Penyebab Doa Tidak Dikabulkan Allah

Penyebab Doa Tidak Dikabulkan Allah

Jumat malam (21/05) sehabis main bulutangkis saya ngobrol dengan salah satu teman main Bulutangkis, saking asyiknya ngobrol lupa kalau jam sudah menunjukkan pukul 00.30 karena belum puas, pembicaraan kami lanjutkan dirumah. Inti pembicaraan adalah teman saya ini menanyakan kenapa doanya belum juga dikabulkan dan dirinya belum juga merasakan terkabulnya doa sesuai dengan apa yang dia inginkan setelah mendekat dengan Allah bahkan ada musibah yang dia dapatkan.

Semua orang yang berdoa kepada Allah pasti dikabulkan 1000%  (lihat : Mintalah Kepadaku Pasti Kuberi.. di hal bawah)  dan tidak ada usaha yang sia-sia dalam berdoa kepada Allah, bahkan datangnya musibah yang menimpa pertanda Allah suka dan berkenan dekat pada hambanya perhatikan Hadist2 berikut :

Tiada seorang berdo’a kepada Allah dengan suatu do’a, kecuali dikabulkanNya, dan dia memperoleh salah satu dari tiga hal, yaitu dipercepat terkabulnya baginya di dunia, disimpan (ditabung) untuknya sampai di akhirat, atau diganti dengan mencegahnya dari musibah (bencana) yang serupa. (HR. Ath-Thabrani)

Sesungguhnya, besarnya balasan sesuai dengan besarnya musibah. Dan sesungguhnya jika Allah mencintai kepada suatu kaum, maka mereka akan diuji dengan berbagai macam musibah. Barang siapa yang ridho, maka dia akan diridhoi oleh Allah. Dan barang siapa yang tidak menerima (atas musibah tersebut), maka dia akan dimurkai Allah.” (H.R. Turmudzi, dia berkata: Hadis Hasan)

Dari Aisyah ra., dia berkata: bahwa Rasulullah telah bersabda: “Sesungguhnya orang-orang shalih akan diperberat (musibah) atas mereka. Dan tidaklah seorang mukmin tertimpa suatu musibah, seperti tertusuk duri atau lebih ringan dari itu, kecuali akan dihapus dosa-dosanya dan akan ditingkatkan derajatnya”. (H.R. Ahmad, Ibnu Hibban, al-Hakim dan Baihaqi)

Hadist riwayat Abu Hurairah ra.:
Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Akan dikabulkan doa seseorang di antara kamu sekalian selama dia tidak terburu-buru berkata: Aku sudah berdoa, tetapi aku tidak atau belum dikabulkan
. (Shahih Muslim No.4916)


Banyak orang yang berdoa kepada Allah tetapi belum dikabulkan didunia oleh karena itu agar doa kita segera terkabul  kita harus mengetahui hal-hal yang menyebabkan doa tidak dikabulkan oleh Allah yaitu :

1. Makan, minum dan berpakaian didapatkan dari yang haram

Dari Abu Hurairah RA dia berkata: Rasulullah SAW bersabda:

Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Allah itu Maha Baik dan tidak menerima kecuali yang baik. Sesungguhnya Allah Ta’ala memerintahkan kaum mukminin dengan perintah yang juga Dia tujukan kepada para rasul, “Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal yang saleh. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Al-Mukminun: 51) dan Dia juga berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah. (QS. Al-Baqarah: 172) Kemudian beliau menyebutkan seseorang yang letih dalam perjalanannya, rambutnya berantakan, dan kakinya berpasir, seraya dia menengadahkan kedua tanganya ke langit dan berkata, “Wahai Rabbku, wahai Rabbku.” Padahal makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan dia diberi makan dari yang haram, maka bagaimana mungkin doanya akan dikabulkan. HR. Muslim no. 1015

2. Tidak sabar dan terburu-buru doa ingin segera dikabulkan

Hadist riwayat Abu Hurairah ra.: Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Akan dikabulkan doa seseorang di antara kamu sekalian selama dia tidak terburu-buru berkata: Aku sudah berdoa, tetapi aku tidak atau belum dikabulkan. (Shahih Muslim No.4916)

3. Bermaksiat, meninggalkan kewajiban dan membiarkan suatu kejahatan

Hendaknya kalian memerintah-kan yang ma’ruf dan melarang yang mungkar, atau Allah akan mengirim-kan siksaNya kepada kalian, lalu kalian berdoa kepadaNya, tetapi tidak dikabulkan.” (HR. At-Tirmidzi dan di-hasan-kannya).

4. Tidak mau menolong orang yang sedang kesempitan (kesusahan)

Barangsiapa ingin agar do’anya terkabul dan kesulitan-kesulitannya teratasi hendaklah dia menolong orang yang dalam kesempitan. (HR. Ahmad)

5. Lupa memuji Allah dan membaca Sholawat Nabi sebelum berdoa

Jika salah seorang di antara kamu berdoa, hendaknya memulai dengan memuji dan menyanjung Tuhannya, dan bershalawat kepada Nabi , kemudian berdoa apa yang dia kehendaki.” (HR. Abu Daud, At-Tirmidzi, An-Nasa’i dan Ahmad, di-shahih-kan oleh Al-Albani).

Dari Aliz ia berkata, “Setiap do’a terhalang, sehingga diucapkan shalawat atas Muhammad dan keluarga Muhammad.”(riwayat ath-Thabrani dan dishahihkan oleh al-Albani dengan hadits yang lain)

6. Berdoa dengan hati lalai dan suara yang keras

Berdoalah kepada Tuhan kalian dengan merendahkan diri dan suara pelan. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” (Al-A’raf: 55).

7. Lupa mendoakan sudara muslim yang lainnya

Imam Muslim dari Ummud Darda ra., bahwasannya Rasulullah SAW bersabda, Doa seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakannya adalah doa yang akan dikabulkan. Pada kepalanya ada seorang malaikat yang menjadi wakil baginya, setiap kali dia berdoa untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka malaikat tersebut berkata : aamiin dan engkaupun mendapatkan apa yang ia dapatkan (Kitab Shahih Muslim no. 2733)

8. Lupa mendoakan orang tuanya

About these ads

18 Responses so far »

  1. 1

    Terimakasih, bisa menambah pengetahuan saya lagi :)

  2. 2

    marufmnoor said,

    akan jadi bahan ceramah saya nanti, syukran!!

  3. 3

    salman said,

    terima kasih infonya, ijin copi pak

  4. 4

    Terima kasih untuk tausiyahnya

    Rgds
    Igun

  5. 5

    muhamad hambali bin abdul gani said,

    terima kasih,banyak yang saya tak tahu..

  6. 6

    Alhamdulillah ..blog ini sangat bernmanfaat buatku..terimakasih..

  7. 7

    Rudi said,

    Alhamdulillah setelah membaca artikel ini memperingan beban sakit badan ku ini…

  8. 8

    jenggo said,

    saya hajat 4 malam tetapi belum juga terkabul, jadi apakah allah sdh memberi blm tersmpaikan karna terhalang oleh sgala hal amal perbuatan salah dan dosa, apakah allah menguji kt? Apakah allah blm waktunya memberi?

  9. 10

    juwieeta said,

    alhamdulilah menambah pengetahuan saya..amin..
    saya jadi semangat beribadah..

  10. 11

    wirosableng said,

    Tamba satu lagi yang paling mujarab doa kita adalah perbanyaklah memberi sodakoh kepada orang yang sangat membutuhkan

  11. 12

    rissa susanty said,

    Ah tak tahu mana yang bener

  12. 13

    Noor Baity said,

    Sangat Bermanfaat.. izin copy ya pak..

  13. 14

    Abu Insan al Kadiriy said,

    Mantab Kyai Fath, gimana sdh diberi momongan belum ?

  14. 15

    Siapa Kau !???! said,

    Thanks Y….. nie sgt bermanftt

  15. 16

    jalaludin said,

    gimana kita mau bersodaqoh, kita sendiri juga lagi kesusahan…boro boro ngasih orang lain, makanya miskin itu dekat sekali dengan kekufuran….jadi jangan mau jadi orang miskin…sakit hati mulu, itumah yang ngomong saba sabarr, cuma buat menghibur dirinya saja…

  16. 17

    Indra Afta said,

    terima kasih, tausiah ini sangat bermanfaat bagi saya, mohon restunya untuk dijadikan sumber tausiah saya

  17. 18

    F 1 LA said,

    Musibah/ujianku di luar jangkau nalar manusia….di setiap singgah atau hijrah di suatu tempat aku pasti menemukan musuh dalam selimut…yaa allah lindungilah seluruh keluargaku dari ancaman orang dzolim.aamiin


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 86 other followers

%d bloggers like this: