Cara Atasi Error 523 dan 507 di Blackberry 8320 dengan Cara Wipe JL_Cmder dan Install OS 4.5.0.182

Cara Atasi Error 523  dan 507 di Blackberry 8320  dengan Cara  Wipe JlL_Cmder dan Install OS 4.5.0.182

Dari hari Jumat kemarin 16/04/10,  BB 8320 saya  KO nggak bisa hidup alias sekarat… jadi praktis nggak bisa dipakai Cuma bisa diliatin doang…  Awalnya sih update OTA  kemudian saat baterai habis dan dicas di layar muncul  jam pasir lama banget dan  tidak muncul  logo operator AT&T seperti biasanya  tapi  langsung KO,  Aku lepas   baterai 1 menit  dan pasang  baterai lagi  loading jam pasir  lama……..  sampai akhirnya   di 8320 muncul layar putih dengan tulisan error 523 yang artinya Proses aplikasi Java bermasalah dan perangkat tidak dapat beroperasi secara normal atau  dapat juga berarti  Ada program aplikasi pihak ke 3 yang tidak compatible / cocok  dengan Operating System /OS Blackberry (8320) sehingga perangkat BB tidak melanjutkan proses booting  sampai akhir.… iya memang bener karena  terakhir aku  install Twitter dan beberapa aplikasi lain  lewat OTA  dan ternyata beberapa aplikasi  nggak compatible dengan BB 8320.

Error 507 biasanya  terjadi karena proses instalasi OS di BB  tidak selesai atau terputus saat proses instalasi.

Untuk atasi error 523,   aplikasi pihak ke3 tsb  tadi harus dihapus  atau di wipe sekalian dengan catatan  semua data dan aplikasi hilang, nggak masalah sih data hilang  asal BB normal lagi  dan sekalian aja Install OS baru agar BB fresh… segar lagi seperti keluar dari dapur (emangnya makanan?) sedangkan untuk atasi error 507 cukup mengulang proses install OS di BB 8320 … tapi….

Ada sedikit masalah,  sebagian besar   tutorial untuk atasi error 523 & 507 atau Install OS 4.5.0 kurang detail  (meskipun ada juga yang disertai gambar)  … sehingga saat proses instalasi OS  ada masalah solusinya hanya coba2 saja atau jika BB malah tambah rusak ya tanggung sendiri…  tapi Alhamdulillah  dengan modal keyakinan pasti bisa .. (orang lain aja bisa)   akhirnya  berhasil juga meskipun baru hari ke 2 yang berhasil, hari pertama  nggak berhasil karena keburu  harus jemput isteri pulang kerja. Jadi  BB masih tetep KO dan Oon saat  aku letakkan diatas kulkas.

Berikut urutan  trik saat instalasi OS 4.5.0 di BB 8320   secara detail agar lancar dan  sukses .

1. Siapkan BB 8320, Computer dan kabel data USB untuk koneksi Computer dengan BB.

2. Downloads dan Install:

-  JL_Cmder : untuk Wipe/ hapus data aplikasi ke 3  bisa downloads disini

- Desktop Manager Blackberry versi 5.0.1.28 (Nov 2009) untuk  membantu proses  instalasi OS,  bisa downloads  disini atau bisa juga DM  versi terbaru..

- Operating System / OS 4.5.0.184  Release 306 AT&T : Untuk software aplikasi Blackberry  yang akan diinstall. Bisa downloads disini

Selanjutnya yang dilakukan adalah :

A. Wipe/ Hapus aplikasi  BB dengan JL Cmder

- Hapus dulu file Vendor.xml yang letak file ada di:

C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader

- Tutup  / Jangan buka program Desktop Manager Blackberry

- Sambungkan  BB ada baterai dengan PC via USB kabel, Klik logo JL Cmder  jalankan program JL Cmder sampai muncul layar hitam dengan menu pilihan

Pilih Y jika BB dipassword dan  N jika tidak,  kemudian tekan angka 4 untuk pilihan Wipe selanjutnya tekan Y untuk meneruskan proses Wipe, selanjutnya di layar merah ketik:  blackberry  dan Enter proses Wipe sedang berlangsung… lihat layar merah terakhir jika ada tulisan error berarti proses tidak  berhasil,  ulangi lagi dengan cara: cabut pasang lagi  BB saat jam pasir muncul koneksi ke PC. Ulangi lagi menu Pilihan JL Cmder dari menu Pilihan Y /N sampai akhir.  Jika masih belum  wipe berhasil  bisa  pilih dan  tekan no. 5 untuk reset to factory. Pada saat reset to factory akan ada konfirmasi di layar merah bahwa proses reset to factory berhasil. Proses Wipe / reset to factory selesai koneksi USB BB bisa dilepas.

Jika tidak jelas untuk Wipe bisa lihat prosesnya disini

B. Install OS 4.5.0 di BB 8320

- Buka dan klik file Loader.exe yang terdapat di:

C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader

- Lepas baterai BB 8320 dan sambungkan BB dengan PC  sampai dilayar PC di program Loader   muncul  Connection : USB UNKNOWN. (Jika belum muncul pasang batre lagi dan lepas, saat lampu merah segera sambungkan ke USB. Cepat Klik Next  kemudian pilih program yang akan diinstall  atau  langsung NEXT lagi  akan terlihat  4 proses instalasi: Load JVM…, Wait for device…, Read application… dan Loading Aplications Tunggu saja karena agak lama  + 20 menit.

Pada saat proses Wait to device…  Reconneting to JVM biasanya terjadi error… jangan khawatir atasi dengan  pasang batre dan pilih R (Retry) untuk mneruskan  proses install OS biasanya proses berjalan lagi sampai ..Loading aplications.

Pada proses terakhir Loading  aplication… Jika terjadi error lagi tekan R kembali. (jika tetap tidak bisa lepas batre dan saat jam pasir koneksi ke USB lagi) Setelah dilakukan hal ini  biasanya Instalsi OS BB 8320 langsung berhasil yang ditandai dengan

THE LOADING OPERATION WAS SUCCESSFUL

Jika proses terakhir tidak selesai biasanya terjadi error 507,  ulangi proses B. Install OS4.5.0 diatas sampai selesai, jangan lupa hapus dulu file vendor.xml. Install ulang ini akan menghapus error 507. Saya sudah coba atasi error 507 dengan cara ini  dan berhasil.

Setelah proses install OS selesai. Close program Loader tapi  Jangan dilepas dulu koneksi  BB8320 dengan USB, biarkan BB  booting (ada jam pasir) sampai selesai. Setelah muncul layar menu normal silahkan kabel USB dicabut. Proses install OS selesai.

Sekarang BB 8320 saya sudah kembali normal tidak Oon lagi….

Cara Terbaru   proses upgrade OS bagi Blackberry type apa saja caranya cukup mudah yaitu tinggal install Desktop Manager BB terbaru , connect internet,  kemudian sambungkan BB dan tekan sychn kemudian upgrade ikuti prosedurnya tunggu sampai selesai… OS sudah terupgarde…  simpel dan hasilnya memuaskan jika tidak jelas silahkan klik disini dibagian tulisan saya yang lain.

81 Responses so far »

  1. 1

    BB themes said,

    Thanks buat infonya ya bro…
    sangat membantu…

  2. 2

    newbie said,

    mantafffffffffff mannnnnn,,,,,,,

  3. 3

    yudhi said,

    Problem solved…!!!

    thanks banget share ilmunya om…
    ane cuma bisa doain semoga diberikan banyak kemudahan, kesehatan dan rejeki atas kebaikannya om…

    thanks…

  4. 4

    yudhi said,

    just info:
    aku praktekkan pada BB pearl 9105 (belum ada di indo kayaknya) (cmiiw) yang kebetulan terjadi error 523 karena power failure saat install chinese language

    sopwer pendukung dari http://blackberry.bosen.net/

    Hasilnya “SUKSES”… BB pearl balik lagi seperti semula + bonus berhasil install chinese font/language pula..

  5. 5

    irene said,

    masalahnya nih.. kabel USB saya suka gak konek ke laptop atau komputer.. gimana nihh? :((

  6. 6

    pujipadang said,

    thank banget bos atas informasinya BB aku jadi kembali lagi nih seperti semula.mudah2an bos dapet rejeki dari tuhan yang maha esa .thankkkk

  7. 7

    fath102 said,

    Amin..amin amin.

  8. 8

    septianto said,

    gan mau tanya saya kurang mengerti yang ini:
    “Hapus dulu file Vendor.xml yang letak file ada di:C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader”
    saya cari pc gk ada.tlong jwbannya.thanks

    • 9

      fath102 said,

      U/ Irene : Coba cek terminal USB di BB biasanya jika tidak connect, terminalnya rusak. jika benar rusak ganti terminal USB.
      U/ Septianto : Ya Mas install dulu Desktop Manager Blackberry di PC baru nanti muncul yang mas cari. sebelum melakukan hapus error 523 dan 507

  9. 10

    [...] dicabut. Proses install OS selesai. Nah, Sekarang BB anda seperti bayi yang baru lahir. Sumber : 1 [...]

  10. 11

    sas said,

    ga berhasil boss

  11. 12

    ario said,

    thanksfor your help bos

  12. 13

    Mr. DanesTa said,

    Thanks gw kira bb gw dah ga bakal bisa bener lg…hampir2 gw banting sangking keselnya…menyesatkan tutorial2 yg ga jls itu…tp lama juga ya bootingnya…lebih lama lg dari proses upgradenya sendiri…

  13. 14

    whaty said,

    Abang, bb8320 ku sudah saya wipe errror 102 nya trus saya coba install ulang 0s 4.22 tapi tidak bisa sampai selesai, saya tunggu 10 jam. kemudian cari info lain dan ketemu web Abang. Pada saat Load JVM sudah selesai, tidak ada lagi indikator untuk wait for device, saya cabut kabel usb, muncul error code, saya ulangi berkali kali tapi tidak berhasil. MUngkin karena saya tidak tahu hapus file vendor.xml-nya. Tolong Abang Bagi Ilmunya, Thank’s

  14. 15

    fath102 said,

    Hapus file Vendor.xml caranya:

    1. Install file program Desktop Manager Blackberry versi 5.0.1.28 atau versi lainnya sampai selesai kemudian restart.
    2. Start klik kanan pilih explore pilih Hardisk C dan cari folder Programming Files
    3. Vendor.xml letaknya ada di C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader
    4. Klik kanan file Vendor.xml dan pilh DELETE
    5. Vendor.xml sudah terhapus.

    • 16

      whaty said,

      Than’S, TAPI AKU SUDAH HAPUS file vendor saya coba install lagi dari tadi subuh saya ulangi beberapa kali tidak bisa pindah ke menunggu inisialisasi perangkat. saya tunggu berjam-jam tidak ada reaksi, tolonglah bang, gimana lagi caranya, Thank’s

  15. 17

    asri said,

    bos abis saya factorry reset ada tulisan: “error:cant open the port” itu gimana ya? sukses apa ga bos?

  16. 18

    qbill said,

    bang kalo bb saya sring nge restart mulu…
    saya sdah coba wipe beberapa kali..tp hasilnya masih sama…

  17. 19

    rrrr said,

    thanks< kau jga kya gini kasusnya,,,,,,, saya pikir rusak pdhal gini to kssnya< rncnya pengen d upgrate lagi aja

  18. 20

    iir wirawan said,

    mas kalau wak tu jalanin uploader keluarnya USB PIN-…. gmn…???

  19. 21

    iir wirawan said,

    mas waktu saya coba pas buka program uploader itu keluar USB PIN……….
    gmn tu..?
    mohon pencerahannya….
    thanks

  20. 22

    nanda said,

    txs bgt omm bt info.a BB gue dh normal lgi

  21. 23

    mitta yudistari said,

    apus vendor.xml dimana?

  22. 24

    wahyu said,

    berhasil gan….
    makasih banyak ya….

    btw, mo nanya ini. dulu bb saya 8320 pernah di install ulang (tp di counter). setelah itu saya g bisa pake browsing,fb,ym,dll. hanya bisa dipake bbm-an aja. kira2 itu kenapa ya ga?
    mdh2an bis di install sendiri sekarang bisa fungsi semuanya… :)

  23. 25

    kahfi said,

    mas,mau tanya…
    kok pin saya ke detect terus yah waktu pertama kali, jadi ga mau unknown…
    kalo dicoba lanjut…
    kok pas proses wait for device initialization ga bisa terus ya…
    error 507nya ga ilang2
    mohon responnya..

  24. 26

    juda said,

    saya coba ikuti petunjuk di atas,,tp dp saat error di “Reconneting to JVM biasanya terjadi error…” saya pasang batre n pencet R dri hh maupun PC mlh muncul error 507,,mohon pencerahannya….

  25. 27

    fath102 said,

    For All : Saat Install OS keluar USB PIN bukan USN UNKNOWN , pasang batre lagi dan lepas, saat lampu merah segera cepat sambungkan ke USB. dan segera Klik Next .

  26. 29

    yuli said,

    ..klo tuisannya jvm error 547 gmn ya??
    terima kasih sebelumnya

  27. 30

    febri said,

    keren bang……
    makasi infonya……

  28. 31

    nerly said,

    duuuh…haturnuwun mas…ilmu mu sangat guna buat beebe ku..alhmdllh…modal nekat..bebe ku kmbali normal n ga oon lg…hwa

  29. 32

    akmal said,

    makasih infonya.. BB ku sembuh

  30. 33

    andi said,

    saya telah menjalankan prosedur yang abang kasih tau ni…
    kata abang kan gini ya “Setelah proses install OS selesai. Close program Loader tapi Jangan dilepas dulu koneksi BB8320 dengan USB, biarkan BB booting (ada jam pasir) sampai selesai. Setelah muncul layar menu normal silahkan kabel USB dicabut. Proses install OS selesai…

    nah tapi saya gak sengaja cabut pas masih loading jam pasir, alhasil bb saya tetep mati bang, cuma lampu led merah aja kedip…
    mohon bantuan untuk solusinya bang… terima kasih

  31. 34

    andi setiawan said,

    gan punten sya pnya javelin ad tulisan reload softwaare 507,bgtu d apploeder pas load JVM system hp nya ngerestrart tus

    mhon bntuan nya gan …………….

    thank

  32. 35

    syakier said,

    tq gans -___-

  33. 36

    lemuel said,

    terimah kasih kak infonya

  34. 37

    reza said,

    bang,,punya ane ga bisa2 nih..Reconneting to JVM error trz!!!
    udh coba lepas pasang baterai ttp tdk bisa juga..
    mohon pencerahannya

  35. 38

    bigbos said,

    gan ane sukses berkat gusti alloh melalui trit ente…gusti alloh yang balas ya gan…

  36. 39

    reza said,

    klo error 602, kenapa ya penyebabnya???

  37. 40

    imsarahca said,

    Mas, jadi sebelum di wipe mesti delete vendor itu ya?? soalnya tadi pas di wipe ga bisa, eror katanya. makasih

  38. 41

    andhini dwi p said,

    informasi dunk aq ga bisa nanganin 507 pk jl_c gmn selalu ga bisa restar sendiri

  39. 42

    litle skill said,

    makasih brother, atas infonya.
    bb adik gw, bisa di pake lagi .

  40. 43

    ucokmonalisa said,

    cuma reset kalo eror 523

  41. 44

    edy sunockling said,

    mantaff boss tested by me….semoga alloh balas ilmu anda dengan kesehatan dan kelapangan rizky…

  42. 45

    fath102 said,

    U/ Mas Andi dan Mas Reza :
    Jika Reconneting to JVM error trz untuk mengatasinya lepas dan pasang lagi batre jika tetap tidak bisa batre dilepas dan dicharge dulu dengan charger desktop sampai penuh baru lakukan lagi prosedurnya…

  43. 46

    faiz said,

    matur thanks gan bbq suksess

  44. 47

    okon said,

    makasih banyak bang.. suksess.. suhu penyelamat.. hehe:)

  45. 48

    robai said,

    bang kalo bb saya sring nge restart mulu…
    saya sdah coba wipe beberapa kali..tp hasilnya masih sama…

  46. 49

    hz said,

    bb sy 8320 pot nya putus2 ga bs install ulang

  47. 50

    BB 8900 saya kok gak bisa hidup yah???
    awalnya sih error app 523 terus layar putih ada tulisan error 523 terus udah di software selesai tpi malah gak bisa hidup,,itu kenapa dan harus bagaimana?????

  48. 51

    qidz said,

    hem….maksi ats infonya ni sngat berguna bnget bwt sya????

  49. 52

    teddy said,

    gan… di Reconneting to JVM bbnya gak bisa lewat… asikk keluar erorr.. gimana tuhh gann???
    bb strom 9500..
    pernah bawa ke tempat perbaikan hp katanya ICnya rusakk…
    benar gakk ni gan???
    mohon pencerahannya

  50. 53

    Muhammad Amin said,

    klo BB 8320 error 403 , apa maksudnya Bang???? tq

  51. 54

    cendol said,

    ud ane jalanin semua langkah2nya koq masih booting trs ya gan…apa ada yang salah…??? tq

  52. 55

    imron sayogi said,

    ALAHAMDULILLAH….selain bb jd normal,nambah ilmu juga.thanks gan……

  53. 56

    bagas said,

    mau tanya ne kalo BB yg 8320 kalo dilayar ada gambar garis merah dibatre nya knapa ya?
    sebelumnya terima kasih,,,

  54. 57

    bagas said,

    maksd saya ada garis miring digambar batrenya,,,
    itu kenapa ya?

  55. 58

    wandi said,

    thank’s it work

  56. 59

    tolong saya dong
    pada saat di apploader device aplication listnya kosong, bagaimana ya om. thx

  57. 60

    brojol said,

    bos….DM lok gak di instal mau gak instal os>>>??? tolong di bantu…

  58. 61

    notcrythink said,

    masih menunggu boss…….

    waiting for install OS nya…..

  59. 62

    edgan said,

    Install OS4.5.0 gak berhasil ke instal….tp seletah pasang batre ada gambar kaset n dibawahnya 507 digaris miringkan…

  60. 63

    adhye said,

    thanks infonya bro..!!

  61. 64

    dheirmha said,

    mas, bb juvelin saya abis di copot batre ko loading’y ga jalan2 lg yah? tiba2 berenti.. harus diinstal ulang?
    sedangkan saya belum mem-backup datanya, gmn tuh mas biar bisa nyala lg dan data ga ilang. tq

  62. 65

    muyie said,

    mau tanya mas>BB q 8320 error klo dinyalakan cm muncul gambar battrey disilang dan gak mau loading..bgmn cara mengatasinya tanks to all

  63. 66

    eric said,

    Landscaping view blackberry monza error, kenapa ya??? help!!! potrait terus nih. di bolak-balik atas bawah, kiri kanan tetep ga bisa… bantuin gan :(

  64. 67

    herrytage said,

    gan , ane udah lakukan dan semua sukses. tapi bb ane tetep error 523 solusinya gmn ya..?
    ane udah hopeless nihh…

  65. 68

    tenol said,

    gan bisa tolongin ane gak ane ak punyakomputerkalodiwarnet lamaane di daerah semarang tolong ya

  66. 69

    nunux said,

    terima kasih bgt atas ilmunya, dr td malem bgadang nyoba2 mulai versi os yg tinggi ampe rendah juga gak bisa / gagal trus pas booting…pagi td dr jam 8 browsing ktemu jam 8.30 langsung eksekusi dan berhasil jam 9…..sipp makasih!!!

  67. 70

    fathoni said,

    mohon caranya,bagaimana mengatasi error 102 pada BB 9860..terimakasih sebelumnya…

  68. 71

    rivaz said,

    makasih boz infonya

  69. 72

    acep said,

    asw gan..maaf ane ga ngerti mksud tulisan dibawah
    you are about to reset a blackberry to factory state to continue type blackberry

  70. 73

    Aan Prayudi said,

    Dari Sekian Advice yg ku ikuti, cuma yg ini yg bener…
    capek udah 2 hari gk tidur….
    hadeh…
    thanks ya Juragaaaaann… :D

  71. 74

    aji said,

    Siang bro, mau tanya nih…
    Sy beli bb curve 8310 via online shop. Sy paket lifestyle mingguan pakai kartu simpati berjalan baik krn dpt verifikasi dr sms. Tp ternyata ko tdk ada/muncul aplikasi BBM-nya(?).
    Pertanyaan sy ialah apakah bisa di install melalui komputer PC? Boleh di share caranya bro? Maaf sy awam masalah teknis komputer. Tks Aji

  72. 75

    faypadila said,

    ko dah d reload softwere 2 x nyala sebentar eh nongol lagi gambar batu d silang

  73. 76

    pandu said,

    Siang para master, maaf mau tanya. saya ada masalah dengan bb monza / torch 9860.
    Tadinya abis diinstall ulang karena booting stuck 75%, kemudian saya wipe dah karena memory card error terus eh waktu lagi diwipe malah tiba2 layar jadi blank, ditungguin 1/2 jam masih blank juga, terpaksa deh cabut batere & pasang lagi, setelah loading sekitar 60% layar langsung blank lagi. dicoba install ulang pake apploader juga ngga bisa, waktu re-connecting to JVM gagal terus. Semoga para master & sesepuh mau berbagi ilmunya :D

    Thanks untuk yang mau info ke email saya di bawah :
    pandufaezalsusanto@yahoo.co.id

  74. 77

    tolong bantuannya, hp bb nya muncul reload 507. smpet kecabut kabelnya jadi ga ke detect sama DM, terus jalanin loader jdi muncul tulisan yg kalo gasalah DM gak bisa baca device. udah ganti kabel ttep ga bisa..
    tolong yaa udah 4 hari ini :(

  75. 78

    athabibi said,

    Bagi yang connection masih terbaca USB PIN…Supaya bisa connection USB UNKNOWN, DM dan OS softwarenya di uninstall dulu…baru lakukan step by step. install DM, install OS Software, Hapus file vendor,,,jalankan loader-nya, kemudian pasang handset…saat muncul notifikasi laptop/PC mau install driver handset klik next, langsung klik next lagi…

    berhasil gan…

    makasih ilmunya, seharian ngubek2 USB PIN itu,,,

  76. 79

    rudy said,

    app error 200 kenapa gan?
    solusinya utk memperbaiki?thx.
    salam kenal,,

  77. 80

    Satria Black said,

    thanks omm bb ku jadi sembuh lagi sama seperti yang di atas proses booting nya lama bgettt (hampir tak cabut kabel nya). tpi sembuhh mkasih ya boss

  78. 81

    bahtiar majid said,

    bb ane sering bgt muncul jam pasirnya gan?? pdahal aplikasi udh sdkit yg d isntall
    gmna cara ngatasinya


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 81 other followers

