Kewajiban Suami Isteri 2010 dalam Islam

Kewajiban Suami Isteri 2010 dalam Islam

Saat saya memilih judul diatas, saya tersenyum simpul sendiri karena apa bedanya kewajiban suami isteri zaman Rasullulah SAW dulu dengan zaman sekarang 2010. Di Islam nggak ada bedanya sama saja karena Al Quran dan Hadist Rasul SAW berlaku dari Zaman Rasullullah SAW sampai akhir Zaman. Hanya saja berumah tangga zaman sekarang ini lebih berat tantangannya karena teknologi komunikasi yang semakin maju (Chatting, Facebook , Email , Handphone dll) membuat suami / isteri akan dengan mudah membina hubungan dengan orang lain sehingga suami akan menjadi kurang perhatian terhadap isterinya begitu pula sebaliknya.

Rezeki berlebih yang diberikan oleh Allah kadang malah menjadikan kepala keluarga menjadi lupa kepada Tuhannya, selain itu juga bisa menjadi penyebab keretakan suatu rumah tangga jika kepala rumah tangga kurang iman kepada Allah. Waktu masih miskin suami selalu berdoa dan ingat kepada Allah hidup berumah tanggapun tentram. Tapi beda saat suami diberi harta berlebih, Misalnya Suami kurang iman tergoda mempunyai wanita idaman lain (WIL) selain isterinya, Untuk mendapatkan WIL di zaman sekarang ini caranya cukup mudah asal tahu no hp atau alamat email tinggal : nelpon, sms, chatting atau email kemudian setelah akrab bisa memberi hadiah kepada WIL pemberian ini bisa dilakukan tanpa persetujuan isterinya karena suami merasa isteri sudah dicukupi, Jika pemberian diterima maka bisa dilanjutkan dengan berhubungan lebih dekat kemudian berteman selanjutnya jika ada kesempatan bertemu dan kemudian saling suka maka tunggulah tujuan akhirnya yaitu zina dengan jalan ini Wanita itu dipelihara tanpa ikatan pernikahan sah atau Kawin siri. Perbuatan ini akan menyakiti hati isteri jika isteri mengetahui suami berhubungan dan memberikan barang kepada WIL tanpa sepengetahuan isteri apalagi sampai menikah resmi atau tidak resmi (Siri). Rasullulah SAW bersabda agar suami tidak menyakiti hati keluarganya . Sebaik baik kalian wahai laki-laki adalah orang yangpaling baik kepada keluarganya. Dan saya adalah orang yang paling baik kepada keluarga saya” (HR. Turmudzi dan Ibn Hibban).

Kawin siri bagi Pria non Pegawai Negeri Sipil (PNS) mungkin tidak terlalu besar masalahnya hanya pihak wanita tidak akan mempunyai hak hukum termasuk warisan dan anak (anak ibu) tapi akan beda masalahnya jika dilakukan oleh PNS sesuai UU no.10 tahun 1983 ayat 17 Hidup bersama tanpa nikah akan dipecat dari Jabatannya. Bercerai atau menikah lagi pun sulit dilakukan karena jika melanggar sesuai UU no.10 tahun 1983 ayat 16 PNS akan dijatuhi hukuman disiplin berupa pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai Pegawai Negeri Sipil. Bercerai bagi PNS sangat sulit karena selain minta izin atasan juga harus memenuhi pasal 10 ayat 3 yaitu isteri tidak dapat melahirkan keturunan, cacat atau tidak dapat melakukan kewajiban sebagai isteri sedangkan menikah lagi prosesnya cukup panjang dan sulit jika tidak mau dikatakan impossible. Sehingga paling aman bagi PNS untuk mendapatkan wanita lain selain isterinya adalah melacur atau mempunyai wanita simpanan lain.

Cara memikat WIL seperti iming- iming Rumah, mobil, handphone dll atau berlagak alim suka membantu wanita biasanya menjadi modal utama pria beristeri mereguk madu manis wanita yang kurang iman. Gilanya wanita kurang iman zaman sekarang sering silau dengan iming-iming tersebut, tidak nikahpun rela bahkan kadang tega membohongi atau mengorbankan pasangannya untuk mendapatkan hal tersebut. Hal tersebut bisa dilakukan terus menerus oleh wanita kurang iman ini untuk mendapatkan harta tidak halal sampai tidak sadar bahwa sebenarnya hidup di dunia tidak kekal, sewaktu-waktu malaikat maut menjemputnya.

Naudzubillahimindzalik…..

Menikah secara resmi adalah obatnya, tapi menikah dan membina rumah tangga zaman sekarang pada umumnya dilakukan hanya berdasarkan aturan umum, keluarga atau aturan sendiri yang tidak berdasarkan pada ketentuan agama yang sudah jelas dan benar aturannya. Sehingga dalam perjalanan pernikahan banyak terjadi kejadian yang seharusnya dilarang agama tapi malah dilakukan. Ketidak tahuan, Tidak mau tahu, tidak mencoba belajar agama atau tahu tapi sengaja melanggar yang semakin menambah masalah dalam membina rumah tangga. (mending Pegadaian : ” Mengatasi masalah tanpa masalah” .. Apa hubungannya??? .. nggak ada hanya Intermezo aja… Hem..) saya teruskan.

Kebenaran AlQuran dan Hadist banyak orang percaya tapi dalam pelaksanaannya banyak pula yang tidak mentaati dan menganggap ringan peringatan keras dalam Al quran dan Hadist…. Hati-hatilah.. karena selain hal ini disebabkan oleh nafsu luamah (Nafsu keinginan jasmani) juga disebabkan oleh bujukan syaitan yang masuk dalam hati dan pikiran orang, yang mana orang tersebut tidak menyadarinya atau bahkan tidak terlintas sedikitpun dalam pikirannya bahwa dalam dirinya sebenaranya telah terbujuk oleh Syaitan padahal syaitan itu adalah benar-benar musuh yang nyata bagi manusia.

Allah SWT telah memperingatkan bujukan syaitan ini dalam Alquran : Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu. Tetapi jika kamu menyimpang (dari jalan Allah) sesudah datang kepadamu bukti-bukti kebenaran, Maka ketahuilah, bahwasanya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”.(QS. Al Baqoroh :206-207)

Syaitan ini benar-benar ada bahkan dalam kehidupan sehari-hari sudah menyatu dalam diri manusia yang tersesat itu sendiri yang berwujud dari seperti perampok sampai seperti ustadz dari wajah Wanita pelacur sampai wanita baik-baik. Yang intinya tujuan wujud syaitan dalam diri manusia itu sama yaitu berbuat dosa besar / zina. Wujud manusia Syaitan yang paling berbahaya adalah yang berwujud seperti laki-laki alim atau wanita soleh, karena tipe ini bisa menggoda suami/isteri atau wanita/pria baik-baik menjadi rusak. Pria beristri paling umum biasanya menggambarkan dirinya kurang bahagia di keluarga, suka membantu isteri tapi istri tidak tahu diri dll untuk menarik simpati WIL sehingga WIL merasa kasihan kepadanya kemudian berhubungan tanpa setahu pasangannya begitu pula sebaliknya jika hal ini terus dilakukan akan menjurus ke perbuatan zina yang merusak keutuhan sebuah rumah tangga. Sedangkan syaitan itu sendiri dapat membujuk dan mempengaruhi manusia tanpa manusia itu sendiri menyadarinya karena syaitan ini dapat masuk melalui hati, pikiran dll Sabda Rasullulah SAW : Sesungguhnya setan (dapat) mengalir di dalam diri manusia sebagaimana darah mengalir (HR Bukhari dan Muslim)

Audzubillahiminasyaitonnirrojim….

Zaman sekarang, orang tanpa sadar sebenarnya telah terkena bujukan syaitan atau dengan kesombongannya merasa bahwa dirinya sudah mengerti/ pintar dan benar, sehingga dengan sombongnya mengatakan tidak takut dengan ancaman neraka atau tidak bisa ditakuti neraka seperti anak kecil saja…. Naudzubillahimindzalik……

Janganlah begitu karena Neraka itu benar -benar ada dan orang benar -benar akan terjerumus kedalamnya jika selalu menganggap remeh peringatan dari Allah. Dineraka orang akan kekal didalamya sesuai dengan Firman Allah : Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami serta menyombongkan diri terhadapnya, mereka itulah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya ( Al Araf : 36) Dan barangsiapa yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya dan melanggar ketentuan- ketentuan-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam api neraka sedang ia kekal di dalamnya; dan baginya siksa yang menghinakan. QS. an-Nisa’ (4) : 14

Allah maha tahu, banyak manusia yang lupa atau asyik dengan kehidupan nikmat / megah dunia sehingga lupa akan kewajibannya yang pokok yaitu Hanya untuk beribadah kepada Allah, Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku. QS. Adz- Dzariyat : 56 tapi dalam kenyataan kehidupan sehari -hari banyak yang lupa dengan kewajibannya karena sibuk bekerja, shoping dll.

Untuk itulah maka Allah memberi peringatan kepada manusia dalam surat At Takasur yaitu : 1 Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, 2 sampai kamu masuk ke dalam kubur. 3 Janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu), 4 dan janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui. 5 Janganlah begitu, jika kamu mengetahui dengan pengetahuan yang yakin, 6 niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka Jahim, 7 dan sesungguhnya kamu benar-benar akan melihatnya dengan ‘ainulyaqin, 8 kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah-megahkan di dunia itu) (At Takasur: 1-8).

Allah maha tahu banyak orang mempunyai panca indera dan akal yang sehat tapi tidak dipakai untuk merenungkan ayat-ayat Allah.

Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.
(QS. al-A’raf : 179)

Apakah yang demikian ini belum cukup untuk peringatan bagi orang yang mengaku dirinya Islam sudah benar dan tidak merasa lalai ? Jika masih belum cukup renungkanlah hadist Rasullulah SAW berikut:

Sesungguhnya penghuni neraka yang paling ringan siksaannya ialah orang yang diberi sepasang sandal yang talinya terbuat dari api neraka, lalu mendidihlah otaknya karena panasnya yang laksana air panas mendidih di dalam periuk. Dia mengira tiada seorangpun yang menerima siksaan lebih dahsyat dari itu, padahal dialah orang yang mendapat siksaan paling ringan. (Bukhari-Muslim)

Jadi nantinya meskipun saya telah memberikan pembukaan beserta penjelasan yang cukup agar hati menjadi terbuka, saya yakin akan masih saja ada (terutama wanita) yang memandang remeh aturan Kewajiban Suami isteri dalam Islam dibawah. Kenapa wanita? ya karena dibandingkan dengan Pria, Wanita lebih banyak bertindak dengan emosinya daripada pikirannya hanya beberapa gelintir wanita saja yang tidak demikian, contoh mudah isteri yang tidak taat pada suami, memakai baju terbuka yang menonjolkan aurat, menggunjing, bohong dll

Keadaan – keadaan inilah yang banyak membawa Wanita terjerumus ke Neraka tapi kebanyakan wanita tidak mengetahuinya, Wanita banyak yang terjerumus ke neraka sudah dibuktikan oleh Nabi SAW saat Isra Miraj 27 Rajab 621M dan diberi kesempatan oleh Allah untuk melihat Neraka dan Surga. “Aku melihat ke dalam surga ternyata kebanyakan penghuninya orang-orang faqir dan aku melihat ke dalam neraka ternyata kebanyakan penghuninya para wanita.” (HR Bukhari)

Kenapa begitu? ya karena bagi orang Fakir (miskin) kebanyakan selalu ingat berdoa kapada Allah untuk ke fakirannya sedangkan orang kaya kebanyakan akan menjadi lupa kepada Tuhannya. Selain itu sedikit harta mudah mempertanggungjawabkannya dari mana harta berasal beda dengan orang kaya. Penghuni neraka kebanyakan adalah wanita karena wanita tidak banyak yang berpikir dengan otaknya untuk bertindak, beda dengan pria. Contoh paling banyak wanita tidak taat kepada suaminya, membohongi suami, dll. banyak hal yang menyebabkan dosa tapi isteri tidak menyadarinya. silahkan simak tulisan saya sebelumnya atau contoh Hadist dibawah sebelum saya lanjutkan tulisan saya tentang Kewajiban Suami isteri dalam Islam.

Dari Husain bin Muhshain dari bibinya berkata: “Saya datang menemui Rasulullah SAW. Beliau lalu bertanya: “Apakah kamu mempunyai suami?” Saya menjawab: “Ya”. Rasulullah SAW bertanya kembali: “Apa yang kamu lakukan terhadapnya?” Saya menjawab: “Saya tidak begitu mempedulikannya, kecuali untuk hal-hal yang memang saya membutuhkannya” . Rasulullah SAW bersabda kembali: “Bagaimana kamu dapat berbuat seperti itu, sementara suami kamu itu adalah yang menentukan kamu masuk ke surga atau ke neraka” (HR. Imam Nasai, Hakim, Ahmad dengan Hadis Hasan).

Oleh karena itu agar suami isteri lebih memahami akan kewajibannya maka “ Kewajiban Suami isteri dalam Islam “ yang saya tulis ini dan Ditulis berdasarkan Al quran dan Hadis Nabi SAW diharapkan dapat bermanfaat membantu mencapai rumah tangga yang Sakinah dan Wa Rahmah.

Jika ada yang tidak setuju atau ada pertanyaan silahkan berikan komentar dalam lembar comment di bagian paling bawah :

Seperti apa kewajiban Suami dan Isteri dalam Kompilasi Hukum Islam  sesuai Inpres no.1 th 1991 silahkan klik dibawah ini dalam dokumen pdf:

Kewajiban Suami Isteri KHI 1991 pdf

sedangkan Kewajiban Suami Isteri dalam Islam bisa dibaca di halaman bawah.

About these ads

14 Responses so far »

  1. 1

    [...] Kewajiban Suami Isteri 2010 dalam Islam [...]

  2. 2

    terimakasih pencerahannya gan! nice blog

  3. 3

    fath102 said,

    Sama-sama mas…

  4. 4

    waty said,

    iihhh kok yang diulas istri mulu. padahal yg sering buat dzolim suami. mereka yang punya akses keluar rumah yang lebih banyak dibanding istri hinggga membuka peluang untuk neko-neko.

  5. 5

    fath102 said,

    U/ Waty : Zaman sekarang, suami atau isteri untuk neko-neko peluangnya sama karena sarana komunikasi (internet chatting, facebook, handphone dll) memungkinkan untuk itu.

    Masalah pernikahan sering ada karena tidak adanya kebahagiaan, sedangkan Kebahagiaan bagi kebanyakan isteri adalah materi yang cukup, Kebahagian jarang diterjemahkan oleh isteri dengan kata ikhlas, syukur atau ketentraman dan ketenangan jiwa lahir batin dekat dengan penciptanya Sehingga isteri sering menjadi tidak sabar untuk memperoleh kebahagiaan itu dan akhirnya melakukan tindakan yang dilarang oleh agama.

    Intinya sungguh sangat keterlaluan jika isteri makan dan tidur gratis dibayar oleh suami tapi tidak taat pada suami bahkan punya PIL selain suaminya.

    Dalam hal hubungan dengan orang lain, meskipun tidak dianjurkan dalam Islam, asal mampu, adil dan tidak merugikan dan mendapat izin isteri pertama, Dalam Islam suami boleh punya isteri lebih dari satu. Pada kondisi yang sama akan beda untuk isteri.. Tidak setuju? itulah aturan agama…

    Oleh karena itulah kok isteri melulu…

  6. 7

    manusia_biasa said,

    apa yg sebaiknya dilakukan seorang istri, apabila suaminya tdk menggunakan ajaran islam dalam berumah tangga?
    satu contoh sampai memaksa istri minum khamr..

  7. 8

    fath102 said,

    U/ Manusia biasa :

    Tidak ada ketaatan dalam kemaksiatan. Sesungguhnya ketaatan hanyalah dalam perkara yang ma’ruf.” (HR Bukhary 22/218)

    Pada hari ketika muka mereka dibolak-balikan dalam neraka, mereka berkata: “Alangkah baiknya, andaikata kami ta’at kepada Allah dan ta’at (pula) kepada Rasul”. Dan mereka berkata;:”Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah menta’ati pemimpin-pemimpin dan pembesar-pembesar kami, lalu mereka menyesatkan kami dari jalan (yang benar). Ya Tuhan kami, timpakanlah kepada mereka azab dua kali lipat dan kutuklah mereka dengan kutukan yang besar”. (QS Al Ahzab 66-68)

    Dari Hadis dan Quran diatas jelas bahwa :

    Jika isteri dipaksa minum khamar atau tindakan berdosa lainnya yang disyariatkan agama maka Isteri WAJIB untuk menolak. ( Tindakan dosa wajib ditolak apapun alasannya). Menolak dengan cara yang baik dan tidak membuat marah suami yaitu dengan cara yang halus dan sabar.

    Jika suami tidak islami, isteri harus bersabar dan banyak berdoa untuk kebaikan suami. Insya Allah suami akan baik dengan doa isteri yang solehah. Jika suami tetap tidak Islami ikutilah Allah dan Rasul agar selamat.

    Jika isteri menuruti suami untuk minum khamar karena takut suami justru akan berdosa, perhatikan Quran dan hadist berikut :

    Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya khamar, berjudi, berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. (QS. Al-Maidah: 90)

    “Setiap daging yang tumbuh dari yang haram maka Neraka lebih pantas baginya.”( Hadits riwayat Ath-Thabrani dalam Al-Kabir, 19/136; Shahihul Jami’, 3594.)

  8. 9

    ummi said,

    Bagaimana kalau suami punya WIL dgn alasan : selama ini hubungan pernikahan datar (gak pernah bertengkar, marahan), setelah bertemu wanita itu suami terpesona padahal slma ini tidak ada rasa kpd siapapun, begitu juga wanita itu. suami bilang berat keduanya (istri dan WIL). istri merasa tersakiti, tetap sayang pd suami. pasrah menyerahkan semua kpd suami. bagaimana istri menghadapi masalah ini?

  9. 10

    dhenok said,

    klo istri berbuat dosa,,,suami khan ikut menanggung dosa istri
    tapi klo suami berbuat dosa,,,hanya suami yang menanggung dosa
    kira” apa ada hadist spt itu ya?? suami prnh dgr ceramah sholat jum’at, klo blh tau apa hadist nya,,,makaseh

  10. 11

    kwak kwik kwek said,

    menikahlah dengan cara yang baik …..
    berhubungan yang baik ……

    tanpa paksaan ….
    tanpa intimidasi ….
    TANPA KDRT

  11. 12

    sabar said,

    Pak Ustadz, saya kok kesulitan buka file pdf-nya ya? Tks

  12. 13

    maulana rangkuti said,

    Terima kasih atas pencerahannya

  13. 14

    Nur said,

    Assalamu’alaikum wrwb. Bismillahirrohmanirrohiim
    Alhamdulillah, trm ksh atas tulisan2 yg sangat bermanfaat terutama bagi sy pribadi.
    Semoga ujian rumahtangga saya berlalu, semoga kami sabar dan kuat dan semoga Allah SWT memudahkan kami untuk mencapai cita-cita keluarga sakinah, mawadah,
    warrohmah. Semoga bisa mjd istri sholihah dan suami sholeh dan menjadikan ketiga. anak2 kami mjd sholeh.sholehah. Mohon doanya pd saudara sekalian….


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 80 other followers

%d bloggers like this: