dari puncak karir menjadi puncak kere, jadi cepat memahaminya. memang benar tulisan ini, atas seizin Allah saya bisa menjelaskan case by case bila ada yang punya masalah dan ingin berkonsultasi dengan saya, baik anda sebagai suami atau istri. semoga Allah memberikan hidayah bagi orang-orang yang punya niat untuk bertobat.

  213. 245

    achmad rumdahliyanto said,

    Istri saya sdh meninggalkan rumah tanpa seijin saya sejak 4 bulan yang lalu karena merasa sakit hati dengan kelakuan saya yang telah melakukan perselingkuhan tp saya sudah minta maaf kepada istri saya ∂ɑπ keluarga besarnya ∂ɑπ perkataan saya ditambah istri saya meninggalkan rumah dengan dibantu oleh keluarganya yang sdh berkeluarga pula setiap saya berkunjung kekontrakannya sikap istri saya klo melihat saya seperti seorg musuh ∂ɑπ membuat anak saya ikut”an seperti itu walaupun kita sedang dalam proses perceraian tp istri saya terbentur oleh peraturan krn istri saya bekerja sbg PNS di RS pemerintah setiap saya nasehatin ttg hukum seorg istri meninggalkan rumah itu haram tdk pernah digubris apa yang saya harus lakukan dgn kondisi ini???? Harus kah saya menyetujui permintaan istri saya??? Tolong jwbannya ke email saya terima kasih

  214. 246

    nurul afifah said,

    apakah benar ? aku takut , maafkan aku ya allah :)

  215. 248

    jevy said,

    istri berkata bahwa tidak ada lagi rasa nyaman, gak bisa tertawa kalo suami drmh. Sampe akhirnya suami menjawab. Yaudh aku tidur diluar aja. Sejak itu suami pergi dr rumah, tetapi tetap memberikan kebutuhan belanja. Suami dinyatakan sudah pisah ranjang.
    Apakah kasus trsebut si suami bisa dikenakan pasal KDRT

  216. 249

    callmewhateverthatsnotright said,

    Oh google ternyata bisa salah juga ya

  217. 250

    callmewhateverthatsnotright said,

    Oh google bohongkah?

  218. 251

    Leea said,

    saat ini saya mau dinikahkan krn saya sdh berbadan dua , sdgkn calon saya sbnrnya menghendaki dgugurkan tp saya tdk mau , dia mau menikahi saya tp dia selalu mengacuhkn saya , bhkan saat saya sapa dia diam saja ,
    saya hanya ingin bertobat dan berbakti pada suami , sdgkan suami tdk menginginkan saya , apa yang harus saya lakukan ?

  219. 252

    asna said,

    disebutkan tadi bahwa jihadnya istri adalah yg patuh terhadap suami.
    mohon pencerahannya,saya sedang dimusuhi suami karna sebab yg saya juga tidak mengerti.yg jelas sudah satu minggu ini suami tidak ada telfon or sms (suami kerja jauh 3bulan sekali pulangnya).
    apa saya berdosa karna saya juga ikut tidak sms . karna alasan supaya dia tidak seperti ini terus saat marah. pasalnya setiap kali marah suami tidak mau telfon juga sms..
    sempat saya sms dan meminta maaf tapi tidak ada balasan malahan waktu saya coba telfon suami malah sedang telfon orang laen.
    apa yg mesti saya lakukan ¿
    sebenarnya saya sangat kangen dan ingin tau kabar suami.saya juga takut suami pindah ke lain hati karna saat belum marahanpun suami berulang kali bilang ingin selingkuh..tapi saya pengen suami yg tlf duluan. karna setiap kali ada masalah saya terus yg selalu minta maaf,walaupun suami yg salah. karna memang sifat suami gengsi dan anti mgomong duluan.mohon jawabannya pak,apa yg harus saya lakukan?dan berdosakah saya jika ikut diam dan tidak menelfon atau sms suami saya..

  220. 253

    wahyu said,

    Istri saya sering bicara sombong didepan saya, dengan nada meninggi saat saya menasehatinya. Bgaimana itu???

  221. 254

    wahyu said,

    Mertua saya sering minta uang kpads istri saya, padahal saya baru saja menikah. tanpa spengetahuan dan izin dari saya, istrisya pun memberikanya sampai gajibulanan saya habis, pdhal gaji saya cukup besar. Sampe sampe kalung pernikahan pun digadekan dan uangnya diberikan pada orang tuanya. Tanpa juga izin dari sya, dan saya tanyapun jawabanya bohong.
    Dan heranya sa’at ibu mertua sya datang kerumah, beliu memekai gelang yg cukup besar.
    Apakah yg harus saya lakukan???
    Kejadian itu berulang2 setiap ketahuan dan saya tegur istri sya minta ma’af, tapi setelah itu di ulang lagi. saya merasa saya dimanfa’atkan, karena mrtua saya selalu mengeluh tentant uang, padahal beliu memeiliki usaha sendiri dan menurut ssya cukup untuk memenuhi kbutuhanya. . .
    Tolong kasih saranya???

  222. 255

    sinta ayuningtyas said,

    Kl suami menghina istri dan kluarga istri setiap marah,selalu merendahkan istri dan kluarga istri,sll mengatakan cerai,hanya karena istrinya berbeda pendapat masalah hal kecil…apakah seorang istri ttp berdosa????

  223. 256

    herdanto said,

    Assalammualaikum wr wb.

    Ikut nimbrung, mungkin ada yang bisa membantu saya.

    Kasusnya: saya digugat cerai istri saya karena laki2 lain dan saya melepas dia baik2. Surat cerai saya tanda tangani tanpa argumentasi, mobil dia minta aku kasih. Tapi setelah saya saya mendapat pasangan baru, dia mulai meng-ungkit2 gono gini.
    Dia meminta bagian dari rumah. Terus terang saya tidak sudi berbagi rumah karena dgn mobil yang dia bawa, dia sudah bisa membeli rumah lagi meskipun
    Saya sudah coba cari jawaban mengenai gono gini dan jawaban yang saya temukan selalu mengatakan bahwa gono gini adalah wajib terlepas apakah si istri yang meninggalkan suami atau sebaliknya.
    kalau dari ulasan diatas, maka bila istri meninggalkan suami tidak berhak atas nafkah dll, tetapi kenapa di hukum perceraian tidak demikian.
    mohon pencerahan dari bapak ibu sekalian

  224. 257

    Ass,
    Mohon Mohon Solusinya, langkah apa yang harus sy tempuh untuk bisa kembali hidup rukun damai dan tentram berama istri sy.
    (Dengan bermain judi istri sy mau meninggalkan sy. padahal sy sudah meminta maaf kepada istri sy. akan tetapi disiilain ada orang ketiga yg selalu mendorong istri sy untuk cerai. orang ketiga itu adala saudara dan orang tua istri sy. Tersu terang sy masih sayang dan istri sy)
    Trimakasih..

  225. 258

    ardiani said,

    mw prg,jg g tw kmn?
    btuh tmpt yg tenang,biar g mkirin hal2,yg bsa bkin kepala mw pecah

  226. 259

    adi said,

    Aku juga memiliki masalah yang sma sperti kalian..kami udh hampir 2 tahun menikah..diawal2 nikah kl setiap berantem istriku sllu blg ak minta cerai ak ga snggup hdup sma kamu..kdang2 msalahnya trkdang sepele. kami berdua sama2 kerja..kdg2 aku kasian aku kdg2 bntu pkrjaan dpur seperti mencuci pring krn kupikir kasian istriku capek..namun dengan aku melakukan hal itu istriku malah keenakan terkdang bangun siang dan jrg menyiapkan baju dan srapan buatku sehingga ak kdg2 sarapan dikntor. ak prnah bertnya kepadanya namun dia bilang capek seharian kerja…baju ku sendri kdang aku yg mencuci krn kl ak biarkan istriku tidak pernah tnggap untuk sgera mencuci bajuku…pernah aku berthu dia eh dia malah melawan aku…satu kali, dua kali, tiga kali,, aku tidak tahan aku melayangkan tangnku…apakah salah sikap aku ini?belum lagi isteri ku yang posesif kerap kali menuduhku macam2…tetapi setiap yang dia tuduhkan tidak pernah terbukti dan aku juga tidak pernah macam aku harus bagaimana?dulu setiap berantem isteriku kabur ke rumah orang tuanya terkdng org tua jdi tahu maslh kami berdua …mohon pencerahannya….

  227. 261

    aa said,

    Saya juga lagi berusaha memperbaiki akhlak istri saya krn dia sering melawan sama saya bila dibilangin ada aja alasan dia klau disuruh shalat aja kadang susah. . Ya Alloh smoga istriku cpat disadarkan bahwa perbuatannya selama ini adalah salah

    • 263

      ninin said,

      Ass pak ustad, sy sdh menikah hampir 3th dg suami k2 sy, n dikarunia 1 Õя̩̥̊ğ putra dri prnikahan sy yg skrg, sy sgt bingung memilih antara kel n ortu dkrnkn hal2 sbb:
      1. Dulu suami sy sering pulang larut mlm, n sll menggadai brg2 ( honda )
      2. Suami sy sll mmkskan diri utk meraih sesuatu
      3. Suami sy narkoba jenis sabu n diketahui pihak kel sy
      4. Suami sy pernah pukul tangan sy hingga memar n sy lporkan ke polisi agr dy punya efek jera
      5. Mslhnya kel sy sdh sgt benci dg suami sy namun sy tdk ingin brpisah..
      Sy sdh tdk serumh ƪäǥȉ sdh 4 bln, akn ttp sy sll brtmu dg nya di luar brsm anak2. Skrg kel sy mngethui tndkan sya, n sya di suruh keluar dr rmh ortu sy … ªª hukum nya pak ustad ats tindkan sya dan kel sy… Dan siapa yg hrus sy pilih

      • 264

        Rahmy said,

        Ass saya rahmy umur perkawinan saya udh mau berjlan 2thn dan dikarunia.i 1 anak umur 1thn
        begeni p.uztas saya pergi dari rumah suami saya karen kami bertengkar hebat sampai suami saya menendang,menampar dan menghajar saya dan mengusir saya dari rumah orang tuanya lalu suami saya menelpon mamanya dan berkata dia ingin menceraikan saya lalu saya menelpon kaka saya dan menyuruh untuk menjemput saya udah 1 minggu saya dirmah kaka saya telpon atau sms tanya kabar anaknyapun tidak apa lagi mau jemput saya.jadi apa perkawinan ini saya akhiri atau saya pertahankan demi anak atau apa saya menunggu suami saya menjemput atau saya yang menelpon duluan untk minta maaf?
        Terima kasih

      • 265

        fath102 said,

        Anda pulang sendiri ke rumah suami dan minta maaf pada suami. Insya Allah suami menerima. Hadiahkan surat Al Fatihah pada suami setelah selesai sholat

  228. 266

    edwin said,

    Bahtera RT semakin kesini semakin runcing, apakah karena peradaban dan posisi selaku wanita/istri sudah disetarakan “gender” dan persamaan hak sehingga terabaikan sbg istri, banyak sekali istri sekarang tidak taat pada suami, perlakuan kasar kepada anak2, apakah karena faktor media seperti HP atau komunikasi lain yang sekarang mudah diakses baik melalui jejaring situs sosial,

  229. 267

    Hamba allah said,

    Asslamuallaikum saya mau tanya istri mau menceraikan saya meninggal kan saya sdh hampir 2 tahun dan pada wktu baru satu bulan ninggalin saya.saya nemui istri untuk kembali pada saya tapi dia tdk mau.seminggu kemudian orang tua saya menemui istri saya dan suruh balik pada saya tetep dia juga tdk mau.nah dri sat itu saya tdk menemui lagi.saya hanya bs kabri lwt facebook.sms untuk balik lagi dan dia mlh blng tunggu surat cerai dari pengadilan saja.tetep dia kekeh untuk bercerai,pertanyaan saya
    1.selama 2thun saya berpisah saya tak memberi nafkah lahir dan batin apakah itu jatuh talak??
    2.apakah yg hars saya lakukan karena saya tdk mau bercerai sama istri saya??
    3.apakah istri saya bs menceraikan saya di pengadilan

    Mohon pencerahanya pak ustad bls ke email saya
    Wassalam

  230. 268

    taryarumi said,

    aq satuju, ini lah yg aq alami saat ini, dmna aq dlm kterpurukan istri tega ninggalin suami tnpa brpikir akan tg jwb,ya yg slu setia pd suami hngga akhr hayat, mngrus rmh tgga d ngurus anak srta mjg martabat suami d klurga, Ya. smg ia sadar jk ia kshan anak2 d tak ingn klurga kcl uni hancur krn keegoisan

  231. 269

    must go on said,

    saya merasakan hal yang sama istri saya meninggalkan saya krn keras kepala egois ga mau dinasehatin, ingin menangnya sendiri, main tangan.
    padahal anak saya masih usia 2 bulan

  232. 270

    ace maxs said,

    terimkasih pak ustadz atas postingannya..
    jadi mau seberaat apapun masalah yang istri hadapi dengn suami jik istri meningglkn suami tnp izin itu hukumnya hrm tu dos ya pk?
    terimkasih ;)

    • 271

      Melati said,

      Assalamualaikum pak ustad,sy mohon pencerahannya,apa yg harus sy lakukan suami sy kawin lg,dia kawin jg tanpa sepengetahuan sy,tau2nya udah 3 thn baru ketahuan bahwa dia kawin lg.
      Yg jadi sy permasalahkan dia nikah lg tapi istri satu saja engk bisa di kasih nafka apa lagi dua istri,tolong jelaskan pak ustad apa yg hrus sy lakukan kalau sy minta cerai karna engk mau di madu apakah sy masih berdosa??

  233. 272

    iwan said,

    Mas sy sudah menikah kurang lbh 1thn 11bln kami sudah dikaruniai 1 org putri.. Kami tinggal dirumah yg juga bersama dngn adik sy yg sdh menjanda, Bgini masalahnya mas, setiap ada percekcokan dia sll lari kerumah ortu nya n sy sll. Menjemput n meminta maaf, hingga suatu hari dia menceritakan masalah ekonomi kami ke kk sepupu sy sampai menceritakan kejelekan org tua sy padahal ortu sy hidup di pulau yg terpisah dngn pulau qta n dia juga tdk menyapa dengan adik yg serumah dngan kita akibat salah paham… Jadi dia lari kerumah ortu nya jadi sy pergi kerumah mertua sy n meminta maaf kepada semua keluarga nya n sy membujuknya untuk kembali kerumah tp dia tdk mau kalo hidup serumah dngn adik sy yg janda… Dia maunya kita kontrak jd sy mengiya kan tp dengan 1 syarat dia hrz meminta maaf n izin kepada kedua ortu sy… Tp sampai skarang dia blm melakukan itu.. Pertanyaan sy… 1. Apakah sy haruz keluar dan kontrak sedangkan dia blm meminta maaf sama keluarga sy?? 2. Apakah sy berdosa krn tdk menafkahi dia baik lahir maupun batin?? Apa yg harus sy perbuat krn sy bingung.?? Mohon solusinya dan terima kasih atas pencerahan nya pak..

  234. 273

    gatut utomo said,

    pak ustatz.istri saya setelah saya rawat selama lbh 5th,sembuh meninggalkan saya pulang kerumah ortunya,3th kmdian gugat cerai saya dan diputus cerai oleh PA,karena sy gak hadir.pertanyaannya :
    1.scra agama/islam apakah masih istri saya sbb sy gk pernah menceraikan dan masih mencintainya.
    2.apakah istri punya hak gono gini,krn istri meninggalkan suami yg tlah merawat slm 5th,memperjuangkan nasib PNSnya,kenaikan pangkatnya ,suami masih menanggung beban hutang yg digunakan merawat istri selama sakit,bahkan suami merawat,membiayai anaknya hingga sekarang.

  235. 274

    Dorie said,

    I’m not sure where you are gettging your info, but
    good topic. I eeds to spend some time learning much mor or understanding more.
    Thanks for magnificent information I was looking for this information for my mission.

  236. 275

    wanita said,

    Wah wah rata2 yg komen bpk2 semua ya. Saya mau tanya, gmn kalau suami mengandalkan istri untuk membiayai hidup? Bkn tidak kerja, tapi kurang berusaha. Sdikit2 ngeluh cape kerja, padahal istri jungkir balik juga di kantornya. Cepat sekali memutuskan resign dan menunda2 cari kerja lg. Diminta sekolah lg biar bisa dpt kerja lbh baik eh gak mau. Dgnalasan macam2, pdhl cm krn malas. Suami kyk gini gak kepengen maju ya kyknya. Suka banting barang kalau marah, klo barangnya rusak istri juga yg akhirnya beli gantinya. Berkata kasar dan mengumpat kalau marah. Padahal cm karena jlnan macet. Selalu berpikir kalau pengeluaran itu cm beras dan listrik saja, tp maunya mkn yg enak2, pngn pny barang2 elektronik. Akhirnya siapa yg beli? Istri! Hutang suami dibayar istri…utang istri dibayar istri juga. Suami dari awal sampe akhir cm kasih nafkah yg sama…tp mau punya macam2. Diajak ngmmg soal permasalahan sedikittt aja lgsg marah, banting2 lg. Kalo kayak gini mesti diapain pak? Kadang istri kabur tanpa berita bukan cm negatif…tp laki2nya kadang ga mau sadar diri. Cm butuh waktu buat sembuhin sakit hati. Kadang jd trauma jg klo inget harus hidup gitu terus. Jadi klo kata saya sih jgn cm salahin istri krn tdk jd istri solehah. Tapi berkaca jg apa yg suami lkukan sudah benar? Tidak ada yg sempurna di dunia ini.termasuk istri.


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 89 other followers

%d bloggers like this: