Tips Lengkap Cara Memilih dan Membeli Mobil Second / Bekas

Tips Lengkap Cara Memilih dan Membeli Mobil Second / Bekas

Dari pengalaman saya dulu Tahun 96 kerja Part time di dealer mobil SM daerah Magelang, membeli beberapa mobil second serta tambahan dari berbagai sumber informasi, membeli dan memilih mobil second / bekas sebenarnya tidak telalu sulit hanya saja butuh kesabaran untuk mendapatkan mobil yang benar-benar bagus. Caranya adalah sebagai berikut:

A. Persiapan Infomasi sebelum melihat Mobil yang diincar.

1.Cari informasi sebanyak-banyaknya di Internet kekurangan dan kelebihan type mobil yang dincar agar tidak kecewa nantinya misalnya info mengenai harga jual kembali, spare part murah & tersedia, mesin bandel, bensin irit, kenyamanan dll.

2.Mengetahui dan mencatat rentang harga standar mobil yang diincar karena harga mobil bisa berbeda tergantung kondisi barang dan aksesoris tambahan (tape, ban, velg dll) meskipun tahun dan type sama harga bisa berbeda.

3.Menggali informasi dari penjual karena mobil pribadi secara umum akan lebih baik dari bekas taksi atau rental. Daerah asal mobil juga menentukan kondisi mobil sebelum dilihat, misalnya mobil asal daerah dekat pantai/banjir akan membuat body lebih cepat korosif dll

4. Bawa senter untuk melihat bagian bawah mobil seperti tie rod, Casis dll, magnet kecil test body mobil (tidak juga tidak apa terutama bagi yg pengalaman) dan tissue utk cek oli.

5. Bawa uang secukupnya 200rb-1jt sebagai tanda jadi kepada penjual agar mobil tidak dijual ke orang lain selama masih dalam penawaran anda,

6. Usahakan transaksi di rumah penjual / pemilik mobil dan mengetahui tempat bekerja penjual agar jika ada masalah lebih mudah dikomplain

7. Buat Janji dengan pemilik mobil di siang hari agar lebih jelas melihat kondisi mobil.

B. Mencocokkan Nomor Mesin, Chasis, No. Faktur dengan BPKB

1. Cocokkan No. Mesin dan No. Chasis dengan BPKB

2. Periksa BPKB apakah nomor dan tanggal faktur BPKB sama dengan nomor dan tanggal faktur asli (jika ada)

3. Cek apakah mobil tersebut terdaftar di Polda sesuai BPKB misalnya untuk Polda Metro Jaya dengan mengirim sms : B6692 ke 1717 (jika server tidak dalam keadaan maintenance) maka nanti akan ada balasan sms yang berisi informasi : no.pol, jenis, merk,warna, tahun, masa berlaku STNK

4. Perhatikan fisik BPKB jika Mobil tahun lama tidak mungkin BPKB baru. Untuk BPKB baru biasanya didalamnya terdapat plastic dengan logo hologram polda

5. Perhatikan juga di STNK jatuh tempo pembayaran pajak mobil.

6. Lihat service berkala mobil (jika ada) atau Kartu ganti oli yang menunjukkan pemilik mobil setidaknya rutin merawat kendaraan

C. Melihat Kondisi Mobil

1. Jika bisa usahakan melihat mobil di siang hari agar lebih jelas

2. Mobil diletakkan dilantai / tanah yang datar dan lihat dari depan dan belakang apakah body mobil miring atau tidak agar tidak terjadi mobil lari anjing kencing.

3. Periksa mobil :

LAKUKAN PERIKSA MOBIL SECARA BERURUTAN SESUAI PENTUNJUK DIBAWAH AGAR SEMUA CEK DAPAT DILAKUKAN DENGAN BENAR

A. Exterior Mobil

1. Cat, Body dan Chasis

- Cat mobil : Lihat cat mobil secara keseluruhan apakah ada warna yang berbeda terutama pada bagian depan, belakang dan samping (pintu mobil). Cat juga dicek apakah masih orisinal atau di cat ulang, cat orisinil meskipun cat habis lebih baik daripada mobil yang dicat ulang karena kita akan tahu body asal dibalik cat tersebut. Pemilihan warna mobil juga penting karena warna cat silver akan lebih mudah dijual kembali daripada warna putih.

- All Body : Lihat kondisi atap, samping dan bawah mobil. Cari yang kaleng dan tidak banyak dempul. Jangan yang keropos. Body kaleng bisa diketahui dengan punggung jari tengah diketukkan pada body apakah suara nyaring dan bergetar jika ya berarti masih body mobil bagus atau menempelkan magnet kecil pada body jika body kaleng magnet akan menempel.

- Body Depan dan Belakang : Buka kap tutup mesin, lihat keni atau sambungan logam antar body asli atau bekas sambungan las. Lihat dibagian tulang2 rangka dekat lampu utama, bila kondisinya tidak lurus atau banyak dempulan, dipastikan mobil pernah tabrakan yang parah, urungkan niat membeli mobil tersebut. Begitu juga untuk Body belakang. Cek juga Body belakang buka pintu belakang dan tutup kembali apakah rapat, mudah dan simetris.

- Chasis dan Lantai : Lihat kebawah mobil apakah body bawah mobil banyak korosif, Chasis retak, lantai berlubang dll – Simetris Body : Body harus kelihatan simetris antara kanan-kiri yang artinya belum pernah tabrakan. Mobil pernah tabrakan biasanya body tidak simetris.

- Bemper : periksa Bemper apakah pecah, retak atau utuh.

2. Shock Absorber

Tekan bagian atas ban mobil atau goyangkan mobil secara pelan apakah mobil goyang perlahan dan tidak berbunyi.

3. Karet pintu

Lihat karet pembatas pintu mobil pada setiap bagian pintu apakah masih utuh dan bandingkan bagian tersebut dengan bagian pintu yang lain. Mobil yang utuh dan orisinal karet akan seragam dan berwarna sesuai umur mobil.

4. Engsel Pintu

Buka dan tutup pintu apakah masih terkunci rapat dan tidak goyang.

5. Kaki-kaki

Dengan dongkrak buaya, dongkrak bagian depan roda mobil, putar kemudi dan lihat Tie root, Ball joint dan Bushing apakah masih baik saat kemudi diputar. Dan pastikan tidak ada bunyi aneh saat kemudi diputar.

6. Ban Mobil

Periksa Ban mobil apakah permukaan ban habis secara merata atau benjol2 jika benjol shockabsorber tidak bagus, tidak habis merata balancing ban kurang bagus. Lihat juga tahun pembuatan ban karena ban ada masa pakainya masa pakai normal 3 tahun. Ban yang sudah lama sebaiknya tidak dipakai.

Produksi pembuatan bisa dilihat dengan aturan umum dibuat hitungan minggu dan tahun. Contoh Kode Ban IV2008 artinya Ban dibuat minggu ke 4 tahun 2008 atau kode ban FAT2510 : Ban dibuat minggu ke 25 tahun 2010

Ban cukup penting karena harga 1 ban yang bagus + 1 juta, 4 ban berarti 4 juta.

B. Interior Mobil

1. Bau dan aksesoris dalam Mobil

Bau dan aksesories dalam mobil mengindikasikan kepribadian pemiliknya, Bau harum aksesories rapi dan lengkap pertanda pemilik rajin merawat kendaraan. Bau apak aksesories acak-acakan pertanda mobil jarang dirawat dan Bau apak juga bisa berarti mobil bekas terendam banjir.

2. Interior

Lihat atap dalam mobil dan jok apakah masih orisinil jika tidak tidak apakah pembungkus jok masih asli. Karena ini adalah point tersendiri untuk menilai mobil orisinil. Lihat juga kelengkapan dan sabuk pengaman apakah masih berfungsi.

3. Dashboard dan Panel

Periksa Dashboard apakah ada yang pecah atatu cacat begitu juga dengan panel yang lain seperti Panel AC, Pintu, Spion dll

4. Lantai mobil.

Buka karpet dan cek apakah lantai mobil masih utuh tidak keropos. Jika karpet tidak bisa dibuka lihat apakah karpet kering atau basah karena air masuk dari kolong mobil.

C. Mesin Mobil

1. Mesin.

Buka kap mobil dan lihat apakah mesin mobil dalam keadaan kering Tidak ada kebocoran oli. Jika basah karena oli kemungkinan verpak bocor dan akan terjadi banyak masalah dikemudian hari.

2. Oli

Ambil stick indikator oli, bersihkan dengan tissue dan masukkan kembali lalu ambil kembali, Periksa tingkat ketinggiannya pada ujung stick. Tinggi normal oli ada di antara tanda garis-garis Low dan Full. Jika oli berada di level paling bawah dan terlihat kotor besar kemungkinan oli ikut masuk ke ruang pembakaran. Bisa juga karena oli jarang diganti pada waktu yang lama

( CARA INI BERLAKU SAAT MOBIL BELUM DINYALAKAN, OLI AKAN BERKURANG SAAT MOBIL DINYALAKAN. KARENA OLI NAIK KE MESIN).

3. Kelistrikan

Periksa ruang mesin apakah ada kabel tambahan yang tidak standar dan tidak rapi, terutama pada kutub Positif pada Aki yang mengindikasikan banyak aksesoris listrik tambahan. Tes kelistrikan dengan menghidupkan mesin mobil dan hidupkan AC, Tape, lampu power window dan perangkat lainnya. Kemudian tekan pedal gas dan periksa apakah perangkat listrik tsb tetap berjalan normal.

D. Test Drive Mobil

Sebelum anda mencoba mobil mintalah kepada teman anda atau penjual mobil untuk menghidupkan mobil dan anda lihat hal-hal berikut:

1. Asap Knalpot mobil

Saat mesin dalam keadaan dingin (Lihat indicator temperature mesin jika mobil di ON / ACC ) hidupkan mesin, kemudian tekan gas dengan kuat, lihat lubang knalpot apakah asap keluar berupa embun air atau keluar kotoran oli, jika keluar kotoran oli lebih baik pertimbangkan dulu untuk cari yang lain.

Perhatikan warna asap. Jika Asap berwarna:

Putih : Berarti Seal Klep bocor (busi cepat mati)

Biru : Ring piston lemah.(Oli bocor diruang bakar)

Hitam : Karburator dalam kondisi kotor ( bensin boros)

Yang normal adalah saat di gas seketika asap sedikit berwarna Coklat hitam kemudian segera menghilang.

2. Suara Mesin

Hidupkan mesin, saat pertama kali atau mesin masih dingin kadang terdengar suara kletek-kletek masih wajar akan tetapi setelah panas suara mesin harus halus normal tidak ada suara asing. Terutama dengarkan suara mesin didaerah mesin (daerah busi) apakah ada suara knocking , jika ada akan ada banyak tambahan biaya untuk memperbaikinya. Suara normal mobil bensin saat di gas halus dan ringan sedangkan mobil diesel renyah dan garing

Mulai Test Drive dengan memperhatikan hal berikut :

1. Control Panel.

Cek apakah setiap control masih berfungsi, mulai dari lampu depan dekat /jauh, lampu parkir, wiper, penyemprot air, pembuka kaca, pengunci pintu, Panel Speedometer, Thermometer, Indicator bensin , battery, control AC, Spion, suara tape dll.

2. Stir Kemudi

Mulai jalankan mobil pada trek lurus kecepatan 30-40km kendurkan pegangan tangan pada kemudi, perhatikan jalannya mobil stabil jalan lurus atau banting kanan/kiri. Jika kemudi banting kanan/kiri bisa Tierod, Ball joint dan bushing yang bermasalah atau Jika semua komponen tersebut normal artinya roda belum dispooring dan balancing

Saat selesai test drive bisa Tes spooring dengan cara Dongkrak mobil bagian depan dan goyang ban kedalam dan keluar apakah goyang atau tidak. Tierod dan Balljoint karena bahan dari logam bisa dilihat bekas gesek dengan benda keras sehingga bentuknya tidak sempurna. Bushing yang berbahan karet bisa dicek dengan cara menekannya bila sudah keras atau retak-retak maka karet harus diganti.

3. Rem

Jalankan mobil pada kec 40-50 km di jalan lurus, kering dan lebar kemudian rem rasakan apakah pedal rem bergetar saat ditekan. Jika ya kemungkinan besar permukaan discbreak tidak rata sehingga ketika kanvas rem menjepit, himpitan ke komponen ini tidak merata dan ini sangat berbahaya jika sampai macet dapat mengakibatkan kecelakaan. Saat direm mobil langsung berhenti lurus stabil atau berhenti miring. Jika berhenti miring satu rem macet atau tidak berfungsi.

4. Transmisi

Setelah gigi 1 pindah ke gigi selanjutnya dan rasakan pindah gigi: – Manual : Pindah gigi terasa mudah, halus, tak berbunyi dan kopling tidak selip – Automatic : Tidak ada delay saat pindah gigi. Normalnya ketika tuas dari posisi P (Park) dipindah ke R (Reverse/Mundur) sambil menginjak pedal rem, akan terasa hentakan namun tetap terasa lembut. Begitu pula jika tuas dikembalikan ke posisi N (Netral) dan dipindah ke D (Drive).

5. Kaki- kaki

Mulai jalankan mobil, belokkan mobil apakah ada suara aneh seperti krek-krek atau yang lain jika perlu ambil jalan berlubang atau bergelombang untuk mengetes fungsi Shock absorber. Rasakan dan dengarkan suara shockbreaker saat mobil turun dan naik dari lubang seharusnya mobil goyang pelan dan tidak terdengar dagdug saat masuk ban keluar masuk lubang.

6. Per dan Velg

Kalau ada cari per yang standar bukan modifikasi begitu juga dengan Velg karena biasanya saat peer dimodifikasi ceper atau Velg/ban diganti diamater lebih besar, mobil bagian bawah sering mengalami masalah seperti kolong banyak tergores karena terbentur aspal, spareboar beradu dengan ban dll.

E. Kelengkapan Mobil

Dongkrak, Ban Serep, Kunci Ban, Segitiga Pengaman adalah kelengkapan wajib yang harus disertakan saat mobil digunakan. Mintalah kelengkapan ini jika ada.

Perlengkapan tambahan lain adalah Senter, Kotak P3K, 1 set kunci pas, Pemadam kebakaran, jerigen air dll.

SARAN

1.Jangan membeli mobil second jika anda tidak tahu mesin mobil dan body mobil beserta legalitas kelengkapan suratnya. Ajak teman yang benar-benar mengetahui mobil second saat anda membeli mobil.

2.Jangan percaya apapun omongan penjual. Lihat dan test aja sendiri kondisi mobil jika anda yakin dan suka.. beli, jika tidak tinggalkan.

3.Membeli mobil second harus sabar jangan langsung melihat terus dibeli apalagi kelihatan bernafsu untuk segera membelinya karena penjual akan bertahan dengan harganya, sabar saja dan coba dulu mobilnya setelah oke baru beli.

4.Belilah mobil second dalam kondisi orisinil cat meskipun cat sudah habis.

5.Beli mobil dari yang anda kenal lebih baik daripada dari orang yang tidak anda kenal.

6.Siapkan dana untuk perbaikan mobil agar mobil benar-benar Maknyus saat dipakai…

“Jika artikel ini anda anggap membawa manfaat terutama saat anda membeli mobil, Berikanlah apapun seikhlasnya kepada orang yang membutuhkan disekitar anda. Semoga Mobil anda banyak membawa kebaikan. Amin”

About these ads

24 Responses so far »

  1. 1

    saputro rony said,

    Tengkyu mas.,.,!! artikelnya ., salam dari otobursa TVRI comunity,

  2. 2

    Dadang Wandara said,

    Asswrwb. Terima kasih tips nya,

    Lengkap sekali informasinya.

    Saya pingin juga tips perawatan mobil bekas, terutama mobil usia 5 s/d 20 tahun.

    terima kasih.

    Wassalam wrwb.

  3. 3

    Eko SW said,

    “2.Jangan percaya apapun omongan penjual.”

    ugh setuju banget deh.
    pengalaman jalan2 ke otobursa tvri, awalnya saya percaya. tapi 2x kemudian aja, dah mulai yakin ada yg ga bener. masa semua penjual disana yang saya tanya jawabannya, “ini sy jual mobil bude”. atau pakde, atau kakak. atau bawahan. Asyeeeem…..

    * tapi apa sy bs bener2 jujur ntar nih? Amiin

  4. 4

    Dedy Jaya said,

    sy mw tanya bagusan Escudo 96′ apa Sidekik 00′ ?? Dan apa bedanya Escudo Jlx,Nomade,sidekik & apa kelebihan dan kekurangan dri k 3’a tsb mna yg pling bgus ….

  5. 5

    fj said,

    makasih bgt. infonya…
    ternyata ga gampang pilih mobil bekas ya..
    jadi mikir ni.

    maunya cari corolla dx yang murah meriah daerah bali
    ada saran ga..?

  6. 6

    ldiibadung said,

    maksih banget mas…. infonya komplit banget & sangat membantu.

  7. 7

    sjm mtr said,

    top banget tipsnya…………..makasi mas

  8. 8

    sjm mtr said,

    infonya lengkap………………tengkyu

  9. 9

    jeje said,

    mungkin yang di oto bursa tvri semua satu kleuarga kali bang…wakakaka

  10. 10

    sony gunawan said,

    sangat membantu,,,,,,thanks….!

  11. 11

    adi said,

    terimakasih om.. info dan tipsnya sangat membantu sekali bagi kami..

  12. 12

    fiqhiday said,

    info yang super lengkap & bermanfaat dan sangat membantu sekali…..

  13. 13

    arman said,

    Jadi tambah PD, berasa jadi ahlinya nih abis baca info ini hehe ..Trims bro..God bless you.

  14. 14

    nachrun said,

    man mmmmmantap pengetahuanx…txxx

  15. 15

    EghyR01 said,

    Terima Kasih Atas infonya .. artikel yang sangat bagus ..

  16. 16

    hendrrri said,

    yangdikatakan mesin mobil bagus itu ge mna

  17. 17

    ajibqu said,

    siiip bos,.. very very help me,

  18. 18

    woro supartinah said,

    Terima kasih infonya. Bermanfaat sekali..

  19. 19

    mahpudin said,

    artikel ini sngat brmnpat bgi sya, smga yg menulisnya dbrikan kmudahan dri sgla urusannya. Aminnnnnnn…..

  20. 20

    Tambahan….cek lampu besar, kalo kelihatan bening dan mulus,..padahal usia mobil diatas 5 tahun, patut diwaspadai dan jgn terkecoh…jgn2 mobil pernah tabrak an depan sampai lampu pecah semua

  21. 21

    asropin said,

    semoga sukses slalu

  22. 22

    mas herArema said,

    Trims atas sharing pengalamanya.

  23. 23

    This blog was… how do I say it? Relevant!! Finally I have
    found something that helped me. Kudos!

  24. 24

    Deddy Rheimland said,

    Good Information… MUMTAZ…


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 86 other followers

%d bloggers like this: