Manual Reset Printer HP Officejet K7100

Manual Reset Printer HP Officejet K7100

Beberapa hari yang lalu Printer HP Officejet K7100 di kantorku mengalami masalah setelah salah satu atau kedua catridge HP Black (96) dan Color (95) di isi ulang atau diganti catridge baru . Tanda blinking catridge kosong yang diganti terus berkedip / blinking sehingga printer tidak bisa digunakan.. Printer type ini memang agak merepotkan dibanding dengan Printer yang dipakai sebelumnya HP Deskjet 1280.

Cara reset printer yang sama tidak bisa digunakan di printer K7100 tergantung kondisi saat penggantian catridge. Setelah beberapa hari dicoba reset printer kadang berhasil kadang kumat lagi, dicoba lagi cara sama tidak berhasil dan mencoba cara lain dan berhasil, akhirnya aku temukan 3 cara agar tanda catridge kosong tidak berkedip lagi dan printer kembali bisa dipergunakan. Cara tersebut adalah sebagai berikut:

Cara 1:

Jika catridge HP no. 96 dan 95 diisi ulang kemudian catridge dipasang biasanya akan muncul tanda blingking yang menunjukkan tinta kosong. Tanda ini terus berkedip/ blinking sehingga printer tidak bisa digunakan atasi hal ini dengan cara:

  1. Tanpa dimatikan, buka tutup printer dan ambil catridge yang baru saja diisi tsb dan bersihkan pin-pin pada catridge dengan penghapus pensil. Lakukan dengan hati-hati kemudian pasang lagi catridge, kemudian tutup kembali printer.
  2. Jika cara ini tidak berhasil ambil dan masukkan kembali catridge tsb sambil di tekan kedalam dan tutup kembali. Biasanya dengan cara ini tanda blinking berhenti. Jika tetap tidak berhasil coba cara 2.

Cara 2. :

Cara 2 biasa digunakan untuk catridge color no 95 karena catridge Black no.96 jika diganti atau diisi ulang jarang sekali mengalami masalah. Jika ada masalah blingking cukup diatasi dengan cara no.1.Tapi untuk catridge color no.95 cara 1 kadang berhasil kadang tidak oleh karena itu digunakan cara 2 yaitu:

  1. Tutup 1 (satu) pin / atau 1 titik dibagian paling atas sebelah kanan * dengan selotip atau kertas label saat susunan pin catridge terlihat seperti huruf M* bukan W jangan sampai pin-pin lain tertutupi. Pasang kembali catridge dan tutup printer tunggu kurang lebih 30 detik.
  2. Buka tutup printer dan ambil kembali catridge tsb, lepas selotip penutup pin kemudian catridge dipasang kembali.dan tunggu sampai tanda catridge tidak berkedip lagi. Biasanya dengan cara ini sudah berhasil, sehingga tidak perlu mencoba cara 3.

Cara 3 :

Ini cara terakhir.

  1. Cabut semua kabel (USB dan Power) tunggu + 1 menit. Kemudian pasang kembali kabel power (USB jangan dipasang).
  2. Hidupkan printer dengan menekan tombol power. Setelah power ON. Buka tutup printer kemudian cabut kembali kabel power dan biarkan selama + 1.5 menit
  3. Tutup kembali printer dan masukkan kembali kabel power printer.
  4. Lampu indicator akan berkedip dan berpindah bergantian, tunggu sampai tidak ada lagi tanda catridge kosong yang berkedip. Pasang kabel USB. Printer siap digunakan.

Cara 3 adalah cara terakhir dan biasanya berhasil jika cara ini tetap saja tidak berhasil ambil CD bawaan atau downloads driver printer HP Officejet K7100 disini. Uninstall dan install kembali driver printer. Jika cara ini tetap tidak berhasil TUKAR CATRIDGE SEPERTI SEBELUMNYA.  Jika tetap tidak bisa  hubungi Customer Service printer HP.

About these ads

18 Responses so far »

  1. 1

    jatger said,

    untuk yang hp deskjet 1280 cara reset catridge nya gimana ya mas?? untk catridge hitam no. 45 warna no.78, matur nuwun .

  2. 2

    Baz said,

    Mas, nanya dikit nh, ak punya masalah dgn printer Hp K7100 wakt ak pasang tinta lampu indikatornya menyala kedip2 trus ak coba pake cara 3 tetap gk bs . .kmarin smpat bisa print tp bsknya kembali lg maslahx. . .tlng ak d bantu … Kirim lewat email aj
    bas_pujo@yahoo.co.id

  3. 3

    fath102 said,

    U/ Baz : kalau tetap tidak bisa pakai cara 3 pakai cara ini :
    1. Jika Catridge HP diganti yang ori dan saat dicoba masih blinking, minta tukar catridge di penjualnya . Di kantor saya setelah minta tukar catridge Printer kembali normal.
    2. Jika tidak bisa ditukar (seharusnya bisa) pakai saja catridge lama yang diisi ulang untuk sementara karena pakai cara ini Printer kembali normal.

    Masalahnya kadang ada di Catridge HP Ori yang baru diganti.

  4. 4

    harry said,

    salam jumpa mas, q punya printer hp officejet k7100 nah masalahx q udah coba cara 1 sampe 3 pun tetap tidak bisa, padahal catrik baru yg dipasang catrik 95 dan 96 trus q udah ganti katrik 97 pun masih tetap berkedip2 pada catrik warnax, bila mas punya solusi lain mungkin bisa dapat membantu z. ini alamat email saya : hencong306@gmail.com terima kasih sebelumx

  5. 5

    March said,

    tks ia …
    mudah2an aku bisa coba,

  6. 6

    Toto said,

    Iya, Produk gagal kali ya..
    Printer saya K7100 juga sama. Kedip mulu.
    Malah terakhir sekarang di print page tiap kali saya ngeprit 1 halaman misalkan, maka yang tertera 3/1. Padahal printer cuma terhubung ke satu PC doang.
    Gimana ya.. ampe pusing gara-gara K7100. Nyesel beli..!

  7. 7

    Marthinus said,

    mas aku mau nanya nih, kalau K7100 lampu power dan lampu tombol kertas berkidip2 bersamaan apa masalahnya tolong donk kasih solusi. trims sebelumnya.
    alamat emailku : mthinoes@yahoo.com

  8. 8

    MARTH said,

    mas mau nanya nih, kapa mas ya kalo k7100 lampu power dan tombol kertas berkedip bersamaan apanya yang bermasalah , tolong solusinya mas. trims sebelumny ini e-mailku ; thinoes@gmail.com

  9. 9

    MARTH said,

    mas mau nanya nih, knapa mas ya kalo k7100 lampu power dan tombol kertas berkedip bersamaan apanya yang bermasalah , tolong solusinya mas. trims sebelumny ini e-mailku ; thinoes@gmail.com

  10. 11

    yudha said,

    thx mas solusinya… pake cara no 2 udah bisa…. :D

  11. 12

    belle said,

    Klao untuk pasang tinta HP officejet j3608 gimana ya.. thax

  12. 13

    adi said,

    saya kombinasikan dari 3 cara di atas, berhasil untuk HP Officejet K7100… terima kasih buat Om Fath102 :)

  13. 14

    bank kalo gambar cartritge hitam ada tanda seru gimana solusinya
    n tulisannya
    unable to obtain printer hardware information
    gimana solusinya bank?
    mohon balesannya

  14. 15

    sapril said,

    gan klo tinta merah dan hitamnya ga keluar padahal baru di refill itu kenapa ya ??

    mohon pencerahannya
    kirim ke email ku

  15. 16

    maxi said,

    salam kenal bro, sy pnya printer hp officejet K7100 setiap ngeprint tidak mau narik kertas kecuali kalau di dorong baru mau narik kertas,,,apa ya masalahnya???? thanks

    • 17

      beberapa said,

      kalau ada hal seperti itu, kira-kira di bagian mekanik yang ada masalah. dan untuk menyelesaikan jauh lebih mudah. semoga membantu.

      ________________________________

  16. 18

    Ane dah coba ketiga cara tersebut, bahkan sampe ane ganti cartridge tapi msh gagal.. apa trouble sebenarnya dan gimana solusinya??


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 75 other followers

%d bloggers like this: