Makan enak di Temanggung

Makan Enak di Temanggung

Sehabis libur panjang 20-23 maret di Kampung Halaman (Temanggung) kemarin, Senin pagi di kantor saya ditanya rekan : Liburan ngapain aja Pak? Bantuin acara Balap Kuda sama acara rutin ” Wisata Kuliner”. jawab saya. Emang Makan apa yg enak di Temanggung? Mau tahu? Ini jawabnya.

1 . Nasi Godog Pak Mul. Letaknya didepan BNI46 Temanggung persis disamping Apotik Krisna. Saya paling suka Nasi Godognya . Rasa kuahnya sedap dan gurih, yaitu campuran dari bawang putih, kecap, tomat, daun bawang, seledri dan kuah kaldu ayam kampung . Apalagi jika minta ditambah potongan leher kepala ayam atau Rempela Ati pokoke uenak tenan. Nasi godog ini dimasak diatas arang dan enaknya makan ditempat jangan dibawa pulang. Dipiring akan terlihat : Nasi dg bakmi godog campur irisan daging ayam kampung, dg warna agak coklat karena ditambah kecap manis, Setiap saudara2 saya dari Sukabumi datang ke Temanggung pasti minta ditraktir saya Nasi godog ini. Nasi Godog yg enak ada juga di tempat lain yaitu didepan Balaidesa Legoksari dan Nasi Godog Pak Irun di desa Bumen Balerejo Temanggung. Buka jam 19.00-24.00 atau Nasi Goreng Pak Min di Sayangan.

2. Bakso Lombok Uleg Khas Temanggung. Letaknya ada 2 dan sama- sama enak : 1.Di depan BRI Temanggung dan 2. disebelah barat Gedung DPRD alun2 Temanggung. Bakso ini khas karena lombok langsung digerus di Mangkok dan kuahnya agak bening tanpa campuran Jambal/Lemak. Rasanya kuahnya Segar dan pedas alami yg dipadu dengan irisan tahu dan kupat. Untuk Bakso rasanya standard. Dimangkok akan tersaji Bakso , irisan tahu dan Kupat, seledri dan kuah bakso khas Temanggung. Buka jam11.00-20.00

3. Tahu Kupat Bahtoar. Letaknya disebelah barat pemotongan hewan (Abbatoir). Tahu kupat ini enak dan sedap. Tahu kupat mirip Ketoprak di Jakarta, bedanya Tahu kupat tidak pakai mihun dan kuahnya lebih segar karena ditambah kuah asam jawa. Buka jam 08.00-jam20.00

3. Es Campur dan Tahu Goreng Mbak Vero. Letaknya ada belakang Pos Polisi Kantor Pos Temanggung di Desa Sayangan. Es rasanya segar dan komposisi buahnya bervariasi pokoke seger tenan dan paling aku suka Tahu goreng isi. Gurih tenan. Sebenarnya disitu juga ada Gado2 juga tapi saya tidak begitu suka, ntah kalo yg lain. Buka jam 09.00- 18.00

4. Soto Ayam Kampung Pak Sadali. Letaknya Samping Jalan disebelah barat Bank BPD Temanggung . Soto ayam ini enak banget rasanya gurih dan nikmat. Terasa sekali rasa kuah dengan bawang goreng dan kuah soto ayam kampungnya. Saya paling suka ditambah irisan telur ayam coklat yg keras (dimasak 2 hari) ditambah Perkedel Kentang dan sambal. Di mangkok tersaji : Soto dengan nasi, soon, kecambah dan irisan ayam kampung. Buka jam 08.00-17.00

5. Sop Buntut Tenda Biru. Letaknya ada di belakang Kampung Simodipuran, dari Puskesmas Temanggung ke arah barat, sebelah kanan depan cucian mobil. Sop ini rasanya segar dan nikmat dan bisa dibawa pulang karena sayuran di kemas terpisah. (jika ingin lebih nikmat ada Sop Snerek di dalam Pasar Magelang letaknya di belakang toko2 emas Pasar Magelang. tinggal tanya semua orang pasti tahu ) Buka jam 08.00-17.00

6. Gurami Bakar dan Seafood . Letaknya ada di sebelah barat SMP Muhamadiyah Temanggung. Paling enak Gurami Bakar. Gurami ini dibakar kering dan rasanya gurih banget. disajikan dengan lalap dan sambel terasi atau tomat. Jika ingin Suasana lebih indah dan nyaman dan rasanya juga lumayan (ada di Kolam renang Pikatan atau Bojong Kalegan Kaliurang Jogja.) Buka jam 12.00-20.00

7. Gudeg Bioskop Temanggung. Gudeg enak ada 2 di Temanggung. Letaknya sebelah barat Gedung Bioskop dan Mbok Benik letaknya di belakang Bioskop Temanggung (Gendengan) sebelah Utara Perempatan. Gudeg ini enak sekali apalagi dimakan pagi dengan bubur ditambah gudeg, krecek, leher ayam, telur dan sambel goreng tahu landes. Siiiplah. Buka jam 05.30-10.00

8. Iga Bakar dan Steak. Namanya Lupa Letaknya didepan Balai desa Legoksari Temanggung agak ke timur. Iga bakarnya Top banget untuk Steak Sapi juga OK, rasanya hampir mirip dengan Steak Favourit saya Fiesta Kelapa Gading di Jakarta . Untuk kudapan steaknya masih kalah jauh dengan steak Abuba Cipete/ Kelapa Gading Jakarta Buka jam 17.00-19.00. Ada juga steak yg lain yaitu di Pawonku depan SMPN2 tapi saya belum nyoba jadi belum bisa kasih komentar.

9. Nasi Jagung Bank Panin. Letaknya diseberang toko olahraga Subur di depan Bank Panin. Nasi jagungnya enak banget terutama Empis-empis tahunya dan kripik gereh. Guandem tenan. Buka jam 19.00-23.00

10. Bakso Pikatan dan Bakso Pak Min Tlogomulyo. Letaknya di dari pertigaan pikatan masih ke utara lagi + 1km. Jangan salah letaknya disebelah kanan jalan dan yg jual perempuan muda anaknya Bakso Pak Penjol yg dulu terkenal di Temanggung. Bakso Pikatan ini bagi saya pilihan utama karena rasanya bersih dan kenyal dan benar2 dibuat dari daging sapi pilihan. Untuk Bakso Pak Min Tlogo letaknya di desa Tlogomulyo yaitu arah ke Perikanan Temanggung kebarat lagi + 2 km rasanya juga enak dan nikmat dengan campuran jambal dengan porsi cukup lumayan mengenyangkan. Khusus untuk Bakso, Temanggung banyak juga yg enak dan bisa dijadikan pilihan diantaranya : Bakso Ciptoroso depan Kab Temanggung, Bakso Sempurna di Pertigaan Kranggan dan Pasar Lor Temanggung, dll Buka jam 10.00- 17.00

11. Ayam Goreng Ngesti Roso Kowangan. Letaknya ada Taman Bermain dekat Kolam Renang Kowangan sebelah Timur kota Temanggung. Ayam kampung goreng ini rasanya Lezat sekali dengan digoreng kering tanpa gula jawa (bacem) dan penyajiannya hampir sama dengan Ayam goreng Suharti yg terkenal itu. Ada juga Ayam goreng Pak Joedag sebelah timur Pengadilan Temanggung. Letaknya disebelah barat Pengadilan Negeri Kowangan. Rasanya lumayan nikmat. Buka jam 12.00-19.00

12. Chineese Food Oriental. Letaknya ada di Rolikuran Temanggung. Bagi yg suka masakan Cina seperti Mandi Bola, Capjay, Koloke dll. Makan ditempat ini cukup enak. Bagi yg muslim bisa tanya dulu apa makanan yg tersaji mengandung arak dan babi sebelum membelinya, Alternative lain ada juga di depan kelenteng Parakan rasanya Cukup enak. Buka jam 17.00-22.00.

13. Martabak Pak Munadi. Letaknya disamping Bank BPD Temanggung sebelah timur Pasar Lor. Martabak ini cukup enak rasanya dan salah satu makanan Favourit adik saya di Jakarta. Buka jam 17.00-22.00

14. Mie Ayam Pak Ros. Letaknya didepan depan Masjid Temanggung sebelah utara alun-alun. jualnya pakai gerobak. Sebenarnya saya tidak begitu suka mi ayam karena biasanya daging dari ayam negeri. (saya alergi kulit gatal jika makan ayam maupun telor ayam negeri) tapi karena keponakan saya Eky hobi banget makan mi ayam ini maka mi ayam ini masuk kategori makan enak di Temanggung. Buka jam 16.00-21.00 Ada juga mi ayam lain yg katanya cukup enak yaitu Mi ayam Plasa Temanggung dekat angkot Kandangan dan Mi ayam Sukir di Bengkal Kranggan. Buka jam 09.00-17.00

15. Brongkos Kepala Kambing di Tembarak. Brongkos kepala kambing ini cukup enak dan khas di Temanggung. Paling enak bagian Lidah dan otaknya. Buka jam 08.00-17.00 Tapi menurut saya rasanya masih lebih enak Brongkos kepala Kambing masakan kakak saya Mbak Sop pokoke .. enake poll… ora biasa… tapi tidak dijual.

16. Dulu ada Lotek dan Kolak pisang yang enak banget di belakang Pasar kidul Temanggung tapi sekarang sudah nggak ada .. ngggak tahu pindah atau jualan dimana……

Punya pengalaman makan enak lain di Temanggung silahkan ditambahkan….

About these ads

74 Responses so far »

  1. 1

    Dhedhek Disa said,

    Biasanya kalau mau pulang ke Jakarta Bapak suka ngransumin ayam goreng Pak Joedag ini buat sangu diperjalanan. Kalau beli disini, kami pilih yang goreng asin. Ada juga pilihan menu yang lain : goreng manis dan juga ayam bakar.

    Terus ada juga martabak telur Pak Munadi dan Martabak telur Sukasari. Mereka berdua ini jualannya berdekatan, di jalan sebelah Bank Pasar Temanggung. Untuk kategori martabak telur kaki lima, mereka berdua ini favorite saya.

    Untuk wedang ronde Wasis di rolikuran juga menjadi juara minuman penghangat tubuh yang ‘nyamleng”.

  2. 2

    Raditya Haryanto Dwi said,

    salut untuk sharing pengalaman wisata lidah ini…lha saya ini asli wong Temanggung tapi ndak terlalu ngerti, jarang pulang sih. kalo boleh nambahin tentang gudeg,warung gudeg mBok Benik is my fave,trus bubur kacang ijo yang pake es di bilangan pasar lor Temanggung wajib dijajal…monggo silahkan

  3. 3

    zahra said,

    pak ros itu tetangga sekampung gue. udah lama juga ga makan mie ayam beliau. komposisi kuah mie sayur ma dagingnya itu pas banget. kapan-kapan kalo pulang, gue mau makan mie ayam beliau ah. btw, jadi kangen ma temanggung ni!

  4. 4

    neva said,

    Bakso Pak Min itu tetangga saya, bener buanget kalau rasa baksonya emank ajibbbbb…
    Pokoknya kalau datang ke Temanggung wajib menjajal menu bakso pak Min di desa Tlogomulyo Temanggung.

  5. 5

    MARTINA NAFATILOFA said,

    YA AMPYUUUUUUUUUUUUUNNNNNNNNN RASANYA ES DI MBAK VERO SWEGER TENAN, DADI KETAGIHAN NICH,,,,,,,,,,

  6. 6

    sepatuwarrior said,

    cesss… ngiler aku! tak simpen yo mas fattag, nggo referensi yen mudik.

  7. 7

    ita said,

    Kalau beli es nya mbak Vero di sanyangan males antrinya…. panjang…..
    Udah ketemunya satu tahun sekali antrinya panjang banget.

    Pak ada lagi gudeg enak tenan di pinggir alun-alun temanggung
    kalu sore hari banyak yang jual es di alun-alun temanggung

  8. 8

    fath102 said,

    U/ sepatu warrior : Monggo mas..
    U/ Ita : Warung gudegnya sebelah selatan yang menghadap ke barat
    (masjid) atau ke utara? kalo pulang lg tak jajale…

  9. 9

    maz_budhi said,

    Kalau di Pak Munadi bukan hanya martabaknya yang enak, tapi tahu petisnya…..uenak tenan…
    Wajib dijajal juga, bubur ayam alun-alun yen pagi..

  10. 10

    sas said,

    masih kurang mas. di mudal (lebih dikenal dengan, pikatan) ada 2 rumah makan baru yang mengkhususkan di masakan ikan bakar. yang satu persis di depan gapura masuk pikatan indah. yang satu lagi, persis di belakang balai desa mudal. yang stu ini malah lebih unik. namanya saja rumah makan daeng wukir. jadi nggak heran kalau akan didapati masakan makasar. kok ada a, orang makasar nyasar di mudal pikatan?

  11. 11

    fath102 said,

    Pernah coba Tahu petis Pak Munadi boleh juga rasanya Lumayan. untuk Bubur ayam belum coba.
    Bole juga informasinya, Untuk yg dibelakang Balaidesa Mudal saya belum nyoba jadi belum bisa kasih komentar. Kapan pulang boleh dicoba. untuk yg di depan Gapura Pikatan sama dengan maksud saya no. 6 (Ada dikolam renang Pikatan dst..) tapi rasa ikan gurami bakar disitu menurut saya masih kalah sama yang disamping SMP Muhammadiyah.

  12. 12

    ryons said,

    sugeng ndalu Mas..
    Liat website kuliner anda, jadi pengen pulang TMG.. mayoritas smua masakan yg anda infokan pernah q coba waktu masih di TMG 2 thn lalu.. Kalo boleh nambah, jika mau asyik kalo mau nikmatin Gulai Kepala or Kaki Kambing ( tengkleng ) di Tembarak, bisa nyoba yg di depan Masjid Ngoro tp waktu pas pengajian selapanan, kalo ngk salah stiap mlm Rabu Kliwon, rame bgt dsana lho skalian bisa dengerin “Traditional Muslim Music” Yg bujang-gadis bisa skalian dapat Jodoh mungkin..
    Ada lg bagi pngemar Sate,mgkn bs nyoba Sate Nyah Kunyuk di sebelah Barat Kodim TMG udah terkenal bgt itu di TMG. 1 lagi Burung Dara Goreng RM Madurasa di desa Madureso 200 m arah timur Terminal TMG rasanya lumayan,Garing Gurih & sdikit manis apa lg kalo yg empunya (Bp. Asnawi) mau buatin Sambalnya lansung bukan anak buahnya + gandem mesti..
    OK salam Kuliner_Ryons_OKUT-SUMSEL, X lain kalo ad yg inget, q info lg.

  13. 13

    ita said,

    untuk fath 102

    aku ora ngerti gudeg yang menghadap kebarat atau ke utara, tapi letaknya itu kalau dari kamu dari arah pasar lewat bank BCA ambil sebelah kiri, kalau pagi rame banget fath, ada buburnya juga apaki ayam dan kuahnya eunaakkkkkkkkkk banget, cuma begini orang yang punya warung itu kalau ngitung jualannya sudah endah bener misalnya bubur 5 bungkus tambah paha ayam 3 dan telur tiga langsung aja nyebut Rp. 75 ribu, aku pikir mahal banget untuk ukuran TMG, kecuali di JKT yah.. makan 4 orang bisa nyampek Rp. 300.000 wajar wong suasannya dah mahal kan kadang kita makan tapi beli gengsi,… misalnya makan siang di hotel, lah ini di temanggung 4 tahun yang lalu, apalagi fath kamu belinya pakai mobil plat nomor Jakarta B…., trus ngomongnya bahasa Indonesia, pasti deh orangnya yang jual asal bunyi nyebut harga, bagiku ngak papa kan setahun sekali aku pulang ke temanggung…….., sebenarnya di Jakarta ini ada ngak to paguyuban orang temanggung

  14. 14

    dAnzzzz said,

    waw….jadi pingin pulang loch…..pingin makan bakso uleg’a pak dhi niey, udah coba pecel pikatan belum….makanan di jakarta g ada yang mak nyozzz….emang tmg top bgt dech,,,,,,,hidup TMG (”,)

  15. 15

    fath102 said,

    U/ Ita : Warung Gudeg yg menghadap ke Barat ya ( keluar warung kan arah Masjid). Kalo bubur putih doang ya mahal. tapi kalo buburnya sudah komplit lauk ya cukup mahal. Kalo Buburnya komplit, Paha ayam plus Gudeg dan Krecek , serta Telurnya plus terik tahu. ya Biasa tapi tidak murah.

    Paguyupan orang Temanggung di Jakarta ada kok misalnya kadang temanggungan. sudah bikin acara besar di TMII kalo tidak salah sdh 2 kali.

    U Danzz../ Pecel di Pikatan yg mana? yg di Lapangan depan Kolam Renang (Semi Permanen) atau yg di Rumah Makan (permanen?) dalam Komplek Kolam renang?
    Kalo yg terakhir pernah coba 3 kali .Lumayan juga rasanya.
    Kalo di jakarta saya paling suka Bakso Bakwan Malang cak Subali Kumis di Bojana Tirta. Rawamangun.

    • 16

      rossie said,

      ada to paguyupan orang temanggung,lg ngerti aku,aku jg orang temanggung,kalo di jakrta ini kan pns,jd kalo aku pulkm,yang sering aku dateng kalo siang mie ayam,kalo malem ya wedang ronde karo tempe kemul,wis adem hawane,ngombene wedang ronde,nyamleng wis pokoke,tapi ngomong2 nek ngumpul do nangdi to?

  16. 17

    sas said,

    udah nyoba ikan bakar yang di belakang balai desa mudal Mas? kalao menurut saya, itu yang paling enak di seluruh temanggung. yakin banget. padahal yang lain belum pernah dicoba. ha ha ha!

  17. 18

    dissa said,

    Jadi puingin kabeh makanan di Temanggung.
    Pingin bakso, cenil, martabak, mi godok, rolade daun singkong…kabeh,kabeh.
    Minggu ini pulang yuk, sekalian pingin beli sop senerek yang di pasar Magelang…slutrupppppp….

    • 19

      hardono said,

      Snerek di Magelang itu yang ngetop yang di nJendralan (dekat Museum Diponegoro), agak susah sih tempatnya. Kalau yang di pasar (bu Parto?) ada juga cabangnya di bekas terminal lembah Tidar… Tapi saya lebih suka makan pecel mie + otak goreng atau udang goreng…. Hmmm nyamleng tenan

  18. 20

    fath102 said,

    Boleh.. boleh.. ditraktir to?.. He. he…

  19. 21

    Yudi said,

    Wah………..ngiler aku..isih 2 wulan lagi pulang kampung…sekaliyan tak tambahin…Wedang Rondenya yang didepan Armada Tunas Jaya terus Nasi Gorengnya Pak Yar di Depan sekitar Puskesmas Temanggung Kupat tahu yang di depan perikanan juga Enak….Martabak yang disamping pasar utara temanggung.udah agak2 lupa sih namnya maklum 3 tahun ga mudik wah pokoknya thakns atas sharenya nambahin kangen sama Temanggung

  20. 22

    Makan uenaak di Temanggung masih ada yang terlewatkan yaitu:
    Gulai Kepala Kakap di Rumah Makan Padang Nandisuko Ngadirejo. Konon sehari bisa menjual sampai 100 kepala kakap lebih. ruasanya jan uueenaak nan.
    Selamat mencoba nggih.

    Juga ada makanan penyegar yang namanya PIS-KOPYOR, harganya cuma 2.000 perak perbungkus, jualannya di ujung jalan yang melintasi depan Dinas Pertanian Temanggung. Berjualan setiap sore jam 17.00 sampai habis. Isinya macam-macam ada klamud alias kelapa muda, roti, nangka dll dalam kuah bersantan yang dikukus menggunakan bungkus daun pisang kepok. Selamat mencoba.

  21. 23

    fath102 said,

    Gule kepala Kakap boleh juga dicoba.. tapi lebih ” Maknyus ” waktu saya beli di Padang daripada di Jakarta. rasanya bener uenake poll….

    untuk lupis kopyor udah sering beli lumayan juga rasanya..

  22. 24

    Lia said,

    Aku orang temanggung asli, aku dah nyoba semua makanan khas temanggung. emang enak banget. eh ada yang lupa sekarang di temanggung ada bakso jamur dtempatnya di sekitar STM PEMBANGUNAN MARON enak banget lho pernah masuk diTRANS TV ama Mie Ayam Pak tris di pertelon maron, Mie Ayam Ken-Taqwa pertigaan pasar parakan enak tenan maknyus wajib nyoba lho…. kalo maen ketemanggung jangan lupa mampir kesana ya… makaci…

  23. 25

    fath102 said,

    Thanks infonya besok kalo pulang taknyoba mrono….

  24. 26

    Maydheeva said,

    Wuih Temanggung emg bnyk makanan lezatos yup.Mamamia,aq suka bgt ma smua makanan yg dah ktulis di blog ini.Tp q pengen nambahin ya makanan atw minuman yg kelas anak skolah gt kyk mie ayam atw nasgor di mbk anis,ha3.Tempat ngumpul ank skolah yg enak n murah.Trz q paling suka jajan rujak es krim yg letaknya di dpn badan kepegawaian daerah temanggung.djamin mak nyus n cm 2500 perak.Cobain aja.

  25. 27

    dobelden said,

    sekarang dah ada warung SS juga tuh…. di belakang masjid agung Temanggung, infonya lumayan nih buat referensi jalan2 :D

  26. 28

    arep mangan wareg?!!!!!!
    mangan enak?!!!!!!
    ning pasar parakan wae

  27. 29

    Mas Han's said,

    kura kura dalam perahu,kangeeeeenn….. wah jan njur kangen mulih je,karo gudheg pak Tho alun -alun,piye khabar temanggung wah wis pirang2 tahun ra mulih,kangeeeeeen …….. mas han’s central borneo

  28. 30

    donyforexavi said,

    weit,mas..kayanee aku belum nyobaa semuanya nih….bsk ku coba atu- persatu….,btw hoby baru masku, yg baru tahu aku sekarang jelajah wisata kuliner di kota kita tercinta heheheh,salam buat semua di jakarta…sukses selalu…

  29. 31

    fath102 said,

    Buat Maydheeva, Dobelden, Wiwid, Mas Han lan Adiku sing Bagus Dewe Dony. Suwun yo wis mampir..
    Salam kompak selalu…dan Sukses.

  30. 32

    Anto - Tmg Lor Kr Wetan 322 (skrg tinggal di Smg) said,

    Nyuwun sewu mas fath ikut nimbrung……..barangkali boleh ikut nambah informasi…..bagi yang pas kebetulan mudik ke temanggung (selain lebaran juga boleh lho), pas lewat daerah Jl.Hayam Wuruk ,Sidorejo – Maron Temanggung (Jalur bis / jalan raya Temanggung-Parakan-Wonosobo) bisa mampir di Warung Makan Masakan Ibu. Di sini kita bisa mencoba mencicipi Aneka Masakan Jawa seperti : Empis-Empis, Buntil, Lontong Opor dll dengan harga sangat hemat (slogan: Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima), walau baru bberapa bulan berdiri (baru) tetapi banyak pelanggan warung ini yang ketagihan untuk makan di sana. Terutama kalo pas jam istirahat jam 12 pasti full. Oh ya di sana juga ada Es Campur, Sop Buah yang rasanya Ajiib sekali disamping harganya juga harga ekonomis. Silakan mencoba apabila pas lewat daerah Sidorejo – Maron Temanggung (http://wmmi.multiply.com) .Tq

  31. 33

    Bowo said,

    Masakan khas temanggung memang manteb..

  32. 34

    Argo-Denpasar said,

    Emang kuliner khas Temanggung manteb kabeh.. Siapapun yg coba pengin balik lagi.. Murah, enak n bergizi..

  33. 35

    Fredy Rizaldi said,

    Kalo di temanggung, baru-baru ini ikut teman mudik di daerah Banyutarung, ada warung nasi goreng Pak Karsono, dekat studio foto yang di perempatan, depan bengkel Sukses motor. Di situ memang hueeeennaaaaaakkkk… nasi godhognya betul-betul nyamleng.. bahkan sampai nambah pakai pantat ayam dan jeroan.. apalagi malem-malem. Kalau pak Bondan nggak kesini dijamin rugi dan nyesel!

  34. 36

    soerya said,

    sate yang paling mak nyuz ya sate pak toooo

  35. 37

    Supriyanto said,

    wah memeng indah dan damai gerbang dusunku aku jd semakin kangen banget mana makanan dan jajanan nya murah2 banget aku jadi semakin kangen dengan dusun ku temanggung yang penuh ka damaian dan semoga saja makin teduh alun2 temanggung soal nya sering kita nongkrong waktu sore terasa damai banget semoga aku bs cepat kembali ke dusun ku

    dari aku anak temanggung di Brunei
    salam kompak saja dan semoga temanggung makin adem

  36. 38

    danang said,

    wah ada yang kurang kayane mas
    soto moro seneng pasar parakan… wah itu wes enak tenan, rasane ra nguat 1
    1 porsi rasane wes wareg banget, lha emang banyak bgt
    boleh dicoba itu mas

    menurut saya kok tetep makanan temanggung sing paling enak, lha di jogja wae tempat perantauan saya sekarang hobine jajan bakso lombok uleg Pak Di, kalo pulang temanggung pasti langsung ke rolikuran, depannya Tahu Nyah 3, Bakso Lombok Uleg mas Hari, itu uenak bgt menurut saya

  37. 39

    Faisprabowo said,

    Nuwun sewu, kulo wong jogja, tertarik bgt deh pengen nyobain makanan2 khas temanggung. Kayaknya dahsyat2, salut buat temanggung. Pengen nyobain, trus sapa tau bisa dikenalkan ke wong2 jogja. Ada yg tau info warung makan khas TMG yg ada di jogja? Yang buka cabang di jogja boleh bgt tuh.

  38. 40

    Hardono said,

    Bakso Uleg ada di jalan mau masuk Depok/UI, sebelah kiri samping Pasar Ikan. Menurutku sih biasa saja kalau tanpa embel-embel uleg. Disitu juga ada Kupat Tahu, Mentog Goreng dsb.

    Mentog goreng yang enak Bu Dian, jalan Kranggan ke Medono. Bener-bener mak legenderrrr.

    Brongkos yang enak ya Bu Carik (Parakan ke arah Wonosobo), pecelnya juga OK, buka jam 07-17.
    Aku kalau balik ke Jakarta sering sarapan di jl Parakan ke arah Weleri, kira-kira 6 km ke arah Weleri. Rumah Makan SHOKUDO OISHI. Ada Brutu Ngendog, ada Pupu Tekuk, ada Dada Mentog. Eh sorry Parakan masih ikut Temanggung tha?

  39. 41

    Danie said,

    temanggung….hmmm…makan….tidur…..makan….tidur….hang out…ngrumpi ma saudara…n nge game ma adek2….pokoknya liburan banget dech..
    Btw, urusan makan..yang paling tob ke PAWONKOE di sebrang BRI Sudirman…Cobain Iga Bakar-nya and Nasi Bakarnya deh…manteb banget….mana harganya murah banget lagi…mmhhh…pulang lagi ahh…

  40. 42

    reny said,

    tahu petis pak munadi…ya ampun…tau kenapa cari2 di belahan dunia manapun gak ada yang ngalahke…tapi kenapa ya…giliran pulkam suka gak keambah…alias gak kebeli…lupa melulu…

    keknya gara2 pulang ke temanggung tu,selalu kurang harinya,mau 3 hari,seminggu,sebulan kurang..gak pernah puas…soalnya…masalah kuliner selalu dimulai dengan masakan nyokap dulu,trus masakan eyang,baru deh cari kuliner andalan yg sejak dari jkt dah jadi target incaran…walhasil gak semua ke absen hahaha….itu pulalah tiap pulang temanggung,timbangan naek hehehe…

    tapi…pulang kampung ntar keknya tahu petis pak munadi suatu keharusan…

  41. 43

    danie said,

    pulang temanggung….wow….makan…..tidur….makan….tidur….nge game…pokoknya,what a wonderfull life ever…langit dan bumi ma jakarta yang super duper penat…hehehe…..

    selain menu2 khasnya yang selalu dirindukan…sekarang ada tempat nongkrong yang cozy lho…jangan salah ya,ada steak rasa hotel berbintang yang harganya kaki lima..
    trus…ada juga “chiken cordon blue ” yg gk kalah yummy..juga sop buntut yang rasa dan porsinya ajibbbb…. kali bisa u satu keluarga makan satu porsi (gak lebay kl yg mkn gk rakus hehehe)…juga ada dim sum juga loh…

    pokoknya bersaing deh ma menu2 di jakarta yang elite2 mengkono…tapi tentu aja dengan harga yang sangat2 murah lho…pokokna mah terjangkau jek

    satu lagi…yang nambah cozy,kita bisa sambil menikmati live music atau kalo mau boleh juga lho..ikutan ngglenggeng alias nyanyi….so….gak perlu lagi ke yogya or semarang u menikmati live music sambil nyemil or sekalian dinner…atau celebrate ultah or apa aja…rame2 tapi masih gak bikin kantong kobol2….alias membobolkan dompet..

    so…enjoy temanggung guys….

  42. 44

    danie said,

    hahaha….malah lupa kasih tau nama rumah makannya….namanya PAWONKU..depan SMP 2 TMG,Bank BRI, sebelahan ma baso uleg pak di…so,kalo makan baso uleg jangan lupa mampir di PAWONKU…dijamin ketagihan….makanan ringannya juga ada…kek burger dll (burger ringan pa berat si hahaha…,tergantung siapa yg makan hahaha….)

    btw….tahu petis pak munadi…nyari muter ke belahan dunia manapun gak ada yang ngalahin.konco2 kalo ada yang tau tahu petis di jakarta yang enak boleh kasih tau donk…mirip2 bolehlah gak usah seenak pak munadi….itung2 tombo kangen….

  43. 45

    ketut said,

    Dari bali mau ke jakarta lewat temanggung eh di kota ini ada resto namanya daun mas dan ketika makan disana gila…enak bener masakannya murah lagi, asyiknya bisa internetan gratis krn ada fasilitas free wifi. Ternyata ga nyangka kalau kota sekecil temanggung ada resto yg memberi fasilitas spt itu ga kalah dg kota besar lainnya.Bagi teman2 yg lewat temanggung aku merekomendasikan mampir ke daun mas resto jika perut lapar atau mau cek e-mail.

  44. 46

    pandjie said,

    Kmaren aq mudik..gyahahahaha..seminggu penuh, puas2in memanjakan perut..Temanggung msh dingin loh..sampe flu akuh hiks :(.. jajal wedang ronde mas Sugik depan eks-PUSKESMAS..anget hihihi..
    Nambahin yuah..paguyuban warga temanggungan di JABOTABEDEK itu IKT (Ikatan Kadang Temanggung), coba brows aja..ada koq, beserta hasil kerja bwt memajukan Kota Bersenyum.
    Tertarik mo bikin semacam community? knp ga..yuuu mariiii….neh alamat email yg mo kenal ma pandjie: origin_pandji@yahoo.co.id
    Tw ga? disebelah gedung DPRD sebrang Kejaksaan banyak warung tenda loh..ruuaammee..enak dan msh murahhhhh :))

  45. 47

    alexandra said,

    aku ini asli temanggung. masih tinggal di temanggung, tapi laju temanggung salatiga. masih kuliah di uksw.
    kalo urusan lidah aku mbe’ bapakku jagonya.
    mau sate kambing? buat yang punya penyakit darah rendah ini solusinya.
    ada sate kambing di depan GKI, pas pertigaannya. dari arah perempatan BCA ke utara ada pertigaan. kios paling ujung selatan. yang jual cantik!!!!
    ada sate kambing, tongseng ma gule. tapi kalo pas darah rendahnya kumat, aku minatnya ke sate ati kambing, biar bisa ‘njenggelek melek’ maneh…
    Sate Mbokdhe Las. Pasar Kidul.
    Aku ma Bapakku nyebutnya mbokdhe…
    sip juga buat penyakit darah rendah, buat yang darah tinggi hati-hati!!!!
    Mbokdhe Las juga buat cabang loh!!! Di Mungseng. Yang jual namane Pak Min!!!
    Dulu pernah kerja di Mbokdhe Las juga…
    Dipastikan rasanya juga yahud bin laziz!!!
    Ada juga lotek di perempatan OBL. Enak banged… Es Klamudnya juga sueger e Ju…!!!!!
    Menu makan malam yang juga perlu dicoba… Soto Betawi. Mangkalnya di depan dealer honda, perempatan OBL juga…
    Patut dicoba, soale yang jual Ibu’e temenku…. Heheheheheh
    Selamat mencoba, bagi orang-orang yang berasal dari luar temanggung, bisa mampir…
    Ato kalu’ ada yang mau ngadain acara syukuran, di tempat Ibu ku juga nerima pesenan. Namane Bu Emma…
    Jalan Mujahidin Gg. V No. 13 Temanggung….
    Dijamin halal and servis memuaskan…
    Sip!!!

  46. 48

    Violet_girl said,

    Hai Temanggung pa kabar…..
    Jane makanan po snack khas Temanggung ki opo to,,,,
    Enyong ki wong perantau. Nang kene ke sok ditakoni makanan khas Temanggung ki opo.
    Enyong jan bingung kok ang,,,,,,,

  47. 49

    Violet_girl said,

    hai temanggung

  48. 50

    jar... said,

    waaaaaaaaaaaaaaaaaaah pada cinta temanggung yah? aku masih tinggal di tmg masih skul klo mau yabg murah-murah lari aja ke jampiroso, ada banyak warung-warung pelajar lo…..

  49. 51

    tasori said,

    wah jadi pengen pulang ke tmg nich

  50. 52

    sudarsono said,

    nyonge asli temanggung lo, nanging wis 36 tahun minggat soko temanggung, kiro-kiro wis rong tahun ora “maring manggung”. Pokoke kangen banget karo “badokan” temanggung, yo rondene, yo tahu kupate, pecel mie pikatan, bacem tempe, brongkos tempe bongkreke, ketek goreng, marus goreng, gudeg bioskopan, martabak pak munadi kemantren, sego jagung karo gereh petek, pokoke nikkkmat banget lah. Kalau ke pasar temanggung paling cari-cari unjar pari goreng, wuah enake

    • 53

      rossie said,

      isih iso bahasa nyong to,aku wong temanggung jg,cedae maron,aku jg nang jakrta dari tahun 1986,tapi ra tahu ketemu wong temanggung,tapi nek buka email ngene kok yo akeh wong temanggung ning jkt yo,mas darso,nek arep enek maem iku nganggo petek layur,urap,empis-empes,segone jagung,wis di jamin ra noleh mertua lewat jg,

  51. 54

    wawan said,

    dah nyoba bakso BMW lom? wah ini bakso guandem tenan lho…..kemaren malem hujan hujan gw penasaran nyoba: ada bakso campur, bakso bakar, siomay, mie ayam gw cobain semua….& rasane memang muantep poll….ternyata BMW iku singkatan dari Banyak, Murah. Wuenakkk ( bakso malang wuenakkk), ternyata bisa di Delivery. Posisinya di Sebelah Barat Tugu Jam ( Penampungan Sementara Kios Pasar ) & di magelang kabarnya ada jg cabangnya posisi di Prajenan.

  52. 55

    Chan said,

    Steak di Pawonkoe ga enak menurut saya, saos yang di meja juga ga enak. Dibanding harganya yg agak mahal, ga recommended lah.

    Mending steak di Badran itu, depan perum korpri Badran. Atau steak yg di Pandean juga enak.

  53. 56

    vivi said,

    aduuuuuh , TEMANGGUNG, TEMANGGUNG,….mmemang ngangeni …. Sdh sejak 1986 kutinggalkan kota TERCINTA, tp smp skrg msh srg KANGEN suasana kota nya yg TENANG

  54. 57

    weh..enak tenaaan…. btw, yang deket terminal temanggung yang enak dimana ya?

    • 58

      fath102 said,

      Dekat terminal temanggung arah barat 500m depan taman kowangan ada RM Ngesti Roso, Ayam gorengnya uenak tenan..

  55. 59

    ani said,

    semua makanan di kota temanggung itu rasanya enak n khas banget,,,,,,,, kapan zaw aku bisa berkunjung ke kota temanggung,,,,,,, aku pingin banget ke kota temanggung untuk mencicipi bakso uleg itu,,,, n bisa puter2 di kota temanggung,,

  56. 60

    pay jo said,

    menambahkan makanan oleh2
    1. criping talas manding
    2. kripik jamur
    3. carica

  57. 61

    toro said,

    wis keno nggo modal ampiran yen mis tekan temanggung…tur nuwun ..kang

  58. 62

    agung said,

    pokoke sip….skr d tmg trs…tak coba satu2 yg belum…thx semua…ternyata kota kecil ini membuat bangga semua warga tmg…keliling dunia bertahun2 ternyata istirahat dan menetap d tmg….emang mengagumkan…sip…

  59. 63

    Alberth said,

    Rata2 mkanan yg disebutin diatas dh prnah aq coba…rasanya emang bner2 enak. Tp ad satu makanan favoritku yg blm kesebut ni,, Bebek goreng yg letaknya di kranggan..klo dr arah tmg,,ada pertigaan bangjo (klo lurus ke secang,,klo blok kiri ke arah semarang) qta ambil arah yg ke smarang kr2 500m disebelah kanan jln da wrung bebek goreng (aq lupa namanya) rasanya dijamin wuenaaak nan! apalagi disajikan ma nasi panas,la2pan, n sambel rawit ijo yg pedesnya muantab tp bikin nagih..jadinya pengen nambah lagi…lagi…lagi…dan lagiiiiii..wajib dicoba!!!slamat mnikmati…

  60. 64

    Ahmad said,

    Bbrp yang lalu nyobain bakso baru; Bakso Malang Cak Eko. Kerkop ke selatan, sebelum Alfamart Mardisari-Kertosari. Baksonya lumayan enak, kuahnya seger, bumbu masak (vetsin)nya nggak mendominasi, tp enak. Ada pangsitnya (nyummy bgt…), sayang baksonya terlalu empuk. Tp rasa secara keseluruhan enak kok.. Trus aku datang ke dua kalinya (sama pacar..hehehe..) nyobain Cwie Mie-nya.. wah nendang banget rasanya.. Enak lho… Pacarku nyobain siomay-nya ( ..wah menunya lengkap banget.. mie godhog-pun ada). Siomay-nya juga tnyt enak banget.. . Trus minumnya lengkap banget. Jusnya macem2. Ada jus wortel segala. Tp kemaren cuma nyobain esteh sama jus alpokat. Lumayan enak. Alpokatnya rasa susunya krasa bgt …. Wah bakalan sering ke Cak Eko nehh… hehehe.. Yg punya siapa ya? Semoga tmbh laris aja…

  61. 65

    Waluyanto said,

    Thanks atas postingan kuliner Manggung..
    Soto Pak Sadali adalah favorit saya..tiap pulang sekolah dulu sering mampir..es cendolnya/kelapanya juga sueggerr…
    Kok gak ada yang jual sego Gono ya? waktu kecil saya suka makan sego gono (nasi yg dimasak campur sayuran; buncis, mbayung, dll) tetangga di kampung Padangan, yg jualan di Pasar Lor, ditambah blenyik (perkedel teri) sama tahu proll..trus makannya di pinggir kali kuas..(biasanya buat bekel kalau mau mandi di kali kuas..mantabbs

  62. 66

    irhan said,

    kawulo seneng kuliner njawi tapi niki lg diluar jawa pengen rasanya menikmati makanan dengan lesehan kpn yaaaa

    • 67

      irhan said,

      kawulo saking kabupaten temanggung tepatnya di kecamatan ngadirejo kawulo seneng kuliner njawi tapi sakniki lg diluar jawa pengen rasanya makan sambl duduk lesehan yg aq rindu itu nasi jagung +urapan +peyek teri +perkedel disajikan hangat mak nyussss kapan yooooo

  63. 68

    yono lor said,

    aku pengin bakso mbolon nang kauman parakan….

  64. 69

    Novega armyanto said,

    Ada satu lagi warung bakso dan kupat tahu yg enak. Utk warung baksonya namanya tunggal rasa terletak di pertigaan kaloran 13 km dari sumowono. Dan warung kupat tahunya adalah kupat tahu pak dug yg ada di perempatan geneng temanggung.

  65. 70

    James C said,

    juara kuliner khas temanggung ya sego mbako…

  66. 71

    rossie said,

    nggak ada kota yang seindah temanggung,kota kelahiranku,kalo otak ini rasanya sudah panas karna kesibukan di belakang meja kantor di jkt,cuti pulkam,rasanya seperti di guyur air es walaupun baru sampai ngadirjo,kotaku yang dingin dan penuh kedamaian,apalagi ada di antara ayah dan ibu,lupa semua tetek bengek di jkrt, I LOVE TEMANGGUNG,

  67. 72

    dinda ratri said,

    makanan yang selalu aku cari-cari di temangung saat pagi hari itu,.tahu mercon,huffft,,pedesnya mantep bgt,makanan ini ada di sekitar lokasi pengajian smk muhi,makannya kalo ibu habis pulang pengajian aku wajib nitip makanan itu(haha). plus nasi jagung di dalam pasar temanggung en pecel mi samping bank pasar temanggung,hmmm!! kangen deh ma makanan2 tadi :)

  68. 73

    Syahril said,

    Baru buka WASOBAT di Jl.Sri Suwarno, banyuurip Temanggung, Baksonya enak,jangan salah karena letaknya sebelum bakso kepala sapi

  69. 74

    dinda rere said,

    jadi Kangen Pulang Temanggung Oey. Mulai Lapaaarrrrrrrrrr. . =D


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 75 other followers

%d bloggers like this: