Tarif Seluler : Thanks Pak Nuh…

Tarif Seluler : Thanks Pak Nuh…

Bencana  bagi operator besar seluler di indonesia karena  persaingan bisnis  operator seluler akan semakin  ketat,  dengan kebijakan yang diambil pemerintah melalui Menteri Pak Nuh maka mau nggak mau   para operator seluler  harus merelakan Tower miliknya atau Tower yang akan dibangun untuk dipakai secara bersama oleh operator lain.   Saya acungkan semua jempol tangan saya sambil komen : Baguss… Top markotop…. buat pemerintah dan pak Nuh atas kebijakan Penggunaan Menara Bersama di Indonesia .

Kebijakan ini diambil atas dasar : Undang-Undang Republik Indonesia Nomor: 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor: 33, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor: 3817) terutama karena Monopoli yang dilakukan oleh penyelenggara Jasa Telekomunikasi Seluler di Indonesia.

Dalam peraturan ini memuat :
Aturan Pemda seIndonesia ( DKI, JATIM, Yogyakarta sudah ) wajib mendukung Penggunaan Menara Bersama ( Pasal3). Efisiensi dan efektifitas penggunaan ruang (Pasal 2), Perlindungan Modal Dalam negeri dan Tertutup buat modal asing (Pasal 5), Standar baku kemananan Lingkungan (Pasal 6) dll.

Lepas dari perdebatan dan kepentingan orang perorang maupun kepentingan perusahaan, politik dll, Kebijakan Menkominfo : Moh. Nuh tgl 17 maret 2008 no. NOMOR: 02/PER/M.KOMINFO/3/2008 tentang PEDOMAN PEMBANGUNAN DAN PENGGUNAAN MENARA BERSAMA TELEKOMUNIKASI akan berdampak langsung pada Tarif percakapan seluler yang akan semakin murah di Indonesia.

Para Operator Besar penyelenggara jasa komunikasi GSM maupun CDMA tidak bisa lagi monopoli dan mengklaim diri sebagai yang terluas jangkauannya karena menara -menara pemancar miliknya wajib bisa dipakai secara bersama oleh Operator lain sesuai dengan Pasal 10 yaitu : “Penyelenggara Telekomunikasi atau Penyedia Menara yang memiliki Menara, atau Pengelola Menara yang mengelola Menara, harus memberikan kesempatan yang sama tanpa diskriminasi kepada para Penyelenggara Telekomunikasi lain untuk menggunakan Menara miliknya secara bersama-sama sesuai kemampuan teknis Menara.

Begitu juga dengan Menara yang akan dibangun saat pengajuan izin wajib melampirkan informasi rancana Pengunaan bersama sesuai dengan Pasal 3 Ayat 4 yaitu : Penyelenggara Telekomunikasi, Penyedia Menara, dan atau Kontraktor Menara dalam mengajukan Izin Mendirikan Menara wajib menyampaikan informasi rencana penggunaan Menara Bersama.

Maka Hasil dari kebijakan ini adalah ;

1. Para Operator seluler besar akan meradang persis seperti Bisul yang rasanya sakit dan berdarah-darah karena keuntungan tarif seluler yang besar tidak bisa lagi dinikmati karena operator lain bisa menggunakan menara dan menerapkan tarif yang murah serta berjangkauan luas dan Para Pengambil kebijakan akan lebih berpikir keras agar keuntungan perusahaan tidak berkurang.

2. Selama ini boleh Para operator besar boleh menarik napas panjang berleha-leha dengan pemasukan yang cukup besar tapi tunggu 1,5 tahun lagi : Semua Operator Seluler akan mempunyai jangkauan yang luas sehingga dengan Tarif Seluler Murah dan berjangkauan Luas dari operator lain maka tidak ada lagi alasan untuk tidak mulai mencoba atau memiliki no seluler lain sehingga pada saatnya nanti no seluler baru tersebut sudah tersosialisasi dengan baik ke kerabat atau rekan bisinis.

3. Pemilik Modal dalam Negeri akan lebih terlindungi dengan kebijakan : Tertutup bagi Modal Asing untuk bisnis telekomunikasi jenis ini sehingga para pemodal lokal lebih bergairah dalam bisnis telekomunikasi.

4. Efisiensi pengeluaran yang tepat dan murah bagi setiap warga negara Indonesia karena memiliki opsi pilihan sarana telekomunikasi murah (kecuali yg geblek karena fanatik operator tertentu) karena tidak ada salahnya kan memiliki nomor seluler lain yg lebih murah tanpa harus membuang nomor seluler yang ada selama ini.

5. Negara akan terbantu dan berkembang maju karena perilaku rakyatnya yang tidak boros belanja komunikasi dan rakyat akan membelanjakan uangnya untuk hal lain yang lebih bermnfaat.

6. Apalagi ya? boleh kok nambahin di comment bawah ini.

1 Response so far »

  1. 1

    salim said,

    Bagaimana pemeliharaan laptop dan instalilasi sistem operasi windows vista


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: