Ciri dan Jenis Garansi Resmi Blackberry (BB) RIM di Indonesia

Ciri dan Jenis Garansi  Resmi  Blackberry  (BB) RIM  di Indonesia dan Alamat Customer Service Resmi Blackberry  di  seluruh Indonesia 

Membeli Unit  Blackberry baru   hampir  setiap orang bisa  melakukannya asal memiliki dana yang cukup,..   datang ke Counter Hp, Tanya ini itu, Pilih model… transaksi …. beres.  Apakah memang demikian ? Ya,  jika anda ingin praktis. tapi sebenarnya  ada yang harus  diperhatikan jika anda tidak ingin  Blackberry anda berpotensi  bermasalah dikemudian hari . Yaitu anda  harus  memperhatikan hal-hal sebagai  berikut :

PIN  dijamin aman   tidak suspended di kemudian hari,   Unit  dan aksesoris seperti Baterai, charger, handset   asli / original ,  Unit BB  dijamin berfungsi  normal 100%,  Penggantian Unit baru jika Unit rusak bukan kesalahan pemakaian selama masa Garansi, Memilih Distributor resmi  yang  memiliki tempat  service memuaskan dan tersedia spare partnya   dan kalau bisa tentunya  harganyapun bersahabat.

Nah… untuk mendapatkan hal diatas paling mudah membeli BB dari operator ponsel yang bekerja sama dengan RIM seperti Telkomsel, XL, Indosat, Axis atau Smart tapi jika anda tidak ingin demikian perhatikan hal berikut saat membeli BB di toko / counter ponsel :

1. Pilihlah penjual yang berani bertanggung jawab saat anda bertanya :” PIN aman kan? dan Semua aksesoris original? jika tidak saya kembalikan yang tidak original  (terutama batre)” ? jika penjual berani menjamin  belilah… jika tidak cari toko/ counter  lain masih banyak kok.

Dari pengalaman saya dan berbagai informasi yang saya dapatkan, yang paling sering ditukar dari unit lengkap Blackberry adalah : BATERAI, Penukaran baterai oleh penjual bisa terjadi pada BB dari  Distributor resmi maupun nggak resmi , Plastik  pembungkus Dus Blackberry ini bisa disobek batre diganti  dan dibungkus plastik baru lagi,  yang paling gampang untuk mengetahui baterai asli dari Distributor atau sudah ditukar oleh penjual, Perhatikan adanya sticker dari Distributor yang ditempel pada Baterai. Jika TAM ya sticker TAM, Jika SS ya sticker SS dst..

Jika baterai tidak ada sticker minta garansi baterai  dari penjual jika penjual tidak mau menukarnya dengan baterai bersticker Distributor.

2. Pilih Distributor resmi yang dipercaya. Pada umumnya hampir semua penjual BB  menawarkan  pilihan garansi : TAM, SS, Comtech/Trikomsel, Berryndo, Bless atau Garansi toko.  Mana yang terbaik?  Menurut saya yang terbaik adalah yang memberikan Garansi sesuai/ mendekati  standard RIM   atau paling tidak  pilih Distributor yang tidak banyak mendapat  komplain di surat kabar maupun di internet karena salah satu Distributor resmi Blackberry   ditenggarai  sering mendapat komplain dari user yang mengalami masalah pada Blackberrynya tapi tidak menggubrisnya  anda akan kecewa berat jika mengalaminya. untuk mengetahuinya bisa baca di Surat Pembaca harian manual / digital Kompas atau Detik.com

3. Coba tes semua fungsi unit BB saat anda membeli terutama seperti : Tes charger, Tes otomatis lampu keyboard nyala saat sensor cahaya di atas kanan layar  ditutup,   tes bicara ditelpon/ menelpon, tes tombol keyboard semua tombol  yang ada pada unit  anda tekan dan tes fungsinya , tes BB untuk foto, tes Handsfree dan Bluetooth

4. Lihat PIN dan IMEI BB pada  box BB, Cocokkan  PIN dan IMEI unit BB dengan Dus dan kartu garansi harus sama,  serta Vendor ID  untuk mengetahui dari operator atau Distributor   mana vendor berasal. Untuk mengetahuinya tekan tombol keyboard BB secara bersamaan  yaitu tombol : Alt + Shift (aA) dan H maka akan terlihat PIN, IMEI , App. Version, Plattform dan Vendor ID.

Vendor ID :

186 Telkomsel
240 Indosat
308 XL Indonesia
327 Axis
352 3-Indonesia
613 TAM
Adapun Ciri dan Jenis Garansi  resmi maupun yang tidak resmi Blackberry   di Indonesia adalah sebagai berikut : Garansi Resmi RIM ( Garansi RIM Operator dan Garansi  RIM Distributor ), Garansi Distributor  Non RIM  dan Garansi Toko.

1. Garansi Resmi RIM

Blackberrry  dikatakan  mempunyai Garansi Resmi  jika Blackberry tersebut  mendapat  garansi yang diberikan oleh Research in Motion / RIM (selaku pemilik dan operator Blackberry diseluruh dunia), Di Indonesia  RIM memberikan hak  Garansi resmi    kepada  Operator  ponsel  di Indonesia  seperti  Telkomsel, Axis, XL ,  Indosat dan Smart   dan  Distributor yang bekerja sama dengan Brightpoint  selaku Distributor Global Blackberry yaitu  Teletama  Artha Mandiri / TAM, Seluler Media Infotama / Selluler Shop dan  PT.  Comtech  / Trikomsel  Dari Operator dan Distributor inilah Blacberry baru bisa dikatakan bergaransi Resmi  dari RIM  karena  ketentuan standard  garansi  Internasional RIM  seperti penggantian unit  baru bisa  diberikan jika Unit BB baru yang diberikan  PIN mengalami Suspended atau rusak karena factor dari Pabrik.  Jadi  pemegang Garansi  resmi  Blackberry  / BB  dari RIM  di Indonesia dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:

  1. Garansi   RIM Operator   :  Telkomsel, Axis, XL , Tree, Indosat dan Smart
  2. Garansi  RIM Distributor  :  TAM,  SS (Seluler Shop)  dan  Comtech (CTN / Trikomsel)

penjelasan tentang  Garansi Resmi Blacberry dari   RIM   ini dapat dipertanggung jawabkan karena dirilis secara resmi di website  Blackberry Indonesia yaitu di  (http://id.blackberry.com/bec/location.jsp).  Sehingga jika ada penjual ponsel Blackberry  menginformasikan yang  berbeda anda dapat mengoreksinya.

Perbedaan Ponsel BB Garansi Resmi   RIM  Operator dan Garansi  RIM  Distributor   adalah:

  1. Ponsel  BB  garansi RIM operator  penggunaannya dibatasi  hanya  satu operator / SIM card saja sehingga tidak dapat dipakai oleh operator lain kecuali sudah di unlock. Sedangkan  Ponsel BB Garansi RIM Distributor bisa langsung dipakai  oleh berbagai jenis  operator ponsel seperti Telkomsel, Axis, XL , Indosat , Tree atau  Smart
  2. Ponsel  BB  garansi RIM operator  hanya memiliki  beberapa  type ponsel BB tertentu saja tidak semua type  dan biasanya  jika ada model baru harus indent  terlebih dahulu sedangkan untuk Garansi RIM Distributor semua type ponsel BB tersedia dan biasanya tidak perlu indent.
  3. Ponsel  BB  garansi RIM operator  terdapat  Logo operator pada Saat loading ponsel , logo operator pada  body BB dan logo operator di kartu garansi sedangkan   sedangkan untuk Garansi RIM Distributor logo Distibutor  hanya terdapat di box, body  dan kartu garansi saja.
  4. Ponsel  BB  garansi RIM operator  jika rusak / bermasalah biasanya diganti baru karena lebih efektif, efisien dan membawa nama baik operator sedangkan ponsel Garansi RIM Distributor  jika rusak  biasanya diperbaiki  jarang sekali yang diganti baru mesikpun ada juga Distibutor RIM yang mengganti unit baru tapi jarang sekali  paling sering adalah  diperbaiki / diservice oleh Service center Distributor ybs
  5. Ponsel  BB  garansi RIM operator  relatif lebih mahal dari  Garansi RIM Distributor

Sedangkan persamaannya adalah :

Garansi PIN seumur hidup  mencakup spare part dan service, aksesoris original,  Box ponsel  BB terdapat  logo operator atau Distributor Resmi RIM  ybs beserta ijin dari DirJenPosTel/ DJPT , Biasanya harganya relative lebih mahal dari garansi non Rim dan Garansi Toko,   Lama Garansi Resmi Blacberry dari RIM ini adalah 2 tahun  info disini

2. Garansi tidak resmi RIM / Garansi Distributor  

Garansi Distributor adalah garansi yang tidak  standard dan diberikan oleh Research in Motion / RIM (selaku pemilik dan operator Blackberry diseluruh dunia)  tapi garansi ini hanya  diberikan oleh Distributor yang memasukkan Blackberry   ke Indonesia  dan mempunyai  ijin resmi  dari Deparpostel untuk distribusi BB di Indonesia . Ketentuan garansi Internasional / standard RIM tidak  berlaku untuk garansi distributor meskipun dijual  resmi  di Indonesia.  Di Indonesia pemegang Garansi  Distributor tidak  resmi  dari RIM dan memberikan garansi 2 tahun juga  adalah Berrindo, Bless, Royal  dll.

Blackberry garansi Non RIM  tidak selalu jelek bahkan kadang –kadang kalo beruntung   mendapat unit yang dibuat dari Canada dengan IMEI  7 dan 8 adalah 04  yaitu Negara pembuat Blacberry qualitas terbaik di dunia  meskipun batrenya loyo (diganti sama distributor kali) ,  untuk mengetahui Negara asal pembuat BB  perlu dilakukan sedikit trik yaitu :

Ketik *#06# maka akan muncul IMEI 15 digit contoh : 123456 . 04. 1234567 maka digit ke  7 dan 8 yaitu 04 artinya adalah :

-          04  buatan  Canada  Limited dg qualitas  terbaik di dunia  rangking 1

-          00 buatan Finlandia qualitas sangat bagus rangking 1 – 2

-          03 buatan  Perancis atau Canada qualitas paling baik rangking 3

-          08 atau 80 buatan Jerman qualitas Lumayan rangking 4

-          02 atau 20 buatan asia qualitas paling tidak lumayan alias jelek  rangking 5

Garansi Distributor biasanya harganya lebih murah dari Garansi resmi RIM  dan jika unit mengalami kerusakan jarang yang mendapat penggantian baru paling sering adalah perbaikan.  Ciri lain yang paling sering terjadi adalah Batre baru  tidak dijamin original meskipun ada juga yang mendapat batre original, dan garansi jelas bukan dari RIM tapi dari Distributor yang bersangkutan akan tetapui lamanya garansi sama dengan garansi resmi RIM yaitu 2 tahun .

2. Garansi Toko  

Blackberry baru  Garansi Toko biasanya hanya berani memberikan garansi  PIN aman  dan Unit tidak rusak paling lama 1 bulan,  akan tetapi harganya paling murah dibanding dengan garansi lainnya,  ciri khas Blackberry garansi toko bisanya adalah : Box dengan logo operator luarnegeri : Verizon,  AT&tT dll atau tanpa Logo , BOX tidak rapi dan cetakan jelek. Asesoris seperti Charger dan Batre 80% adalah  tidak original.

Alamat dan Lokasi Customer Service / Pelanggan Blackberry Telkomsel, XL, Indosat, Axis, Comtech / Trikomsel, Selluler Shop dan TAM di seluruh Indonesia

1. Telkomsel ada disini

2. XL ada disini

3 AXIS ada disini

4. Indosat ada disini

5. Comtech / Trikomsel ada disini

6. Selluler Shop / SS  ada disini

7. TAM ada disini

Mintalah kepadaku pasti Kuberi…

About these ads

241 Responses so far »

  1. 1

    haposan said,

    jd klo yang garansi Bless itu termasuk garansi resmi apa tidak..?

  2. 2

    fudel said,

    untuk imei kalo digit ke 7 00 itu bagus pa tidak

  3. 6

    nugraha said,

    kalo imei digit ke 7 dan 8 itu 00 gimana ???

  4. 9

    fath102 said,

    U/ Mas Haposan & Andri : Bless dan BBOne adalah garansi Distributor non RIM
    U/ Mas Fudel dan Mas Nugroho : IMEI digit ke 7 dan 8 itu 00 itu sangat bagus mas…. lihat tulisan diatas yang sudah saya koreksi ..

  5. 11

    Wahyu said,

    Gan ketiknya dimana?

  6. 12

    fath102 said,

    U/ Mas Wahyu : Ya di keyboard qwerty blackberrynya to mas….

  7. 13

    Tito said,

    Nice Thread mas… :D

  8. 14

    pinoto said,

    klo garansi dri berryindo tu bagus pa gg gan..?

  9. 15

    rahmatan said,

    mas aq mau belinya yang garansi bless? itu bagus gak? kekurangannya dibanding yg TAM apa mas?terimkasi banyak

  10. 16

    agus said,

    saya beli BB garansi bless tapi barangnya kaya bekas pakai , lubang carger udh sdkit berkarat dan didalam bawah batre seperti udh sering kena tangan keliatan gosong hitam berdaki , mana denger2 dr org bless itu jelek banyak yg komplain gmn tuh ya

  11. 17

    tata said,

    mau beli blackberry malah jd pusing kyaknya ribet amat msalah gransinya,smakin cri infonya makin ksini makin pusing,,,
    gk jd bli aja lah :-(

  12. 18

    samuel said,

    mas saya mau tanya kl kode 05 bagus ngak thx

  13. 19

    dolly said,

    kalok garansi royal asli apa engga yah?

  14. 20

    Nurfitri Budiapriyanti said,

    mau tanya deh, charger masuk ke dalam garansi ga yah? baru beberapa hari beli masa charger sudah bermasalah.

  15. 21

    Iwan Ibul said,

    penting for all:

  16. 23

    yosephadiari said,

    mas ,,mbak,,pak,,,bu,,,ato sapalah,,,,kalo misal digit ke 7 dan 8 saya pada IMEI itu 0 dan 5,,,apakah itu trmasuk nmor imei resmi dan trmasuk kualitas bagus?,,bales info ni ya,,,penting

  17. 24

    Rahmat said,

    Kalo garansi B***S, jelek banget… sangat mengecewakan. punya gw udah 2 kali rusak… masih aja ga ditanggulangi. ga ada solusi. gimana mau menang sama kompetitor lain kaya TAM,CTN, dan SS.
    Pelayanan… apa lagi… everything is shit lah buat B***S.

  18. 25

    Rahmat said,

    Pelayanan service CENTRE’ Nya jelek banget bUat BLESS “MENGECEWAKAN”. jangan beli garansi BLESS

  19. 28

    linda said,

    Kalo imeinya angka 05 gmn tuh?

  20. 31

    BeRRindoSuck said,

    Yang psti gan, JAngan beli BB dgn garansi B******* Q**** tmpt servis ITC Roxy Mas Lt. 3 kejadian gw beli BB onix 2, keypad “P” nya ga enak, trus ada cacat fisik, malah gw disuru byar 125rb….sedangkan BB ade gw cacat fisik di TAM lnsg diganti unit….@Orang” B******* Q*** mengais rezeki dgn dgn obralan manis sblum byar, udahannya dicekik, gw KECEWA dan Menyesal,,,,,,Fuck lah… gw tunggu bangkrutnya!!!!

    • 32

      ita said,

      Iya, gw setuju tuh.. Berrindo Q-Tel di roxy mas lantai 3 menurut gw penipu terselubung. Kalo beli mending tanya isi dari kartu garansi nya dulu! Kalo cacat fisik menurut gw hal biasa. Namanya barang di simpan di kantong/ tas, pasti bisa aja baret/ tergores. Masa, cuma gara2 baret/ gores garansi jadi ngga berlaku?? Distributor ANEH!!! MENYEBALKAN!!! Ngga usah tulis garansi aja kalo emang ngga mau tanggung jawab!!!

    • 33

      yosef said,

      Beli  Bm aja ,imei tetep 04 rim jg tetep OK ,!! Garansi resmi jg Belum tentu bagus !! Saya make udh 3 th ƍäª ada masalah tu !! Emang nya garansi tam kalo  nya mati total mmau ganti dengan unit baru?? Engga broo!! Temen ane jd korban ,sampe sekarang  nya ƍäª jelas !!  bm murah tp kwalitas ƍäª murahan !!!

      • 34

        lia said,

        Gw jg pake bb dakota BM..
        Pas pprtma x launching hrga asli smpe buat kantong trkuras..
        Buktiny bb gw ga prnh eror udh 1 tahun’n ttp bagus.. Imei ny 04 . Pinny cantik dpanny ga urutan 3xxxxx tp 2xxxxx tmn gw aj pake garansi resmi tpi malah service mulu * jadi inti dr kerusakan it trgntung dari pemakai jg *

      • 35

        Novan Syah said,

        beli dimana bro

      • 36

        pham pham said,

        kalau d’best gmna tuh bgus gk ya
        tolong info’a donk

  21. 37

    jabbal said,

    Klo vendor Id nya 144 gmn??itu garansi mna??tlg d balez.mksh

  22. 38

    Dian said,

    Onix 2 ku yang baru aku beli beberapa hari yang lalu IMEI Digit ke 7 dan 8 kodenya 04
    Alhamdulilah yah sesuatu ^_^

  23. 40

    whitesynx said,

    lihat penjelasn di atas:
    Garansi RIM Operator : Telkomsel, Axis, XL , Tree, Indosat dan Smart
    Garansi RIM Distributor : TAM, SS (Seluler Shop) dan Comtech (CTN / Trikomsel)
    trusss Royal, bless, berryndo, wii itu termasuk apa gan???

  24. 41

    red said,

    ihat penjelasn di atas:
    Garansi RIM Operator : Telkomsel, Axis, XL , Tree, Indosat dan Smart
    Garansi RIM Distributor : TAM, SS (Seluler Shop) dan Comtech (CTN / Trikomsel)
    trusss Royal, bless, berryndo, wii itu termasuk apa gan???

  25. 43

    syahputra di Bks said,

    kalo ada BB yang garansi TAM 2 tahun, No Logo itu maksudnya apa ya?trus kalo ada kerusakan/cacat pihak TAM mau menyervis/ganti?
    terimakasiiihhh…

  26. 44

    asen komunika bandung said,

    terimakasih atas artikelnya….buat tambah tambah pengetahuan !……

  27. 45

    eckazea said,

    susah cari garansi resmi BB…
    cari” dr om google mlah tmbah puyeng,
    kta’y bgni kta’y bgtu mna yg bner ya????
    bsa” btal beli BB nh!!!!
    huft….

  28. 46

    atik said,

    saya beli garansi TAM
    tapi imei dijit ke 7 & 8 itu 05..itu buatan mana? bagus ga ya?

  29. 48

    chicy said,

    Mas, kalau IMEI 7 dan 8 nya angka 05 gmn??
    Made in Hungary 2
    Gmn ya???

  30. 49

    adam said,

    makasih infonya… punya ku 04 garansi comtech.. mudah2 an langgeng..:-)

  31. 50

    ika said,

    iya tolong dijawan 05 gransi TAM buatan mana ???

  32. 51

    riskaa said,

    plisss donk kalo garansi TAM lalu digit 05 bagus gak buatan apaa tuhh plisiiisssssss :) makasiiih

  33. 54

    gupita said,

    iya saya jg beli bb imei 7 dan 8 kok 05 ya tapi itu garansi ss ? original gag? tolong dibls dong . makasihh

  34. 55

    ria said,

    klo digit 05 itu buatan mexico kawan :)

  35. 57

    tejo said,

    sangat bermaanfaat infonya mas…

  36. 58

    linda said,

    Imei 05 bknnya taiwan yah?

  37. 59

    pera said,

    iy neh…..bb imei 05 garansi dari TAM made mexico 1 original gk y ??? n bagus gak ????
    tolong bi bales donk………………………..

  38. 63

    ErSika said,

    Pnya q diGit imeinya 05. .jd tU asli ato palsu,gda dDftar ny gt. .
    Mhn pencerahanya doNk mas. .

  39. 64

    abai said,

    kalo id vendornya 600 dan imei nya 05 artinya apa tuh??

  40. 65

    ayufivefeb said,

    Reblogged this on ayufivefeb and commented:
    this is for blackberry user :)

  41. 66

    ayufivefeb said,

    ijin re-blog artikelnya.. :)

  42. 67

    riska zahra said,

    KERUSAKAN APA YG TERMASUK GARANSI RESMI BB

  43. 68

    arief said,

    Sip mksh, gan

  44. 69

    trezznha said,

    imei angka ke7-8 nya 05 bgus ga ya

  45. 70

    amung said,

    pnya g kok gak muncul ya imei nya?! pdhl dah ngikutin petunjuk yg di atas.
    mohon pencerahan nya gan.

  46. 72

    arie said,

    Jadi tempat beli BB yg aman dimana

  47. 74

    ari said,

    saya jga beli imei angka ke 7dan 8 thu angka 0 dan 5 , setelah saya baca2 d internet ternyata rim mebuat produksi baru d malaysia . tp yg saya rasakan biasa aja dan cepat bbuat browsing . tp saya bellum tahu ketahanan mesinnya

  48. 75

    eka athiyah said,

    Ga klo IMEI nye 05 gimn
    Gan

  49. 76

    sharon said,

    ask// klo id vendornya -1 itu asli apa gag y???

  50. 77

    Vevi Mandasari said,

    slmt pagi…sy ingin beli hp blackberry, tp sbelumny sy blm prnh pke hp blackberry…kira2 toko resmi BB untk wilyh Bogor/jakarta/cbubur d mna y..soalny kl gk resmi sy jdi tkut accesorisny tkut palsu. Mhon info ny y! Terimaksih

  51. 78

    ATDAYYAN said,

    Mau tanya nih, temen ane punya BB, waktu dinyalakan dan dimatikan ada tulisannya verizon, apakah itu termasuk garansi toko ?, padahal pada box ada tulisannya garansi 2 tahun.

    Tolong balas lewat email ya di dayyandayyan@gmail.com

  52. 79

    deepurple said,

    mau tanya ney,, hp bb ku sinyalnya off jd gak bisa buat ngapa2in. msh Garansi dan Garansi RIM Distributor 613 (TAM).. mohon infonya donk.. mau service dimana ya? ak sempat nanya di service center bisa di benerin tp kena charge lumayan mahal banget,, padahal di gardusnyakan ada garansi sampai 2 tahun,, sementara ak beli tahun 2011.. brarti msh garansi kan,,,? sayang banget kalo ga di pakai.. tolong infonya ya, yg tau ak hrs klaim service kemana (alamt lengkapnya) mksh sebelumnya…

  53. 84

    agus said,

    Klo 45 gi mana

    • 85

      yosef said,

      45 itu bukan nya hari kemer dekaan Indonesia mas bro ,hehe … 45 itu bikinan asia kalo ƍäª salah si ..

  54. 86

    Arie Abqari said,

    aq dapat gransi bless,,tapi IMEI ke 7-8 nya 04…tp bateray nya sering K.O shari hampir 3X charjer parah nie blees

  55. 87

    Andi said,

    Kalok garansi CTN jika sewaktu ada kerusakan setelah pemakaian yg cukup lama tapi masih ada garansi, diganti dengan device yg baru (dengan model yg sama tentunya), apa device yg lama itu diperbaiki? Makasih..

  56. 88

    handy said,

    Kalau uda tahu sedikit gak usa norak.yang penting beli garansi resmi.rusak ada tanggung jawabnya.kita kita juga yang sbg konsumen mau murah semurah distributor tapi maunya resmi…ya dikasi yang distributor la.kadang kita sendiri ngeyel…ah gak perlu garansi garansian.Produksi negara tertentu mah gak ada pengaruh.yang penting cara kita memakai cara kita memperlakukan menu dan fungsi hp.

  57. 89

    dermawan said,

    PIN BB yg ada di unit dan kotak berbeda…..padahal saat beli baru,packingan….distributor bless….ada masalakah nantinya….saya komplain ke toko katanya human error ….salah setak…..mohon masukannya mas…

  58. 91

    udin said,

    jgn mw beli BB Garansi BLESS…..,pelayananya jelek banget kaya setan,sy cuma ngasih tau aja Garansi Bless…..kaya setan…..

    • 92

      Dhila Amrie said,

      saya baru2 ini bli BB gransi BLS bru prtma bli udh loading trestart sendiri,, d baikin d conter ny g’ baik2 jg tu hp.. cpek sya bolak balik tu conter dan ke cabang nya,, g’ bgs plyanan ny.akhir ny sya mnta uang sya d kmbliin mski pn kna potongan 80rbu,..
      kecewa saya..

  59. 93

    Habib Nz Pratama said,

    gan saya mau tanya saya baru beli bb curve 8520 6 bulan yang lalu tapi ada masalah dengan BB saya waktu itu lagi mau BBM tapi loadingnya lama bangat sampai 2 jam lebih gak bisa di gerakan keyboard dan semua gak berfungsi akhirnya saya mencoba mencabut baterai supaya gak loading lagi tapi ketika saya pasang kembali baterainya malah gak bisa dan ada tulisan JUM ERROR 545 akhirnya saya reset sampai 20 kali lebih selalu ada tulisan JUM EROR 545 .

    kalo masalah kaya gitu bisa di garansi gak bos ? apa cukup servis di blackberry center .
    tolong kasih pencerahan soalnya hapeku udah 2 hari gak bisa dipakai .

    sebelumnya terima kasih

  60. 94

    goedel said,

    gw juga nyesel beli bb garansi b***s barangnya kurang bagus seperti rekondisi, accesorisnya palsu terutama headset dan batrenya jgn mau beli bb garansi b***s

  61. 95

    aku bli bb garansi bless slama 2th tp klo dalam 1 bulan ada masalah namun fisiknya masih ok bisa langsung di ganti unit yang BARU ko, klo ada yang punya masalah sama batre cargeran dsb dari ganasi manapun mungkin itu sudah di ganti oleh penjual tokonya sendiri, makanya pas beli pastikan baik h.p dan kelengkapannya masih orginaln dan blm di ganti dan masih bagus, biar bawel asal selamet deeeh..

  62. 96

    Krisna said,

    Ad yg tau kantornya bless d mna?? Mksd saya bkn service centernya.. Klo service center d roxy udh tau.. Trs Bless itu sndri dr PT ato CV ap?? Mohon infonya klo ad yg tau..

    • 97

      owow said,

      Bos coba cek di..
      Pusat Grosir Cililitan (PGC)
      Lantai 3 No.229 Zona Kuning
      Cililitan – Jakarta Timur
      itu BLESS disitu, nama konternya SARANG PDA.

      gw juga beli bb baru masih segel plastik n hologram, tapi gw gak ngerti, pas di cek ma temen gw ternyata VOICE USAGENYA sudah 20:08:01:50 bukan 00 yg memang barang baru,

      oh ya sekalian tanya, untuk kasus seperti saya itu dapat perlidungan undang2 gak, maksudnya ada perlindungan tertulis untuk konsumennya gak, thanks

  63. 98

    thiiara ardhana said,

    kl IMEI nya 05 buatan mana ya ??

  64. 99

    wixnu said,

    untung BB gw gratis ..garNsi TAM tapi made in Taiwan..mantapp

  65. 100

    agil said,

    mw nny gAn ,, knp y pd body bb sya ad logo TIM nya ??? jka sya lihat pny tmn sya tidak ad,,

    mohon penjlasan nya, tq

  66. 101

    esek esek enak said,

    sundul gan
    BB ane no.imeinya .04. gan berarti kualitas terbaik dunia no.1 bikinan canada , tp kok stikernya made in mexico gan??
    gmna tuh…

  67. 102

    amri said,

    Mas saya mau tanya, kalau, bb saya itu beli di oke shop, tapi vendor nya tamn ( kalau lihat di di vendor I’d ) tapi ada tulisan comtech,, di dus,, yang saya tanyakan, ini bulan ke 5 saya beli bb ini,, tapi headset saya rusak, ( hanya ear phone ) mungkin karena terlalu sering dipake,, itu dapet penggantian suku cadang ga? Terima kasih

  68. 103

    ade said,

    Bb sy di imeinya no 05 itu berarti made in mana ya?

  69. 104

    nindy said,

    hmm klo imeinya 05 itu asli atau gk?kata temenku itu palsu…

  70. 105

    mansur said,

    mas gimana kl pelayanan distributor royal bila bb saya ada masalah?apakah sama dengan distributor recomended…?

  71. 106

    tia said,

    garansi berindo bagus gak ya ?

  72. 107

    rully said,

    bb ane made in canada gan no IMEI 04 . di kardus nya jg sesuai, garansi TAM emg TOP, masalah accecoris 100% ori ting-ting ;)

  73. 108

    taufan said,

    gan,BBku imei 05.vendor 115.dibody ada logo TIM?? mksdnya apa y?? mohon masukannya,,, :)

  74. 109

    amel said,

    kalo BB gemini aries tu ada garansi resmi pabriknya g sih? mhon info ya. :)

  75. 110

    sandking Brutal said,

    mas bro / ebak bro kalau digit ke 7 and 8nya 05 produk buatan mana ya?

  76. 112

    Ummu Thalhah said,

    Saya complain pelayanan service centre comtect yang di MAKASSAR. HP BB Gemini sy bermasalah pd track pad (yg katax mslh umumx gemini), krn iming2 garansi adalah 2 th tentu sebagai customer sy memliki hak untuk dberikan pelayanan service b’garansi 2 th. pada hari ahad, kebetulan hari libur sy ke Mall Panakukkang ke Lt dasar krn sy hubungi nomr telp yang tertera di kartu garansi ternyata salah alamat (nmor telpx restoran, bkn service center comtect). sambutan staff comtect sangat cuek dan tkesan tdk perduli (maaf pendpt pribadi), mlah sy disarankan service diluar sj yang katax biayanya ndk smpe 60rb dan sehari lngsng slesai daripd di service centre lama 2-3minggu krn hp hrus dkrim ke jkt. (seharusnya staff comtect itu mnerangkan plus minusnya, jika d service diluar otomatis garansi yg msh 10 bln akan hangus  ). Karena merasa 2-3 mgg wktu yg sngt lama n tmakan omongan staff td akhirx sy mmilih service dluar, tp hunting tempt service, by service lumayan mahal antara 150.000 sd. 200.000 itupun tdk djamin klo tdk bs dperbaiki bgm? (rugi dua kali kan!!!). akhirnya pertimbangn ter’akhir biarlah di service centre sj (krn jika tdk bs dperbaiki pst akn ad kompensasi garansi minimal diganti unit, begitu kan!!) walaupun lama waktunya. besoknya suami kembali ke service centre di Mall panakukkang, hp diserahkan ke service centre dan dibuatkan print out RO, battery dan sim card dikembalikan k kami. Waktu berlalu, minggu kedua sy menelp ke staff comtect (krn ndk ad telp kantrx). Yg sangat mengesalkan sy sebagai customer menelpon amat sangat jarang nyambung alias ndk diangkat. Pada hri senin (minggu ketiga) sy menelp lg katanya besok sore hp akn dkirim ke mks. Hri kamis sy telp, katanya sdg sakit tdk msuk kerja , bsoknya hri jum’at sy kembli menelp katanya msh sakit, sy menanyakn apa tdk ada pengganti di CS MP. Katanya ada temannya dan sy minta nomor hpx tmnx. Sy hubungi staff CS itu (temanx staff yg sakit), berkali-kali mnelp tdk pnah diangkat. Krn suami yg sy mntai tolong utk ambl hp sy jd sy beri nmor hpx k suami. Kata suami berkali-kali mnelp tdk diangkat. Akhirnya suami ke MP sbelum jum’at, sampe disana staff CSx blm msuk kerja, ktanya hbs jum’at bru ada. Akhirnya suami pergi shalat jum’at dlu (tanggung klo kembali ke tempat kerja krn jauh), setelah shalat jum’at dan istirahat sekitar jam stengh dua kembali ke MP, eh..CSx blm ada juga. Katanya mungkn jam 03 sore bru dtg. Suami mulai kesal krn berkali2 mnelp ke CS tsb tdk diangkat, sms jg ndk dibalas-balas. (benar2 mnyedihkan pelayanannya  ). Pas plg kantor sdh dekat wkt buka puasa (jam stegh 6, suami kembali lg eh…katanya sdh istirahat si CS itu. (lho sbenarnya wktu kerjax brp jam sih???knp ndk ad trus d tmpt  ). Ssdah berbuka puasa, hbis magrib baru deh datang itu CSx. Dan…satu lg yg mngesalkan, memory cardnya ndk ada    alias hilang. Sy sbg customer jg tdk tahu klo memory card sharusnya dikembalikan k customer bsama battery n sim card. Saya tahunya cuma sim card n battery mkx sy ndk complain ke CSx dlu wkt memory card tdk sy terima. Nah, saat kmrn ambl hp bru ketahuan ktanya dlu memory card sdh dkembalikan, lho…klo dkembalikan kok ndk ada?? Krn sim card+battry dsimpan d plastic kecil brsama RO ndk p’nah sy kluarkan dr tmptx, yang msukkan ke plastic jg CSx. Seharusnya sbg CS m’informasikan ke customer item2 apa yg dkembalikan k customer. Sdh terlanjur kesal suami sy langsung pulang (malas berdebat sm tuh CS dan tdk mberikan solusi jg   pdhl ini bln ramadhan). Akhirnya…..kesimpulan saya…PELAYANANNYA JELEK SKL !!! All contact bb sy jg hilang (itu jg tdk diinformasikan ke saya oleh CSx). Sebagai CS yang anda jual adalah pelayanan, customer pasti akan beralih ke pesaing anda jika tidak ada upaya perbaikan service yang memuaskan customer. System customer follow jg tdk berjalan, masa customer yang bolak-balik mnelp??? Mending klo diangkat, nah peluang d’angktx cmn 1:10 . Alasannya kemarin wkt suami Tanya knp ndk diangkat, katanya ini telp pribadi bkan telp kantor. Lhoooo!!! Telp kantornya yg mana sihhh??? Nmor telp yg d kartu garansi kan salah sambung!!! Jd nmor yg mna yg dihubungi??? Jd mksdx customer klo mau konfirmasi lngngs dtag aja ke SS CS gitu??? Mslhnya juga CS lbh srg tdk berada di kantor. Maaf klo ini membuat kesal CS yang membaca, tp ini sebagai peringatan dan pelajaran bagi smua yg menjual jasa. Ingat itu prinsip “CUSTOMER SATISFACTION”. Tentu saja agar barang anda laku dan customer akan loyal terhadap anda!!!!. Terima Kasih

  77. 114

    riofismail said,

    Informasinya sangat mantap dan komprehensif!! 10 thumbup buat TS!! Alhamdulillah bb torch ane beli di US kodenya 04 berarti made in canada. Y jadi pertanyaan ane di dus nya kenapa buatan mexico yagh? Anyway everything’s running well so far! :)

  78. 115

    fvckys said,

    Kalo batrainya belum setahun tapi udah menggembung dapet garansi dari CTN ga?

  79. 116

    erzal said,

    punya gue onyx2 garansi berrindo, keypad nya cacat kadang susah di pencet, kadang sekalinya di pencet langsung keluar 2-4 kali. pemakaian baru 5 hari, itu bisa di ganti sama garansi yg TAM ga ya?

  80. 117

    erzal said,

    tolong di jawab ya. Makasih sebelumnya

  81. 118

    penjoe said,

    Owalah to gan, ribet amat tanyanya…
    Intinya klo bs dipake bwt bbman, lancar, brarti asli. Udh gitu aja…
    Mslh buatan negara mana kagak ada urusan.
    Tinggal pemakaian aja. Buatan Canada kalo pakenya ugal2an jg remuk lama2…
    Ane udh berkali2 ganti type BB (bkn krn rusak lho ya), ane beli BB BM, gak pernah ada mslh… Ane blm pnah skalipun beli BB yg resmi…
    3x ganti device, BM smua, n lancar jaya smuanya…

    • 119

      Aditya said,

      WAHHH .. EMANG LAGI MUJUR AJE ITU NASIB LO,, DAH KTAUAN BM ITU SAMA AJA ISTILAHNYA BARANG ROSOKAN OR BEKAS

      • 120

        Aditya said,

        apa jangan2 BB nya di diemin aja dalam kardus dan ga pernah di pake ya bro .. wkwkkwkwkwk

      • 121

        dhembo roe said,

        gak tentu mas broe…..hati2 garansi resmi blum tentu baru juga x BBnya N yg BM blum tntu juga bekas ane bli BM smua mulus duvunya pun mulus 00, pnglaman ane bli gransi resmi sih yg recom…TAM, BERINDO, D’BEST, klo yg laen blum tau ane…….

  82. 122

    penjoe said,

    Oiya, nanggepin soal klaim garansi…
    Itu salah satu yg bkin ane milih beli barang BM.. Pengalaman tmen ane, dikalim garansi resmi T*M, udh 3 bln blm ada kabar. Pdhl kalo qta udh biasa pgang BB, nunggu 3 bln tu lamaaaaaaaaaa bgd. Sehari aja g browsing tu bisa ktinggalan info2.
    Makanya ane pilih BM, udh gitu selisih harga jg lmyn banyak.
    Kalo toh misal ada trouble/rusak, skrg banyak koq counter2 HP yg bs servis BB. Paling lama 3 hari jadi, biaya jg g mahal.
    Sory ane cm bagi pengalaman aja pake BB udh lama, mulai type Pearl 8100 sampe Onyx udh pernah nyoba smua (skali lg, smuanya BM)

  83. 123

    eko djoyo said,

    gan bb gemini cdma kalo sering mati idup mulu kenapa ya???…seperti gx kuat dalam mencari sinyal gitu…kal osinyalnya 1 balok pasti mait idup (restart mulu)..mohon pencerahanya ^__^

  84. 124

    suhardi said,

    gan ane lagi mau beli BB neh,tp yang bold 9700 kira2 ada ga ya yg masih garansi rim operator xl. mohon penjelasannya…
    lalu cara pesannya gmana ya bos//

  85. 125

    Ðenny said,

    Mas, soal 7 digit angka IMEI adalah Hoax/ berita palsu. Selama ini blackberry tdk pernah punya pabrik di prancis, jerman. Pabrik blackberry ada di
    – Canada ( Kantor pusat )
    – Mexico
    – Hungary
    – Taiwan
    – Malaysia ( yg paling baru berdiri )
    Dan di setiap kardus blackberry atau pun ponsel merk lain selalu di cantumkan negara asal pembuatan barang tersebut, dan itu di laporkan kepada dirjen postel indonesia.
    Makasih, tolong di review lagi

    • 126

      Bayu In-Xys said,

      wah mantabh gan pencerahannya, soalnya tu diatas pada galau…..

      • 127

        dhembo roe said,

        ane cri kbar… digit 7 n 8 gk pasti buatan mana….setau ane itu no tahun keluaran unitnya…..liat aj nnti BB buatan tahun >2015 gk mke no 00, 04, 08, 02 ato aplah….yg 05 jngan takut…ganyang aj tuh BB…..

  86. 128

    yahya said,

    Apa bner tam bertanggung jawab nihc sudah ada buktinya konsumen saya bb dahkota tiba-2 mati ( tidak jatuh & kena air ) sewaktu ditanya kok jawabnya ndak bisa lalu barang dikembalikan gitu saja lalu sewaktu saya cek keypad udah ditukar…… Berarti itu penipuan garansi tidak jaminan

    • 129

      dhembo roe said,

      ya klo TAM gk tentu l ya….bnyak konsumen bilangnya bgus ad yg jelek……tpi bnyak BB beredar gransi TAM loh.. yg sring pke…..mnurut ane…..bgus sih TAM tergntung servis centernya juga dimana…………

  87. 130

    danny ramdani said,

    gan kalo pnya saya angka dgt 7&8 nya
    04 gmana , bgs apa gk, trus buatan mana? D tungggu jwbn nya
    thnks

  88. 132

    gan, mo tanya aq pake BB aries alias CDMa , nah garansinya pake PT.Royal baru 1 bulan bternya udah mati hdup, apa kmungkinan bterq udh gak originil ya???

  89. 133

    vivi said,

    Kalau mnurut gw barabbg garansi apapun gak menjamin. Bnyak jg garansi resmi yg bermasalah. Dan pihak bersangkutan. Tdk mau bertanggung jawab, ada jg yg dibilang bukan garansi resmi tp pelayanan mreka. Bagus..gw beli bb bukan garansi resmi tp slama ini gak pernah bermasalah tuh, fine2 aj..barang BM jg gw prnh pakai sama gk da maslah malah udh kecebur air dan kesiraam kuah soto!! Tp msh fine2. Aj, jadi kawan jgn terpengaruh dr garansi smua kl. Gw bilang sih trgantung hoki u msg2 deh..

  90. 134

    Jeanet said,

    Kalo 05 .. Itu buatan siapa??

    • 135

      Bayu In-Xys said,

      Made in…. ada di dus kan?

    • 136

      dhembo roe said,

      gk tentu juga masbroe….ad 04 made canada, hungary, mexico…. ad juga 00 made canada n lainnya….jngan terpaku pada itu broe…..yg pnting PIN IMEI tembus, os cocok buat handlenya, BBM lncar smuanya mulus,….dijmin diatas 1-2 taon gk banyak cengkonek itu BB………

  91. 137

    bagus said,

    jadi bingung buangt mau pk bb nih….cos buanyak bgt mslhnya yah….

  92. 138

    dante said,

    qlu garansi dari tricom good or bad
    thx….

  93. 139

    masseto88 said,

    Saya beli onyx 9700 garansi bless,katany baru tp keypad udh ga enak,tutup belakang kaya bekas (kotor) dan voice usagenya udah 16:00:23:12,kata yg jaga konter smw brgnya kaya gt,eh baru 3hari ga bs bc mmc,bnr2 ky bb refurbish pokokny payah dah,,

  94. 140

    alde said,

    makasih gan artikelnya sangat lengkap dan jelas
    sangat membantu bagi calon pembeli dan pengguna ……
    klu bisa kasih cendol dan dari tadi ane kasih buanyyaakkk

  95. 141

    Tedy said,

    Bos kalo Vidor ID nya 100 gimana kualitasnya????

  96. 142

    roy said,

    IMEI nya gk muncul setelah tekan *#06#. mohon pencerahannya masbro…

  97. 143

    vendor ID 129 ,, garansi apa ini bos? dibilang garansi tam ig
    mohon pencerahan

  98. 144

    fajar said,

    Mas bro nanya nech saya sdh ikuti ptunjuk dan saya liat vendor iD 613 (TAM) kode digit k 7 dan 8 04 seharusnya tertera made in canada tp knapa bgitu d buka btrei saya liat stiker imei sma tp koq made in taiwan ya mas bro.. Kira2 ne BB aman ga nech..mksud saya bkn brang yg sngaja d otak atik sma penjual agar terlihat dr kanada sdangkan pada bterei blkg trtera made in taiwan.. Mohon pencerahannya ya gan bls kirim k email jg bsa d red_spidey84@yahoo.co.id thxb4

  99. 146

    acil said,

    Apa kah benar servis center tam akan memberikan penggantian bb baru apa bila terjadi suatu kerusakan pd bb yg kita beli???

  100. 147

    izar doank said,

    thanks gan atas infonya, ada rencana mau beli eh ketemu blog nya agan, sangat membantu saya

  101. 148

    dharma said,

    Mas Fath artikelnya sangat membantu, saya mohon ijin untuk copy>>thanks

  102. 149

    bella said,

    Mas klo imeny 05 produksi mana n kualitany bgus Ъќ>:/? Tqs

  103. 150

    mau belii bb jadii binguunngg…
    Garansi tam blass atau apalah…
    Membingungkan…
    Kira-kira garansi yang bener-bener khusus bb dimana ya???

  104. 152

    hari said,

    buat masukn smua yg mw bli bb..jng beli bb garansi(bless,wranty,d’best)karna ganransi yg sama yg stiap saat ganti nama menghilangkan reputasi buruk..garansi gk bener

  105. 153

    Dide said,

    beli BB pusing… bawaannya curiga melulu soal kualitasnya (ini; itu; dst.)… mending ganti Android ahhh…

  106. 154

    Indah said,

    klo garansi bb one bgus nga???
    Mhon infox ya..

  107. 155

    Fitria said,

    mas kalo garansi dari CTN bagus gk? apa bedanya dengan TAM dan SS??

  108. 156

    ahmad saleh siregar said,

    setelah gua baca dari atas sampai bawah jadi bikin gua gak muud beli BB neh ,, hoaam bingung jadinya GAN mw beli BB gak yaaa

    -_-”

  109. 157

    Makrup said,

    Mas saya maw nanya bb saya kok id vedor nya..-1
    Doang gmana menurut anda.

  110. 158

    ogaa said,

    walau BB gua BM yang penting qualitas terbaik IMEI 04

    mantaff

  111. 159

    bb qw touchscreen ni,, gmn ya ceknya, aq coba kyak yg diatas kok gga bsa truz..

  112. 161

    proxing said,

    bb garansi dbest gmn? no 7 n 8 04 tp keluaran mexico

  113. 162

    dedy said,

    Untung HP BB gw dari Arab Saudi

  114. 163

    ayu maharani said,

    Kalo ACS gmn gan? Bukan’ª itu resmi jg?
    Ane ada mslh ama suara tb2 gmresek

  115. 164

    artha said,

    mas bro mo nanya nih sya beli bb garansi Ctn (corntech/trikomsel) tapi koq ID VENDOR : 613 seperti ulasan di atas

    186 Telkomsel
    240 Indosat
    308 XL Indonesia
    327 Axis
    352 3-Indonesia
    613 TAM

    imei: digit ke 7-8 = 04 mas bro mohon pencerahan via email : leon2pris@yahoo.com
    arthadharma27@gmail.com
    PIN bb : 28778c8b

  116. 165

    shofimind said,

    ulasannya mantabb :-)

  117. 166

    fata170 said,

    kalau ID vendornya 123 gmn?

  118. 167

    bb ku GARANSI NYA GM ITU BARANG BM ATAU BUKAN

  119. 168

    Hanif said,

    Trims. Sharing knowledge anda sangat detail dan sangat membantu mas Fath…!! Semoga menjadi amal baik anda.

  120. 169

    nurhadi said,

    Klo digit ke 7 dan 8 nya angka 05 itu gmn bagus Ĝɑ̤̈?

  121. 170

    Mohon info nya agan2 smua…
    Saya mau beli BB ARMSTRONG 9320 GARANSI SS tapi saya bingung pilih yang mana antara MADE IN MEXICO ATO MADE IN TAIWAN? Karena yang warna HITAM buatan MEXICO sedangkan yang warna PUTIH buatan TAIWAN, saya sebenarnya mau beli yang warna PUTIH tapi karena MADE IN TAIWAN saya jadi mikir lagi… Alias bingung! Atas perhatian Agan2 smua saya ucapkan terimakasih. Salam dari BALI.

  122. 171

    layla said,

    yang nulis atw yg plagiat sama2 gobloknya…
    produk suatu perusahaan besar seperti RIM pasti ada standartnya..
    mau dibuat di asia atau di akhirat sama saja…
    lo pikir pabrik tahu apa.. lain kota lain airnya..

  123. 172

    farhanbest7 said,

    Semua hal yg agan inginkan,, bisa tercapai (beli BB). Yg penting usaha dahulu.

    Ketika Agan sudah mendapatkan Hal itu (BB), yaa syukuri hal itu. (itu akan menjadikan Kesan Bahagia n kepuasan buat agan)

    N ketika tdapat masalah (trouble/error BB) cari jalan keluarnya, tuntaskan masalahnya. Jangan hanya mengeluh n Menyesal.

  124. 174

    adi said,

    mas klo untuk lihat id vendor resmi (TAM, COMTECH Dan SS) brpa?trus dalm imei sya pada digit 7 dan 8 adalah 05 itu kualitas resmi rim bukan ya?mksih gan, bls ke setiadi_234@yahoo.co.id

  125. 176

    melinda said,

    Ƙά̲|ǿ no imey 50 gmn tuch? Bagus g?

  126. 178

    suyanto said,

    klo yg 05 buatan mana gan????

  127. 179

    radi said,

    Klo 05 gmn boss?

  128. 180

    Bondetz said,

    Gan, Temen q ad yg bli BB tapi stlh q lht ternyata itu bukan garansi TAM, tak bawa ke couter BB na tmen q it katanya garansi wilayah.. It mksdnya ap gan?
    Tolong bantuannya gan…

  129. 181

    klo cek imei di bb touchscreen gmn, kang?

  130. 182

    Elcha said,

    saya beli BB Torch 9800, baru pake 3bulan gak bisa di charge..tracpad’nya dah miring, imei 04. garansi Bless. kemudian saya garansikan. sampe sekarang hampir 4blan, BB tuh gak ada kabarnya. tiap mnggu saya cek..slalu banyak alasan…

    apakah ada solusinya??

    • 183

      dhembo roe said,

      tarik aj tuh BB….bnyak keluhan sma gransi itu…perbaiki dikonter teman aj biar murah hehehe……

  131. 184

    little said,

    Yup saya jg jdi korban bb storm garansi bless,penipuan.baru dipakai 3bulan mati total.dibalikin ke tokonya ga dapet ganti n ga diperbaiki.padahal dah disuruh nunggu 2bulan.tetep ja dibalikin kondisi mati.
    Garansi abal2.hati2 biar ga ada korban lain.:)

  132. 185

    andi said,

    misi gan ane mau nanya.
    bb ane buatan hungary tpi imei ke 78 ea.04, itu gmna gan.
    mksh

  133. 186

    fanni cahya pratama said,

    om… kan saya baru beli blackberry, baru saya pake sebulan dan gk pernah jatuh/kebanting. tapi casing hp saya itu sudah banyak yang mengelupas? apakah casing itu tidak ori?
    apakah garansi yg ada bisa untuk mengganti casing? colokan untuk headsetnya juga saat beli sudah kresek. mohon bantuan nya!!!!

  134. 187

    ai gimana nih kata nya garansi resmi cepat proses nya, ini BB gw udh 2 bulan dibalikin kegaransi nya belum bagus2 juga smpai sekarang, kalau gk bisa dibagusin ngmong donk ni udh lama nunggu tpi sampai sekarang belum ada kabar,,, kalau tahu kyak gini gw gk bakalan beli BLACKBERRY, cuma ngmong doank sama dgn bohong gw sudah kesal banget nnggu yg tidak pasti, tipe bb belaggio dari jambi, tolong nian diproses gimana pelanggan mau banyak kalau kayak proses nya lambat, ini sudah banyak anak jambi yg udah komplain masalah garansi tapi gk ada penyelesaian, kalau bulan ini tidak ada jg, kami masyarakat jambi akan menstop produksi BLACKBERRY DI kota kami,,,

  135. 188

    andi said,

    kloo vendor nya 609 garansi apa mas,.?

  136. 189

    adi said,

    Dear mas fath,
    Saya pemilik BB curve 9230.akhr2 ini saya sering mngalami mslh ketika BBM an tiba2 muncul dlyr built in media storage is full..
    Tp sy liat fileny msh bnyk kosong.
    Terkdng jg foto g bisa sy cut di folder libry k folder khuss sy..’File is currently use’
    Saya mohon penjlsan nya tuk mngtsi mslh saya ini…
    Trm ksh atas jwbnny..

  137. 190

    abhielnawa said,

    saya dl pake bb BM,dah 4th ga prnah masalah tu,bb buatan mana ga masalah,yg gnting jaminan garansinya bsa dipertanggung jwabkan!

  138. 191

    sari said,

    jgan beli bb garansi b***s !!! ngecewainnnn
    baru 3 hari lcd rusak !! ga berkah tu garansi

  139. 192

    Hafiidz said,

    mohon dibantu pencerahan saudara sekalian, agar calon pembeli maupun penjual tidak saling merasa dirugikan,, satu pihak ingin kualitas terbaik dengan harga terjangkau, satu pihak lagi untuk bertahan hidup (penjual),,
    Berarti, kalau ingin produk asli, kualitas terbaik cenderung beli yang bergaransi operator!
    walaupun garansi distributor juga resmi disetujui oleh RIM, cuma produk tidak langsung didatangkan dari Canada (campuran dari beberapa pabrikan) dan terkadang ada oknum pedagang yang mengganti beberapa kelenkapan yang ori seperti baterai!

  140. 193

    wida said,

     saya onyx Garansi Royal…lalu sekarang ini  saya bermasalah karena ada bulatan hitam di layarnya kata teman ini LCD nya yang rusak. Yang saya mau tanya bisa tiddak dengan garansi Royall  sayaa di prbaiiki,dan appakah asih btuh biaya lagi?

  141. 194

    gan ni ane sher kode kode yng di bicararakan yang tentang BB agan buatan mana,,, ni link nya

    http://www.thecrowdvoice.com/post/cek-kode-pabrikan-bb-3227644.html

    Coba cek disono,,,, karna artikel diatas cman numpang Copy paste punya orang

  142. 195

    Cek kode pabrikan BB
    Banyak yg bertanya sebenarnya BlackBerry® saya buatan mana disini saya share List ID vendor Blackberry seluruh dunia.jadi agan2 bisa cek BB anda darimana berasal..dgn cara menekan alt shift H dan trus liat di bagian atas ada vendor Id
    Sermoga ini bermanfaat bagi semua pengguna Blackberry..

    0 – RIM WebSL Zero
    100 – T-Mobile US
    101 – Cingular Wireless
    102 – AT&T
    103 – Nextel/Nextel International – Brazil/Nextel International – Mexico/Nextel International – Peru
    104 – Sprint
    105 – Verizon Wireless
    106 – AllTel
    107 – Rogers
    109 – Bell Mobility
    111 – O2 DE
    113 – Telfort
    114 – T-Mobile Germany – DE/T-Mobile Austria – AT
    115 – TIM Italy
    116 – Hutchison
    117 – Bouygues
    118 – Vodafone SFR (France)
    119 – Orange France/Orange Senegal/Orange Ivory Coast
    120 – Vodafone UK/Vodafone Netherlands
    121 – AMX Telcel Mexico
    122 – Telstra
    123 – T-Mobile UK/T-Mobile Croatia – HR
    124 – Vodafone Germany
    125 – O2 UK/O2 Ireland/O2 IoM (Manx Telecom)
    126 – Telus
    127 – SMART Philippines
    128 – StarHub
    129 – Telefonica Spain
    130 – Vodafone Switzerland (SwissCom)
    131 – Cable & Wireless West Indies/Cable & Wireless Guernsey/Cable & Wireless Panama/Cable & Wireless TSTT
    132 – Vodafone Italy
    133 – Vodafone Spain
    134 – T-Mobile Netherlands – NL
    135 – Cincinnati Bell Wireless
    136 – Telefonica Panama/Telefonica Colombia/Telefonica Nicaragua/Telefonica Chile/Telefonica Mexico/Telefonica Argentina/Telefonica Ecuador/Telefonica Guatemala/Telefonica Peru/Telefonica El Salvador/Telefonica Uruguay
    137 – Vodafone Austria (Mobilkom)
    138 – Vodafone Australia
    139 – Vodafone Ireland/Vodafone Airtel (Jersey)/Vodafone Lithuania (Bite)/Vodafone Latvia (Bite)
    140 – Telenor Sweden
    141 – CSL
    142 – Orange UK/Telkom
    143 – Vodafone New Zealand
    144 – SingTel
    145 – Globe
    146 – Optus
    147 – Orange BE (Mobistar)
    148 – Vodafone Hungary
    149 – Bharti (Airtel)/Bharti Sri Lanka/Bharti Seychelles
    150 – KPN
    151 – Wind Hellas
    152 – Vodafone Belgium (Proximus)
    153 – Vodafone Portugal

  143. 196

    aliajza said,

    kalo garansi B.BOS itu gmn gan?
    no. imie sudah 04

    mohon pencerahannya

  144. 197

    Prinsha said,

    klau digit ke 7 dan 8 05 gimana??

  145. 198

    markus said,

    Kalo no ke 7 dan 8 dr imei adalah 05 bagaimana kualitasnya??

  146. 199

    thya said,

    Kalo monza garansi ctn,comtech sama bless bagusan mana yach???

  147. 200

    thya said,

    kalo monza garansi nya bagusan mana ya dari comtech,ctn,sama bless??
    itu 3 garansi tsbt resmi gak yach??

  148. 202

    bondan said,

    Punya ane rangking 1
    Walaupun garansi bless

    Alhamdulillah

  149. 203

    kalau 05 gmana, bb z 10

  150. 204

    tommi said,

    gan kalo distributor comtech tu bagus gk sih?

  151. 205

    cloud said,

    Ane beli hp garansi dbest…baru 1 bln pake trackpad nya ngadath…1x ane masukin garansi…diperbaiki 3 hari selesai….ternyata bisa dipakai,tetapi segel rusak dan tidak disegel kembali,ternyata 1hari pakai lagi trackpad nya ngadaht lagi…ya terpaksa ane balik lagi….n diminta waktu 1 minggu…tapi dipikir2 kalo 1 minggu ane pake hp apa buat koneksi sama rekan2 …ya terpaksa counternya kasih pinjam 1 unit buat ane pake….jalan menjelang 1 minggu ane tagih melalui sms,,,katanya hp sudah ada di counter….sorenya ane mau ambil ke sana…ternyata unitnya rusak ..katanya ic trackpadnya udah beberapa x di ganti tapi masih tetep ga bisa di poake ,sebelumnya ane bilang….”Ini dah 2 x rusak walaupun di garansikan…kalo yang ke 3 x nya masih tetep rusak ya ane mau minta unit baru…kalo ga di ganti baru …kalo orang sunda bilang…ya wayahna saya datang terus selama 2 tahun ke depan buat service itu hp n hp yang ada di counter ane pake terus…mungkin karena ga. Mau ribet akhirnya اَلْحَمْدُلِلّهِ di ganti unit…mudah2an awet n ane ga perlu balik lagi ke counter itu buat complain.

  152. 206

    kris said,

    mau garansi resmi,distributor apa BM yg penting kode negaranya bro.soalnya itu mempengaruhi kualitas komponen pada bb.jd jika bb dgn kode 04 maka resiko kerusakan jg minim.otomatis daya tahan pakai jg lama.

    koreksi jika salah.

  153. 207

    hanafi said,

    Saya punya BB bold 9700 3g , tapi garansinya d’best , kira-kira bagus ga , dan saya beli dgn harga 2,025,000 .baru 1 bulan uda ganti batre , tolong dong untuk infonya tentang BB yang ad d indonesia .

  154. 208

    desy said,

    Kalau imel 7 dan 8 05 gimana ya
    Tlg bantuan nya
    Thx

  155. 209

    Wan said,

    Maaf gan, kalo boleh tanya, kalo imei k 7n8 adalah 05, buatan mana? Dan kalo garansinya comtech tapi id vendornya 613 (kata agan itu dr TAM) gmn maksudnya?

  156. 210

    mr'Bangzat said,

    Klo kode 05 gmn gan?trus garansi 2thn PAMINDO,…resmi gk

  157. 211

    Hildan said,

    Hai gan !
    Percuma aja km tanya ke orang orang .mending km langsung tanya aja waktu km beli hp..bodoh amat sih

  158. 212

    Makanja said,

    Saya mendapat banyak sekali pertanyaan mengenai garansi yang jawabannya seperti masbro jelaskan di atas. Yang saya agak miris adalah pembeli biasanya hanya tahu dua jenis garansi: “resmi” dan “tidak resmi”. Masalahnya adalah banyak kasus garansi resmi yang ditolak toko tempat BB tersebut dibeli. Alasannya tentu jelas, melayani garansi tidak menguntungkan, tidak ada uang di situ. Pada umumnya toko hanya melayani jual beli dan jika terjadi claim garansi, pembeli mesti datang langsung ke service center. Pada kasus seperti ini garansi “tidak resmi” atau “garansi toko” jadi lebih baik. Bahkan banyak kasus yang garansi toko jauh lebih baik, misalnya buat mereka yang di luar jakarta. Intinya adalah selain “jenis garansi” yang lebih penting adalah tingkat kepercayaan atau reputasi toko tersebut. Pada toko yang bereputasi tinggi atau baik, garansi apapun akan baik dan lancar.

  159. 213

    nimas said,

    gan mau tnya, BB ku gak bisa di carge, padahal baru 2 bulan pake, garansi 2tahun, gmana gan? kasih solusinya

  160. 214

    Inta Mulia said,

    BB yg garansi bless resmi ato gc ?
    kta org Counter sich kta@ resmi n gc daur ulang n bkan ugg ilegal
    mana nii yg bner ?

  161. 215

    febie said,

    Aku mau nanya nih bb saya garansi wii shop
    Tp belum pernah ada trouble si selama pemakaian 1 tahun .. Kira2 kalo garansi non rim bisa suspend ga ya …
    Kalo bisa dalam jangka brp tahum

    Tlong infokan yaa

  162. 216

    rafi said,

    Apakah Untuk garansi apa bisa di counter resmi bb mana saja?

  163. 217

    ANDRE said,

    bg klw angka ke 7 dan 8 (05) bagus gak..?

  164. 218

    ivan said,

    Punyaku 04 gmna tuh???

  165. 219

    fuad said,

    kalau angka k 7-8 05 itu gmn y?masuk kategori apa? d atas tdk ada ,.

  166. 220

    yhuda said,

    BB saya kodenya ’05’
    Dari mana tuh …?

  167. 221

    interior said,

    jangan beli garansi royal bless,,,karena susah service nya ,cari orgnya aja di telepon susah ,,hati hati garansi royal dan bless,,lebih baik tam ,,rusak langsung ganti baru,,,

  168. 222

    interior said,

    jangan beli gARANSI ROYAL DAN BLESS

  169. 223

    Rama said,

    agan agan kl BB garansi The one kualitas barangnya gmn ????
    minta masukan dan infonyadonk……

  170. 224

    xiwan said,

    Kalo I’d.vendor 301 garansi apa?

  171. 225

    wangdeso said,

    Saya cek IMEI gak ada hahahaha, dah pakai 3 tahun gk masal tuh,
    BB yang baik itu cara penggunaan nya juga bagaimana kita memksimalknnya dengan baik,

  172. 226

    ros adja said,

    gan/bro/mas/cak,ana mo tanya nih.ada yg tau ga toko resmi penjualan HP BB d palu,sulawesi Tengah? Tq ya :)
    ksi info ya di no hpq 0852 4146 2524

  173. 227

    Farhans said,

    kalau gransi ACS bagus ngga…aman ngga..dimana cabangnya

  174. 228

    akoenxx said,

    Saya mau tanya mengenai blackberry messenger, itu kan bagian dari blackberry, tapi kenapa bisa dȋ gunakan di hp cina, android, dll.

  175. 229

    raybintang said,

    punya ane kok 04 y gan

  176. 230

    Lala said,

    Kalo 05??
    Buatan mana??

  177. 231

    gilang said,

    Pnya ane IMEI 05 tp made in usa bagus gak tu..??

  178. 232

    masss ini monza imei 358568.04.290538.4 bagus gx……..?
    dan punya garansi PAM garansi PAM TU garansi gimana….

  179. 233

    nurul said,

    Pas dengan BB ku.. 04 madein Canada

  180. 234

    nurul said,

    Pas dengan BB ku 04 Madein Canada

  181. 235

    fath102 said,

    Memfitnah dan menuduh plagiat orang lain tanpa ada kebenarannya dosanya besar sekali, apalagi yang membaca tuduhan itu ratusan ribu orang.

    Sangat jelas sekali blog dedi sukahmat sendiri menyebut sumber tulisannya berasal dari blog saya fath102 dan Lihat tanggal penulisan artikel : saya menulis tanggal 7 Nov 2011 sedangkan Dedi Sukahmat 10 September 2012 , kok malah penulisnya sendiri dibilang plagiat… aneh…. belum jelas lihat disini : http://staff.blog.ui.ac.id/deki_s/archives/23

  182. 236

    fath102 said,

    Semoga Allah SWT memberi ampunan dan otak yang cerdas pada orang ini, sehingga tidak sembarangan menuduh orang lain . Amin

  183. 237

    wahh jadi bingung beli ngg ya.

  184. 238

    dhembo roe said,

    santai aj broe…..hahaha……deg2an gue liat nmanya hmpir sma dngan sya….wkwkwkw…..tuhan slalu berada didkat orng yang benar………….

  185. 239

    dhembo roe said,

    loh kok disini…..hahaha ….buat mas broe fath 102..ini yak….

  186. 240

    heem said,

    ga usah mas, mending beliin saya aja hihi

  187. 241

    Ahmad zulianto said,

    Bang….kalau mau cek voice usage BB Z10 gimana caranya.??


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 86 other followers

%d bloggers like this: