Keunggulan dan kelemahan Blackberry 9860 Monza dengan OS 7 Bundle 921 versi 7.1.0. 267

Keunggulan dan kelemahan Blackberry  9860  Monza dengan OS 7 Bundle 921 versi 7.1.0. 267  

Waktu BB 9860 Monza dirilis  bulan September 2011,  sebenarnya saya sudah ingin untuk segera membelainya  hi.hi..  karena bodynya yang sexy habis, peka (disentuh langsung bereaksi)  dan otaknya yang cerdas tapi  karena BB Kekep  saya  masih bisa dipakai ya …keinginan cukup dipendam saja , tapi rupanya  Kepler ini memang sudah bosen sama saya karena  setiap kali saya  ajak bicara selalu saja suaranya putus-putus megap- megap kayak orang tenggelam  tapi ini sih mending.. , yang paling menjengkelkan adalah saya sering dikomplain orang karena  yang nelpon saya  sering  dapat ucapan : “ Nomor yang anda hubungi sedang tidak aktif,  silahkan hubungi beberapa saat lagi” BB saya dibilang tidak aktif ..  “ wah gimana tidak aktif orang saya hidupin terus nih  BB   dari pagi sampai malam..”  tapi ya udah memang harus di talak 3 nih BB dan diganti  dengan BB yang lebih cantik , sexy dan pintar daripada gara –gara   ngadatnya  Kekep ini proyek penting yang udah jelas ditangan  jadi lepas lagi. Ampun deh tidak lagi-lagi…

Yang pasti saya pilih beli  BB Monza ini karena selain factor utama untuk membantu pekerjaan (email,browsing ,BBM) yang lain selain  hiburan saya yang utama  badminton  adalah melihat  video dan foto anak yang dikirim jarak jauh oleh istri lewat BBM atau  hasil shooting sendiri waktu pulang , hasilnya ternyata sangat memuaskan… dan satu lagi yang penting kompas digital bawaan Monza untuk petunjuk arah kiblat… BB Monza ini sesuai dengan kebutuhan dan keinginan  saya.

Kenapa begitu? Apa alasannya? Ini Jawabannya

Setelah membaca berbagai informasi BB 9860 Monza yang didapat di internet, kebanyakan informasi yang didapat  malah tidak banyak membantu saya untuk segera mewujudkan keinginan  memiliki BB Monza misalnya  Monza sering hang / restart, Tochscreen loncat-loncat,  Batre boros, ngetik keyboard susah, aplikasi minim , dll ternyata setelah saya nyoba sendiri pakai  Monza biang keroknya  ketahuan yaitu penggunaan  versi OS 7 yang tidak tepat /stabil  dan perilaku pengguna Monza itu sendiri.

OS 7 Bundle 921 versi 7.1.0. 267 cukup stabil buat Monza saya dan  tidak sering hang,  batrepun lumayan awet lebih dari 24 jam utk pemakaian normal,  Sedangkan masalah touchscreen shorcut dipilih loncat-loncat lebih banyak disebabkan karena OS tidak stabil , install aplikasi yang tidak sesuai OS 7 Monza atau Monza dipakai saat sedang dicas karena saya sendiri pernah mengalaminya,  mengetik keyboard virtual yang susah itu terjadi  karena factor kebiasaan jika sudah biasa akan terasa mudah.Sedangkan aplikasi minim itu tergantung kebutuhan karena kebutuhan setiap orang tidak sama.

Setelah beberapa bulan pakai Monza saya tidak  ada keluhan seperti keluhan  diatas karena Operating System /OS 7 sudah saya ganti dengan OS 7 Bundle 921 versi 7.1.0. 267 dan saya hanya Install Aplikasi  tambahan BB dari App World yang penting –penting  saja  seperti dibawah no.4 semuanya Lancar ..car…

Adapun Keunggulan  dan kelebihan Blackberry  9860 Monza dengan OS OS 7 Bundle 921 versi 7.1.0. 267 dibandingkan dengan BB Kepler saya OS5  atau BB OS 6 lainnya  menurut pengalaman saya selama mencoba  berbagai type BB seperti (8320, 8900, 8520,9300, 9780)   adalah sbb:

 1. Layar Lebar  Tajam dan Touchscreen 

Monza layarnya lebar (3.7inch) TFT touchscreen 800×600 pixel dengan resolusi tinggi 16 juta warna   disertai processor 1.2Ghz,  Memory RAM 768MB, media storage internal 4Ghz (2.5GB)  dengan kombinasi OS 7 terbaru sehingga SUDAH PASTI  enak buat browsing karena selain layar lebar dan tajam, OS7 juga  diklaim RIM mempunyai peningkatan untuk browsing sebesar 40% dari OS sebelumnya, selain itu  Email dan BBM pun menjadi lebih lancar karena  processor 1.2Ghz  dan  Memory RAM 768MB  cukup besar sehingga pengolahan data internal BBM dan pushemail menjadi lebih cepat sehingga BBpun tidak sering minta restart/ ngadat.

Dengan Toucscreen saat browsing ganti halaman cukup menyapu layar dengan jari, zooming halaman  atau foto cukup melebarkan dua jari dll.

2. Video Kualitas Tinggi 720p HD

Monza dapat membuat  rekaman video  dengan kualitas audio dan gambar yang sangat bagus serta jelas (720p HD) bahkan ditempat gelap karena Monza disertai lampu blitz yang dapat disetting terus menyala selama shooting video dengan durasi rekam yang cukup lama karena Monza ini mempunyai external memory (micro SD) sampai  32GB.  Menonton video dari youtube yang didownloads terlebih dulu melaui PC computer juga sangat mudah dan sangat jelas hasil audio maupun videonya  jika  format video you tube (FLV ) telah dirubah menjadi (MP4) dengan aplikasi gratis ini dalam mode Iphone

3. Foto Kualitas bagus dan mudah membuatnya.

Monza juga dapat membuat Foto dengan kualitas gambar yang lebih bagus dari BB biasanya karena Monza mempunyai resolusi gambar 5MP, lampu kilat, Fokus otomatis continue, Deteksi wajah, stabilisasi gambar, dan Rana tanpa jeda selain itu file foto dapat diketahui lokasi pengambilan gambar dengan mengaktifkan Penandaan Geografis di Monza saat akan memfoto. Selain itu Foto juga dapat dibuat dari video yang sedang berjalan dan bisa dihentikan dengan menekan tombol kecil khusus disamping handset Monza dan langsung membuat foto otomatis dengan program screen grabber bawaan atau diunduh di App World bawaan Monza.

4. Aplikasi bawaan Monza lengkap.

Monza mempunyai aplikasi bawaan yang cukup lengkap dan sangat bermanfaat yang tidak dimiliki oleh perangkat lain  yaitu Blacberry Protect  yang berguna  mencari lokasi BB jika  hilang atau lupa naruhnya, mengunci BB shg tidak bisa digunakan, menghapus micro SD maupun user email BBM, kontak dan data penting lainnya, mengirim pesan BBM,  secara online dan aplikasi penting lain   untuk  pekerjaan kantor, Privasi, Maintenace BB,  jejaring social, hiburan, travelling,  ibadah sholat maupun aplikasi lainnya di App World  seperti :

-  Pekerjaan Kantor : Doc to Go Premium : Word, Excel, Pdf dan Presentasi Power point.

-  Privasi : Blackberry Protect (Mengunci atau menghapus secara online  seluruh isi dan aplikasi  BB saat BB hilang), Password Keeper (Menyimpan user name dan password dengan memgisi password terlebih dulu utk membukanya), Call Control (App World) untuk memblacklist no telpon tertentu dll,

-  Maintenance Blackberry : Battery Watch (App world) untuk memberitahu melalui suara jika baterai habis atau full saat di charge, Instant Reboot (App world) langsung dapat reboot lewat menu di display tanpa lepas batre.

-  Jejaring Sosial : BBM, Yahoo Mesenger, Facebook, Tweeter, Google Talk, Windows Live Messenger, Whats app (App world)

-  Hiburan : You tube, Music, ScreenGrabber , Video, Radio Nux Radio (App world), Senter  Flash Light (App World), perekaman suara dll

-  Traveling  : Map utk mencari lokasi dll, A GPS

-  Ibadah : Kompas (penunjuk arah kiblat), IPG (App world) adzan Pengingat Sholat 5 waktu beserta sahur dll.

-  Berbagai Aplikasi ,Game dan theme di App World terbaru

5. Monza dapat cepat dijadikan Modem HSDPA atau HSUPA

Monza dapat dijadikan modem dengan kecepatan   HSDPA 14.4Mbps atau HSUPA 5.76 Mbps di Computer dengan cara yang sangat mudah yaitu cukup menginstall Blackberry Desktop Software di Computer dan menyambung Monza dengan kabel data bawaan Monza kemudian pilih menu Mobile Internet  di bagian bawah setelah tanda Disconnected berubah menjadi  Sync All , Monza langsung bisa dapat dijadikan modem untuk Computer berinternet ria.

6. Model Monza sexy, mewah dan Cantik

Model Monza sexy dan  mewah terbuat dari bahan bermutu, mengkilat terlihat cantik dan  ramping,  tutup batrenyapun  aman dari goresan  karena tidak bersentuhan langsung dengan alas datar.

7. Monza dapat di charge dengan cepat

Dengan menggunakan charger standard yang biasa digunakan untuk BB lainnya seperti 9300 , Onyx2  dll baterai Monza dapat segera penuh saat dicharge dalam waktu + 2 jam. Waktu pengisian yang cepat sangat tepat saat Monza sering dipakai outdoor / diluar ruangan.

8. Searching, NFC dan Augmented Reality

Aplikasi search Monza  bisa digunakan untuk pencarian file apapun di Handset  (gambar, sms, kontak, lagu dll) dengan suara atau keyboard, NFC (Near Field Communication) dapat digunakan  untuk menghubungkan perangkat original blackberry dengan perangkat lainnya, serta  Monza dapat  Augmented Reality yaitu mencari Point Of Interest (POI) seperti Restoran, Pombensin, Mesin ATM dll,. Pihak RIM telah memasang 150 juta POI di 157 negara dengan 32 pilihan bahasa. (ini yang saya belum coba)

9. Special User

Monza biasanya hanya diinginkan oleh orang-orang tertentu yang ingin bisa melakukan  BBM, Pushmail dan browsing tanpa batas (HTML5),  bisa digunakan membantu dalam pekerjaan seperti presentasi dan membuka dokumen attachments secara cepat dan  mudah melihat obyek  kecil untuk diperbesar, menyukai  Foto dan   video berkualitas,   simple hanya install aplikasi  BB sesuai kebutuhannya saja serta suka melindungi data pribadi di handset secara Online.

Kelemahan Blackberry 9860 Monza

  1. Keyboard Virtual terasa kecil saat posisi BB vertical
  2. Suara Monza dari Headphone menurut saya  kurang sip ditelinga dibandingkan dengan BB Onyx2 atau Kepler 9300
  3. Baterai lebih boros dari Onyx 2 tapi hampir sama dengan BB OS 7 lainnya.
  4. Aplikasi terutama Game tidak sebanyak OS Android
  5. Harganya tidak murah  untuk  garansi resmi TAM, SS, CTN: saat rilis Sept 2011 + 4.9juta  sekarang May 2012  + 3.8 juta

Untuk mengganti OS yang ada pada Monza dengan OS OS OS 7 Bundle 921 versi 7.1.0. 267  filenya dapat didownloads disini. sedangkan cara upgrade OS Monza garis besarnya caranya dapat dilihat di sini

Apakah anda masih ragu untuk memilih si cantik Monza yang sexy ini sebagai pendamping hidup anda ? Anda yang memutuskan saya hanya memberi gambaran kemolekan dan sifat Monza….semoga membantu anda….untuk segera mengambil keputusan.

101 Responses so far »

  1. 1

    tya said,

    tks bgt sharenya brow..w mang gi minat bgt beli monza,,tapi ya,,,kalo nama garansi kira2 bedanya pa,an ya,soale w di twrkan monza garansi berrindo, tks

  2. 2

    RIma said,

    mas aku juga pake monza,
    ada sedikit masalah
    pada application storage nya kok berkurang sendiri ya?
    (setting , device, storage, application storage )
    kalo didiemin aja nanti pasti low memory…
    tapi setelah cabut batre normal lagi
    hape ga buat aplikasi macem2,
    (termasuk orang user yang g terlalu addict dengan blackberry)
    ada solusi?

    maturnuwun

  3. 3

    eryck said,

    thankx infox brow sangat bermanfaat

  4. 4

    jhondy said,

    kok gk bisa ya…bisa dibantu dunk upgrade nya…tgl upgradenya aja nih yg gk bisa :(

  5. 5

    udin said,

    Trims bro untuk berbagi ilmu nya.
    Tgl 6juli2012 saya berhasil upgrade/update secara OFFLINE os monza dari versi bawaan saat beli (7.0 bundle 2395, v7.0.0.579) ke versi 7.1 bundle 921 (7.1.0.267), dengan peralatan:
    1) Pc notebook intel core2duo 2,2ghz ram 2gb
    2) Windows xp sp3
    3) Blackberry Desktop Manager versi 7 (700_b060)
    4) BB 9860 Monza O.S. 7.1.0 rel921 all language.

    Saat melakukan update, Memori Card eksternal saya lepaskan dari monza, dan semua radio network saya matikan (off), kondisi batre hampir penuh.

    Langkah-langkah yg saya lakukan:
    1) Install bb desktop manager 7
    2) Install bb os monza 7.1 bundle 921
    3) Hapus file ‘vendor.xml’ pada folder ‘c:\program files\common files\research in motion\AppLoader’
    4) Restart/reboot ulang pc & windows xp
    5) Sambungkan monza ke pc menggunakan kabel usb
    6) Jalankan program bb desktop manager 7
    7) Pilih menu ‘update device’, akan ditemukan bb os terbaru yg telah kita install di pc sblmnya
    8) Pilih/klik tombol update
    9) Pilih backup data…
    10) Selesai.
    Biarkan proses berlangsung sampai bb monza restart ulang dgn os baru. Pada saat saya lakukan membutuhkan waktu kurang dari 1jam.

    Selanjutnya monza saya matikan (dgn menekan tombol on/off lama), kemudian Memory Card saya pasang kembali, monza saya hidupkan dan radio Mobile Network saya aktifkan (on) kembali.

    Monza siap digunakan kembali dgn os baru, dimana kontak, setting dan aplikasi kembali ke semula, kecuali account2 email harus saya setup ulang kembali :p, meskipun isi email yg lama masih ada.

    Ada penambahan beberapa fitur/menu pada os7.1 ini, yg paling menarik adalah menu Mobile Hotspot yaitu menjadikan monza sebagai wifi internet access point untuk perangkat wifi lainnya. Saya coba aktifkan mobile hotspot monza dgn pc notebook sbg clientnya, sbg ujicoba saya gunakan mozilla firefox masuk ke halaman depan google.com dilanjutkan ke detik.com hasilnya Sukses, tapi ‘PULSA’ saya langsung berkurang lebih dari rp.10rb :((. Tapi gak usah dipikirin lah krn revolusi membutuhkan pengorbanan :).

    Semoga OS baru 7.1 ini lebih responsif, tdk telmi dan sering hang seperti pada os 7.0. bawaannya. :)

    Sekali lagi trims bro utk sharing ilmunya.

    Salam,
    ud1n@yahoo.com

    • 6

      imaafrianti said,

      data-data dan contact bbmnya bisa langsung terbackup gak, Gan?? makasi…

    • 7

      indra said,

      bos udin,, kalo baca pesan saya, saya tunggu di 089634732206,, pengen minta tolong juga ya,, saya pake monza pengen ganti versi nya juga,, aturnuhun

    • 8

      indra said,

      bos udin,,, kalo udah terima pesen saya tolongin ya kabarin ke 089634732206 sms / call aja,, saya mau minta tolong bisa dibantu gk,,, saya tunggu ya,, aturnuhun

      indra

    • 9

      Firman said,

      Terima kasih semua kawan tadi barusan update os nya BB monza, alhamdulillah lancar dan bisa digunakan kembali, thanks ya maju jaya terus….

  6. 10

    rosyida said,

    Cara mengganti email BB gmna ya ??
    Soalnya dlu prtama punya BB monza blom tau crany jdi pakek email kakak saya ,,, trus pasword nya lupa ,,, :(

  7. 11

    dijamin aman g brow kl di upgrade osx ?

  8. 12

    fauzi said,

    katanya monza operasi nya akan lancar jika OS nya di Upgrade menjadi OS 7 Bundle 921 versi 7.1.0. 267
    yang saya mau tanyakan, OS sebenarnya yg di miliki oleh monza itu OS versi apa …? mohon petunjuk

  9. 13

    mayindays said,

    Newbie bb nih, jatuh cinta ma monza gara2 liat advertisement video liquid graphic. Skrg syg bgt ma ni bb, alhamdulillah blm ada keluhan berarti slma ini n.n

  10. 14

    olland said,

    sore mas, cara yang benar mengupgrade OS di atas ke monza gimana ya mas. mohon infonya..terima kasih mas.

  11. 15

    oquie said,

    thans sharenya.. oy saya mau tanya nih.. kenapa setelah sy upgrade aplikasi BBMnya Monza dengan versi terbarunya, malah icon bbm jadi hilang.. udah coba reboot berkali-kali tapi tdak muncul juga.. saya coba uninstall bmm-nya lalu install ulang tapi tidak mau juga… mohon petunjuknya gan..

  12. 17

    Din Aje said,

    mas bagaimana cara ngistall OS 7 Bundle 921 versi 7.1.0. 267 nya?? mohon penjelsan dan langkah langkah nya?terima kasih

  13. 18

    chandra said,

    bang, gmn klo untuk monaco 9850… spesifikasinya kan sama. cm bedanya mendukung GSM maupun CDMA. mohon pencerahannya…

  14. 19

    isti said,

    Pak,emang bawaan monza-nyaa apa? Kalau saya mau beli skrg saya langsung minta upgrade OS sama tokonya atau bgmn? Thanks

  15. 20

    Glie said,

    Maaf pak sedikit ralat, Monza ga punya NFC. Saya punya waktu beli di bulan Des 2011 5jt, sekarang sudah turun jadi 3.8jt, blm setahun sudah turun banyak, parah…. Untuk os-nya, punya saya sudah beberapa kali upgrade sendiri dan tidak bermasalah os-nya, OS Monza saya sekarang sudah di OS 7.1.1716 (v7.1.0.569).

    Cara upgrade os nya mudah kok, gini caranya :
    1. Pertama yang pasti sudah terinstal Blackberry Desktop di PC anda, kalo belum download di website Blackberry
    2. Search di google, os terbaru untuk BB Anda (kebanyakan yang terbaru belum ada bahasa Indonesia nya, tapi jgn khawatir, bahasa Inggris nya ada) atau kalo bingung, cari saja di website resmi BB di sini : http://us.blackberry.com/support/apps-and-software/desktop-and-device-download-sites.html.
    3. Download dan install di PC Anda, OS pilihan untuk BB Anda (Ingat download dan install sesuai dengan tipe BB Anda)
    4. Setelah install (di PC tertentu biasanya minta restart PC nya, kalo tidak ada, tidak usah restart), dan jangan buka dulu BB desktop nya, kalo sdh terlanjur buka, tutup dulu.
    5. Lalu, explore file instalan tadi, cari dan hapus file “vendor.xml” (ada di C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader).
    6. Setelah itu sambungkan BB anda ke PC via USB, dan aktifkan BB desktopnya.
    7. Biasanya BB Desktopnya otomatis mendeteksi OS terbaru yg telah kita install, dan menanyakan apakah kita ingin update nya atau tidak.
    8. Bila tidak muncul otomatis, pilih “Device”-“update” (Perangkat-Pembaruan).
    9. Ikutin petunjuknya, agar data tidak hilang, pilih “backup data”.
    10. Selama upgrade, usahakan jgn terputus koneksi usb nya (pastikan baterenya juga mencukupi), karena akan membuat os gagal terinstall dan error. Setelah terinstall, biasanya BB akan restart sendiri.
    11. Setelah selesai, tutup dan putuskan koneksi BB desktopnya. Lebih baik anda restart BB anda lagi dengan mencabut batere BB anda, agar sistem berjalan dengan baik semuanya.

    Nah mudah kan? Bingung dengan penjelasan saya? Masih banyak kok di blog2 tertentu yang menjelaskan cara upgrade BB dan bahkan mengatasi BB Nuked atau error JVM, search saja di google, banyak sekali yang post caranya. Saya sendiri sering bantuin temen yg bermaslah dengan error JVM yang aneh2, caranya ya belajar otodidak dari blog2 yg post cara mengatasinya. Oke selamat belajar, kalo bisa sendiri, ngapain bawa ke service center atau kios2 di Roxy?.

    Salam.

    • 21

      Christian David said,

      Bagus yg mana antara v7.1.0.342 vs v7.0.0 bundel 1672.
      Mohon dibalas.

    • 22

      saiful ga pake "Jamil" said,

      Bro Glie…
      bantuin dooonk….tapi BB gw sekarang lg ditinggal di SS dulu gara-gara restart melulu,jadi harus nunggu indent penggantian “onderdil” restartnya di SS Gancit,Jaksel.

    • 23

      Ardiansyah said,

      Pak saya mau tanya. Kalo setelah d downgrade apakah bermasalah kalau saya upgrade lagi dengan OS yg terbaru ( Blackberry torch 9860/monza, dari OS 7.1 ke 7.0) trus d upgrade lagi ke OS terbaru?, terima kasih

  16. 24

    ikky said,

    mas saya pake monza. ada cara buat batrena gak terlalu boros gak si?

  17. 25

    riant said,

    Pak..mau nanya..pnyaku monza..tpi os nya masih os yg versi 7.0.0 bundle 2395..untuk cara update nya gimana yak?..langsung downloaf yg versi os 7 bundle 291 versi yang dijelaskan diatas?..terimakasih..

  18. 26

    girlfashion said,

    Saya br beli bb monza sebulan yg lalu dan skrg bermasalah.. lampu bb ny tdk mau menyala.. jd bb dlm kondisi aktif tp lampu ny tdk menyala sehingga tdk bs d gunakan sm skli.. ap itu pengaruh OS yg blm d ubah dr semenjak beli?

  19. 27

    agung said,

    monza ane tidak bisa browsing pake BIS tp pake wifi lancar

    bantu pencerahannya mas bro

    Tks, Agunk
    agunk_mboys@yahoo.com

  20. 28

    randy said,

    monza bisa buat skype gak ya?

  21. 29

    yanuar said,

    salam pak…
    saya mau tanya ,ko’ layar BB monza saya orientasinya tidak bisa kesamping,,
    apa pnyebabnya,/??

  22. 30

    Joni said,

    Monza keren abis..ini aja abis beli monza lgsg saya upgrade k OS 7.1 bundle 1646,mantep bner monza skrg harganya murah bner..bli d bobby itc fatmawati no 172 garansi 2thn free updet os n service

  23. 31

    dmw said,

    aku pengen beli monza, tp ak gak ngerti maksdnya apa sih versi os 7 di upgrep lg ke os skian..maksudnya apa ya ?? mmg monza itu osw 7 kan..aduuh binguung, mohonpenjelasanya donk…

  24. 32

    Christian David said,

    Saya baru saja memperbarui perangkat dengan v7.1.0.342
    Lebih baik dari perangkat yg bawaan ne BB 9860
    Tidang sering genk, error, macet, Dan tombolnya loncat” saat dioperasikan dengan diCAS.
    Dan kemudian saya akan memperbarui perangkat dengan v7.0.0.1672.
    Semoga ne lebih baik dari versi v7.1.0.342.

  25. 33

    Waaah… BB monza saya tdk secantik beritanya… Tiba tiba os nya blank, padahal baru berumur kurang dari setahun… Gimanaa nih caranya…. Blank,,blank..blank… Layar berwarna putih smua..

  26. 34

    adi said,

    mas sy pnya BB 9860 tp languages gk ad indonesia ‘nya…
    gmn cara spya languages bisa indonesia…?
    mksh….

  27. 35

    sabar said,

    Punyaku error kang….. Menu trackpad berubah ǰɑ̤̈̊ϑΐ trackball…. Otomatis trackpad Ъќ>:/ ßɪ̷̜̇̌̋§ª digunakan

    • 36

      Reynaldi said,

      Torch 2 saya jg begitu. Saya keliling counter tidak ada yang tahu penyebabnya. Sepertinya harus claim garansi. Tp karena ribet claim garansi, saya jual dan hanya laku rendah.

  28. 38

    y4kup said,

    untuk copy paste monza pakai tombol apa n gmn krn waktu pakai 8520 mudah cara ny

  29. 39

    pico said,

    sentuh kata awal dan akhir kalimat. tekan menu dan ada pilihan copy. selanjutnya seperti yang lain.

  30. 40

    genreystore said,

    Thanks Gan Infonya..Ane Jd ngiler Ama Monza Niiih,,,,

  31. 41

    Anis Yasmine said,

    setelah pakai monza gimana kesannya bapak? saya pakai baru 5 bulan dan selalu stuck bagian loading / booting screen. dan selalu muncul pesan “Built-in media storage not accessible due to detected errors. Would you like to repair?”. ini bikin saya bolak balik BEC, kbtlan saya d bandung. nah apa bapak pernah mengalami problem seperti saya paK?

    • 42

      jofeli said,

      monza punya saya malah sdh berkali2 ada pesan spt itu. kadang sy pencet repair, yes, ngefreeze, diam aja spt hang. kadang jg successful. kl dipilih no, ga berapa lama pasti layar freeze kembali. cb anda format kartu memori external anda di pc, kadang bisa nyelesaiin masalah. pernah suatu ketika sy memutuskan utk memformat built-in media storage nya, lgsung berhasil & bertahan lama sampe pesan itu muncul kembali. trakhir, sdh ga bisa lg dgn cara apapun. saat pesan itu muncul sy klik yes, freeze layarnya sampe lama. sy cabut batre, colokin lg, stuck loading aja sampe skr ga mau masuk home screen. hikss..

    • 43

      Pudji said,

      sepertinya semua MONZA sama. punya saya nasibnya hang setelah 10 bulan dipake. karena masih garansi, saya bawa ke ambasssador diservis di WII. Alhamdulillah setelah 30 HARI, bisa dipake lagi, walau kadangkala masih suka ngehang. baru 30 hari dipake, ngehang lagi, sampai sekarang ga bisa diapa2in.

      WII ga mau terima untuk servis kecuali bayar 1.2 juta katanya. Gila kali, BB baru aja banyak banget yang harganya kurang dari segitu. belum lagi dia juga ga garansi perbaikannya, buktinya baru sebulan dipake udah ngehang lagi.

      saran saya buat yang beli MONZA, harus siap kalau cuma bisa dipake kurang dari 12 bulan.

  32. 44

    Arnold said,

    setau gw monza gak support NFC loh bro…gw jg pake monza tp gak ada NFCny…

  33. 45

    t.iskandar said,

    Ikut Share semuanya,mudah2x bermanfaat..Untuk Upgrade OS Monza silakan downloads di web resminya,pilih sesuaikan dengan jaringan seluler yg dipakai di http://id.blackberry.com/support/downloads/ =>jaringan penyedia layanan seluler..fungsinya kinerja vendor layanan seluler bekerja max dengan perangkat blackberry yg dipake dan tidak perlu lagi menghapus “Vendor.xml”,biasakan minimal 1 bulan sekali melakukan diagnostic test/registrasi ulang ( Manage Conn=>Networks and Connections=>Mobile Network=>pijit lambang BB(menu)=>Diagnostic test=>Run..biarkan proses berjalan sampai selesai sampai ada pesan confirmasi).
    Untuk masalah memory/Ram install di app world aplikasi gratis MemoryUp Personal lumayan cukup membantu dengan menekan Menu=>Quick Boost maka akan secara otomatis mengembalikan memory Ram/unduh applikasi ControlBBanel silakan cari di google.
    Untuk saat ini Monza ponsel terbaik dari blackberry..tp harus juga hati2x ketika beli monza Baru atau second..terutama di masalah keyboard memang selalu loncat,solusi saya lebih baik kembalikan minta tukar dengan ponsel monza yg lain jika mendapatkan masalah seperti itu *ini pengalaman saya dan tidak ada solusi walau sudah beberapa kali bongkar pasang OS.
    Untuk masalah Batre setelah memakai hampir setahun blom ada kendala bisa di kategorikan Monza BB pling hemat Batre *perbandingan dengan Dakota yg saya pakai juga.
    untuk yg terakhir share saya jangan pernah gambling untuk beli BB,lebih baik mahal sedikit asal purna jual/garansi dipermudah/klau bisa di ganti handset baru klau kerusakannya ngga ada solusi.

  34. 46

    gumilar said,

    monza saya ngehang, dicabut baterai dan dipasang kembali lalu start dan loading awal sampai 75% lalu layar blank putih ga ada tulisan apa2, dibenerin pada gak bisa :( udah dicoba reload os gak ke detect, harus gimana nih, nyesel beli bb monza, pake bb yg lain belum pernah kejadian kayak gini…ada yang bisa bantu

  35. 47

    saiful ga pake "Jamil" said,

    Prens yang baik hati,
    gw udah hampir setahun pakai Monza,tp waktu awal Juli udah henk,akhirnya diapgred,meskipun ga semua data pada ilang tapi cukup mengganggu. Awal September henk lagi dg muncul restart berulang2,pas gw utak-atik akhirnya restart berhasil tapi jadi kaya proses kaya format ulang, parahnya semua data nope,bb,memo,gambar dsb pada ilang, nyaris nangis bombay gue.
    Nah akhir November lalu henk lagi dg restart berulang2, pas gw bawa ke SS katanya harus ditinggal dulu di SS untuk nunggu indent pemesanan “onderdil” restartnya. Karena ga ada cara lain gue relakan ditinggal dulu dan gilanya harus nunggu 14 hari(min) sampai 30 hari(max). Sekarang gue kaya orang bego, mati gaya harus cengo nunggu sampai akhir tahun ini.
    Ada yang bisa kasih saran ga?
    Khususnya juga tentang info apgred OS bawaan ke OS bundle-nya ya,
    kalau berbaik hati nanti tolong kirim ke emil gw ya di : saiful.akbar.skm@gmail.com
    Thanks a lot ya Broooooo….. mmuachh…

  36. 48

    adhiet said,

    tmn2..gw mau tny memori internal 9860 monza 4gb atw 2.5gb? trus ram nya 768mb atw 340mb?
    soalnya yg d bb gw kok 2.5gb dgn ram 340mb
    thx

  37. 49

    joko said,

    yang namanya BB produk handset nya kurang bermutu,selalu bnyk problem nya dr yg hang lah..bbm pendinglah…pokoknya bnyk macam deh…RIM seolah gak peduli dg masalah2 ini,krn mrk tahu kl orang indonesia udh tergantung dg BB khusus nya bbm,jd seperti apapun masalah di BB..org akan tetap membutuhkan…saatnya kita sadar utk memilih produknya yg berkualitas yg tdk merepotkan penggunanya…bnyk kok perangkat yg lebih bermutu dg harga terjangkau dan beribu-ribu aplikasi termasuk app chat layaknya bbm yg bs diunduh gratis…saatnya bijak.

  38. 50

    monzaku ga bisa nyala.. terakhir ada informasi “device memory low”, dan udah di format (sesuai rekondasi dari blackberry sendiri), sekarang ga mau nyala lagi. kenapa ya? thank you.

  39. 51

    tio said,

    Bosh monzaku memoriny serink krang sndri….tpi xlo Ǘϑäђ cpot btre penuh ƪƌ̲̣̣̣̥ƍɪ̣̝̇ tw gmn solusiny,(˘_˘٥)ђaёёϑϑϑēёёËēƗƚ(˘_˘٥)

  40. 52

    Lusi said,

    Monza emang kereenn…sy jg pakee

  41. 53

    Yudit said,

    Jadi pengen beli nich…..

  42. 54

    nur said,

    Knp ya waktu ♏åϋ upload d app word susah mlh ada peringatan eror

  43. 55

    Hulubalang said,

    Fakta Seputar Monza:

    1. Software OS 7 yg dikeluarkan RIM untuk Pengguna Monza tidak semuanya cocok dgn aplikasi baru yg ada di BB Appworld, hal inilah yg terkadang menyebabkan setelah mendownload app tertentu > Instal > restart device > Tidak bisa masuk k homescreen. Hal ini karena terjadi crash program baru yg d install dgn platform software OS 7 bawaan monza (meskipun d upgrade OS versi terbaru). Ini bukan virus atau faktor kelebihan memory, tetapi murni masalah Software.

    2. Berdasarkan ulasan no.1 tsb mengakibatkan kta sebagai pengguna Monza harus lebih spesifik dlm menDownload app yg diperlukan. Pilih aplikasi yg memang benar2 diperlukan, jk tidak terlalu penting & app tsb jarang digunakan sebaiknya tdk usah.

    3. Dilihat dri segi RAM’nya Monza tidak jauh beda dgn Dakota. Tp faktanya Monza tidak bisa bekerja seBandel Dakota. Walaupun Dakota jg py problem tersendiri.

    Sy jg pengguna Monza, semoga pengalaman saya diatas bisa menambah info bagi pengguna Monza lainnya.

  44. 56

    yulius_sijabrik said,

    bagaimana cara menrestart ulang BB monza tanpa melepas baterai makasih …

  45. 58

    leonsingaa said,

    Sekarang udahh 2013 maassss…..

  46. 59

    indra said,

    setelah saya baca semua coment yang intinya bb monza bermasalah tapi kalau saya prediksi mungkin karena anda salah menggunakan produk bb, yang mana mungkin tanpa anda sadari banyak aplikasi yang anda install tercampur virus atau aplikasi tersebut dump cress dengan os nya, seperti layaknya komputer bila os nya cress dgn aplikasi yang di install pasti komputer tersebut jalan nya tidak normal, solusinya coba anda istall ulang dengan menggunakan os aslinya dan gak usah terlalu lebay menggunakan bb ;)

  47. 60

    Lika said,

    tolong bantuanya dong
    cara nonkativin input tesk gimana yah?
    ribet banget nih monza ada input tesk nya jd ribet ngetiknya

  48. 61

    dhana said,

    Monza gua ga bisa buka foto di media… Cm bisa buka lewat file manager… Os yg d pake 7.1bundel 1149 (v7.1.0.342).. Knp ya… Yg tourch2 jg sama ga bisa… Share donk buat solusi’y…

  49. 62

    westta said,

    apa iya Monza hobby hang seperti coment-coment di atas..
    jadi ragu mau nyobain yg satu ini..

  50. 63

    bams said,

    MOnza saya restart seharian belum masuk-masuk… -_- gimana cara nya gan mohon bantu an nya.. kirim ke email saja ya : lumban_gaol1987@yahoo.com

  51. 64

    andra said,

    kok banyak bngt ya keluhan monza pdhl mau beli dan melepas si onyx wah mikir ulang nich kayaknya. makasih agan2 yg baik hati y sudah menuliskan pengalamannya

  52. 65

    sari damayanti said,

    terimakasih.. infonya sgt membantu..
    ingin skali mengganti bb 9300 saya dg monza.. tp apakah aplikasi pd bb monza bisa dipindah ke sd card spt pd android? sejauh ini stelah saya bandingkan dg android yg saya punya, pnyebab kinerja yg srg lemot pd bb adalah memori internal yg full aplikasi. apakah masalah ini jg trjd pd monza? atau aplikasi pd monza bs pindah ke sd card spt android? mohon info :)

    terimakasih..

  53. 66

    fitri said,

    mas, bb monza ku sering panas banget…itu kenapa ya..mohon infonya. tq mas

  54. 67

    edy roster said,

    Bang mau Tanya emang camera vidio 9860 ngak Ada zoom-nya ya? mohon infonya.

  55. 68

    edy roster said,

    mau Tanya ni om kamera vidioBB 9860 emang ngak ada zoom-nya ya?

  56. 69

    unyon said,

    saya abis beli monza dan pindah contact bbm, malahan recent update dll ga jalan padahal fitur lain oke2 saja. ketika sudah pasang paket full service, ketika browsing dgn browser bawaan monza malah pulsa ikut terpotong. sudah coba service sampai tukang servicenya pun angkat tangan untuk membenahinya. jadi menyesal membeli monza, apalagi karna fitur utamanya yaitu bbm, tidak bisa d gunakan sebagai mana mestinya.

  57. 70

    fikri said,

    tolong bantuannya gan, bb moza sya tidak bisa trima/baca semua kartu sim, hnya bisa pke xl dan simpati dan yg lain tidk bisa knp y?tolong dibantu gmn cra mengatasinya?

  58. 71

    IfA said,

    Jd penasaran sama cantik dan cerdasnya monza

  59. 72

    agus artawan said,

    klo blackberry monaco 9850 kan fiturnya sama ma beda dy bsa GSM sma CDMA,ccok gg monaco 9850 klo di ganti osnya make os 7 bundle 921 7.1.0 267…tolong infonya,
    trimakasi

  60. 73

    iank said,

    gan.. minta bantuan buat masalah pada trackpadnya. cuman tombol tengah aja yang berfungsi.. pliss

  61. 74

    q pakai OS 7.0 bundle 1672 versi 7.0.0.353 di BB Monza ane gak pernah troble juga gan, makasih postnya berbagi info menambah wawasan.

  62. 75

    wanto said,

    hp BB monza q,…alahamdulillah baik-baik aja ,dari awal beli sampai skarang….

  63. 76

    uchu said,

    padahal mau bli monza tp bnyk coment mcm2 jdx ragu lgi

  64. 77

    Makanja said,

    Mas bro, saya mohon ijin untuk merujuk beberapa artikel di blog ini dari website kamii, banyak pertanyaan pengunjung website saya menanyakan hal-hal yang terjawab dengan gamblang di sini.

  65. 78

    aan yulianto said,

    Like brow..

  66. 79

    agung said,

    monza q sering loading stuck gan. itu kenapa ya, ud tak softwear ulang cuma bertahan 8 hari aja,
    mohon pencerahannya gan.

  67. 80

    eka said,

    q pakai monza baru 10 hari sudah hank…………….. hbs diservice pake 1 bulan hank lagi………… padahal tu bb jarang kepake………

  68. 81

    aditya prambayu said,

    buat group sampe berapa supaya tidak lemot..

  69. 82

    ayieot said,

    thanks gan pas banget di monza ku tadi nya os nya ga stabil sekarang sip banget

  70. 83

    wahyu said,

    Hang terus nie monza, padahal pake aplikasi standar alias bawaan aja..

  71. 84

    Morea said,

    Terima kasih gan buat ilmu nya.
    Barusan BB monza saya upgrade os 7 bundle 921 versi 7.1.0 267
    Emang bener ham bisa di buat wifi an.

    Meski bermodalkan nekad Dan fasilitas se’adanya.

    Jempolan ilmunya…

  72. 86

    LsB said,

    Kalo MONZA cakep si , setah saya baca” komennya , ada juga masalah yg sama ama gua ,.. Trackpad Move. ,gg bisa digunakan ,hanya pencet” doang ,… PadahaL kaLo TrackPad Lancar pan asik ,..
    Tp Cakep Lah ,MONZA ,gg kalah sama Dakota ,…

  73. 87

    josphysio said,

    thanks ya soalnya aku jg suka pingin mau beliii monza niiiii

  74. 88

    and_the said,

    misii gan..,,mohon pencerahan..,,udh hampir ane jual nie Monza ane..,,
    kenapa monza ane sering bnget mati sdriii ya…????

  75. 89

    ara said,

    Sy pngguna monza tp sy punya sdh 2x di service centre gara2 ga bisa nyala  nya.
    Saat tanya ptugas ktnya kena hardware nya akhirnya diganti mona baru. Tp baru 1minggu pake problem tetep sama ga bisa nnyala. Kt ptugas  cetre ktnya monza produk gagal :( jd bingung ini. Takutnya nti bgtu lagi sampai garansi habis. Nti klo garansi sdh habis ga tau brp lagi biaya hrs kluar untuk service terus. :(

  76. 90

    Asrul said,

    Gan ane mo tanya, monza ane klw ngadat sering restar..
    Ironis’y loading 75% & ga bisa lagi masuk ke menu,..
    Seluruh BBSC nolak gak bisa di benerin, kbetulan ane ke jakarta trus ke sumatra, juga sama BBSC juga nolak ga mampu benerin..
    Solusinya dong … !!!
    Di tunggu infonnya gan, thank’s
    No hp 085395259347
    E-mail ; asrulrifan86@gmail.com
    PIN ; 2870904D

  77. 91

    Takashe said,

    Ga jadi ahh kalau BB Monza cepat rusak, padahal aku ada rencana mau beli BB Monza…

    Huufff…

  78. 92

    makasih infonya sob…

  79. 93

    agustianus said,

    gan kok bb monza saya pas pake os 7.1 kok kamera nya suka gak bisa kadang” bisa kadang ” gak bisa kenapa ya gan

  80. 94

    1vana said,

    sangat membingungkan nii menggunakan monzaa..apalah udh dua kali k garansi sampe dgnti baruu ma pihak garansi ehh eror lagi dgn kesalahan yg sama yakni GAGAL BOOTING …enak si pke monzaa tpii erorna ituu yg gag ngenakainnn…malu kan k pihak garansi muluuu..lama2 tak banting jugaa ni hp

  81. 95

    Ellyan S said,

    BB Monza bisa main game top eleven football manager nggak?

  82. 96

    maman said,

    Sy mau beli BB ini,,,, segera…

  83. 97

    Sebenarnya postingannya bagus banget gan, tapi mohon dimaklumi, saya ngga ngerti
    apa-apa masalah ini. jadi hanya bisa numpang ninggalin jejak doang :D

  84. 98

    stevent said,

    mAS aku kan beli brang BM monaco trus mau di nyalakan kan kluar loading blackberry stelah dah loading nya kluar Simbol luar “US cellular” cara ngilngin nya gman
    ??? /

  85. 99

    Bungsu said,

    Membuat saya bingung- dengan BB si cantik dan si cerdas ini.

  86. 100

    feni said,

    salamm .. aq mau tanya bb monza q kok di isi plsa tp tiba2 berkurng pdhal aq tdk daftar ap2… gmn ni? minta solusi

  87. 101

    bunda santi said,

    Saya М̣̣̥̇ɑ̣̣̇̇u̶̲̥̅ jual bb monza 9860 hitam . Batangan [ч̲̅a̲̅] ​ .. Ndak Ǻϑª keluhan APa2.. Saya М̣̣̥̇ɑ̣̣̇̇u̶̲̥̅ jual butuh uang soalnya. 1jt ajah. Bb masih saya pakai jd kondisi Ga da yg minus. Hub saya ϑϊ 083804840270.


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 84 other followers

