Puasa Sunat Sepanjang Tahun (2008)

PUASA SUNAT SEPANJANG TAHUN  (2008)

Beberapa hari yg lalu saat pulang kerja, dijalan ketemu cowok ABG pake Jins dan kaos T shirt. Didadanya ada tulisan “Muda Foya-foya Tua Kaya Raya Mati Masuk Surga “ sambil senyum simpul kubaca dalam hati… Enak ya bisa begitu..

Muda Foya2 udah nggak kepingin, Tua Kaya Raya : ya Pengin sih ..sedang diusahakan…. Trus Kalo : Mati masuk Surga ? Wuaduh yg ini nggak jamin aku.

Kalo menurut Rukun Islam : Syahadat aku udah, Sholat kadang Bolong, Zakat kadang2 kalo inget, Haji belum. Puasa? ini sepertinya Bisa . Sehat, Ngirit dan dapat Pahala. Untung kemarin ada yg mengingatkan kalo besok tgl 19 January 2008 ada Puasa Sunat 10 Muharam yg pahalanya Guede Buanget.

Dari Abu Qatadah. Rasulullah SAW, telah berkata, Puasa hari Asyura (10Muharram) itu menghapuskan dosa satu tahun yang telah lalu.” (Hadist Riwayat Muslim)
(Kitab Fiqh Islam. H. Sulaiman Rasjid. Penerbit Sinar Baru. Bandung.1994 Hal 240)

Kalo dipikir2. Sepanjang hari, secara sadar baik sengaja maupun nggak, yg namanya dosa kecil maupun dosa besar. (dari yg omongin orang sampai sholat yg kadang Bolong. belum yg lain2) Kalo dijumlah sepanjang tahun lalu pasti Buanyak banget . Kalo hari ini atau besok dipanggil Tuhan. Bisa dipastikan Masuk kemana aku . Kalo nggak karena Kasih dan Rahmat Allah aja Aku pasti gagal deh masuk Surga .

(Kata Pak Ustad : Sebagian besar manusia masuk Surga karena Kasih dan Rahmat Allah, karena Pahala manusia nggak cukup utuk nomboki kenikmatan Allah yg diberikan kepada Manusia. Jadi kalo tidak bersyukur sekarang kapalagi dapat Kasih dan Rahmat Allah?)

Bersyukur bisa dengan ingat kewajiban kepada Allah, Tidak menyengsarakan Diri sendiri, Keluarga, Tetangga dan tidak merugikan Orang lain.

Di Kitab Duratun Nashihin yang bukan Surga alias Neraka itu Puanassss… sekali saking puanasnya segayung api neraka diletakkan di dunia akan membakar dunia seisinya. Neraka itu warnanya Hitam dan Gelap saking Panasnya. Kalo orang udah disiksa/dibakar akan dikembalikan sehat lagi, dibakar lagi, sehat lagi, dibakar lagi dst …..nggak ada selesainya ….. iihhh ngeriii….. Mau?

Untungnya ALLAH MAHA BAIK pada Umatnya. Mau memberi Bonus Pahala seperti diatas.

Setan selalu ajak orang bikin Dosa . Tuhan memberi Bonus besar utk Puasa Sunat atau Perbuatan tertentu guna nutupi/ nomboki dosa. Jadi seimbang to? Kalo Tuhan tidak beri Bonus Pahala bisa dibayangkan apa jadinya. Sekali lagi ALLAH MAHA ADIL tidak akan membiarkan umatnya berdosa tanpa ada solusi utk mensucikannya.

Rangkuman Puasa-puasa Sunat dalam setahun dari Kitab Fiqh Islam dari H. Sulaiman Rasjid ini mungkin bermanfaat, Semoga Allah selalu memberi Rahmat dan Kasih kepada Kita. Amin.

Menurut Kitab Fiqh Islam ini Puasa Sunat/ sunnah ada 6 yaitu :

1. Puasa 6 hari di bulan Syawal. 3-8 October 2008

Dari Abu Ayyub. Rasullullah SAW, telah berkata, Barang siapa puasa dalam bulan Ramadhan, kemudian ia puasa pula enam hari dalam bulan syawal, adalah seperti Puasa sepanjang Masa ( Riwayat Muslim)

2. Puasa Hari Arafah (9 Dzulhijjah/ Besar) 07 Desember 2008

Dari Abu Qatadah. Nabi SAW telah berkata, “ Puasa hari Arafah itu menghapuskan dosa dua tahun; Satu tahun yang telah lalu, dan satu tahun yg akan datang. (Riwayat Muslim)

3. Puasa Hari Asyura (10 Muharram / Suro ) 19 Januari 2008

Dari Abu Qatadah. Rasulullah SAW, telah berkata, Puasa hari Asyura (10Muharram) itu menghapuskan dosa satu tahun yang telah lalu. (Riwayat Muslim)

4. Puasa Bulan Sya’ban / Ruwah .04 Agustus- 01 September 2008

Kata Aisyah, Saya tidak melihat Rasullullah menyempurnakan Puasa satu bulan penuh selain dalam bulan Ramadhan, dan saya tidak melihat beliau dalam bulan-bulan yg lain berpuasa lebih banyak daripada bulan Sya’ban (Riwayat Bukhari Muslim)

5. Puasa Hari Senin dan Hari Kamis

Dari Aisyah, Nabi besar SAW. Memilih waktu puasa hari Senin dan hari Kamis. “ (Riwayat Tirmizi)

6. Puasa Tengah Bulan (tgl 13, 14 dan 15 dari tiap bulan Qomariah (tahun Hijriah)

Dari Abu Zarr. Rasullah SAW, telah berkata, “ Hai Abu Zarr, apabila engkau hendak puasa hanya tiga hari dalam satu bulan, hendaklah engkau puasa tanggal tiga belas, empat belas dan lima belas (Riwayat Ahmad dan Nasai).

Untuk Puasa Sunat yg lain, belum ketemu Hadistnya yg Shahih ada yg mau menambahkan…

13 Responses so far »

  1. 1

    nur said,

    saye dari malaysia..
    bagusnyer awak dah kumpulkan puase sunat sepanjang 2008 ni..
    senang saye nak ingat..may Allah bless you=)

  2. 2

    Annisa said,

    Saya Nisa dari Medan…
    Saya senang dengan kumpulan puasa sunat yang ada tapi yang ingin say liat puasa di bulan Rajab knapa tdk ada ya ?
    Kalo bisa buat manfatnya juga ya biar kita semnagt mengerjakannya.
    Thanks…….

  3. 3

    T. Bondan said,

    Terimakasih atas artikel yg bermanfaat ini. Setahu saya bulan rajab juga baik utk berpuasa sunat. Bulan rajab kan bulan Allah.

    —————-
    http://www.homefurnitures.co.cc
    http://www.orthodonticcenter.co.cc

  4. 4

    fath102 said,

    Bulan rajab memang termasuk Bulan yang dimuliakan oleh Allah, Untuk Hal-hal yg berhubungan dengan bulan Rajab terutama untuk puasa, oleh ulama hanya disarankan puasa biasa seperti senin -kamis. untuk puasa khusus bulan rajab tidak ada hadist Kuat (Bukhari-Muslim, Ahmad Tirmidzi dll ) yang memerintahkannya. Oleh karena itulah puasa bulan Rajab tidak saya masukkan dalam daftar puasa diatas.

    Jika saya salah mohon ditunjukkan hadist yang mendukungnya. Terima kasih

  5. 5

    iis said,

    aku di Gombong nih….

    …besok 07 Januari ’09 tu = 10 ‘asyura/muharam….

  6. 6

    dewi said,

    makacih ne.. liat artikel U ana jd tau,, Thanks 4 U..

  7. 7

    pinky said,

    askum.wr.wb
    jazakumulloh artikelnya……..

  8. 8

    fath102 said,

    Waalaikumsalam wr.wb. Semoga Allah memberi kita semua ketetapan iman, kesehatan dan kebahagiaan dunia akhirat Amin Ya Allah…

  9. 9

    santi said,

    thank ya… apakah ada dalam mengerjakan puasa sunnah niat boleh telat dalam pengertian siang hari. makasih

  10. 10

    fath102 said,

    U Santi : Boleh. Dulu Rasullulah SAW pernah puasa karena tidak ada makanan pada siang hari dan berniat puasa sampai sore.

    U/ Semua : Ada baiknya Alarm di Ponsel diaktifkan untuk mengingatkan puasa Sunat diatas. Untuk jadwal puasa sunat 2009 Insya Allah saya akan beri info selanjutnya disini.

  11. 11

    Ass. Wr. Wb
    Bagus materi blog nya, terus berkreasi untuk umat.
    salam kenal dari kami. mampirlah di blog kami www. konsulalternatif.co.cc

    wassalamu’alaikyum wr.wb
    Bambang Tr.

  12. 12

    irma christiana said,

    saya irma dari kupang NTT, sekarang saya duduk dikelas 2 SMP.
    kalo bisa ditambahin dong… ilmu-ilmunya? seperti bagaimana menjalani hidup dan mengatisi cobaan! dengan cara islam agar hati kita tidak gelap karena tidak ada pencerahan hati. maksih wasalam

  13. 13

    alfatayakub said,

    Pada hari ini aku puasa hari senin dan mudah mudahan puasa yang akan masuk 15 hari bisa aku manfaatkan untuk puasa senin kemis di bulan sa’ban ini, terima kasih artikelnya semoga kita saling mengingatkan untuk jalan menuju sorga


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: